Friday, 23 October 2020

7 Trik Sukses Menjalankan Bisnis melalui Ebook

 

Sumber gambar : Google



Memilih bisnis Ebook sekarang ini tentunya memiliki prospek yang bagus. Buat Anda yang memiliki hobi menulis, nampaknya bisnis ini sangat cocok untuk Anda karena akan membantu Anda lebih mudah dalam menemukan penghasilan tambahan. Perkembangan teknologi yang semakin modern ini ternyata juga mampu mengubah masyarakat dalam membaca buku. Jika dulu mereka hanya membaca buku dengan cetakan, maka sekarang masyarakat bisa membaca buku melalui media elektronik yang tentunya akan memudahkan bagi siapa saja.

Bisnis ebook semakin diminati oleh para pelaku bisnis online, baik itu para pelaku yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis online ataupun para pemain baru yang sedang mencoba merintis bisnis online. E-book adalah suatu buku yang bentuknya digital atau elektronik dimana biasanya berisi informasi atau panduan maupun tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Di zaman yang serba digital ini, tentu saja Ebook lebih banyak digunakan daripada buku cetak. Hal ini juga mengacu pada pengertian sebagai buku yang berbentuk digital maka dari segi penggunaan dan penyimpanannya akan lebih praktis, sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli Ebook daripada buku cetak.

Dengan banyaknya orang yang semakin memilih Ebook, maka semakin banyak yang menginginkan bisnis Ebook sebagai sampingannya. Jika Anda sudah terbiasa menulis atau Anda punya passions di bidang menulis, tentunya dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan kesulitan untuk menulis sebuah ebook.

Bagaimana caranya agar sukses menjalankan bisnis melalui Ebook?

Dari berbagai pengalaman orang yang sudah menjalankan bisnis dari waktu ke waktu, banyak yang berpendapat bahwa bisnis sekarang ini lebih mudah salah satunya dengan menggunakan Ebook.

Buat Anda yang ingin berbisnis melalui Ebook, berikut trik mudah untuk memulainya;

 

1.Ikuti minat dan passion Anda.

Dalam berbisnis Ebook, pastikan Anda memilih apa yang paling menjadi passion Anda. Jangan hanya ikut-ikutan orang karena bisnis online ebook itu tidaklah mudah. Untuk mengatasi berbagai tantangan yang ada, Anda membutuhkan kemauan, semangat, dan kerja keras. Untuk memudahlan dalam menjalankan bisnis tersebut, maka Anda perlu memiliki passion dari bisnis Ebook yang Anda  pilih.

2.Selalu bereksplorasi dan kreatif

Dua hal tersebut merupakan kunci agar bisnis Ebook berjalan lancar. Jika Anda ingin terjun di bisnis ebook, cobalah untuk berkreasi dan bereksplorasi dengan topik lainnya. Entah itu topik kesehatan, manajemen, presentasi, dan banyak lagi. Pastikan Anda memiliki topik yang berbeda dari yang lain agar lebih unggul dibandingkan dengan pebisnis lainnya.

3.Menentukan target audience Anda

Kemampuan menempatkan diri Anda di posisi pembaca potensial akan membuat menulis jadi lebih mudah dan hasilnya juga lebih baik. Pastikan Anda paham siapa pembaca Anda, Apa yang mereka ingin ketahui, bagaimana cara mereka bisa mengakses Ebook Anda dan masih banyak lagi. Jika target Anda tepat sasaran maka akan memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis.

4.Tonjolkan sesuatu yang tidak bisa didapatkan dengan gratis

Di sini pastikan Ebook Anda cukup unik sehingga orang tidak bisa menemukannya gratis di tempat lain. Berikan juga alasan mengapa orang harus membeli produk Anda dan tidak akan mendapat informasi yang sama secara gratis dari orang lain. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menawarkan ebook tentang topik serupa tapi menulisnya dengan cara sederhana dan langsung pada inti pembicaraan. Yang harus Anda lakukan adalah menunjukkan kalau apa yang Anda miliki berbeda. Pastinya orang akan penasaran dan membeli Ebook Anda.

5.Kembangkan produk Anda

 Setiap harinya akan selalu ada persaingan dalam bisnis. Untuk itu, produk Ebook harus selalu up to date dan sesuai dengan perkembangan di masyarakat. Sebab jika ebook Anda sudah tidak relevan dengan keadaan maka yang terjadi adalah produk Anda ditinggalkan oleh konsumen. Anda tentunyan tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

6.Pelajari teknik pemasaran di Internet

Passion menulis saja tidaklah cukup untuk memaksimalkan bisnis Ebook. Anda juga harus mengetahui bagaimana cara pemasarannya. Pilihlah cara yang lebih efektif dan efisien sehingga memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis.

7.Tentukan harga yang sesuai

Untuk Anda yang masih pemula dalam bisnis Ebook, hindari menentukan harga yang terlalu tinggi. Sebagai pemula yang ingin menarik pelanggan, alangkah baiknya jika Anda mencari tahu harga-harga yang sudah ada di pasaran sehingga terkesan tidak terlalu tinggi dalam mematok harga.

 Perincian Bisnis Tour dan Travel Untuk Pemula

6 Tips Memulai Bisnis Tata Rias Pengantin Untuk Pemula

7 Trik Mudah Untuk Memulai Bisnis Laundry


Apa saja keuntungan menjalankan bisnis Ebook?

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menjalankan bisnis Ebook;

1.Akan Mendapatkan profit (keuntungan) dengan cara menjual informasi dan keterampilan yang dimiliki. Motivasi finansial memang merupakan salah satu faktor utama seseorang dalam berbisnis.

2.Dapat berbagi pengetahuan dan menyampaikan gagasan kepada publik. Orang yang ingin menulis dan mempublikasikan Ebook juga dipengaruhi karena orang tersebut ingin tulisan hasil pemikiran atau pendapatnnya dibaca oleh banyak orang. Dalam hal ini Ebook menjadi media yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai sarana publikasi tulisan.

3.Agar bisa dibagikan secara gratis. Mungkin Anda ingin menggunakan Ebook sebagai insentif untuk pengunjung yang sudah mendaftar mailing Anda. Atau bisa juga Anda ingin menggunakannya untuk menetapkan otoritas Anda pada sebuah subjek.

4.Bisa diterbitkan dengan mudah. Dulunya penerbitan tradisional dianggap satu-sastunya cara untuk menerbitkan sebuah buku, tapi sekarang tidak lagi. Bila Anda ingin menjadi penulis tapi tidak mau melewati proses yang panjang dan menghadapi ketidakpastian dari penerbitan tradisional, menerbitkannya sendiri bisa jadi solusi yang bagus.

5.Modal yang lebih terjangkau

Jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, menjalankan bisnis dengan menggunakan Ebook bisa dibilang memerlukan modal yang minim. Sesuai dengan pengertian ebook dimana Anda akan menjual produk dalam bentuk digital atau secara elektronik, tentu saja Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk biaya cetak buku.

 6.Pemasarannya yang lebih mudah

Semakin meningkatnya pengguna smartphone tentunya semua kebutuhan bisa dicari hanya dengan sekali “klik” saja. Di sinilah keuntungan yang bisa Anda dapatkan karena pemasaran Ebook bisa dilakukan dengan media sosial di mana penggunannya dari tahun ke tahun akan selalu meningkat.

 


0 komentar:

Post a comment

Popular Posts