Senin, 27 Juni 2022

Review Platform Freelancer Fastwork.id. Berdasarkan Pengalaman Pribadiku

 

Sumber Gambar: Fastwork.id


Sebagai seorang freelancer, kamu pasti familiar dengan yang namanya platform Fastwork. Sebenarnya nggak hanya Fastwork aja sih. ada banyak platform khusus freelancer yang bisa kamu gunakan untuk mencari cuan.

Kalau aku pribadi sih, awal terjun ke dunia freelance mengandalkan platform Projects.co.id. Namun, aku juga mau coba platform lainnya dan memilih Fastwork. Meski belum lama, tapi aku udah bisa merasakan perbedaan dari kedua situs online yang biasa digunakan para freelancer tersebut.

Apa itu Fastwork?

Kali ini aku mau mengulas tentang Fastwork. Fastwork.co.id merupakan sebuah platform freelance online yang mampu membantu para pemilik bisnis menemukan dan mempekerjakan freelancer dengan cara yang mudah.

6 Trik Ampuh Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula

Bahkan, lebih dari 300.000 bisnis di seluruh Asia Tenggara menggunakan layanannya. Beberapa layanan yang disediakan antara lain, jasa penulisan artikel, pembuatan copywriting, pemasaran online, desain grafis, entri data dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara kerja platform Fastwork?

Bukannya mau membanding-bandingkan ya, tapi cara kerja Fastwork dan Projects ini beda jauh. Kalau di Projects, sebagai freelancer kita harus nge-bid (menawar) untuk mendapatkan klien. Sedangkan di Fastwork, kita hanya menuliskan keahlian yang kita miliki, nantinya para klien yang akan memilih kita untuk mengerjakan projectnya.

Cara Menjadi Freelancer di Projects.co.id

Intinya, di Fastwork ini, freelancer cukup duduk manis dan online melalui website atau melalui aplikasi. Apabila klien cocok dengan keahlian yang sudah dituliskan pada profil, maka kamu akan dihubungi melalui chat dalam platform tersebut.

Bagaimana cara mendaftar di Fastwork?

Untuk cara pendaftarannya sangat mudah. Kamu bisa daftar melalui akun Google atau bikin akun sendiri. Langkah selanjutnya adalah melengkapi profil. Di sini kamu bisa tuliskan pengalaman kerja dan deskripsi singkat tentangmu.

Selanjutnya, kamu harus menuliskan keahlianmu dengan detail beserta contoh pekerjaan yang pernah kamu buat. Misalnya kalau keahlianmu penulis artikel SEO, kamu wajib sekalian menentukan harganya. Contoh, penulisan artikel dengan harga Rp50 per-kata, pembuatan copywriting untuk Landing Page dengan harga Rp100.000.

6 Tips Sukses Menjadi Online Freelance Writer

Mengapa harus detail? Karena nanti akan dicek oleh sistemnya. Kalau profil deskripsi keahlian kamu memenuhi kriteria, nanti akan di-approve oleh sistem dan layanan jasamu sudah terpampang di platform Fastwork. Selanjutnya, kamu tinggal nunggu dihubungi sama klien yang tertarik dengan jasa keahlian kamu.

2 Tips penting agar langsung di-approve di Fastwork

Kamu perlu tahu bahwa tidak semua freelancer di-acc dengan mudah. Kalau pengalamanku yang sudah bergabung sejak Februari 2022 kemarin, aku 3 kali bikin hingga akhirnya di-approve. Lalu, gimana sih kriteria biar langsung di-approve?

Berikut tipsnya

1. Jangan menyematkan nomer handphone pada layanan yang kamu buat

Di sini kamu dilarang mencantumkan nomor handphone. Hal ini untuk menghindari klien membuat perjanjian atau melakukan pembayaran di luar platform. Kalau kamu nekat mencantumkan, biasanya tidak akan di-approve.

2. Tidak boleh mencantumkan akun media sosial pribadi hingga alamat blog

Kalau kamu terbiasa jualan jasa melalui akun media sosial dan blog, ada baiknya kamu tidak perlu mencantumkan akun sosmed. Dengan mencantumkan nama akun media sosial hanya akan membuat kamu dan klien berkomunikasi di luar platform yang tentunya menyalahi perjanjian.

Pokoknya, cara kerja platform Fastwork ini sangat ketat. Kalau ketahuan saling bertukar nomer handphone, maka akan kena sanksi, yaitu akun di-banned selama 3 hari. Aku juga pernah kena banned karena klien memintaku mengirimkan nomer handphone. Meski cara ngirim nomernya 3 angka, 3 angka sampai selesai, tapi tetap aja ketahuan.

Kalau kamu mau aman dan tanpa banned, mending jangan memberikan kontak atau akun media sosial yang nantinya memungkinkan untuk berkomunikasi di luar platform. Tetap ikuti aturan saja biar akun selalu aman ya!

Lalu, bagaimana dengan sistem pembayarannya? Adakah potongan untuk komisi platform?

Untuk pembayarannya nanti akan dilakukan setiap Selasa pada minggu ke-2 dan minggu ke-4 setiap bulan. Sebelum ditransfer ke rekening kamu, hari Senin malam pada jam 00.00 akan dilakukan pemotongan komisi terlebih dulu.

Nah..sedangkan untuk pemotongan komisinya adalah sebesar 10%. Jadi kalau kamu mematok harga 100 ribu, nanti yang ditransfer ke rekeningmu nggak utuh 100 ribu, tapi setelah dipotong 10%.

Sebenarnya untuk pemotongan komisi lumayan lebih murah karena platform lain ada yang 12%. Tapi ya ketentuan masing-masih sih.

12 Website Penulis Online yang Berani Bayar Tulisanmu Hingga Ratusan Ribu

Selama bergabung di platfrom Fastwork, aku masih baru sekali menerima orderan. Oiya, kamu juga harus hati-hati kalau yang chat kamu itu orang luar, mereka rata-rata memintamu menghubungi lewat telegram.

Aku pernah waktu itu di-chat sama orang luar, berhubung masih baru menggunakan platform ini, aku kira emang beneran mempekerjakan. Soalnya embel-embelnya meminta dibikinin copywriting untuk websitenya, eh..nggak taunya kita disuruh bayar dulu katanya buat invest. Hm..kudu ati-ati sih, aku pernah dapet 2 kali modelnya begitu semua. Ujung-ujungnya minta duit duluan.

Plus minus setelah menggunakan platform Fastwork

Sebenarnya platform ini cukup bagus kalau kamu ketemu sama klien yang “bener”, dalam artian mereka benar-benar chat dari platform tersebut dan pembayarannya juga melalui platform. Jadinya lebih aman dan yang pasti kamu dibayar.

Tapi menurutku, untuk pembayarannya cukup lama. Bisa dibilang 2 minggu sekali. Kalau dapetnya sekalian 1 juta mah nggak papa ya. Masalahnya, kalau dapetnya hanya 50 ribu dan harus menunggu 2 minggu rasanya kok gimana gitu ya.

Bukannya kurang bersyukur sih, hanya saja kalau bisa membayarnya lebih cepat tentu lebih enak aja. Setelah selesai mengerjakan, langsung dapet bayaran. Tentu lebih asyik, kan? Hehe..

Okay..itulah sedikit ulasan pengalamanku tentang platform Fastwork. Kalau kamu punya pengalaman apa setelah bergabung dan menggunakan platform Fastwork?

 

~MissAnt~

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts