Kamis, 14 April 2022

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Demi Kelangsungan Hidup

 




Kalau ngomongin kesehatan mental, beberapa orang mungkin anggapannya adalah kurang ibadah. Misalnya begini,

 

Si A: Aku lagi merasa down banget nih..rasanya embuh banget

Si B: Ah mungkin kamu kurang ibadahnya. Ayo dikencengin lagi

Si A: Kalau ibadah alhamdulillah sudah maksimal, tapi ya kayak ada yang ngganjel

Si B: Nah..berarti kamu kurang fokus ibadahnya. Difokusin lagi ya..

Si A: …

 

Pada kasus lain misalnya, ada orang yang ingin konsul ke psikolog. Tapi bagi orang awam akan bertanya-tanya,

“kamu kenapa? istigfar dong..banyakin zikir..”

Bentar deh, apa hubungannya ke psikolog dengan nyuruh-nyuruh istigfar. Kalau setau aku, kesehatan mental sama sesuatu yang berhubungan dengan agama itu beda banget.

7 Manfaat Istigfar yang Nggak Banyak Orang Tahu

Kesehatatan mental yang baik ditandai dengan kondisi batin yang tenang dan tentram sehingga dalam menjalani kehidupan sehari-hari pun juga terasa menyenangkan.

Cara Agar Mental Semakin Sehat dan Nggak Pernah Sambat

Lain halnya dengan orang-orang yang memiliki masalah kesehatan mental. Biasanya mereka akan merasa tertekan, overthinking hingga rasa cemas berlebih yang disebabkan oleh sesuatu. Intinya, batinnya yang bermasalah.

Apa yang Membuat Orang Merasa Depresi?

Jadi, kamu nggak bisa seenaknya judge orang yang merasa tertekan batinnya dengan mengatakan kurang beribadah. Kalau memang batinnya sudah tenang, maka tanpa diminta pun mereka akan beribadah kok. Toh, beribadah kan kewajiban semua orang sesuai dengan kepercayaa, kan?

Seberapa penting menjaga kesehatan mental

Meski sering diabaikan dan dianggap remeh, nyatanya menjaga kesehatan mental sangatlah penting. Hal ini karena kesehatan mental yang baik akan berpengaruh dengan kemudahan dalam menjalani hidup.

6 Prinsip Hidup Ala Filosofi Teras yang Patut Diamalkan

“hm..kok bisa sih..masa perihal kesehatan mental mampu berpengaruh dalam kelangsungan hidup? Hubungannya apa coba?”

Pasti banyak pertanyaan seperti itu kan? Jadi gini, kalau kamu sendiri belum bisa berdamai dengan batin kamu yang sedang bergejolak, maka dalam menjalani kebutuhan tentu saja ada yang mengganjal.

4 Penilaian Salah Kaprah Tentang High Value Woman

Misalnya saja, kamu fokus pada satu hal. Tapi kamu merasa sulit untuk mencapainya. Kamu selalu menggerutu,

“kenapa sih aku nggak pernah dapet ini..dapet itu”

“kenapa sih kok orang itu mudah banget dapet ini itu..nggak kayak aku”

Nah..dari sini ketahuan kan, mengapa hingga saat ini kamu masih sulit mencapai apa yang kamu inginkan. Itu karena kamu masih memikirkan pencapaian orang lain. Kamu masih belum percaya pada kemampuanmu.

Definisi Bahagia yang Sesungguhnya

Kadang keinginan memang sulit tercapai karena kita terlalu sibuk membangdingkan kemampuan diri sendiri dengan orang lain. Misalnya, kamu masih iri dengan pencapaian orang. Meski kamu sendiri sebenarnya sudah mampu mencapai sesuatu yang lebih baik dari kamu yang kemarin.

35 Kutipan Buku The Secret yang Cocok untuk Caption Instagram

Kalau masih ada rasa iri dengki dalam diri kamu, itu artinya ada yang salah dengan mental kamu. Hal sepele seperti itu ternyata juga menjadi ganjalan untuk melangkah selangkah lebih depan.

Contoh lain misalnya,

“dih..kenapa sih pamer pencapaian melulu di media sosial?”

“norak banget sih mentang-mentang suaminya kaya trus diumbar terus di media sosial”

Hey..media sosial itu nggak salah loh. Pelakunya juga nggak salah. Yang salah adalah yang menonton. Kalau kamu nggak suka cukup skip aja. Lagian buat apa sih, melihat sesuatu yang kamu sendiri nggak suka. Just wasting your time..

Lalu, apa yang harus dilakukan agar hidup terasa tenang tanpa ada rasa iri dengki terhadap orang lain?

Kamu bisa hidup dengan tenang tanpa ada rasa yang gimana-gimana ke orang lain. Entah itu iri melihat pencapaian orang, merasa diri sendiri kurang ini itu, merasa tidak berhak mendapatkan apa yang orang lain dapatkan, dan sebagainya.

Pentingnya Me Time

Salah satu kuncinya adalah pengendalian diri. Iya, kamu harus bisa menakluknya diri kamu sendiri dulu. Kamu harus bisa berdiskusi baik-baik dengan diri kamu. Pahami diri sendiri dulu maunya gimana. Kalau kamu sulit memahami diri sendiri, maka akan ada yang mengganjal.

4 Pelajaran Hidup Dari Produk Skincare

Setiap orang tentunya punya gejolak batin terhadap dirinya sendiri. Sekecil apapun itu pasti ada. Kamu bisa saja berdamai dengan cara memaafkan apa yang sudah terjadi. Intinya, selesaikan dulu dirimu dengan dirimu.

4 Kesalahan Dalam Mencintai Diri Sendiri

Nggak ada yang salah dengan gejolak batin di masa lalu. Mungkin kamu pernah disakiti dan merasa dendam. Mulai sekarang, sudah..lupakan..maafkan. Oke..

Sudahi..lupakan..maafkan..

Kuncinya itu saja. Perlahan tapi kamu pasti bisa. Kesehatan mental yang baik tentunya akan membuatmu semakin damai dalam menjalani kehidupan. Kalau kamu sudah mengenal dirimu sendiri, maka tidak ada lagi rasa iri, dengki dan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

 

 

~MissAnt~

 


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts