Pages

Saturday, 2 January 2021

6 Alasan Pentingnya Facebook Pixel Untuk Toko Online

 



Facebook pixel untuk toko online sangatlah penting. Anda yang ingin memaksimalkan penjualan toko online bisa memanfaatkan facebook. Semakin banyak orang yang mencoba keberuntungan di toko online, tentu persaingan akan semakin ketat. Anda sebagai pebisnis onine tentu akan memakai berbagai cara demi bersaing secara sehat, salah satunya dengan memanfaatkan facebook pixel. Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya facebook pixel.

Pentingnya facebook pixel untuk toko online akan sangat terasa jika Anda sudah merasakan hasilnya. Sekilas memang facebook pixel ini mirip dengan facebook ads. Salah satu kegunaannya adalah untuk mengecek efektivitas iklan yang ditayangkan. Meski begitu ada beberapa hal yang membedakannya. Facebook ads merupakan iklan yang sengaja ditampilkan di facebook dan anak-anak perusahaannya, sedangkan facabook pixel berfungsi sebagai plugin untuk website bisnis.

Facebook pixel memberikan informasi penting yang dapat digunakan untuk membuat facebook ads yang lebih baik dan tertarget. Hal ini karena iklan yang lebih tertarget akan lebih meningkatkan jumlah konversi serta menurunkan biaya iklan dan membantu Anda mendapatkan ROAS (Return on Ads Spend) yang lebih baik.

Untuk lebih singkatnya, fitur yang ada pada facebook pixek bisa digunakan untuk melacak user, melihat halaman apa saja yang dikunjungi pada website Anda sehingga nantinya Anda lebih paham dengan apa yang diinginkan konsumen. Facebook ads juga akan mengizinkan Anda untuk melacak orang-orang yang telah mengunungi website Anda.

Seberapa Penting Facebook Pixel Untuk Toko Online?

Penggunaan facebook pixel sangat penting untuk Anda yang sedang mengelola toko online. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan facebook pixel. Ini juga bisa menjadi cara untuk memaksimalkan segmentasi iklan berdasarkan aktivitas dari masing-masing target audien. Metrik dan data yang dihasilkan dari facebook pixel sangat erat dengan pengunjung website melalui iklan sehingga Anda dapat menargetkan iklan dengan lebih baik untuk memaksimalkan  konversi dan meningkatkan penjualan. Lalu, seberapa penting facebook pixel untuk toko online?

Pentingnya facebook pixel untuk toko online

1.Mengoptimalkan kampanye iklan facebook

Tak hanya mengumpulkan data, facebook pixel juga bisa memperbaiki strategi kampanye iklan facebook untuk meningkatkan kualitas iklan sehingga konversi penjualan dari iklan yang Anda buat meningkat drastis. Anda juga dapat menggunakan facebook pixel untuk menampilkan iklan yang hanya disukai oleh audien sehingga mereka lebih mudah untuk melakukan interaksi, salah satunya adalah melakukan pembelian.

2.Mengoptimalkan konversi yang lebih spesifik

Dengan adanya facebook pixel akan memungkinkan Anda untuk merekam tindakan yang dilakukan oleh pengunjung website Anda. Facebook pixel juga bisa mengukur tingkat konversi iklan facebook Anda dengan melacak perangkat yang digunakan oleh custome. Perlu Anda ketahui bahwa tanpa menggunakan facebook pixel, maka konversi yang Anda dapatkan hanya optimisasi yang kurang akurat. Di sini juga Anda bisa menghitung biaya cost per conversion, cost per landing page view, cost per lead dan lain-lain.

3.Melakukan Retargeting

Keuntungan menggunakan facebook pixel bagi website toko online adalah dapat menampilkan iklan hanya pada orang yang sudah melakukan "add to cart" produk tertentu namun tidak melakukan "checkout". Dengan begitu akan memudahkan Anda dalam mengetahui produk mana saja yang diinginkan pembeli. Jadi akan sangat disayangkan jika Anda tidak menggunakan facebook pixel dalam toko online.

4.Memantau trafik website

Facebook pixel memang hampir mirip dengan cara kerja google analytic. Dari sini Anda bisa memantau trafik website, dengan begitu Anda bisa mendapatkan insight  tentang bagaimana pengunjung melakukan interaksi dalam website Anda. Ini juga sangat cocok bagi Anda yang memiliki lebih dari 1 toko online. Dengan kemudahan dalam mengelolanya tentu sangat mungkin jika Anda memiliki banyak toko online, bukan?

5.Mengoptimalkan facebook ads

Facebook ads dan facebook pixel memang memiliki kesinambungan dalam memasarkan suatu produk. Selain itu, Anda juga harus bisa membuat artikel di website yang relevan dengan audiens hingga nantinya akan ada perkembangan dalam website tersebut. Kemudian Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan facebook pixel. Jika keduanya sudah saling terhubung maka website bisnis online Anda akan berjalan lancar.

6.Menemukan audiens sejenis

Bisnis online akan berjalan lancar jika Anda mampu menargetkan audiens dengan ketertarikan yang serupa. Hal tersebut bisa Anda peroleh dari aktivitas website. Adanya audiens sejenis atau lookalike adalah salah satu cara facebook dalam membantu Anda menemukan target yang serupa. Semakin besar cakupan audiens Anda, maka akan semakin besar jumlah audiens baru yang bisa Anda jadikan target.

Yang jelas, pemakaian facebook pixel dalam toko online sangatlah penting. Akan sangat disayangkan jika Anda sudah memiliki banyak toko online tapi tidak mengoptimalkan dengan facebook pixel. Ada dua tipe pixel yang harus Anda tahu yaitu optimasi conversion dan website custom audience.

Cara kerja facebook conversion pixel adalah dengan menempatkan potongan code pada halaman tertentu pada sebuah website. Jika user mengunjungi halaman, maka pixel akan terhitung sebagai conversion. Ini juga dapat digunakan untuk melacak berapa banyak orang mengeklik iklan, berapa banyak melakukan registrasi, leads dan masih banyak lagi. Dengan tipe pixel ini, Anda bisa menggunakan facebook pixel untuk memberi tahu facebook tentang apa yang Anda inginkan dari campaign.

Sedangkan cara kerja website custom audience adalah dengan menempatkan code pada head template dari website sehingga bisa teraplikasikan pada semua halaman. Website custom audience diciptakan untuk menargetkan ulang. Tipe pixel ini akan membuat grup audiens tertentu dari orang-orang yang mengunjungi website Anda dari sumber uang berbeda-beda.

Memasang facebook pixel tentunya juga tidak sulit. Anda harus mempelajarinya demi kemajuan bisnis online yang Anda kembangkan. Meski harus dengan cara yang sedikit rumit, namun hasilnya tidak akan mengecewakan. Banyaknya informasi dan data yang Anda dapatkan dari facebook pixel tentunya akan memberikan kemudahan dalam menentukan target pasar dan apa saja yang diperlukan oleh target pasar Anda.

Satu hal penting yang dapat memperngaruhi kinerja facebokk pixel adalah website toko online yang lancar dan aman. Jadi, Anda jangan salah dalam memilih jasa pembuatan website untuk online shop Anda.

 

~MissAnt~

 

 

7 Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online Dan Solusinya

 

Sumber Gambar : Google 


Berbicara tentang penyebab kegagalan dalam bisnis online akan selalu menjadi hal yang ditakuti para pebisnis online. Di luar sana mungkin banyak orang yang menganggap bahwa terjun di dunia bisnis online sangatlah mudah karena bisa dipantau dari mana daja dan kapan saja. Akan tetapi di  balik itu semua ada beberapa antisipasi yang harus Anda ketahui. Sekarang ini memang semua orang bisa menjadi pebisnis asalkan memiliki beberapa skill untuk mengembangkannya, jika tidak maka bisnis yang Anda kelola akan mengalami kegagalan.

5 Perbedaan Konsep Sales dan Marketing

Penyebab kegagalan dalam bisnis online biasanya sangat umum terjadi. PAda saat seseorang ingin memulai bisnis online, pastinya akan mendengar banyak cerita sukses dalam menjalankannya. Hal tersebut tentu saja tidak semudah yang kita pikirkan. Ada banyak perjuangan di balik omset melesat para pebisnis online tersebut. Dalam memilih terjun ke dunia bisnis online, pastinya Anda akan menemui apa yang namanya kegagalan.

Cara Mudah Menerapkan Psikologi Marketing

Faktor penyebab gagalnya bisnis online ternyata tidak hanya dialami oleh pebisnis pemula. Banyak orang yang sudah lama terjun ke dunia bisnis juga mengalami kegagalan karena hal yang cukup sepele. Yang perlu Anda tahu jika Anda akan ingin menjalankan bisnis online Adalah jangan mengabaikan hal sekecil apapun karena bisa berpengaruh pada bisnis online yang sedang Anda kelola. Oleh karena itu Anda harus berusaha meminimalisir terjadinya kegagalan dalam bisnis.

Yang Menjadi Penyebab Kegagalan Pada Bisnis Online dan Solusinya

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membuka bisnis online, maka hal utama yang perlu dipertimbangan secara matang adalah kegagalan. Hal ini bukanlah untuk menakuti melainkan antisipasi. Bisnis bisa gagal jika Anda melakukan hal-hal sepele seperi berikut ini.

Hal sepele yang membuat bisnis online gagal

1.Perencanaan bisnis yang kurang matang

Perencanaan tentunya sangat penting dalam membuka bisnis. Sayangnya masih banyak orang yang terburu-buru saat memulai bisnis online sehingga kurang memaksimalkan perencanaan yang matang. Hal ini biasanya terjadi pada pebisnis baru yang terlalu bersemangat hingga mengabaikan hal kecil ini. Tanpa disadari, Anda akan menjadi penyebab bisnis Anda gagal di tengah jalan.

Solusi

Agar rencana bisnis lebih maksimal dan jauh dari kegagalan, maka Anda perlu membuat tahapan perencanaan usaha seperti, tujuan bisnis, siapa saja target konsumen, apa bisnis yang sesuai dengan keahlian Anda, bagaimana kita menganalisa kebutuhan pasar, memperhitungkan modal, membuat bagiamana cara mempromosikannya dan masih banyak perencanaan lainnya. Dengan adanya rencana maka akan meminimalisir terjadinya kegagalan dalam bisnis.

2.Kurang menguasai bisnis yang sedang dijalankan

Hanya karena banyak orang yang memilih bisnis X, maka Anda juga harus memilih bisnis X meski Anda sebenarnya tidak menguasai. Hasilnya justru gagal di tengah jalan dan rugi dengan modal yang sudah Anda keluarkan. Sebaiknya hindari mengikuti bisnis yang hanya ikut-ikutan karena hal ini justru tidak akan bertahan lama seperti mengalami kegagalan.

Solusi

Agar lebih mudah dalam mengembangkannya, maka Anda perlu memilih bisnis sesuai dengan keahlian Anda. Terutama jika bisnis yang Anda jalankan memerlukan keahlian dalam bidang tertentu. Memilih bisnis dengan keahlian yang Anda miliki akan memudahkan Anda dalam mengembangkannnya karana Anda sudah menguasainya.

3.Terlalu punya ekspektasi yang tinggi

Memiliki ekspektasi yang berlebihan ketika awal membuka bisnis memang hal yang wajar. Hal ini biasa dialami oleh pebisnis pemula yang ingin selalu mendapatkan keuntungan besar meski masih berada di awal bisnis yang dijalankan. Tanpa disadari, hal tersebut justru akan menghambat seseorang untuk mengembangkan binisnya . Dengan bertumpu pada ekspektasi tinggi akan membuat seseorang malas belajar karena memiliki mindset yang salah seperti menganggap bisnis online sangat mudah dan lebih cepat menghasilkn uang.

Solusi

Sebagai pebisnis baru Anda sebaiknya harus lebih banyak belajar. Hindari memiliki ekspektasi tinggi dulu. Usahakan untuk lebih fokus pada hal-hal yang bisa mendukung proses belajar dan praktek dalam menjalankan bisnis online.

4.Strategi pemasaran yang tidak tepat

Salah satu kegagalan yang sering dialami pebisnis online adalah strategi pemasaran yang kurang tepat. Khususnya bagi pebisnis baru, mereka cenderung bersemangat sehingga tidak terlalu memikirkan bagaimana cara memasarkan produk yang beda dari  yang lain. Dengan memakai teknik yang biasa-biasa saja, maka perkembangan bisnis akan kurang maksimal sehingga banyak yang memutuskan untuk gulung tikar lantara tidak laku.

Solusi

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus banyak belajar tentang strategi marketing yang baik mulai dari bagaimana caranya promosin hingga strategi pemasaran produk yang paluing efektif. Anda bisa belajar secara online dari pakar-pakr ternama melalui Youtube atau teman bahkan kerabat yang sudah berpengalaman. Ingat ya, sekarang ini zaman sudah semakin berkembang, Anda bisa belajar apapun dari internet.

5.SDM yang kurang berkualitas

Dalam menjalankan bisnis, pastikan Anda memilih kualitas SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas. Jangan hanya cocok dengan satu orang meski tidak cakap dalam berbisnis lalu Anda mengajaknya. Hal ini justru akan membuat usaha online Anda berantakan.

Solusi

Pilihlah rekan bisnis yang juga sudah ahli dalam bisnis yang Anda kembangkan. Dengan begitu akan semakin mudah dalam mengembangkan bisnis. Selain itu Anda juga harus mencari partner bisnis yang memiliki semangat kerja tinggi dan memiliki ide-ide brilliant untuk perkembangan bisnis Anda.

6.Manajemen keuangan yang buruk

Keuangan yang buruk memang selalu menjadi hal utama yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis. Hingga saat ini ternyata masih banyak pebisnis online yang kurang ckap dalam mengelola keuangan. Bahkan banyak yang menganggapnya sepele. Mereka tidak sadar kalau pengelolaan keuangan yang buruk hanya akan menyebabkan kegagalan dalam berbisnis.

Solusi

Dalam hal ini, Anda sebaiknya bisa memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan untuk bisnis. Hal ini ternyata sangat penting meski bisnis yang Anda jalankan hanya bisnis kecil-kecilan, misalnya toko kelontong. Jika Anda mampu mengelola dengan baik keuangan dalam berbisnis, maka akan jauh dari kegagalan. Hal ini karena tidak semua pebisnis mampu mengelola keuangan dengan baik.

7.Tidak adanya keberanian dalam mengambil resiko

Bisnis online yang telihat menarik ternyata tidak selamanya menarik untuk dijalani. Hal ini terlihat dari adanya resiko yang harus diambil. Sayangnya tidak semua pengusaha mau mengambil resiko sehingga membuat bisnis yang dijalankannya harus gulung tikar. Jika Anda tidak mau mengambil resiko, maka bisnis hanya ada di situ-situ saja bahkan terancam tidak berkembang.

Solusi

Mampu keluar dari zona nyaman dalam pengembangan bisnis online sangatlah diperlukan. Untuk bersaing dengan kompetitor, maka Anda harus berani mengambil resiko. Yang namanya usaha pasti ada naik turunnya, maka dari itu Anda harus berani mengambil resiko dengan keluar dari zona nyaman.

 

~MissAnt~

 

7 Plugin Wordpress E-Commerce Terbaik dan Gratis

 

Sumber Gambar : Google


Memilih plugin wordpress e-commerce memang bukan perkara yang mudah. Hal ini karena plugin untuk e-commerce memegang peran penting terlebih bagi Anda yang ingin membangun bisnis online dari NOL dan ingin terlibat dalam pengoperasian sebuah website mulai dari membuat desain toko online hingga menentukan metode pembayaran.

Plugin wordpress e-commerce memiliki opsi yang sangat banyak. Setiap plugin tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Semakin banyak pilihannya, Anda akan semakin bingung menentukan plugin mana yang ingin Anda gunakan. Pilihan plugin wordpress e-commerce yang tepat tentu akan semakin luas ruang kreativitasnya. Hal ini tentu saja membuat Anda bebas berkreasi dengan website yang Anda miliki.

E-commerce sekarang ini bisa dibilang memiliki pertumbuhan tercepat di dunia. Bahkan pada tahun 2020, belanja online sudah diprediksi  akan semakin banyak mengalami peningkatan. Jika Anda melihat tentunya pengguna belanja online semakin banyak, Pengguna yang paling banyak memanfaatkan layanan e-commerce ini adalah mereka yang sangat sibuk. Dengan adanya e-commerce maka akan sangat membantu untuk belanja online.

Bagi Anda yang sudah punya ataupun masih berencana membangun toko online, maka salah satu kunci sukses membangun toko online adalah memilih plugin e-commerce yang cocok. Selain itu, yang terpenting adalah kemudahan fitur, pengoperasian dan harga yang sesuai. Untuk membantu Anda dalam memilih plugin wordpress terbaik, berikut ada beberapa pilihan untuk memberikan kemudahan sekaligus pertimbangan dalam memilih CMS (content management system untuk toko online Anda).

Berikut pilihan plugin wordpress e-commerce terbaik dan lebih profesional

1.Easy Digital Download (EDD)

Bagi Anda yang hanya menjual produk digital dan tidak menujual produk fisik, maka pilihan plugin wordpress yang tepat adalah Easy Digital Download. EDD menawarkan plugin sederhana untuk mengelola dan menjual produk digital di wordpress. Yang jelas, plugin ini cocok untuk Anda yang ingin menjual produk fisik.

Easy digital download juga memberikan banyak kemudahan bagi Anda. Beberapa fitur yang tersedia di EDD adalah multiple files per download, bundle purchase, cart system, promotional code system dan multiple payment gateways. Dengan memilih EDD, maka toko online Anda juga akan dilengkapi dengan beberapa tools fungsional seperti refund tracking dan affiliate system.

Fitur dan tools yang dihadirkan memang khusus dioptimalkan untuk penjualan produk digital yang Anda jual. Anda juga bisa menggunakan beberapa perpustakaan ekstensu yang dipenuhi dengan beragam addon. Adanya fitur  yang ada pada fitur Easy digital download ini juga akan membuat website yang Anda miliki semakin terlihat profesional dan berkelas.

2.Jigoshop

Jigoshop bisa dibilang sebagai salah satu plugin e-commerce wordpress yang paling tua. Salah satu alasan mengapa pelaku bisnis online banyak yang memilih Jigoshop adalah karena pionir plugin yang mampu menyulap website di hosting website menjadi toko online yang profesional. Jigoshop juga masih bersifat opensource dan bersifat gratis yang bisa dimanfaatkan untuk umum.

Dengan memilih Jigoshop, maka Anda bisa menjual berbagai jenis produk yang tak hanya produk fisik saja. Jigoshop mendukung berbagai jenis produk seperti produk digital, barang fisik, produk variabel bahkan memudahkan Anda dalam menjual produk-produk yang paling sederhana. Plugin ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis online kecil-kecilan maupun perusahaan besar.

3.Big Commerce

Big E-commerce menyediakan fitur headless commerce yang akan membuat katalog menjadi lebih cepat dan optimal. Plugin yang satu ini juga bisa dioperasikan pada berbagai website melalui sebuah modul. Dengan memilih Big commerce maka Anda bisa melakukan manajemen penjualan dan produk melalui satu dashboard aja. Hal tersebut tentunya akan sangat memudahkan sehingga dalam mengelola website menjadi lebih efisien.

4.Ecwid

 Jika Anda ingin mengoptimalkan toko online dengan berbagai platform media sosial, maka Ecwid adalah rekomendasi yang paling tepat. Ecwid merupakan plugin e commerce wordpress yang mampu berintergrasi dengan lebih dari sati website builder dan sistem manajemen konten. Memilih Ecwid juga memudahkan Anda yang ingin lebih simple dalam mengelola toko online karena menyediakan shopping cart yang responsif untuk pengguna mobile dan kemampuna menjual produk pada banyak website.

5.Cart66 Cloud

Cart66 Cloud merupakan salah satu pilihan plungin yang cocok untuk pemula karena Anda tidak butuh waktu lama untuk menguasainya. Untuk keunggulannya, Cart66 cloud cocok untuk Anda yang ingin menjual produk fisik maupun digital. Di era sekarang memang sangat mudah jika Anda ingin membuka toko online.

Anda yang juga merupakan pemula yang sedang membangun toko online, memang harus bersabar dalam mengembangkannya, khususnya bagi Anda yang lebih memilih membangun website secara mandiri tanpa menggunakan jasa profesional. Namun, dengan memilih plugin website wordpress e-commerce yang tepat tentu Anda tidak akan kesulitan dalam mengelolanya. Untuk yang masih pemula, cart66 merupakan pilihan yang tepat.

6.WP E-commerce

WP E-commerce bisa dibilang salah satu plugin yang paling populer dalam hal tampilan dan fiturnya. Meski tidak menghadirkan fitur-fitur yang unik, namun plugin wordpress yang satu ini sangat muda dioperasikan karena tersedianya panduan mengenai bagaimana cara untuk mengoperasikannya. Anda tidak perlu khawatir jika ada kendala karena Tim support WP e-commerce sangat responsif dalam membantu Anda mengoptimalkan plugin tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur dengan dukungan yang penuh, maka Anda harus membayarnya. Meski bukan harga yang murah namun plugin ini merupakan pilihan terbaik dan cocok bagi pemula yang belum paham betul seputar dunia e-commerce.

7.WooCommerce

WooCommerce adalah salah satu plugin wordpress e-comemrce yang paling populer di dunia. Hal tersebut karena ada beberapa tema yang tersedia dan dapat Anda gunakan gratis. Memilih  WooCommerce merupakan solusi terbaik khususnya bagi Anda yang mencoba membangun dan memperluas toko online dengan mudah dan cepat.

Plugin wordpress e-commerce seperti woo commerce ini juga memiliki beberapa kelebihan yang cocok untuk Anda yang benar-benar ingin memaksimalkan toko online. Woocommerce hadir dengan opsi penjualan yang sangat beragam karena Anda bisa menjual produk digital, kupon dan produk lain yang mungkin tidak banyak orang menjualnya.

Setiap plugin wordpress e-commerce selalu hadir dengan keunggulannya masing-masing. Seperti halnya dengan Woocommerce yang  sudah mendukung beragam payment gateway dan sangat mudah untuk dioperasikan dan dikuasai. Anda juga bisa memberli beragam ekstensi yang akan membuat plugin ini semakin aman.

 

~MissAnt~

 

 

 

 

 

7 Mesin Pencari Paling Populer Selain Google

 

Sumber Gambar : Google


Dengan semakin berkembangnya era teknologi maka ada banyak mesin pencari selain google yang harus Anda ketahui. Zaman sekarang seolah mudah sekali mencari tahu apa yang belum kita tahu. Salah satunya dengan memanfaatkan mesin pencari. Bagi Anda yang terbiasa bekerja duduk di depan laptop atau komputer, tentu saja selalu mengandalkan googe untuk mencari tahu apa yang belum Anda tahu.

Perbedaan Google Adsense dan Google Adwords

Perkembangan teknologi yang semakin pessat ini tentu mengharuskan kita untuk tahu banyak hal. Jadi kita harus pandai mencari tahu tentang apa tang tidak kita tahu. Tapi untungnya saat ini sudah ada platform yang bisa kita gunakan untuk memudahkan mencari informasi berdasarkan data-data yang akurat, sebut saja Google.

Domain Milik Google Yang Harus Kamu Tahu

Siapa sih yang tidak kenal dengan mesin pencari yang sudah dibentuk tahun 1998 ini. Google kini telah menjadi mesin pencari utama yang digunakan oleh sekitar 78% pengguna internet. Ini berarti hampir semua orang mengandalkan Google dalam mencari informasi.

Dengan banyaknya orang yang hanya mengandalkan Google sebagai mesin pencari, hal ini justru memudahkan data yang Anda berikan ke Google lebih mudah terekam dan akhirnya tersebar kepada para pengiklan. Hal ini justru membuat kita untuk mencoba memakai mesin pencari selain Google.

Alasan Mengapa Harus Mencoba Memakai Mesin Pencari Selain Google

Berhubung Google banyak dipakai oleh pengguna di seluruh dunia, maka Anda perlu mencoba beberapa alternatif mesin mencari selain google. Dan inilah beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba menggunakan mesin pencari selain Google.

1.Google menampilkan hasil pencarian yang tidak netral

Ketika Anda mencari informasi melalui Google, maka informasi yang mereka tampilkan akan menyesuaikan data pribadi yang sebelumnya sudah dikumpulkan. Jika Anda lihat, hasil pencarian antara satu orng dengan yang lain tidaklah sama. Itulah mengapa selalu ada iklan yang muncul terus-terusan setelah Anda browsing barang di toko online.

2.Google mengumpulkan data penggunanya.

Semua orang tentu paham jika Google seringkali mengumpulkan data penggunanya. Bahkans semua operasi Google sangat tergantung dari pengumpulan data tersebut. Dari sinilah mereka tahu tentang data-data Anda. Mulai dari data pribadi, penggunaaan aplikasi sampai lokasi ke mana saja Anda pergi. Anda yang merasa keamanan data sangatlah penting dan merupakan hal sangat privacy, tentu tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan mesin mencari lainnya.

3.Google hanya menampilkan konten yang mungkin menjawab pertanyaan Anda

Ketika Anda sedang melakukan pencarian, maka Google hanya menampilkan hasil yang mungkin sudah menjawab pertanyaan Anda, Hal ini karena dalam sistem internalnya, Google hanya akan menampilkan konten yang menurut dengan sistem optimasi yang ditetapkan. Itulah mengapa hanya konten yang teroptimasi dengan SEO akan memiliki kemungkinan untuk tampil di hasil pencarian teratas.

Pilihan Mesin Pencari Selain Google

Pertanyaan yang sering bermunculan adalah,  apakah ada mesin pencari selain google? Jawabannya adalah ada. Berikut beberapa alternatif mesin pencari selain Google.

1. Yahoo Search

Anda pastinya sudah tidak asing dengan Yahoo Search. Ini merupakan salah satu jenis mesin pencari yang populer di era 2000-an. Namun, seiring perkembangan zaman, Yahoo Serach nampaknya pudar karena sekarang ini sudah tergantikan oleh Google. Adanya Google seakan melenyapkan Yahoo Search. Namun belum terlambat untuk beralih ke Yahoo Search jika Anda ingin mencobanya.

Tak hanya mesin mencari yang cocok selain Google, Yahoo Search juga terintegrasi dengan berbagai layanan informasi yang kredibel dengan menyediakan fitur Yahoo Answer. Anda bisa menanyakan hal bertema spesifik yang akan dijawab oleh pengguna internet lainnya.

2.StartPage

Mesin pencari yang lainnya adalah StartPage. Banyak yang sudah beralih ke mesin pencari bernama StartPage karena menginginkan data personalnya agar lebih aman. StartPage merupakan salah satu jenis mesin pencari yang menggabungkan antara keamanan data pribadi dan hasil pencarian yang relevan dengan yang Anda inginkan.

Cara kerja StartPage kini juga berbeda karena justru membayar Google agar menghilangkan trackers yang mengumpulkan informasi personal Anda. Nantinya hasil pencarian yang ditampilkan bersifat netral dan lebih aman.

3.Yandex

Jika Anda sudah membukanya, fitur-fitur Yandex tentunya tak kalah dengan Google. Mesin pencari buatan Rusia sejak tahun 1997 ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian gambar, maps, video, dan AppMetrica yang setara dengan Google Analyctic.  Tentu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencoba mesin  pencari selain Google.

4.Bing

Anda tentu sudah familiar dengan yang namanya Bing. Ini merupakan mesin pencari dengan market share terbesar dan terpopuler setelah Google. Yang paling mencolok dari mesin pencari ini adalah tampilan visual yang berubah-ubah. Untuk resolusi gambarnya juga sangat tinggi sehingga tidak kalah dari Google.

Salah satu keunggulan memilih Bing ini adalah tempat menyimpan  data hasil pencarian. Anda hanya perlu menekan tombol dengan simbol plus yang nantinya halaman pencarian yang Anda inginkan akan tersimpan di My Saves.

Hal menarik lainnya yang Anda dapatkan dari Bing adalah membuat berbagai dokumen secara online, mulai dari Word, Excel, PowerPoint, OneNote, hingga OneDrive. Yang Anda perlukan hanya membuat akun Microsoft dan membuat dokumen yang diinginkan.

5.Ask

Ask.com tentu saja berbeda dengan Ask.fm. Jangan sampai menyamakan karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Ask.com merupakan jenis mesin pencari yang bisa diandalkan selain Google. Cara pencariannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci di kolom pencarian. Sama seperti Google.

6.Wiki.Com

wiki.com merupakan mesin pencari yang didedikasikan untuk konten web dalam bentuk wiki atau knowlegde base. Bedanya dengan Google adalah, Wiki.com lebih memberikan informasi yang tidak setengah-setengah. Anda akan mendapatkan informasi lengkap seputar topik yang Anda cari. Anda juga bisa menambahkan halaman wiki atau wiki website yang Anda miliki ke dalam database wiki.com. Yang membuat banyak orang lebih memilih wiki.com adalah tidak memiliki potensi spam.

7.Dogpile

Meski agak asing di telinga, namun Dogpile merupakan salah satu mesin pencari tertua. Bahkan browser ini bisa mengumpulkan hasil pencarian dari beberapa mesin pencari seperti Google, Yahoo, Yandex dan masih banyak lagi. Dengan begitu, tentu memilih Dogpile adalah pilihan yang tepat karena bisa menghemat waktu dengan hasil pencarian yang maksimal.

 

 ~MissAnt~

8 Elemen Penting Brand Identity

 


 

Sumber Gambar : Google

Anda yang berprofesi sebagai pebisnis harus menguasai  brand identity. Brand identity (Identitas merek ) adalah segala bagian yang membentuk persepsi orang terhadap suatu brand. Contoh mudahnya, jika Anda memiliki bisnis online, maka Anda harus memiliki brand identity yang berbeda dari yang lain dan memiliki ciri khas tersendiri.

Brand identity ini nantinya juga digunakan untuk menyampaikan karakter, komitmen, dan nilai dari produk Anda. Bisnis online sekarang ini sangatlah banyak. Beberapa orang juga mempunyai alasan tersendiri dalam memilih bisnis online, salah satunya adalah bisa dikerjaan di  mana saja.  Ada banyak cara dalam berjualan online, salah satunya adalah dengan afiliasi marketing.

Dengan afiliasi marketing ini, Anda bisa mempromosikan produk dan jasa orang lain dalam berbisnis. Ada banyak perusahaan yang menyediakan afiliasi marketing dan Anda bisa langsung bergabung dengan cara yang sangat mudah.

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin terjun ke dunia bisnis, maka afiliasi marketing ini adalah cara yang paling mudah. Hal ini karena cara tersebut bisa mendatangkan penghasilan pasif dengan pengoperasian yang sangat mudah.

Era digital seperti sekarang memang membawa perubahan bagi banyak orang, khususnya bagi mereka yang ingin berbisnis online dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Bisnis di era digital juga sangat memudahkan orang untuk mempromosikan jasa atau brand yang sudah mereka miliki.

Terlepas dari itu semua, brand identity juga sangat penting karena didalamnya terdapat apa yang ingin disampaikan oleh merek, bagaimana cara mengomunikasikan kepada calon pembeli dan apa yang orang lain ingin katakan tentang produk yang Anda jual.

Dengan banyaknya aspek yang dapat membantu produk agar dikenal oleh masyarakat luas, maka tak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan banyak dana untuk membangun sebuah brand identity.

Lalu, seberapa pentinya brand identity?

Sebagai seorang pebisnis, tentunya brand identity sangatlah penting. Berikut ada beberapa alasan mengapa brand identuty itu sangat penting.

1.Membangun kepercayaan konsumen.

Adalah tidak munafik apabila seseorang akan lebih memilih brand yang sudah terpercaya. Misalnya, sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci. Pastinya Anda akan mencari jenis produk mesin cuci yang memiliki merek ternama. Bukan karena alasan apa, hanya saja merek yang sudah ternama dan populer akan melekat di hati para konsumen. Itulah pentingnya identitas suatu merek.

2.Membangun target pasar yang lebih luas.

Ketika Anda sudah mengaplikasikan brand identity dengan baik, maka jangkauan pasar juga lebih luas. Brand Anda nantinya akan lebih dikenal oleh orang-orang yang bahkan tidak satu lokasi dengan Anda. Luasnyan jangkauan pasar akan membuat produk Anda lebih cepat terjual.

3.Loyalitas.

Anda pasti sering melihat suatu brand di mana para pembeli selalu membeli dengan merek tersebut. Hal itu karena brand identity yang mereka lakukan berhasil. Sama halnya ketika Anda juga berhasil membangun brand identity, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan pelanggan setia untuk brand Anda.

Apa saja elemen penting dari Brand Identity?

Agar produk semakin dikenal masyarakat, maka Anda harus tahu apa saja elemen  penting dari brand identity. Berikut elemen penting dari brand identity.

1.Warna

Pemilihan warna untuk brand sangatlah penting karena ini juga berpengaruh besar terhadap faktor psikologis. Bahkan dalam sebuah studi mengenai "Dampak warna pada pemasaran" mengungkapkan bahwa 90% orang akan memilih suatu produk berdasarkan warna yang mereka inginkan. Misalnya saja warna biru, pada warna ini menunjukkan kepribadian yang sifatnya universal dan cocok dipilih untuk mereka yang ingin menjangkau target pasar lebih luas.

2.Gaya bahasa

Pemilihan gaya bahasa juga harus diperhatikan. Jika produk yang Anda jual ingin lebih terlihat profesional, maka harus menggunakan bahasa yang profesional. Tapi kalau bisnis yang Anda jalankan lebih bersifat casual, sebaiknya gunakan gaya bahasa yang casual agar terkesan lebih santai. Setelah memilih gaya bahasa, sebaiknya Anda konsisten agar brand identity juga terlihat jelas.

3.Logo

Sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis online, tentu Anda selalu memperhatikan berbagai brand yang sudah lekat dengan logonya. Orang juga akan lebih mengingat logo daripada nama brand. Jadi, di sini Anda juga harus memilih logo yang sesuai dengan produk Anda.

Jangan sampai logo yang Anda pilih sangat menyimpang jauh dari nama brand. Meski logo bukanlah keseluruhan dari sebuah brand identity, tapi orang akan lebih sering mengingat logo daripada nama brand.

Dengan adanya logo ini juga akan diteapkan di seluruh media sosial yang Anda gunakan untuk jualan produk. Pastikan logo yang akan Anda pilih juga mencerminkan karakter dari produk yang Anda jual supaya identitas merek bisa melekat dengan kuat.

4.Desain.

Semakin unik desain yang dipakai, maka akan membuat orang lain mengingat karakter brand Anda. Desain yang dimaksud di sini bisa meliputi pemilihan font yang akan dipakai untuk produk Anda. Dalam membuat desain brand, usahakan agar memberikan kesan mendalam terhadap siapa saja yang melihatnya. Dengan begitu orang akan lebih mudah mengenal brand Anda.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat desain untuk produk adalah tidak berlebihan. Pilih yang desain yang sederhana  namun tetap elegan. Desain yang sederhanan namun mengesankan tentunya mampu melekat di hati banyak orang.

5.Bentuk.

Bentuk yang menarik tentu akan memberikan kesan menarik bagi orang yang melihatnya, Bentuk di sini sangat berbeda dengan desain. Bentuk yang dimaksudkan di sini adalah mengenai cara penyajian, desain interior toko, desain website, tampilan feeds yang ada di sosial media, kemasan produk,serta bagaimana cara customer service dalam melayani pelanggan.  Pemilihan bentuk juga sangat mempengaruhi citra brand yang akan Anda tampilkan.

6.Emosi.

Sebuah produk akan lebih dikenal jika memiliki hubungan emosional dengan pembeli. Anda tentu pernah merasakan hal ini. Ketika sedang bepergian, kemudian melihat salah satu produk lalu Anda sangat ingin membelinya. Brand identity yang kuat akan sangat mudah dalam membangun emosi dengan calon pembeli. Dengan emosi inilah akhirnya identitas merek bisa melekat di hati para pembeli dan akan berlangsung lama.

7.Konsistensi

Dalam membangun brand identity, konsistensi sangatlah penting. Sekali saja Anda tidak konsisten, maka akan sangat berpengaruh bagi bisnis yang sudah Anda bangun. Anda harus konsisten dengan apa yang sudah Anda mulai dan bagimana Anda menerapkannya terhadap elemen-elemen yang lain.

8.Promosi.

Melakukan promosi merupakan cara yang ampuh dalam mengenalkan brand Anda dengan target yang sudah Anda tentukan. Hal ini juga salah satu cara agar brand identity Anda semakin dikenal di kalangan masyarakat luas.

 

~MissAnt~

 

8 Trik Agar Hacker Enggan Menyentuh Website

 

Sumber Gambar : Google


Pemilik website sebaiknya harus tahu bagaimana mengatasi hacker jika suatu saat website personalnya mengalami kendala. Hacker atau peretas adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang sistem komputer dan pemograman sehingga mereka bisa dengan mudah membobol situs dengan maksud dan tujuan tertentu.

7 Alasan Mengapa Website Mudah Terkena Hack

6 Cara Mengatasi Phising Scam

Ketika Anda sudah menjalankan bisnis dan berhubungan dengan internet, maka segala hal bisa jadi kemungkinan, termasuk website terkena hack. Banyak hacker yang tidak pandang bulu, meski perusahaan bonafid juga akan menjadi targetnya. Beberapa website juga masih menjadi sasaran meskipun sudah melakukan pengamanan. Lalu seberapa hebat seorang hacker?

Jenis-jenis Hacker

Memiliki website khususnya untuk berbisnis sebaiknya agar lebih waspada karena bisa saja menjadi sasaran hacker. Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia internet tentu sudah paham dengan kecerdikan seorang hacker. Ada 5 jenis hacker yang harus Anda tahu, di antaranya adalah;

1.Black Hat Hacker.

Black hat hacker merupakan jenis hacker yang terkenal dengan "antagonis".  Antagonis di sini maksudnya adalah mereka yang merugikan pihak lain demi kepentingan pribadinya. Jenis hacker ini biasanya akan mencuri data pada sebuah website, baik itu personal maupun untuk bisnis. Mereka juga akan mengambil alih hingga menyabotase sistem komputer. Black hat hacker juga dikenal dengan cracker.

2.White Hat Hacker.

Ini merupakan jenis hacker yang memegang teguh standar etika. Bisa dibilang, hacjer jenis ini merupakan hacker yang nantinya akan melakukan hal-hal positif yang nantinya bermanfaat bagi orang lain. White hat hacker biasanya akan melakukan peretasan untuk menguji ketahanan dan keamanan suatu website, mencari kelemahan sistem dan menjadi konsultan dalam keamanan sistem. Bahkan banyak dari mereka yang sering disewa sebagai konsultan keamanan karena membantu menjaga keamanan sistem pada suatu website.

3.Grey Hat Hacker.

Grey hat hacker adalah jenis hacker yang bisa melakukan hal positif maupun negatif.  Hacjer jenis ini juga disebut-sebut memiliki standar etika ganda dalam aktivitas hackingnya. Pada waktu tertentu mereka bisa melakukan tugas yang menjung etika hacker, namun pada waktu tertentu bis bisa melakukan kejahatan hingga melanggar batas-bats hukum. Hacker jenis berada di antara white hat hacker dan black hat hacker.

4.Script Kiddie Hacker.

Script kiddie hacker merupakan jensi hacker yang belum termasuk mahir. Meski begitu mereka bisa dengan membobol situs website. Mereka biasanya belajar dari para hacker profesioanl, sedangkan untuk cara yang digunakan adalah dengan menggunakan sebuah peretas yang sudah diciptakan sebelumnya oleh hacker lain.

5.Hacktivist Hacker.

Hackivist hacker adalah jenis hacker yang sering menyebar pesan yang berbau politik, ideologi dan agama. Cara kerjanya adalah dengan mengubah tampilan pada sebuah web untuk diisi dengan pesan-pesan yang terkait dengan isu-isu politik dan agama yang kemudian disatukan dengan pemikiran hacker tersebut. Pada satu sisi memang jenis hacker ini membawa dampak positif, akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika mereka juga akan menyebarkan berita hoax terkait issu politik yang sedang terjadi.

Dengan mengenal jenis-jenis hacker,  sekarang tentunya Anda tidak bisa berfikir kalau semua hacker itu jahat. Hanya saja mereka memiliki tugas masing-masing. Hingga sekarang hacker masih saja mengintai website, maka dari itu Anda juga harus waspada, khususnya yang memiliki bisnis online.

Agar terhindar dari hacker, ada beberapa cara yang harus Anda coba, antara lain;

1.Gunakan platform wordpress.

Kabar baik bagi Anda yang menggunakan platform wordpress. Pasalnya wordpress merupakan platform yang aman untuk bisnis online karena dilengkapi dengan aplikasi yang sangat mudah untuk diupdate. Wordpress dilengkapi dengan panel dashhboard wordpress admin yang akan membantu melakukan update secara otomatis.

2.Mengganti password secara berkala.

Semakin rumit password yang Anda pilih, maka hacker akan semakin kesulitan untuk membobol.  Jika Anda sering lupa dengan password yang dibuat, maka triknya adalah dengan menggabungkan dengan huruf besar dan kecil yang kemudian ditambahkan dengan angka. Dengan begitu, hacker biasanya enggan mengotak-atik  website Anda.

3.Selalu rajin update website ke versi terbaru.

Sekarang ini sudah banyak website yang selalu berinovasi sehingga lebih aman dari serangan hacker. Bagi Anda yang selalu diminta untuk update ke versi terbaru dari website, sebainya langsung diupdate agar tidak kedahuluan hacker yang akan mengacak-acak website Anda.

4.Back up manual secara berkala ke PC lokal.

Melakukan back up bisa dilakukan untuk mengantisipasi ketika hacker menghapus maupun mengotak-atik data Anda, maka Anda masih punya data aslinya yang telah diback-up di PC lokal. Meski Anda merasa aman dengan data-data Anda, tapi tidak ada salahnya jika Anda melakukan pem-backup-an rutin demi keamanan data.

5.Pastikan di komputer atau laptop tidak Anda virus.

Semua orang kadang tidak sadar ketika di laptop maupun komputernya telah terdeteksi malware atau virus. Jika hal ini dibiarkan maka hanya akan mengundang hacker. Sebaiknya gunakan antovirus yang berkualitas demi menjaga agar komputer tetap aman dan tidak terinfeksi virus. Virus yang dibiarkan juga akan merusak beberapa sistem di komputer yang akan menyerang data-data penting Anda.

6.Gunakan SSL.

SSL sangat penting untuk website. Jika Anda memiliki bisnis online, maka usahakan agar webistenya sudah bersertifikat SSL. Ini akan mekindungi dari serangan hacker. Cara mudah mengetahui apakah website sudah bersertifikat SSL sangatlah mudah, Anda hanya tinggal melihat gampar gembok di bagian samping URL, jika sudah Anda gembok berarti bisa dipastikan aman namun tetap waspada.

7.Melakukan pemasangan Firewall pada website.

Bagaimanapun bentuk website Anda, hacker tentu akan selalu mengawasi sampai  Anda lengah. Salah satu cara agar hacker "kapok" mengobrak-abrik webiste Anda adalah dengan memasang firewall. Pemasangan farewall bisa menjadi pelindung website. Cara kerja firewall di sini akan membuat ketetapan antara server website dan koneksi data. Selain itu, firewall juga akan membaca setiap bit data yang melewatinya.

8.Pilih server hosting terpercaya.

Demi keamanan website, usahakan agar selalu memilih server hosting yang terpercaya. Semakin  kuat tingkat keamanan yang Anda pilih, maka website akan semakin aman. Memilih server hosting yang aman tentu akan membuat hacker sulit membobol website Anda.

 

~MissAnt~

 

 

 

 

 

 

 

6 Cara Mengatasi Phising Scam

 

Sumber Gambar : Google


Mengetahui cara mengatasi phishing scam adalah hal yang harus diketahui oleh para pebisnis online. Dalam hal bisnis online, pishing scam sangatlah berbahaya. Phising scam adalah metode penipuan untuk mendapatkan detail informasi akun tertentu melalui cara yang tidak sah.  Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Phising juga bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil dengan mengambil alih akun korban dengan maksud tertentu.Taget utama biasanya adalah orang yang memiliki bisnis online karena datanya sangat mudah dicuri. Para pelaku Phising biasanya akan menggunakan email, yang kemudian akan mengarah ke halaman palsu untuk menjebak korban.

Seiring mudahnya melakukan pencurian sata, pelaku phising juga memanfaatkan sosial media yang kini sudah banyak sekali orang menggunakannya. Secara tidak sadar, pengguna sosial media akan masuk ke halaman jebakan yang mengarah pada halaman palsu. Anda yang memiliki bisnis online sebaiknya agar lebih berhati-hati dalam mengelola website.

Yang menjadi sasaran pelaku phising biasanya adalah mereka yang lebih sering berinteraksi menggunakan internet. Para pelaku phising akan memanipulasi beberapa hal yang membuat halaman itu seolah halaman aslinya. Hal ini bisa terjadi kalau komputer atau laptop Anda terkena virus.

Baik di Indonesia maupun di luar negeri, ada banyak kasus phising yang sering dilakukan. Hal itu bisa dilakukan melalui informasi Anda seperti akses akun Anda, email, social media, bahkan akun bank Anda. Tak heran jika banyak orang yang harus berhati-hati dalam memberikan data.

Bagaimana cara pelaku phising mencuri data Anda ?

Untuk mengantisipasi terjadinya pencurian data, Anda harus tahu bagaimana para pelaku phising mencuri data-data Anda.  Anda pastinya juga terheran-heran ketika tiba-tiba kartu kredit Anda terkuras habis , saldo di e-commerce mendadak hilang dan rekening yang tiba-tiba kosong. Hal ini membuktikan kalau cara kerja pelaku phising sangatlah cepat.

Lalu bagaimana cara para pelaku mencuri akun Anda?

1.Pelaku phising akan menginginkan  username dan password Anda. Di sini Anda seolah tidak sadar untuk memberikannya .

2.Kemudian pelaku akan mengirimkan email link login website menggunakan website tiruan yang menyerupai aslinya agar Anda login dengan akun Anda.

3.Dengan mudahnya Anda akan memasukan username dan password karena websitenya memang dibuat mirip.

4.Akhirnya pelalu phising mendapatkan mendapatkan data Anda dan hal ini bisa dilakukan sebagai tindak kejahatan. Begitulah mudahnya para pelaku "membobol" data Anda. Pastikan Anda bisa membedakan website asli dan website tiruan.

Seperti apa ciri-ciri email dan website palsu?

Bagi orang awam terkadang memang sulit membedakan hal ini. Terlabih untuk alamat email karena beberapa orang masih memilih nama untuk alamat email yang asal-asalan. Sebelum Anda terperangkap dalam phising, maka Anda harus mengenail seperti apa ciri-ciri alamat email dan website palsu.

1.Email yang dipakai tidak resmi.

Perusahaan besar selalu memakai akun resmi. Namun, jika Anda mendapati alamat email perusahaan besar yang tidak menggunakan alamat email rsmi, maka Anda harus berhati-hati. Jangan asal percaya. Sebaiknya cek dulu kebenarannya. Semua orang  sudah bisa membedakan mana alamat email resmi dan yang palsu.

2. Isi Email cenderung berisi Ancaman.

Jika memang emainya asli, pasti di dalamnya tidak ada isi yang mencurigakan. Namun hal ini berbeda dengan email penipuan. Biasanya pelaku akan memanfaatkan rasa takut korban dengan mengancam akan menutup akun yang bersangkutan. Kalau sudah mendapatkan hal seperti ini maka Anda harus waspada.

3.Waspada terhadap lampiran pada email.

Ketika Anda sudah menerima alamat email yang mencurigakan, maka tingkatkan kewaspadaan Anda. Salah satu hal yang perlu Anda waspadai adalah adanya lampiran pada email. Para pelaku biasanya akan mengirimkan lampiran yang biasanya adalah virus. Sebaiknya hindari jangan sampai klik lampiran tersebut.

4.Alamat website yang tidak resmi.

Tidak hanya alamat email saja yang dibuat palsu, namun Anda juga harus waspada terhadap alamat website yang palsu. Para pelaku phising sudah merencanakan sedemikian rupa untuk melakukan penipuan maksimal. Agar tidak terjebak dengan taktiknya, sebaiknya jangan sembarangan klik lampiran yang ada di email jika memang benar-benar tergolong palsu.

Cara mudah mengatasi phising scam

Agar nantinya Anda tidak menjadi korban Phising Scam, ada beberapa cara untuk mengatasinya, khususnya bagi Anda yang memiliki bisnis online.

1.Selalu gunakan SSL.

SSL (Secure Socket Layer) merupakan lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Website yang sudah dilengkapi dengan SSL tentunya akan lebih aman dan terhindar dari phisng scam. Anda yang memiliki bisnis online sebaiknya tidak lupa untuk memberikan SSL pada website.

2.Selalu waspada dengan email masuk.

Sebagai pemilik bisnis online, Anda pasti akan menerima banyak email masuk. Usahakan agar memilah-milah mana email  yang penting agar tidak sembarangan mengeklik yang nantinya justru berakibat fatal. Email masuk mencurigakan biasanya akan mengarahkan Anda untuk login dengan username dan password, yang hasilnya ternyata adalah phising.

3.Berhati-hatilah tehadap pop-up.

Pop-up merupakan jendela iklan yang biasanya muncul secara tiba-tiba ketika Anda membuka halaman website. Beberapa pop-up biasanya akan meminta Anda login dengan akun dan password Anda. Hal terebut biasanya jangan ditanggapi karena merupakan salah satu modus para pelaku phising.

4.Instal ekstensi keamanan pada browser.

Keamanan website sangatlah penting khususnya buat Anda yang punya bisnis online. Nantinya Anda akan lebih sering melakukan transaksi sehingga keamanan website perlu dimaksimalkan. Dalam hal ini Anda perlu menginstal ekstensi seperti Netcraft Extention yang berfungsi untuk mengindentifikasi website yang terlihat mencurigakan.

5.Pilih jasa layanan hosting yang terpercaya.

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi tentunya membuat banyak orang ingin memiliki website sendiri untuk keperluan bisnisnya, baik personal maupun bisnis perusahaan. Agar website lebih aman, jangan lupa untuk memilih jasa layanan hosting yang terpercaya, salah satunya bisa Anda dapatka di IDwebhost yang menyediakan beberapa pilihan paket hosting yang murah dan berkualitas.

6.Rajinlah dalam mengupdate software dan aplikasi.

Memiliki website pribadi bukan berarti Anda tidak memperhatikan keamnannya. Agar terhindar dari phising, Anda harus rajin dalam menginstal software dan aplikasi. Jangan sampai menunda update jika sudah ada pemberitahuan untuk update karena para pelaku phising tak pernah lengah. Semakin Anda jarang update maka para pelaku phising akan sangat mudah membobol website Anda.

 

~MissAnt~

Popular Posts