Sabtu, 02 Januari 2021

6 Alasan Pentingnya Facebook Pixel Untuk Toko Online

 



Facebook pixel untuk toko online sangatlah penting. Anda yang ingin memaksimalkan penjualan toko online bisa memanfaatkan facebook. Semakin banyak orang yang mencoba keberuntungan di toko online, tentu persaingan akan semakin ketat. Anda sebagai pebisnis onine tentu akan memakai berbagai cara demi bersaing secara sehat, salah satunya dengan memanfaatkan facebook pixel. Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya facebook pixel.

Pentingnya facebook pixel untuk toko online akan sangat terasa jika Anda sudah merasakan hasilnya. Sekilas memang facebook pixel ini mirip dengan facebook ads. Salah satu kegunaannya adalah untuk mengecek efektivitas iklan yang ditayangkan. Meski begitu ada beberapa hal yang membedakannya. Facebook ads merupakan iklan yang sengaja ditampilkan di facebook dan anak-anak perusahaannya, sedangkan facabook pixel berfungsi sebagai plugin untuk website bisnis.

Facebook pixel memberikan informasi penting yang dapat digunakan untuk membuat facebook ads yang lebih baik dan tertarget. Hal ini karena iklan yang lebih tertarget akan lebih meningkatkan jumlah konversi serta menurunkan biaya iklan dan membantu Anda mendapatkan ROAS (Return on Ads Spend) yang lebih baik.

Untuk lebih singkatnya, fitur yang ada pada facebook pixek bisa digunakan untuk melacak user, melihat halaman apa saja yang dikunjungi pada website Anda sehingga nantinya Anda lebih paham dengan apa yang diinginkan konsumen. Facebook ads juga akan mengizinkan Anda untuk melacak orang-orang yang telah mengunungi website Anda.

Seberapa Penting Facebook Pixel Untuk Toko Online?

Penggunaan facebook pixel sangat penting untuk Anda yang sedang mengelola toko online. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan facebook pixel. Ini juga bisa menjadi cara untuk memaksimalkan segmentasi iklan berdasarkan aktivitas dari masing-masing target audien. Metrik dan data yang dihasilkan dari facebook pixel sangat erat dengan pengunjung website melalui iklan sehingga Anda dapat menargetkan iklan dengan lebih baik untuk memaksimalkan  konversi dan meningkatkan penjualan. Lalu, seberapa penting facebook pixel untuk toko online?

Pentingnya facebook pixel untuk toko online

1.Mengoptimalkan kampanye iklan facebook

Tak hanya mengumpulkan data, facebook pixel juga bisa memperbaiki strategi kampanye iklan facebook untuk meningkatkan kualitas iklan sehingga konversi penjualan dari iklan yang Anda buat meningkat drastis. Anda juga dapat menggunakan facebook pixel untuk menampilkan iklan yang hanya disukai oleh audien sehingga mereka lebih mudah untuk melakukan interaksi, salah satunya adalah melakukan pembelian.

2.Mengoptimalkan konversi yang lebih spesifik

Dengan adanya facebook pixel akan memungkinkan Anda untuk merekam tindakan yang dilakukan oleh pengunjung website Anda. Facebook pixel juga bisa mengukur tingkat konversi iklan facebook Anda dengan melacak perangkat yang digunakan oleh custome. Perlu Anda ketahui bahwa tanpa menggunakan facebook pixel, maka konversi yang Anda dapatkan hanya optimisasi yang kurang akurat. Di sini juga Anda bisa menghitung biaya cost per conversion, cost per landing page view, cost per lead dan lain-lain.

3.Melakukan Retargeting

Keuntungan menggunakan facebook pixel bagi website toko online adalah dapat menampilkan iklan hanya pada orang yang sudah melakukan "add to cart" produk tertentu namun tidak melakukan "checkout". Dengan begitu akan memudahkan Anda dalam mengetahui produk mana saja yang diinginkan pembeli. Jadi akan sangat disayangkan jika Anda tidak menggunakan facebook pixel dalam toko online.

4.Memantau trafik website

Facebook pixel memang hampir mirip dengan cara kerja google analytic. Dari sini Anda bisa memantau trafik website, dengan begitu Anda bisa mendapatkan insight  tentang bagaimana pengunjung melakukan interaksi dalam website Anda. Ini juga sangat cocok bagi Anda yang memiliki lebih dari 1 toko online. Dengan kemudahan dalam mengelolanya tentu sangat mungkin jika Anda memiliki banyak toko online, bukan?

5.Mengoptimalkan facebook ads

Facebook ads dan facebook pixel memang memiliki kesinambungan dalam memasarkan suatu produk. Selain itu, Anda juga harus bisa membuat artikel di website yang relevan dengan audiens hingga nantinya akan ada perkembangan dalam website tersebut. Kemudian Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan facebook pixel. Jika keduanya sudah saling terhubung maka website bisnis online Anda akan berjalan lancar.

6.Menemukan audiens sejenis

Bisnis online akan berjalan lancar jika Anda mampu menargetkan audiens dengan ketertarikan yang serupa. Hal tersebut bisa Anda peroleh dari aktivitas website. Adanya audiens sejenis atau lookalike adalah salah satu cara facebook dalam membantu Anda menemukan target yang serupa. Semakin besar cakupan audiens Anda, maka akan semakin besar jumlah audiens baru yang bisa Anda jadikan target.

Yang jelas, pemakaian facebook pixel dalam toko online sangatlah penting. Akan sangat disayangkan jika Anda sudah memiliki banyak toko online tapi tidak mengoptimalkan dengan facebook pixel. Ada dua tipe pixel yang harus Anda tahu yaitu optimasi conversion dan website custom audience.

Cara kerja facebook conversion pixel adalah dengan menempatkan potongan code pada halaman tertentu pada sebuah website. Jika user mengunjungi halaman, maka pixel akan terhitung sebagai conversion. Ini juga dapat digunakan untuk melacak berapa banyak orang mengeklik iklan, berapa banyak melakukan registrasi, leads dan masih banyak lagi. Dengan tipe pixel ini, Anda bisa menggunakan facebook pixel untuk memberi tahu facebook tentang apa yang Anda inginkan dari campaign.

Sedangkan cara kerja website custom audience adalah dengan menempatkan code pada head template dari website sehingga bisa teraplikasikan pada semua halaman. Website custom audience diciptakan untuk menargetkan ulang. Tipe pixel ini akan membuat grup audiens tertentu dari orang-orang yang mengunjungi website Anda dari sumber uang berbeda-beda.

Memasang facebook pixel tentunya juga tidak sulit. Anda harus mempelajarinya demi kemajuan bisnis online yang Anda kembangkan. Meski harus dengan cara yang sedikit rumit, namun hasilnya tidak akan mengecewakan. Banyaknya informasi dan data yang Anda dapatkan dari facebook pixel tentunya akan memberikan kemudahan dalam menentukan target pasar dan apa saja yang diperlukan oleh target pasar Anda.

Satu hal penting yang dapat memperngaruhi kinerja facebokk pixel adalah website toko online yang lancar dan aman. Jadi, Anda jangan salah dalam memilih jasa pembuatan website untuk online shop Anda.

 

~MissAnt~

 

 

0 komentar:

Popular Posts