Sabtu, 30 Januari 2021

5 Langkah Mudah Upgrade Blog Tanpa Merusak SEO

 

Sumber Gambar : Google


Mengetahui cara upgrade blog memang sangat penting khususnya bagi Anda yang mengelola blog untuk keperluan bisnis. 

Upgrade blog biasanya bertujuan untuk rebranding dan memperbaiki kekurangan blog sebelumnya. Hal ini juga akan membantu meningkatkan kualitas blog dari yang semula biasa saja menjadi lebih baik lagi. 

Jika ada sudah lama mengelola blog, tentunya Anda tahu bahwa dalam dunia blog, upgrade blog juga sering disebut dengan migrasi blog.

 Perbedaan Antara SEO Onpage dan SEO Offpage

Cara upgrade blog sangatlah mudah. Ini biasanya juga ikut merubah tampilan sebuah website. Hal utama yang harus Anda perhatikan di sini adalah, nantinya alamat blog Anda akan berubah, bisa dari domain .blogspot ke .com atau dari .com ke .com lainnya. 

Hal ini tentunya akan semakin membuat tampilan blog semakin menarik. Bahkan Menurut data yang dimiliki oleh website BuiltWith, saat ini blogspot menduduki urutan kedua dalam kategori blog di Indonesia.

 8 Cara Ampuh Membuat Artikel SEO

Banyak pemula yang lebih memilih platform blogspot karena lebih mudah digunakan. Meski bukan platform terbaik, blogspot masih merupakan salah satu pilihan favorit bagi mereka yang ingin membuat blog.

 Akan tetapi, salah satu yang menjadi kelemahan memilih blog yang dibuat dengan platform ini masih menggunakan subdomain sebagai alamatnya. Namun perlu khawatir karena ini bisa diupgrade.

 

Bagaimana cara upgrade blog tanpa merusak SEO?

 

Dalam melakukan upgrade tentu akan meningkatkan kualitas website. Sayangnya juga akan memperngaruhi SEO seperti adanya perubahan pada sistem alogaritme google, terkena serangan SEO negatif, atau bahkan karena tampilan blog yang sudah berubah. 

Hal itu juga bisa menjadi penyebab mengapa website Anda sudah tidak berada pada halaman pertama mesin pencari lagi. Tentu akan sangat disayangkan apabila Anda kehilangan peringkat teratas google hanya karena memutuskan untuk upgrade blogger.

 Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula 

Agar tidak merusak SEO ketika melakukan upgrade blog, berikut cara yang harus Anda lakukan;

 

1.Hosting wordpress untuk website Anda

 

Hosting diperlukan untuk menampung data-data pada website. Anda bisa memilih hosting murah dan berkualitas seperti yang ada di Unlimited. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan nama domain untuk blog wordpress baru Anda. 

Setelah Anda mengaktifkan hosting, selanjutnya Anda bisa langsung instal wordpress di hosting melalui cPanel. 

 

2.Export data blogger

 

Sebelum Anda melakukan upgrade, lakukan export data blogger Anda dan backup ke komputer dengan format XML. Cara melakukannya adalah, silakan masuk ke admin blogger, kemudian setelah dan klik lainnya. 

Pada menu Import & cadangan, klik tombol cadangkan Konten. Kemudian nantinya akan muncul kotak dialog. Selanjutnya Anda bisa klik simpan ke komputer untuk melanjutkan. Data Anda nantinya akan terunduh pada komputer/laptop dengan format XML.

 

3.Import blogger ke wordpress

 

Setelah Anda selesai mengunduh data blogger, silakan beralih ke wordpress Anda. Pastikan domain dan hosting Anda aktif dan telah terinstal wordpress. Caranya adalah, masuk ke admin area kemudian klik Tools > Import. Kemudian pilih blogger. 

Kemudian pilih Install Now di dashboard wordpress Anda. Di sini Anda memerlukan plugin Blogger Importer untuk memindahkan file XML Anda ke website wordpress. Maka plugin otomatis akan aktif dan klik Run Importer. 

Kemudian pilih Choose File untuk mengunggah file XML yang sudah ada di komputer Anda. Kemudian, klik Upload File and import. Dan sekarang blogger Anda telah berpindah ke wordpress.

Agar Anda tidak kehilangan rangking google, selanjutnya Anda harus melakukan setting Permalink dan Redirection 

 

4.Pengaturan permalink

 

Jika Anda sudah berhasil melakukan upgrade blogger ke wordpress, maka selanjutnya adalah melakukan pengaturan permalink di wordpress. Permalink merupakan struktur dari SEO. 

Untuk melakukan pengaturan pada permalink, maka langsung saja masuk ke menu Settings > Permalinks. Kemudian pilih Custom Structure dan tambahkan kode yang sudah ada. Lalu, klik save.

 

5.Pengaturan redirection

 

Melakukan pengaturan redirection juga merupakan  langkah terpenting untuk menjaga agar website Anda tidak kehilangan google ranking saat dipindahkan dari blogger ke wordpress. 

Yang Anda lakukan di sini adalah menginstal dan mengaktifkan plugin blogger to wordpress redirection. Setelah berhasil menginstal dan mengaktifkan plugin, kemudian masuk ke halaman Tools > Blogger To WordPress Redirection, lalu klik Start Configuration.

 4 Tips Agar Tetap Produktif Ngeblog

Plugin secara otomatis akan mendeteksi URL blog Anda dan selanjutnya, klik tombol Get Code untuk mendapatkan kode Redirection. 

Kemudian Anda akan mendapatkan potongan kode yang digunakan untuk redirection user dari blogger Anda ke situs wordpress baru Anda. Salin kode tersebut untuk di masukkan ke dalam template blogger.

 

Langkah selanjutnya adalah masuk ke dashboard blogger Anda dan pilih menu Thema. Scroll ke bawah lalu pilih kembali ke template klasik. Setelah Anda klik button Kembali ke template klasik, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini lengkap dengan tampilan editor HTML. 

Kemudian masukkan script yang sudah Anda salin dari plugin blogger to wordpress redirection sebagai pengganti script yang ada di halaman editor HTML blogger Anda. Kemudian, klik Simpan tema.

 

Kemudian silakan kembali ke halaman wordpress dan masuk ke halaman plugin Blogger to WordPress Redirection, lalu klik Verify Configuration. Sekarang blogger Anda sudah sepenuhnya berpindah ke website wordpress baru Anda. Dengan cara tersebut tidak akan memperngaruhi atau bahkan merusak SEO Anda.

 

Mengapa harus melakukan upgrade blog?


Upgrade blog ke wordpress tentunya memiliki beberapa keunggulan khususnya bagi Anda yang menggunakan website untuk bisnis. Berikut mengapa Anda harus melakukan upgrade blog;

 

1.Blogspot mempunyai theme dan wallpaper terbatas. Sedangkan dengan mengupgrade ke wordpress maka akan mempunyai ribuan theme serta banyak jenis widget yang siap untuk membuat website Anda semakin menarik.

 

2.Pada dasarnya, wordpress memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam hal mengelola website melalui halaman dashboard Admin yang telah disediakan. Hal ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang yang melakukan upgradeb blog ke wordpress.

 

3.Anda dapat melakukan apapun dengan plugin. Misalnya Anda ingin memperbaiki desain tata letak wordpress atau membuat website dengan menggunakan builder. Semuanya dapat dengan mudah dilakukan. Ini karena wordpress memiliki banyak plugin dengan berbagai fitur tambahan.

 

4.Melakukan upgrade pada blog juga akan membuat akses website lebih cepat. Hal ini karena wordpress menempatkannya di berbagai file database. Sehingga ketika akses sedang cepat, file tertentu yang telah dipanggil oleh browser langsung muncul tanpa harus load seluruh file HTML.

 

5.Ketika Anda menggunakan website wordpress hosting, maka Anda akan lebih leluasa untuk melakukan pengaturan website. Anda juga dapat menetapkan apapun sesuai keinginan Anda.

 

0 komentar:

Popular Posts