Pages

Saturday, 30 January 2021

10 Cara Menjadi Customer Service Idaman Untuk Meningkatkan Bisnis Online

 

Sumber Gambar : Google


Mempelajari cara menjadi customer service akan sangat penting bagi Anda yang memiliki toko online. Pasalnya kemajuan toko online maupun bisnis online yang Anda kelola juga akan dipengaruhi oleh seorang customer service.

7 Manfaat Webinar Untuk Strategi Marketing

 Meningkatkan skill customer service untuk tim Anda bermanfaat untuk membangun serta menjaga hubungan antara Anda dengan customer. Tak peduli seberapa bagusnya produk Anda atau bertalentanya staff Anda, satu hal yang paling diingat oleh customer adalah interaksi langsung yang mereka lakukan dengan customer service.

 Cara menjadi customer service yang baik merupakan salah satu skill yang harus dicari oleh para pengemban bisnis online.  Para pebisnis yang sudah sukses pastinya akan mencari customer service untuk membantu mengelola produk yang Anda jual.

Ini Lho Pentingnya Web Hosting Untuk Bisnis Online

Setiap tahun, persaingan bisnis online akan selalu terus bertambah, khusunya dalam bidang internet. Selain perusahaan dituntut bagaimana memberikan produk yang bagus dan berkualitas tapi terjangkau, perusahaan juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang excellent.

Dengan adanya loyal customer, maka customer service sudah pasti menjadi garda depan ketika terjadi kesalahan maupun pembelian.

8 Strategi Marketing Online Dengan Budget Terbatas

Customer juga pasti berharap CS bisa menjadi pihak yang membantu. Hal ini karena tim customer service Anda sering menjadi wajah dari bisnis online maupun perusahaan yang sedang Anda kelola.

 Bagaimana cara menjadi customer service yang baik dan disukai pelanggan?

Perusahaan yang kuat akan memiliki relasi pelanggan yang baik. Tapi perusahaan yang cerdas akan selalu bertanya, seperti apa pelayanan pelanggan yang baik? 

Bila Anda belum mulai mencari cara untuk meningkatkan layanan pelanggan, maka hubungan Anda dengan pelanggan tidak akan mengalami kemajuan. 

6 Alasan Pentingnya Facebook Pixel Untuk Toko Online

Agar bisnis yang Anda kelola semakin berkembang, maka hal utama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari customer service dengan skill yang maksimal karena hal ini adalah kunci agar pelayanan bisnis online semakin meningkat.

 Lalu, bagaimana cara menjadi customer idaman yang disukai banyak pelanggan?

 

1.Langsung cepat tanggap dengan telepon yang masuk

 

Sebagai customer service yang baik tentunya Anda harus merespon dengan cepat setiap ada telepon masuk. Cepat tanggap dengan telepon masuk adalah first thing first dalam bidang customer service dan bisnis apapun.

Hal ini karena Anda tidak akan pernah tahu kesempatan atau kabar penting apa yang akan disampaikan oleh pelanggan. Untuk itu, respon cepat sangat penting dan jangan membiarkan terlalu lama telepon berdering karena akan memberikan nilai minus pada sebuah perusahaan.

 

2.Mampu berkomunikasi dengan baik

 Di manapun tempatnya, seoarang customer service wajib bisa berkomunikasi dengan baik. Selain itu, bahasa yang dikeluarkan juga harus ramah, sopan, dan jelas.

 Hal ini supaya  kita bisa menginformasikan informasi atau solusi dan keluhan pelanggan dengan dengan baik dan tepat seusai keinginan pelanggan. Hindari komunikasi yang bertele-tele.


3.Customer service yang baik adalah yang mampu menguasai produk

Apa gunanya jika customer service tidak menguasai produk yang dijual? padahal pelanggan yang bertanya pasti ingin mendapatkan penjelasan lebih mengenai produk yang akan dibeli.

 Bagi Anda para CS sebaiknya belajar terlebih dulu sampai menguasai produk yang dijual. Hal ini untuk mengantisipasi agar pelanggan yang bertanya tidak semakin bingung dengan penjelasan yang Anda berikan.

 Ternyata Ini Lho Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online

4.Mampu meyakinkan pelanggan 

Kemampuan untuk meyakinkan pelanggan harus dimiliki oleh seorang customer service. Agar pelanggan yakin, maka Anda harus benar-benar menguasai produk yang dijual. Skill ini harus dimiliki untuk Anda yang bekerja menjadi customer service online.

 

5.Berikan janji yang bisa diwujudkan

 Semua orang pasti akan marah jika janji layanan yang diberikan tidak sesuai dengan kenyataan, atau bahkan tidak pernah ditepati.

 Jangan memberikan janji yang tidak mungkin jika hanya membuat citra perusahaan semakin baik. Jadilah seorang customer yang  realistis dan mengacu pada kenyataan.

 Inilah 10 Tips Mudah Memulai Bisnis Make Up Artist

 6.Memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa yang positif

 Bahasa jadi bagian persuasi yang sangat penting, dan orang terutama pelanggan menciptakan persepsi tentang Anda dan perusahaan Anda berdasarkan bahasa yang  Anda gunakan.

 Bahkan perubahan kecil dengan menggunakan bahasa yang positif bisa secara dramatis berpengaruh pada bagaimana pelanggan mendengar respon Anda.Untuk itu selalu gunakan bahasa yang positif dan enak didengar.

 

7.Memiliki management waktu yang baik

 Bila Anda tidak tahu solusi dari sebuah masalah, cara terbaik adalah mengalihkan pelanggan ke orang yang bisa membantunya.

 Jangan berlama-lama di area yang akan membuat waktu Anda dan pelanggan terbuang percuma. Hal ini juga menjadi alasan mengapa kerja sama tim custumer service harus selalu ditingkatkan.

Begini Caranya Memulai Bisnis Wedding Organizer TANPA MODAL

Tips Memulai Bisnis Tata Rias Pengantin Untuk Pemula


8.Mau menerima aduan dan komplain

 Hampir tidak mungkin jika seorang customer service tidak menghadapi keluhan di setiap komunikasi dengan klien. Bahkan, sering kali customer service juga mendapat nada jutek atau marah ketika dihubungi melalui telepon.

 Setiap aduan dan komplain yang terjadi biasanya juga akibat dari sistem yang sedang down atau policy yang disusun perusahaan, jadi harus ditanggapi dengan kepala dingin agar Anda juga bisa lebih tenang dalam menerima setiap komplain.

 

9.Sabar dan mampu menjadi pendengar yang baik

 Ketika Anda memutuskan untuk bekerja di bidang customer service berarti Anda sudah siap menyediakan telinga yang mau mendengarkan, entah itu keluhan ataupun pujian apresiasi kinerja yang Anda dapat dari klien.

 Sehebat-hebatnya product knowledge seorang customer service hanya akan sia-sia jika Anda  tidak mau mendengar setiap telepon yang masuk.

 

Memiliki kesabaran yang ekstra juga sangat penting. Agar semua product knowledge dan keahlian membaca situasi bisa Anda terapkan, maka dibutuhkan pikiran yang tenang.

 Tipe-tipe konsumen juga pasti berbeda-beda, ada yang kalem dan ada juga yang bisa membuat marah. Jadi tips menjadi seorang customer service adalah selalu sabar dan tidak mudah marah.

 

10.Memiliki kemampuan “membaca” pelanggan

 Ada beberapa customer service yang tidak bertemu muka langsung dengan customer service karena lebih banyak yang mendapat aduan lewat telfon atau email yang lebih mudah untuk diakses.

7 Trik Sukses Menjalankan Bisnis Melalui Ebook

 Anda tidak selalu bisa melihat pelanggan secara langsung. Tapi hal ini tidak membuat Anda terbebas dari keharusan membaca tingkat emosi pelanggan.

 kemampuan ini sangat penting karena Anda tidak ingin salah membaca pelanggan dan kehilangan mereka karena kesalahan dalam berkomunikasi.

 Lihat dan dengarkan petunjuk tentang mood mereka, tingkat kesabaran, personalitas, dan sebagainya. Dengan begitu Anda bisa menjaga interaksi yang positif dengan pelanggan.

 

~MissAnt~

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts