Wednesday, 3 June 2020

10 Tips Mudah Memulai Bisnis Make Up Artist

Sumber Gambar : Google



Anda tertarik bisnis make up artist? wajar saja banyak kalangan yang tertaik dengan bisnis ini. Mulai dari Ibu rumah tangga yang menjadikannya bisnis rumahan atau para pekerja yang menjadikan ini sebagai bisnis sampingan. Jenis bisnis make up artist (MUA) merupakan salah satu usaha bidang jasa yang menjanjikan bagi pelakunya, baik sebagai pekerjaan utama atau pun sampingan.

Profesi yang mengandalkan keahlian merias wajah ini semakin populer seiring dengan perkembangan teknologi rias dan tren make up yang beredar luas di berbagai platform media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Bisnis make up artis akhir-akhir ini memang banyak diminati oleh kalangan mudah terutama mereka yang ingin membuat konten di sosial media yang mereka miliki. Jangan salah, banyak orang yang menjadi handal menjadi tata rias populer hanya karena belajar dari sosial media seperti Youtube maupun Instagram.

Bahkan profesi yang dulunya dipandang sebelah mata ini, kini menjadi primadona baru di bidang bisnis jasa karena menjanjikan keuntungan besar. Penghasilan yang diperoleh dari bisnis make up artist  ini bisa mencapai belasan hingga puluhan juta.

Peluang di bidang jasa ini sangatlah terbuka luas. Seiring berkembangnya zaman dan tren, jasa make up artist  tidak hanya dibutuhkan saat ada acara penikahan. Jasa MUA makin dianggap penting dalam berbagai acara seperti wisuda, pre-wedding, pemotretan komersial, fashion show, sampai arisan dan pertemuan bisnis penting. Jasa MUA juga terbilang sangat menjanjikan karena pendapatan yang terbilang cukup tinggi, apalagi jika sudah terbilang menjadi profesional MUA.

Bagaimana cara memulia bisnis make up artist untuk pemula?

Dengan banyaknya orang yang berprofesi sebagai MUA, tentu keinginan orang untuk memiliki bisnis make up artist pun semakin banyak. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis jasa MUA, ikuti beberapa tips berikut ini untuk meraih kesuksesan dan keuntungan layaknya make up artist profesional khususnya bagi Anda yang masih pemula?

1.Asah kemampuan Anda dalam merias

Wanita memang tak bisa lepas dengan yang namanya make up. Untuk menjadi seorang MUA profesional, tentunya Anda tidak hanya dituntut mahir dalam merias diri sendiri saja. Anda juga harus bisa mengaplikasikannya langsung di wajah orang lain sebagai klien dari bisnis jasa yang ditawarkan.

Anda bisa terus meningkatkan kemampuan merias wajah dengan mengikuti pendidikan formal seperti kursus atau workshop make up artist. Untuk bisa mengikuti kelas ini, biasanya Anda akan dikenakan sejumlah biaya. Bagi pemula yang ingin mengetahui pengetahuan dasar tentang merias wajah, Anda bisa langsung mempelajarinya melalui platform online. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk belajar, seperti Blog, Youtube, Pinterest, dan Instagram.

2.Memiliki perlengkapan make up yang lengkap

Menjadi seorang makeup artist professional, Anda tidak hanya harus mengenal mengenai jenis makeup seperti, foundation, bedak, eye shadow, mascara, lipstik, dan lainnya. Tapi, Anda juga harus belajar memahami serta kegunaan dari masing-masing alat tersebut dan kapan waktu yang tepat untuk memakainya. Setelah itu, barulah kita mulai mengumpulkan secara perlahan alat-alat make up yang diperlukan.

Dalam hal ini Anda bisa meningkatkan kemampuan skill  sembari mengumpulkan alat-alat makeup sedikit demi sedikit. Dan jangan lupa, gunakan alat-alat yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang baik. Untuk menjadi yang lebih profesional, maka pilih perlengkapan make up yang terbaik dan tentunya dengan produk-produk yang profesional.

3.Menguasai berbagai macam teknik make up

Menguasai berbagai teknik make up sangatlah penting bagi Anda yang ingin menjadi MUA. Anda bisa belajar dari manapun. Beberapa video atau artikel tutorial yang beredar di internet mengajarkan tentang berbagai teknik makeup dari berbagai belahan dunia. Dalam proses belajar teknik make up, Anda akan menemui berbagai kendala. Meski begitu jangan putus asa, Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

4.Paham tentang trend ake up paling Up To Date

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menjadikan make up artis sebagai profesi utama artinya Anda harus up to date. Anda harus rajin mencari tahu tentang perkembangan trend make up terbaru untuk saat ini. Cari tahu apa yang sedang tren lewat berbagai media. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa ikut trend make up melalui media sosial seperti Instargram dan youtube.

5.Membuat portofolio di media sosial

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan media sosial sebagai tempat mempromosikan jasa MUA anda dengan mengunggah foto before dan after make up klien Anda. Media sosial dapat digunakan untuk mempromosikan kemampuan Anda agar klien tertarik untuk menggunakan jasa Anda. Di era yang digital ini Anda harus pandai dalam mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial.

6.Melakukan eksperimen pada orang lain

Jika Anda sudah merasa puas dengan bereksperimen pada wajah sendiri, maka Anda bisa mulai berksperimen pada orang lain. Mulailah pada Ibu, saudara perempuan, atau teman terdekat Anda. Tanyakan pendapat mereka mengenai hasil make up hasil karya Anda. Dan jangan lupa, sering-seringlah berlatih, agar semakin terasah kemampuan Anda sehingga bisnis juga lebih mudah berkembang.

7.Memiliki ciri khas haya make up tersendiri

Jika Anda ingin bisnis MUA lebih dikenal orang, maka buatlah gaya make up yang berbeda. Usahakan agar Anda memiliki ciri khas dan beda dengan make up artist lainnya. Ini bertujuan agar orang lain akan dengan mudah mengingat Anda. Misalnya saja, make up yang Anda terapkan menghasilkan dewy make up look yang tahan lama. Tentu saja, mencari ciri khas tersendiri tidaklah mudah.  Anda harus perbanyak meng-upgrade skill make up dengan  perkembangan tren saat ini.

8.Bekerja sama dengan Wedding Organizer

Anda bisa mencoba untuk menawarkan jasa make up pada wedding organizer. Selain menambah jam terbang juga dapat memperluas relasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu ribet lagi untuk mencari klien. Anda cukup menuggu kabar dari wedding organizer tersebut. Memang tidak mudah menjadi MUA terkenal yang memiliki banyak pemasukan.  Semua harus melalui proses panjang. Namun, hasil kerja keras Anda akan terbayar apabila Anda memegang komitmen dan mencintai pekerjaan Anda.

9.Memahami dan mewujudkan keinginan klien

Sebagai make up artist profesional, Anda bekerja untuk klien. Ada kalanya, Anda harus mengesampingkan ego pribadi dan lebih mementingkan kemauan pelanggan. Anda harus bisa memahami apa yang diharapkan oleh klien dan mampu mewujudkan keinginan pelanggan tersebut. Klien pun akan merasa puas dengan layanan yang Anda berikan sehingga ia berpotensi untuk menjadi langganan tetap di kemudian hari.

10.Kuncinya adalah Disiplin, Jejaring dan Mental yang kuat

Memulai bisnis ini dari awal memang tidak mudah. Selain membutuhkan semua yang tertulis di atas, Anda juga harus dapat memisahkan dana untuk keuntungan dan modal selanjutnya yang harus digunakan untuk membeli peralatan make up  dan produk make up secara terus menerus. Anda juga harus membangun jejaring seluas mungkinsupaya semakin banyak yang mengenal Anda dan bahkan merekomendasikan Anda kepada orang lain.


 ~MissAnt~




0 komentar:

Post a comment

Popular Posts