Sabtu, 24 Desember 2022

Tertarik Memelihara Anjing Ras? Inilah 7 Tips Perawatannya

 

Sumber Gambar: Okezone


Anjing dijual untuk dipelihara, dan tentunya Anda harus memberikan perawatan yang rutin. Terlebih jika Anda memiliki peliharaan anjing jenis ras tertentu sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Bagi beberapa orang mungkin lebih memilih anjing sebagai hewan kesayangan karena memiliki jenis bulu yang berbeda-beda sehingga tampak lucu.

Jika bosan dengan salah satu ras, maka Anda bisa jual anjing di situs terpercaya dan bisa membeli anjing dari ras lainnya. Merawat anjing sebenarnya juga mudah kalau Anda tahu tipsnya.

Anda pasti juga ingin anjing peliharaan tetap terlihat bersih dan sehat, bukan? Maka dari itu harus maksimal dalam merawatnya.

Tips Merawat Anjing Ras Agar Tetap Sehat dan Bersih

Anjing ras memang paling cocok untuk dipelihara. Bagi Anda baru mulai ingin memeliharanya, berikut ada beberapa tips agar anjing senantiasa sehat;

1. Memberikan vaksin

Semua orang tentunya ingin hewan peliharaannya aman dan sehat sehingga seluruh keluarganya pun terlindungi.

Hal pertama agar anjing ras selalu sehat adalah rutin memberikan vaksin. Pada umumnya, anjing ras sudah harus dilakukan vaksin sejak usianya 3 bulan.

Memberi vaksin secara teratur akan melindungi para anjing dari berbagai penyakit menular seperti distemper, leptospirosis dan penyakit menular lainnya.

2. Melakukan kunjungan ke dokter hewan secara rutin

Ketika Anda memutuskan untuk memelihara anjing yang Anda beli dari tempat jual anjing, itu artinya Anda juga harus meluangkan untuk mengunjungi dokter hewan.

Anjing juga memerlukan perawatan rutin dan hanya dokter hewan lah yang tahu seputar kesehatannya.

3. Memberikan makanan yang bernutrisi

Anjing juga merupakan makhluk hidup yang memerlukan nutrisi. Makanan untuk anjing ras juga harus mengandung protein, vitamin, lemak, dan mineral yang cukup.

Hindari memberikan makanan sembarangan. Untuk memenuhi nutrisinya, Anda harus membeli makanan khusus anjing yang tersedia di toko hewan.

4. Rutin menyikat bulu anjing

Agar bulu anjing tetap indah dan tidak mudah rontok, maka Anda perlu menyikatnya secara rutin. Menyikat bulu juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya kutu sehingga bisa langsung ditangani.

Namun, Anda tidak perlu sering memandikannya. Anjing sebaiknya dimandikan minimal sebulan sekali.

5. Mengajak anjing berinteraksi

Mereka yang memiliki anjing penurut pada dasarnya juga memerlukan latihan. Untuk itu, Anda perlu mengajaknya berinteraksi.

Anda bisa mengajak melakukan latihan fisik agar anjing tidak bosan dan membuat tubuhnya tetap sehat. Salah satunya bisa dengan mengajaknya lari-lari keliling komplek.

6. Menyikat gigi anjing

Perawatan anjing ras selanjutnya adalah dengan menyikat giginya. Anda harus waspada jika ada bau mulut pada anjing.

Ini merupakan gejala yang nantinya menyebabkan infeksi yang serius. Sebagai antisipasinya, pastikan Anda selalu menyikat gigi anjing secara rutin.

7. Menyediakan tempat yang nyaman untuk anjing

Jangan sampai Anda memelihara Anjing namun tidak menyediakan tempat khusus. Hal ini akan membuat anjing kurang nyaman.

Anda perlu tahu kalau anjing juga membutuhkan tempat yang hangat dan tenang agar bisa tidur nyenyak. Ada baiknya jika Anda menyediakan kamar khusus anjing sehingga tidak tidur di sembarang tempat.

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing juga bisa dijadikan hiburan oleh pemiliknya. Tak heran jika orang rela mengeluarkan uang banyak demi melakukan perawatannya.

Anjing juga memiliki banyak ras yang bisa Anda pilih untuk dipelihara. Anda yang tertarik memiliki anjing dari ras tertentu juga bisa mengunjungi situs jual beli anjing yang sudah terpercaya.

Anda yang sekarang ini bosan dengan anjing yang dimiliki juga bisa membeli yang baru dan jual anjing hanya di anjingras.com.

Semoga bermanfaat!

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts