Thursday, 22 October 2020

Tertarik Buka Usaha Tour dan Travel? Begini Perinciannya

 

Sumber gambar : Google


 

Peluang usaha Tour dan travel memang sangat menjanjikan. Semakin tinggi kesibukan seseorang, tujuan wisata menjadi hal yang dibutuhkan untuk melakukan refreshing. Bahkan travelling sudah menjadi tren gaya hidup para millenial. Terlebih usaha ini terbilang cukup mudah dan bisa dijalankan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal atau gratis.

 

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menangkap peluang ini. Banyak sekali orang-orang menggunakan jasa tour and travel, mulai dari perjalanan domestik atau bahkan mancanegara. Hal menarik yang bisa menjadi salah satu motivasi untuk membangun usaha tour and travel ini adalah bisa dilakukan oleh siapapun dan bisa dijalankan tanpa modal.


 5 Ide Bisnis Paling Populer 2020

Begini Lho Tips memulai Bisnis Wdding Organizer Tanpa Modal


Usaha tour dan travel bukanlah hal yang baru. Jika Anda adalah orang yang hobi traveling, suka membuat rencana sedetail mungkin dan senang membantu orang lain, mungkin memulai bisnis travel bisa menjadi pertimbangan.

 

Meski sudah tersedia berbagai platform Online Travel Agent yang memudahkan traveling, seperti Traveloka atau Tiket.com. Namun ternyata masih banyak orang yang membutuhkan jasa dari bisnis travel karena pasarnya masih potensial. Terlebih jika paket yang ditawarkan berbeda dari yang lain, tentunya memiliki daya tarik tersendiri.

 

Mengapa memilih usaha tour dan travel menjadi peluang yang menguntungkan?

 

Di zaman modern ini, traveling telah menjadi lifestyle bagi masyarakat metropolitan di Indonesia, baik bagi anak muda maupun orang tua. Bisnis ini juga memiliki banyak keuntungan bagi siapa saja. Apa saja keuntungannya?

 

1.Merupakan bisnis yang tak lekang oleh waktu

 

Memilih usaha tour and travel bukanlah bisnis yang musiman karena tidak pernah sepi. Momen liburan selalu ada dan berulang setiap tahun, misalnya libur kenaikan kelas, atau libur akhir tahun. Jika Anda berbisnis sesuatu yang bersifat musiman, seperti berjualan makanan atau minuman yang sedang hits, tentu tak menjamin keberlanjutannya di masa mendatang. Namun hal ini berbeda dengan bisnis travel yang bisa menjadi bisnis sepanjang masa atau tak lekang oleh waktu.

 

2.Memiliki pasar yang luas

 

Permintaan akan jasa tour and travel tidak akan pernah sepi. Salah satu pemicunya adalah banyaknya orang yang memposting tempat-tempat wisata menarik sehingga membuat rasa ketertarikan untuk mengunjunginya. Apalagi sekarang ini harga tiket pesawat sudah sangat terjangkau, tentu hal ini membuat liburan bukan lagi dipandang sebagai “barang mewah”.

 

3.Bisa dilakukan di mana saja

 

Awalnya memang bisnis travel berjalan dalam model bisnis tradisional yang tidak tech-oriented. Namun sekarang sudah berbeda. Semakin kencangnya arus digital tentu saja bisnis travel  lebih memanfaatkan adanya teknologi internet, bahkan kini sudah banyak travel agent yang 100 persen berbasis online.

 

4.Hobi yang sekaligus menghasilkan keuntungan

 

Anda yang memiliki hobi traveling, tentu akan sangat senang jika bisa melakukan bisnis travel karena sesuai dengan passion Anda. Hal ini karena bisnis yang didasari pada kesukaan atau passion memang akan memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses karena rasa cinta pada suatu bidang akan mendorong para pelakunya untuk menjalankan usahanya dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin.

 

Bagaimana cara memaksimalkan usaha tour dan travel?

 

Bisnis yang baik tentunya memerlukan persiapan yang menyeluruh, bukan hanya perencanaan dari segi finansial, tapi juga perencanaan konsep, ide, serta hal-hal lain yang tidak dapat dilihat secara fisik.

 

Agar bisnis Anda semakin maksimal dan menghasilkan pemasukan tambahan, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lalukan seperti berikut ini;

 

1.Melakukan riset pasar

 

Penyebab kegagalan pemula dalam berbisnis adalah tidak melakukan riset tentang bisnis yang dijalankan. Langkah ini wajib dilakukan agar bisnis Anda dapat berjalan lancar. Dengan memaksimalkan riset pasar, maka akan memberikan keuntungan bagi Anda seperti membantu menentukan segmen pasar yang Anda tuju dan menentukan lokasi yang tepat untuk bisnis Anda.

 

Untuk bisnis offline, maka lokasi yang dimaksud adalah tempat toko Anda akan berada. Sedangkan untuk bisnis online, Anda harus pandai memilih “lokasi” di dunia maya. Misalnya, memilih saluran yang efektif, apakah lewat Facebook, Instagram, blog pribadi, atau forum-forum traveler

 

2.Menentukan tujuan wisata

 

Jika Anda memilih berbisnis di jasa paket wisata, maka Anda perlu menentukan tujuan wisata yang akan Anda tawarkan. Kenali tujuan wisata sebaik-baiknya karena Anda nantinya harus membuat database dari seluruh destinasi wisata yang akan Anda masukkan ke dalam itinerary. Untuk data yang dimaksud juga menyangkut contact person dari pengelola tempat wisata, harga tiket, surat menyurat, dan daftar biaya yang mungkin dikeluarkan dalam sebuah perjalanan wisata.

 

3.Bangun branding yang kuat

 

Branding merupakan segala usaha untuk menciptakan brand atau image dari bisnis travel Anda. Hal ini meliputi menciptakan nama, membuat logo, hingga menentukan tema warna bagi bisnis tour dan  travel Anda. Branding yang kuat bisa mempengaruhi persepsi orang-orang dan membuat mereka mengasosiasikan niche travel tersebut dengan bisnis Anda. 

 

4.Perdalam pengetahuan tentang keuangan

 

Banyak pebisnis yang hanya berfokus pada laba rugi atau pendapatan dan profit tinggi, namun merela lupa bahwa mengatur cash flow (arus kas) bisnis adalah hal yang sama pentingnya. Untuk itu sangatlah penting bagi pebisnis dalam memiliki kemampuan pengelolaan keuangan, yang meliputi perencanaan hingga pembuatan laporan yang baik. Bagaimanapun juga, keuangan akan sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu bisnis.

 

5.Perluas jaringan dan relasi

 

Sebagai pelaku bisnis, tentunya Anda tidak bisa hanya berdiam diri dan menunggu bisnis Anda berjalan dengan lancar. Anda juga perlu memperluas jaringan dan relasi seluas mungkin. Semakin besar dan luas jaringan usaha Anda maka makin tinggi pula peluang Anda untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Koneksi yang kuat juga bisa menguntungkan Anda dalam bisnis.

 

6.Membuat izin usaha

 

Jika semuanya sudah siap, maka yang terakhir adalah dengan membuat izin usaha. Jangan sampai usaha yang Anda rintis bermasalah dengan hukum yang ada di Indonesia. Anda bisa mengetahui lebih jauh mengenai HKI dan bagaimana cara mendaftarkannya di situs resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Setelah memiliki izin tentunya akan lebih aman dalam mengenbangkan bisnis.

 

Bagaimana analisa usaha tour dan travel untuk pemula?

 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tour dan travel, berikut analisa yang bisa Anda persiapkan.

 

Modal dan peralatan

 

-Komputer, printer dan jaringan internet :Rp3.500.000

 

-Renovasi ruang, meja, kursi : Rp5.000.000

 

-Alat tulis kantor : Rp500.000

 

-Pembuatan website : Rp1.500.000

 

 

Biaya operasional

 

-Listrik dan internet : Rp500.000

 

-Gaji karyawan : Rp1.000.000

 

-Guide 10 hari City Tour @Rp100.000 : Rp1.000.000

 

-Sewa mobil 10 hari City Tour @250.000 : Rp.2.500.000

 

-Guide 10 hari Tour luar kota @Rp150.000 : Rp1.500.000

 

-Sewa mobil 10 hari Tour luar kota @Rp250.000 : Rp2.500.000

 

-Biaya promosi : Rp500.000

 

 

Untuk angka pada perincian tersebut hanyalah sebuah asumsi saja. Meski begitu, analisa tersebut mampu menjadi gambaran jika Anda ingin membuka usaha tours dan travel.

 

 

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts