Selasa, 06 Desember 2022

5 Cara Konsultasi Ke Psikiater RS Cakra Husada Klaten Pakai BPJS

 

Sumber Gambar: Halodoc



Beberapa orang pasti masih bingung tentang bagaimana cara ke Psikiater pakai BPJS, bahkan ada yang belum tahu kalau ke Psikiater itu bisa gratis asalkan kamu punya BPJS kesehatan.

Ini Bedanya Psikolog dan Psikiater

Cara ke psikiater pakai BPJS juga sangat mudah lo..buat kamu yang merasa memiliki gangguan mental, maka bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan ahlinya, salah satunya ke Psikiater.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental 

Kesehatan mental sangatlah penting untuk dijaga, sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan seputar gangguan mental. Kamu juga harus paham kalau kesehatan mental yang terganggu dan tidak segera diatasi, maka akan menyebabkan masalah kesehatan.

4 Cara Alami Menyembuhkan Rasa Sakit

Orang yang menderita gangguan mental memang terlihat sehat dan baik-baik saja, namun perasaan yang mereka rasakan sangatlah kacau. Jika tidak ada penanganan, maka akan menyebabkan semakin depresi.

5 Penyebab Depresi dan Cara Mengatasinya

Kamu nggak perlu takut pergi ke Psikiater untuk berkonsultasi, bahkan sekarang ini cara ke Psikiater pakai BPJS juga mudah dan gratis. Nah..buat kamu yang penasaran gimana caranya, yuk..simak artikel ini!

Cara Konsultasi ke Psikiater Pakai BPJS

1.Pertama, kamu minta rujukan dulu ke faskes tingkat 1 yang kamu pilih

Biasanya dokter akan bertanya dulu, apa keluhan kamu sehingga memutuskan ke Psikiater. Kamu jujur aja tentang apa yang kamu rasakan, nantinya kamu akan dikasih rujukan ke dokter spesialis Jiwa.

Tenang..jangan kamu anggap kalau ke dokter jiwa pasti kamu dianggap gila. Ayok mindset-nya diubah ya! Masalah mental itu sangat penting lo..Kalau sekiranya butuh bantuan seputar kesehatan mental, langsung ke ahlinya saja, nggak perlu takut di-judge aneh-aneh.

2.Datang ke rumah sakit yang telah dirujuk

Langkah selanjutnya adalah dengan mendatangi rumah sakit yang dituju. Kamu bisa memilih rumah sakit terdekat di daerahmu. Kalau berdasarkan pengalamanku kemarin, aku pilih ke RS Cakra Husada Klaten, ya meski agak jauh tapi letaknya juga di tengah kota. Banyak jajanan juga di sekitar situ, hehe..

Baca Juga: Pelayanan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten


3.Menuju bagian pendaftaran dan menunggu antrian

Sebelum masuk, kamu akan ditanyain pak Satpam. Kamu jawab aja mau ke poli jiwa dan tunjukkan surat rujukan dari faskes BPJS. Nah..nanti kamu akan dikasih nomer antrian untuk cek berkas. Duduk yang manis dan tunggu hingga nomer antrianmu dipanggil ya!

4.Antri menunggu konsultasi di poli jiwa

Setelah cek-cek berkas di poin ketiga selesai, kamu tinggal serahkan berkas tersebut ke poli jiwa. Selanjutnya, tunggu antrian untuk konsultasi dengan dokter. Kalau sudah giliranmu, nanti kamu tinggal cerita aja apa yang kamu rasakan. Nggak papa, santai aja ya..

5. Antri ke bagian pengambilan obat

Langkah terakhir adalah antri ke pengambilan obat. Kamu akan dikasih obat sesuai dengan gangguan mental yang kamu alami. Pengambilan obatnya juga gratis kok.

Apa Jenis Obat yang Diberi dan Bagaimana Dampaknya?

Untuk obat yang diresepkan juga beda antara pasien satu dengan yang lain. Pokoknya tergantung gejala yang kamu alami. Kalau aku kemarin dapet dua jenis, yang satu diminum pagi dan yang satunya malam.

Akan tetapi, ada juga yang hanya diberi satu jenis obat karena kebutuhan dan permasalahan pasien juga berbeda.

Aku tahu karena sempet ngobrol sama orang yang kebetulan antri di poli jiwa. Aku juga sempat tanya apa obatnya dan sudah berapa lama dia bolak-balik ke konsul di RS Cakra Husada Klaten.

8 Ciri Orang Bermental Lemah

Dan..ternyata berbeda obat. Untuk dampak dari obat anti depresan pun juga beda. Ada yang aman-aman saja dan ada yang bermasalah di lambung.

Kalau aku kemarin sempat kena masalah pencernaan sama agak pusing, tapi katanya emang wajar sih, soalnya penyesuaian. Untuk dosis yang diberikan nantinya juga akan dikurangi kalau kondisimu semakin membaik.

Berdasarkan pengalamanku kemarin, aku pertama kali diberi obat hingga 2 minggu, setelah kontrol, lalu ada penurunan dosis dan lebih nyaman.

Berdasarkan beberapa artikel yang aku baca dan chanel Youtube yang membahas seputar gangguan mental, untuk lepas dari obat memang harus pelan-pelan melalui pengurangan dosis.

Apa yang Dirasakan Setelah Konsultasi Ke Psikiater?

Kalau menurutku pribadi sih lebih membaik, namun juga kamu harus berusaha untuk sembuh. Maksudnya gini, obat dari Psikiater hanya sebagai subtitusi aja, kamu juga harus mulai mengubah gaya hidup kamu.

Salah satu caranya bisa dengan selalu berprasangka baik dan berpikir yang baik-baik saja. Jangan lupa jaga pola makan dan olahraga kecil-kecilan biar jiwa lebih sehat dan kuat.

Tips Agar Mental Semakin Sehat

Buat kamu yang merasa punya masalah dengan gangguan mental, jangan ragu untuk berkonsultasi ke psikolog. Oiya, jangan takut dianggap aneh-aneh ketika kamu memutuskan pergi ke Psikiater.

Oke..itulah cara ke Psikiater RS Cakra Husada pakai BPJS.

Info Jadwal Dokter Jiwa RS Cakra Husada Klaten


Semoga bermanfaat yaa!





~MissAnt~

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts