Sabtu, 24 Desember 2022

8 Tips Membeli Rumah Bagi Para Milenial

 


Sumber Gambar: Pinterest


Menyewa rumah maupun apartemen di properti 1 merupakan pilihan yang tepat. Namun, beberapa milenial sekarang tak hanya ingin menyewa tetapi juga berkeinginan untuk membeli rumah.

Hal ini sangatlah wajar karena hunian termasuk kebutuhan primer yang akan ditempati selamanya.

Harga sewa rumah setiap tahunnya selalu berubah dan tergantung lokasi yang diinginkan. Kebanyakan pasangan muda pastinya memilih rumah yang dekat dengan pusat perbelanjaan agar tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Akan tetapi, semakin lama mereka akan berpikir untuk membeli rumah karena harganya hampir sama dengan sewa tahunan.

Bagi Anda para milenial yang ingin mewujudkan rumah impian tentunya bukanlah hal yang mustahil.

Bahkan sekarang ini banyak situs properti seperti properti 1 yang akan membantu Anda mencari hunian terbaik dan ternyaman untuk keluarga Anda.

Tips Membeli Rumah Bagi Para Milenial

Memilih untuk sewa rumah atau membeli rumah tentunya harus jeli. Khusus bagi Anda milenial yang ingin membeli rumah idaman, berikut beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan;

1. Menentukan tipe rumah yang sesuai

Bagi Anda yang masih berstatus suami istri, dalam artian belum memiliki Anak, ada baiknya jika memilih tipe yang sederhana terlebih dulu. Anda bisa memilih rumah tipe 21 karena lebih minimalis dan pas untuk tinggal berdua.

2. Mempertimbangkan harga rumah di lokasi yang Anda pilih

Ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Meski Anda sudah cocok dan merasa nyaman, namun jangan lupa untuk mencari tahu harga lain di area sekitar. Mempertimbangkan harga juga sangat penting terlebih jika Anda memiliki anggaran yang mepet.

3. Memastikan berapa cicilan per bulan

Hal yang tak kalah penting adalah memastikan berapa biaya total bulanannya. Apakah sudah termasuk pajak dan asuransi rumah atau belum. Kadang kala harga di brosur tidak sama dengan harga setelah deal.

Maka dari itu Anda harus banyak bertanya pada marketing atau agen properti yang sudah Anda pilih.

4. Menyiapkan dokumen lengkap

Ada beberapa dokumen penting yang harus Anda persiapkan dalam membeli rumah, di antaranya seperti Kartu Keluarga, KTP, slip gaji dan aset lain yang Anda miliki. Ini akan memudahkan Anda dalam mengajukan permohonan KPR.

5. Memperhatikan lingkungan sekitar

Ketika Anda memutuskan untuk sewa rumah maupun membeli rumah, pastikan jangan lupa memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Salah satunya adalah melihat bagaimana kualitas airnya, apakah ada yang memiliki usaha tertentu hingga berdampak pada limbah air. Kualitas air bersih sangat penting karena sebagai sumber utama kehidupan.

6. Menyiapkan dana untuk membeli perabotan rumah

Memutuskan membeli rumah juga harus memikirkan perabotannya. Untuk itu jangan lupa menyisihkan dana untuk beli bermacam-macam perabotan rumah.

Anda bisa mulai dari yang paling penting dulu seperti untuk kebutuhan kamar tidur, kamar mandi dan dapur. Perabotan lainya bisa menyusul di kemudian hari.

7. Jangan memilih rumah yang memiliki riwayat sengketa

Semua orang pasti ingin segera memiliki rumah baru, tapi Anda juga harus memperhatikan poin yang satu ini. Jangan sampai lantaran sudah merasa cocok dengan rumah yang diincar ternyata malah memiliki riwayat sengketa lahan.

Kalau sudah begini, Anda yang rugi. Untuk memastikannya, Anda bisa bertanya pada tetangga sekitar tentang bagaimana keadaan tanah atau rumah tersebut.

8. Menyiapkan dana darurat

Properti merupakan jangka panjang sehingga Anda harus siap dengan dana darurat. Memiliki rumah yang dipakai selamanya pasti membutuhkan biaya perawatan dan pengeluaran yang tak terduga.

Hal ini bisa Anda pikiran sebelum Anda memutuskan untuk memiliki rumah sendiri.

Itulah tips penting uang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

Jika Anda belum memiliki dana yang cukup untuk membelinya, maka Anda bisa sewa rumah di situs terpercaya seperti properti 1.

Semoga bemanfaat!

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts