Rabu, 14 Desember 2022

8 Cara Menulis Artikel SEO Terbaru Untuk Pemula

 

Sumber Gambar: Pexel


Mengenal apa itu User Experience merupakan hal penting bagi Anda yang ingin membuat artikel SEO. Bahkan sekarang ini, menulis artikel yang bagus pun belum tentu ramah di mesin pencari.

User Experience (pengalaman pengguna) berarti menggambarkan tentang pengalaman yang dialami oleh pengguna selama mereka mengunjungi website maupun produk digital lainnya.

Bagi para pemula yang ingin artikelnya berada di halaman utama, maka User Experience (pengalaman pengguna) ini sangatlah penting.

Bagaimana Cara Mudah Menulis Artikel SEO untuk Pemula?

Semua pasti ingin artikel yang telah dibuat berada di halaman utama mesin pencari. Jangan khawatir, Anda pun juga berpeluang membuat blog atau website Anda lebih mudah nangkring nomor satu di Google.

Dengan berada di halaman utama Google, yang pasti akan membuat blog Anda semakin populer dan memiliki banyak pengunjung setiap harinya.

Lalu, bagaimana cara menulis artikel SEO? berikut tips yang bisa Anda lakukan;

1. Melakukan riset kata kunci yang tepat

Nah..tips yang satu ini sangat wajib dilakukan. Anda hanya perlu melakukan pencarian kata kunci yang tepat. Cara paling mudah riset kata kunci adalah dengan memilih volume pencarian yang besar, namun persaingan atau Keyword Difficult-nya kecil.

Dengan memilih Keyword Difficult yang volumenya kecil maka akan memudahkan artikel Anda berada di halaman utama mesin pencari.

Mendapatkan kata kunci yang tepat sangatlah mudah dengan memakai salah satu pilihan SEO tools seperti Semrush, Ubbersuggest, KWFinder dan masih banyak lagi.

2. Memahami Intent Pengguna

Poin yang kedua ini juga tidak kalah penting. Intent merupakan jenis informasi yang paling dicari pengguna ketika mengetikkan kata kunci di Google. Memahami Intent pengguna juga berpengaruh pada rangking di mesin pencari.

Intent ini juga akan menjawab kebutuhan pencari sesuai dengan konten yang mereka inginkan. Memahami Intent pengguna juga sangat mudah, Anda cukup melihat artikel kompetitor yang Anda dapatkan dari (SERP) Search Engine Result Page.

3. Menulis artikel dengan sudut pandang yang unik

Membuat artikel SEO sangat mudah jika Anda paham bagaimana cara menulis artikel dengan sudut pandang yang menarik. Di sini Anda bisa memainkan kata kunci dari artikel yang dibuat oleh kompetitor.

Tapi jangan lupa ya, tetap buat artikel original karena hanya artikel yang tidak copypaste lah yang disukai Google dan mendapatkan rangking tinggi.

4. Memperhatikan struktur artikel

Adanya struktur artikel ini akan memudahkan dan menyampaikan apa yang akan ditulis. Struktur dalam sebuah artikel biasanya dibagi menjadi bagian, yaitu bagian pembuka, isi dan yang terakhir adalah kesimpulan.

Agar artikel semakin menarik, jangan lupa gunakan rumus AIDA, yaitu;

  • Attention: Memancing perhatian pembaca dengan kalimat utama berupa pertanyaan, lelucon singkat, atau statistik.
  • Interest: Menarik minat pembaca dengan menyinggung permasalahan yang nantinya akan dihadapi.
  • Desire: Menjelaskan bahwa artikel Anda bisa menjadi solusi bagi pembaca.
  • Action: Mengajak pembaca Anda untuk membaca artikel hingga selesai.

Dengan menerapkan struktur tersebut, artikel akan terlihat lebih menarik.

5. Mengoptimalkan User Experience

Seperti yang sudah dijelaskan di awal kalimat, User Experience sangat penting dalam penulisan artikel SEO.

User Experience ini meliputi;

  • Navigasi yang mudah
  • Kecepatan loading
  • Tidak adanya Typo
  • Desain blog yang profesional
  • Huruf yang mudah dibaca
  • Interaksi yang baik dengan pembaca

Intinya, kalau pengunjung betah berlama-lama berada di website atau blog Anda, maka pengoptimalan User Experience sudah sangat bagus.

6. Memanfaatkan Internal link dan External link

Internal link merupakan link dari satu halaman ke halaman lain yang masih dalam satu website. Sedangkan External link adalah sebuah link yang nantinya menuju ke halaman website lain.

Dengan adanya Internal maupun External link tersebut akan memudahkan pembaca mencari topik yang relevan dengan pemahaman yang lebih mendalam, baik itu dari website yang sama maupun yang berbeda.

7. Menambahkan konten visual

Penulisan artikel yang bagus juga kurang maksimal tanpa adanya konten visual seperti gambar, GIF, atau ilustrasi lainnya. Adanya konten visual juga merupakan salah satu cara membuat artikel SEO sehingga wajib dipahami oleh pemula.

8. Optimasi gambar

Meski sering dianggap sepele, optimasi gambar ternyata sangat penting agar artikel Anda mampu berada di halaman utama mesin pencari.

Tujuan dari optimasi gambar adalah untuk mempercepat loading blog atau website. Riset menunjukkan bahwa pengunjung cenderung meninggalkan suatu blog yang loadingnya lama. Salah satu pengaruhnya ada pada optimasi gambar.

Optimasi gambar meliputi;

Nama file: Pilih nama file gambar yang sesuai dengan kata kunci

  • Alt Text: Pada bagian ini Anda bisa mendeskripsikan gambar dengan lengkap, bisa menggunakan kata kunci
  • Format gambar: Pilih format yang tepat seperti JPEG, PNG, atau GIF.
  • Kompres gambar: Kompres gambar bertujuan untuk mengecilkan ukuran gambar tanpa merusak kualitas gambar. Ini juga nantinya akan berpengaruh pada loading blog atau website Anda.

Melakukan kompres gambar juga sangat mudah karena bisa dilakukan secara online.

Cara menulis artikel SEO bagi pemula sangatlah mudah, bukan? Membuat artikel SEO tidak hanya paham seputar apa itu User Experience tetapi juga ada cara trik lain seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Semoga bermanfaat ya!

 


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts