Thursday, 13 December 2018

4 Tips Agar Tetap Produktif Ngeblog



 
Sumber gambar : Google

“Kok kamu nggak ngeblog lagi?”

“Iya soalnya aku sibuk banget”

Pernah denger nggak percakapan seperti itu? Itu biasanya dialami oleh orang-orang yang sudah suka banget baca blog seseorang dan akhirnya nunggu update-an nggak nongol-nongol. Sebenarnya nggak ada kata sibuk, yang ada hanyalah sebuah prioritas. Kalau kamu bilangnya sibuk berarti kamu bukanlah prioritasnya. Sesimple itu ternyata.

Bagi seorang blogger, nggak ada alasan untuk terlalu sibuk dan nggak sempet  ngeblog.  Kalau kamu emang serius ngeblog, bahkan disela-sela kesibukanmu pun akan tetap meluangkan waktu untuk ngeblog.

Beberapa orang mungkin menjadikan  ngeblog adalah pekerjaan sampingan yang menyenangkan. Bahkan ada yang tanpa mendapatkan apa-apapun tetap ngeblog, karna apa? Yak arena jiwa mereka sudah menyatu dengan blog. Rasanya ada yang kurang kalau belum nulis di blog.

Nah, agar kamu tetap produktif ngeblog di sela-sela kesibukan, berikut ada tipsnya.

1.Pilih topik yang nggak berat.

Kalau kamu sadar, sebenarnya ada banyak topik menarik yang bisa kamu jadikan buat ngeblog. Seperti ini contohnya. Nggak perlu yang berat karna hanya akan membebanimu sendiri. Lagian, kalau kamu sadar banyak topik menarik di sekitarmu. Coba pikirkan.

2.Jadilah diri sendiri.

Tak hanya di dunia nyata, menjadi diri sendiri sangat penting ketika kamu menulis blog. Kenapa? Biar orang tau karakter tulisan kamu. Jangan malu dengan gaya tulisan yang alay karena itu memang gaya tulisanmu sendiri. Real. Tapi percayalah, gaya tulisan akan berubah. Aku dulu juga alay banget gaya tulisannya, taoi sekarang udah enggak. Cuma kadang kumat. Nggak papa kok~

3.Manfaatkan waktu luang.

Nggak ada kerjaan dan bosen banget mau ngapain? Mau ngegosip tapi bukan penggosip dan nggak suka ngomongin orang? Yaudah ngeblog aja.

“Nyuruh-nyuruh ngeblog kamu tuh, kan aku nggak bisa nulis. Gimana donk?”

“Yaudah ikut ngegosip aja sana, ikut ngomongoin orang sanaaaaaa”

Ketahuilah sodaraquh….memanfaatkan waktu luang bukan berarti harus ngeblog. Kamu bisa melakukan apa yang kamu suka. Kalau nggak suka nulis ya ngapain kek, edit photo, translate, baca-baca artikel dan masih banyak kegiatan lain lho.

“kalau nggak suka semuanya gimana? Soalnya aku lebih suka ngomongin orang”

“Yawdaaa deeee sana ngegosip aja”

Simple kan?

4.Catat setiap kata yang terlintas.

Siapa di sini yang suka melamun? Semua orang pernah kali ya? Tapi lamunan seorang blogger biasanya beda. Kok bisa? Ya siapa tau aja. Soalnya dari lamunan akan terbesit banyak ide. Kalau aku sih. Haha~

Sebagai seorang blogger yang masih amatiran, biasanya kalau kemana gitu suka mendadak punya ide nggak jelas. Kan lumayan tu, daripada nggak ada ide sama sekali. Aku kadang suka kepingin banget ngeblog tapi nggak ada ide, nah giliran ada ide tapi nggak sempet ngeblog.

Lalu cara mengatasinya gimana donk?

Ya kayak di atas itu  Lagian sayang banget kalau punya blog tapi nggak ada isinya. Sayang banget kan, kalau ternyata blog yang menurutmu jelek malah justru banyak pembacanya tanpa kamu tau.

Kalau kalian suka males ngeblog dan ada tips lain agar tetap productive ngeblog, boleh share di kolom komentar lho. Biar sama-sama belajar. Okay?



~MissAnt~ 

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts