Wednesday, 3 June 2020

6 Trik Ampuh Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula

Sumber Gambar : Google



Profesi penulis lepas terkadang masih dianggap sebelah mata karena penghasilan yang tidak tetap. Hal ini karena beberapa pola pikir orang zaman dulu yang masih melekat dengan pekerjaan tetap dan seringkali meremehkan pekerjaan paruh waktu yang dianggap kurang menghasilkan.


 Meski begitu ternyata dengan menjadi penulis lepas juga mempu menghasilkan banyak uang. Salah satu cara untuk mendapatkan uang tambahan dari internet adalah menjadi penulis lepas. Untuk menjadi penulis lepas, Anda harus memiliki skill menulis karena tidak semua orang bisa menghasilkan uang dari tulisannnya.

Penulis lepas atau yang lebih populer dengan freelance writer juga menjadi salah satu profesi yang cukup banyak digandrungi para generasi milenial. Terlebih jika Anda memiliki skill menulis, tentunya bisa dikembangkan menjadi suatu cara untuk menghasilkan uang. 


Waktu dan tempat kerja yang lebih fleksibel membuat Anda tidak harus mengikuti tuntutan layaknya kerja kantoran. Selain itu, penulis lepas merupakan salah satu pekerjaan yang cukup mudah untuk dipelajari.


Apa itu penulis lepas?

Bagi orang awam tentunya masih asing dengan istilah ini. Akan tetapi, bagi para millenial tentunya profesi ini sangat asyik karena jam kerja yang fleksible hingga tidak terlalu ribet dengan aturan-aturan kantor. 

Bahkan di kota-kota besar pun banyak perusahaan yang sudah menerapkan jam kerja fleksibel sehingga banyaknya aturan dalam kantor seringkali dianggap kuno. Hal ini karena yang terpenting adalah kepercayaan antara pemimpin dengan karyawan. Bahkan menurut beberapa survey, jam kerja yang fleksibel juga mampu meningkatkan kreatifitas seseorang, apalagi kalau profesinya adalah seorang penulis.


Penulis lepas adalah seorang penulis yang menulis untuk proyek secara kontrak maupun proyek lepas untuk perusahaan atau pribadi. Profesi ini bebas bekerja untuk siapa saja dan berapapun kliennya, baik itu pribadi maupun perusahaan. 

Penulis lepas juga memilih sendiri proyek yang ingin dikerjakan dan bebas mengerjakannya dari mana saja. Bisa di rumah ataupun sambil traveling ke seluruh dunia.

Skill apa saja yang harus dimiliki oleh Penulis lepas?

Dengan cara kerja yang fleksibel dan lebih santai, tentunya ada beberapa skill yang harus dimilliki oleh penulis lepas. Lalu, apa saja kemampuan dasar yang harus dimiliki penulis lepas?

1.Harus paham dengan tata bahasa dan ejaan

Ini sangatlah penting dikuasai oleh seorang penulis lepas. Tulisan yang bagus sekalipun akan terlihat buruk jika ada kesalahan dalam tata bahasa dan ejaannya. 

2.Memahami tentang riset

Pemahaman isi artikel nantinya akan menjadi tanggung jawab penulis lepas sehingga kemampuan untuk meneliti dan memahami sumber referensi sangat dibutuhkan. Memahami riset sangatlah penting bagi mereka agar menjadi orang yang paling mengerti tentang topik yang dibahas dalam tulisan.

3.Menguasai proofreading

Setelah selesai mengerjakan artikel, penulis harus memastikan apakah ada kesalahan atau tidak. Proofreading sangat berguna untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi pada penulisan yang mungkin terjadi ketika Anda menulis sehingga wajib bagi penulis untuk menguasai skill ini.

4.Menguasai berbagai macam gaya penulisan

Di sini Anda bisa menggunakan gaya penulisan yang mengalir, to the point, tidak bertele-tele, dan tentu saja mudah dipahami. Usahakan agar Anda sendiri mampu membuat artikel dengan beberapa gaya penulisan. Misalnya saja artikel santai/casual, semi resmi, atau formal.

5.Paham tentang format dalam artikel

Setiap klien tentunya akan meminta jenis tulisan dengan format yang berbeda-beda. Maka Anda sebagai penulis lepas harus paham dengan beberapa format artikel seperti, menggunakan bullet list atau numbering untuk menunjukan point-point dalam artikel yang dirasa perlu, mempelajari menulis artikel di platform wordpress dan format lainnya.

6.Profesional

Meski kerjanya bisa dari mana saja bukan berarti harus seenaknya dalam bekerja. Anda harus tetap profesional karena merupakan bagian penting dalam kesuksesan berkarier.

Bagaimana cara menjadi penulis lepas bagi pemula?

Menghasilkan banyak uang dari penulis lepas? Siapa sih yang nggak mau? Semua orang tentu ingin mencobanya begitu juga dengan Anda. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil tambahan dari menulis dan memiliki skill seperti yang sudah disebutkan di atas, maka Anda bisa menjadi penulis lepas yang menghasilkan banyak uang.


Bagaimana caranya? Berikut tips buat Anda yang ingin menjadi penulis lepas khususnya para pemula

1.Membuat website pribadi

Bagi penulis online, memiliki website sangatlah penting. Ini juga bisa menjadi portofolio jika ada klien yang ingin melihat hasil tulisan yang And buat. Selain itu, dengan adanya web pribadi juga membuktikan bahwa Anda adalah penulis yang kredibel dan terpercaya.

2.Memilih jenis tulisan yang Anda kuasai

Ada banyak jenis tulisan yang bisa Anda pilih, misalnya konten situs web, artikel blog, copywriting yang persuasif, ghostwriting menulis untuk orang lain, berita, dan majalah. Pilih yang paling Anda kuasai sehingga Anda akan lebih maksimal dalam menjalankannya.

3.Bergabung di situs freelance

Anda bisa mulai mencari job menulis di situs-situs freelance Indonesia. Silahkan cari di kategori penulis artikel, writing, atau sejenisnya. Lalu lakukan bid atau penawaran pada job menulis yang ada. Anda bisa mencarinya di Google.

4.Promosi melalui blog


Cobalah untuk membuat blog pribadi sebagai media promosi utama. Isi blog tersebut dengan contoh-contoh artikel yang menarik, format yang ideal, dan SEO friendly. Jika tulisan dalam blog tersebut menarik, maka tidak menutup kemungkinan para klien akan tertarik dan memesan tulisan secara terus-menerus. 

5.Bergabung dengan grup atau komunitas penulis lepas

Anda bisa bergabung dengan grup atau komunitas penulis lepas yang biasanya terdapat di media sosial. Dengan bergabung di grup tersebut akan mendapatkan banyak keuntungan dan bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling sharing ilmu, pengalaman, job atau project, dan lain sebagainya.

6.Pahami dasar-dasar SEO

Memahami dasar-dasar SEO sangatlah penting bagi penulis. Hal ini karena Anda menawarkan jasa penulisan artikel untuk blog, berarti Anda harus paham juga dengan yang namanya SEO. Anda tidak harus mempelajari teknik-teknik yang rumit, cukup pelajari dasarnya saja terlebih dahulu, seperti riset kata kunci dan optimasi SEO on page.  






~MissAnt~


0 komentar:

Post a comment

Popular Posts