Wednesday, 3 June 2020

5 Ide Bisnis Online dan Offline Paling Populer Tahun 2020

Sumber Gambar : Google



Mencari ide bisnis online dan offline yang populer khususnya di tahun 2020 tentu sangat banyak pilihannya. Namun, di sini Anda juga harus menyesuaikan dengan pasion Anda karena bisnis yang dijalankan dengan passion tentu lebih mudah dalam mengembangkannya. 

Kebutuhan dan tuntutan hidup di jaman sekarang semakin tinggi. Bahkan banyak kebutuhan sekunder yang sudah bergeser menjadi kebutuhan primer. Itulah mengapa banyak orang yang memilih untuk menjalankan bisnis baik itu online maupun offline sebagai tambahan.

Ide bisnis online dan offline tentu akan sangat dicari karena memiliki peluang yang bagus sebagai pemasukan sampingan. Tak heran jika sekarang ini banyak  yang sudah mulai kreatif untuk mencari peluang bisnis, baik itu bisnis online maupun offline. Meskipun keduanya sama-sama bisa menghasilkan uang, namun juga memiliki keunggulan masing-masing.

Keunggulan Memilih Bisnis Online

1.Bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja

Saat ini banyak hal yang bisa memudahkan dalam menjalankan bisnis hanya dengan modal internet saja. Yang membuat orang lebih suka bisnis online adalah bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja. Anda hanya perlu laptop/smartphone dan koneksi internet. Untuk masalah tempat tentunya lebih flexible. Dengan begitu akan lebih mudah dijalankan.

2.Minim modal

Bisnis online sangat minim modal, hanya bermodalkan komputer, modem dan langganan internet Anda sudah bisa memulai bisnis online. Untuk masalah modal tentunya tidak banyak karena yang paling Anda butuhkan di sini adalah bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis agar mampu bersaing dengan yang lain.

3.Jangkauan pasar yang lebih luas

Poin ini adalah kelebihan bisnis online yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Para pengusaha pasti ingin agar usaha mereka diketahui lebih banyak orang yang nantinya akan menjadi konsumen. Dengan bantuan internet, kita bisa memasarkan apa saja kepada orang lain dimana pun mereka berada. Bisnis online juga akan memudahkan Anda dalam menjangkau pasar yang lebih luas.

4.Lebih menghemat biaya dan waktu

Karena sistemnya online dari promosi, maka pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan secara online dan pengiriman juga mudah karena banyak penyedia jasa pengiriman paket. Hal ini tentu akan lebih menghemat waktu dan biaya.

5.Bisa dijadikan penghasilan utama

Bisnis online juga bisa dijadikan penghasilan utama. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang yang memiliki omset perbulan hingga ratusan juta rupiah bahkan milyaran rupiah hanya dengan bisnis di internet. Meski begitu Anda juga harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa dijadikan pendapatan utama.


Ide Bisnis Online Yang Bisa Anda Coba

1.Blogging

Jika blogging adalah salah satu pilihan berbisnis Anda, maka hal yang pertama Anda lakukan adalah mencari karakter dan tema yang khas dari tulisan blog Anda. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan brand atau bisnis lainnya karena di situlah peluang bisnis Anda akan terbuka semakin lebar karena tidak sedikit pula perusahaan yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda sebagai pengiklan produk mereka di blog Anda. 


2.Jasa Desain CV

Inilah kesempatan bagi Anda untuk masuk dan menawarkan bisnis unik ini. Anda bisa membuka jasa desain CV untuk para jobseeker, terutama bagi mereka yang fresh-graduate, jasa Anda sangatlah dibutuhkan. Bahkan hanya dengan memakai aplikasi dari Canva, Anda bisa membuat bermacam-macam CV dengan desain yang menarik.

3.Online course

Dengan membuka online course, maka Anda membuka usaha dan berbagi ilmu kepada mereka yang membutuhkan serta tertarik untuk belajar. Bisnis yang satu ini bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan bagi Anda yang ingin menekuninya karena tidak sedikit orang yang ingin mempelajari pengetahuan atau skill tertentu. Anda juga tidak perlu keluar rumah dalam menjalankan bisnis ini, cukup dengan online saja.

4.Menjadi Dropshipper

Peluang usaha online yang menjanjikan ini bisa Anda coba dengan mudah. Cara kerjanya adalah dengan  melakukan promosi produk dengan menampilkan gambarnya, kemudian nantinya akan ada pembeli yang tertarik dan membayar kepada Anda, setelah itu Anda melakukan pembayaran barang ke supplier untuk langsung dikirimkan barangnya ke pembeli atas nama Anda. Sangat mudah, bukan?

5.Menjadi Reseller

Menjadi reseller juga merupakan peluang bisnis online yang bisa Anda coba. Di sini Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Hindari menjual produk yang berbasis pada tren karena umumnya tren terkini tidak bertahan lama. Kecuali bila Anda berencana untuk menjual produk yang sedang tren saat ini dan beralih ke produk baru bila trennya sudah berakhir.

Keunggulan Memilih Bisnis Offline

1.Pelayanan konsumen yang lebih mudah

Dengan bertemu langsung atau bertatap muka secara langsung, maka  pelayanan kepada konsumen bisa dilakukan dengan mudah. Tuntutan konsumen pun tidak akan berlarut-larut karena bisa diselesaikan secara langsung. 

2.Tidak perlu repot melakukan pengiriman

Karena produk yang telah dipilih diserahkan kepada konsumen langsung setelah membayar, pemilik toko tidak perlu repot melakukan pengiriman. Hal ini juga tidak membuat pelanggan menunggu barang lama karena bisa langsung dibawa.

3.Persaingan yang tidak terlalu banyak

Meskipun bisnis online kini sedang menjamur, namun toko offline tetap mempunyai pelanggan setianya sendiri. Karena itu biasanya toko offline bersaing dengan toko offline lainnya juga yang jumlahnya tidak terlalu banyak.  Sehingga untuk masalah persaingan, bisnis offline masih sangat aman.

4.Sistem pembayaran yang lebih aman

Konsumen yang berkunjung di toko offline biasanya akan membayar barang belanjaannya secara cash. Pembayaran langsung ini juga membuat transaksi di toko offline lebih aman. Uang untuk membayar langsung bisa dilihat dan dihitung langsung oleh pemilik toko.

5.Lebih mudah membangun kepercayaan

Dibandingkan dengan bisnis online, bisnis offline tentunya memiliki keunggulan yang membuat banyak orang tertarik dan tetap melakukan bisnis offline ini. Hal besar itu adalah kepercayaan. Menarik kepercayaan pelanggan memang paling mudah dengan adanya bisnis offline yang jelas-jelas sudah nampak produk-produknya.

Ide Bisnis Offline Yang Bisa Anda Coba

1.Personal Trainer Atau Gym Owner

Bagi Anda tertarik dengan bisnis ini, maka yang perlu Anda persiapkan adalah pengetahuan mengenai kesehatan dan semangat Anda untuk menjalankan olahraga. Pelanggan Anda tentunya akan jauh lebih bersemangat jika personal trainer-nya juga punya semangat hidup sehat.

2.Wedding Photographer

Bagi Anda yang punya hobi di bidang fotografi dan sangat tertarik dengan momen-momen spesial seperti pernikahan, bisnis ini cocok untuk Anda. Tentunya tidak ada yang lebih menyenangkan dari mendapatkan penghasilan dari hobi yang Anda miliki, bukan? Modal yang dibutuhkan juga tidaklah besar.

3.Usaha Potong Rambut

Usaha potong rambut hingga saat ini masih menjadi peluang bisnis offline yang bisa Anda coba. Jika Anda memiliki tempat di rumah yang bisa dimanfaatkan, maka Anda tidak perlu menyewa ruko. Artinya bisnis ini tidak perlu menyewa tempat lain karena Anda bisa memanfaatkan space di rumah.

4.Jasa Penitipan Anak

Bisnis ini sangat cocok dijalankan di kota-kota besar. Kesibukan orang tua bekerja seringkali mengharuskan anak dititipkan ke pihak lain. Ini bisa jadi peluang usaha. Pada awalnya, Anda mungkin harus menyiapkan modal untuk melakukan renovasi rumah Anda. Tujuannya adalah untuk menjadikan rumah Anda area bermain yang menyenangkan sehingga nantinya anak-anak lebih betah.

5.Usaha angkringan

Meski zaman sudah semakin modern, namun Ankringan masih tetap populer hingga sekarang. Anda bisa memulai bisnis ini hanya dengan modal gerobak dan lingkungan yang ramai.




 ~MissAnt~

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts