Wednesday, 3 June 2020

6 Tips Memulai Bisnis Tata Rias Pengantin Untuk Pemula

Sumber Gambar : Google



Memulai bisnis rias pengantin kini semakin popular karena memiliki peluang yang bagus khususnya bagi para Ibu rumah tangga. Dalam merias pengantin tentunya tidak boleh sembarangan karena harus dilakukan oleh profesional. Apalagi yang dirias di sini adalah pengantin yang menginginkan tampilan yang maksimal. Tentu hal ini menjadi tantangan sendiri bagi semua orang yang ingin mencobanya.

Perias juga tidak sekedar merias dan bertemu langsung pada saar hari H. Namun, sebelumnya juga sudah bertemu dan berdiskusi langsung untuk mengetahui tema dan kepribadian si pengantin. Hal ini karena kedekatan emosional antara perias dan pengantin juga akan memberikan pengaruh agar hasil riasan nantinya sesuai dengan keinginan pengantin.

Bisnis rias pengantin merupakan salah satu bidang bisnis jasa yang menjanjikan banyak keuntungan dan cukup mudah dijalankan serta tidak memerlukan begitu banyak modal untuk menjalankannya. Keberadaan perias pengantin dalam suatu acara pernikahan juga merupakan salah satu hal yang wajib dipersiapkan.

Maka tak heran jika saat bulan-bulan tertentu di mana banyak masyarakatnya yang menggelar acara pernikahan, bisnis rias seperti ini tidak jarang hingga kebanjiran pesanan. Bahkan tak jarang konsumen pun harus memesan dari jauh-jauh hari sebelumnya demi memilih jasa rias pengantin yang sudah profesional.

Bagaimana cara memulai bisnis tata rias pengantin untuk pemula?

Meski memiliki peluang yang bagus dan menjanjikan, namun bisnis ini tidak dapat dijalankan dengan mudah oleh siapa saja. Pasalnya merias seorang pengantin membutuhkan keterampilan tersendiri yang bagi sebagian orang yang tentunya akan sulit dilakukan. Tapi asal ada kemauan untuk belajar, semua orang bisa menjadi tata rias pengantin yang handal.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis tata rias khususnya bagi yang masih pemula? Berikut tipsnya;

1.Anda harus memiliki skill merias

Skill merias merupakan modal dasar yang harus dimiliki untuk memulai bisnis tata rias pengantin. Hal tersebut akan menjadi alasan yang kuat bagi para calon pelanggan memilih anda sebagai perias pengantinnya. Jika Anda merasa kurang memilki skill yang maksimal dalam tata rias, maka salah satu caranya bisa dengan mengikuti pelatihan-pelatihan serta sering melakukan praktek langsung merias wajah sehingga pengalaman akan semakin dimiliki.

2.Memiliki modal

Berhubung nantinya keuntungan yang didapatkan juga besar, maka Anda harus memiliki modal ketika membuka bisnis tata rias ini. Jika usaha sudah berjalan dan menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan, maka hasilnya dapat Anda investasikan untuk melengkapi perlengkapan lain berupa dekorasi atau menyediakan beberapa koleksi baju pengantin (kebaya ataupun jas). Anda tak perlu khawatir soal modal karena nanti juga akan kembali lagi bahkan melebihi modal awal yang sudah Anda keluarkan.

3.Persiapkan peralatan dan gunakan produk kosmetik yang berkualitas

Peralatan merias serta aneka produk kosmetik lengkap dan berkualitas menjadi salah satu modal yang harus dipersiapkan dalam bisnis rias pengantin. Jangan sampai Anda memilih produk seadanya karena dengan memilih produk berkualitas juga akan meningkatkan branding Anda di mata perias lainnya. Dengan adanya dukungan barang-barang tersebut, hasil riasan yang dihasilkan lebih maksimal dan Anda bisa direkomendasikan oleh klien.

4.Lakukan promosi

Promosi bisnis rias pengantin bisa dimulai dari yang paling mudah. Anda bisa menawarkan kepada rekan atau teman sekitar terlebih dahulu. Bisnis jasa seperti ini dengan sendirinya dapat dikenal dengan luas jika hasil dan pelayanan yang Anda berikan disenangi oleh pelanggan. Promosi juga bisa dilakukan secara online. Untuk pelanggan pertama, lakukan service secara maksimal sehingga tanpa diminta pun akan merekomendasikan kepada rekannya yang lain. Nanti lama kelamaan jasa Anda pun akan semakin dikenal secara luas.

5.Cobalah untuk menawarkan jasa rias untuk acara lainnya

Bisnis rias pengantin bisa di kategorikan kedalam jenis usaha yang musiman yang berarti layanannya hanya dibutuhkan di waktu-waktu tertentu saja. Agar tetap berjalan menghasilkan uang, Anda bisa menawarkan jasa rias untuk acara lainnya seperti acara wisuda, make up artis, ulang tahun, acara pesta, acara keluarga dan lain sebagainya.

Pelaku bisnis ini pun seringkali mencoba mengembangkan bisnisnya dengan menawarkan layanan lain yang masih berkaitan. Seperti menyewakan gaun pengantin, penyewaan dekorasi pernikahan dan lain sebagainya. Anda bisa mencobanya. Dengan cara ini tehntunya Anda masih bisa mendapatkan pemasukan ketika rias pengantin sedang sepi.

6.Meminimalisir hambatan

Sebagai perwujudan dari usaha musim pernikahan saja, sehingga tidak bisa dijadikan bisnis utama yang konsumennya selalu ada setiap waktu. Untuk meminimalisir hal ini Anda harus memahami atas konsekuensi dari bisnis rias pengantin ini. Pasalnya dalam satu tahun Anda hanya dapat menjalankan bisnis ini selama beberapa bulan saja (kurang lebih 4 bulanan). Sedangkan sisa waktu 8 bulan lagi tidak dapat dijalankan alias pasar lagi sepi.

Hal ini penting untuk Anda pikirkan sebelum memulai bisnis tata rias pengantin. Selain yang disebutkan di atas, membuka usaha rias pengantin harus kreatif dan memiliki keinginan untuk selalu belajar. Ketika sedang tidak musim acara pernikahan, Anda bisa mengasah keterampilan Anda di bidang rias dengan cara ikut pelatihan make up.

Bagaimana perhitungan usaha rias pengantin?

1.Peluang

Semua calon pengantin akan berusaha mencari perias pengantin terbaik untuk mendandaninya. Hal ini tentu saja bisa menjadi peluang emas bagi Anda. Apalagi jika Anda mempunyai keahlian dalam merias wajah, ini tentu bisa menjadi peluang.

2.Persiapan memulai bisnis

Jika Anda belum memiliki skill tata rias, Anda bisa mengikuti kursus tata rias untuk meningkatkan kemampuan dan mengetahui update terbaru tentang tata rias dan busana pengantin yang sedang digemari. Selain itu juga melengkapi peralatan tata rias, menyiapkan busana-busana pengantin. Anda juga bisa menjahitnya di tempat jahit dengan berpedoman pada model baju pengantin yang sedang digemari.

3.Strategi bisnis

Di sini Anda bisa melakukan promosi dengan menyebarkan kartu nama berisi lokasi tempat usaha Anda. Untuk lebih praktisnya bisa promosi lewat online. Anda juga bisa menawarkan bonus atau harga yang lebih murah ketika si pengantin mengajak keluarganya untuk menata rias di tempat Anda. Anda harus berusaha mengerti keinginan pelanggan. Selain itu bisa bekerja sama dengan fotografer, katering dan sebagainnya untuk saling membantu promosi.


4.Tips sukses

Agar sukses dalam berbisnis tata rias, Anda harus terus belajar tentang tata rias sehingga pelanggan puas dengan pelayan Anda. Anda harus pandai menjaga kualitas dengan hanya menggunakan alat tata rias dengan merek yang terpercaya. Dengan begitu bisnis tata rias Anda akan semakin populer lantaran Anda menggunakan produk-produk yang berkualitas.

5.Analisis usaha tata rias

Untuk perhitungan usaha tata rias, Anda bisa menghitung mulai dari biaya kursus tata rias, koleksi alat make up, busana pengantin, lemari pakaian khusus, koper, dan keperluan lainnya. Hitung-hitungan ini harus Anda maksimalkan agar lebih mudah dalam menjalankannya.


~MissAnt~


0 komentar:

Post a comment

Popular Posts