Rabu, 28 Desember 2022

8 Pesan yang Terkandung dalam Film Avatar The Way of Water

 


 

Kehadiran film Avatar The Way of Water pastinya sudah kamu tunggu-tunggu. Bagaimana tidak? Film ini tak hanya menyajikan visual yang bagus banget tapi juga memiliki nilai-nilai kehidupan yang perlu kamu pahami.

Berdasarkan penilaianku pribadi setelah nonton film, biasanya selalu ada nilai yang bisa dijadikan pelajaran. Seperti halnya dalam film Avatar The Way of Water, jujur aja di sini aku nggak hanya terbengong-bengong dengan kualitas CGI yang keren abiz, tapi juga moral value dari film garapan sutradara James Cameron ini.

Avatar The Way of Water yang tayang mulai 14 Desember 2022 kemarin tentunya berbeda dengan film pertama Avatar yang hanya fokus menyajikan kehidupan bangsa Na’vi dan keindahan hutan Pandora.

4 Pelajaran Penting dari Film KKN Desa Penari

The way of water akan memanjakan mata kamu dengan kehidupan pantai dan keindahan bawah laut yang bikin pengen mau ikutan nyebur. Pokoknya berasa ikut menyelam deh. Kamu yang udah nonton pasti paham kan gimana rasanya..

Bahkan yang paling menarik di film ini emang visualnya sih, penggunaan frame rate yang tinggi berhasil membuat pergerakan makhluk dan berbagai benda yang ada pada setiap adegan jadi lebih real dan smooth, apalagi kalau ditonton dalam format 3D.

Penggarapan sekuelnya memang dibutuhkan waktu cukup lama yaitu selama 13 tahun, namun hasilnya memang sangat memuaskan. Bahkan durasi 3 jam pun rasanya kurang. Iya nggak sih? nonton film 3 jam rasanya cepet banget kalau filmnya bagus kayak gini.

8 Pesan Tersirat dari Film Gundala

Pemeran utamanya masih sama yaitu Sam Worthington dan Zoe Saldana yang berperan sebagai Jake Sully dan Neytiri. Ada juga aktor lainya seperti Sigourney Weaver, Stephen Lang hingga Kate Winslet.

Di sini, sebagai Jake Sully dan Neytiri memiliki lima orang anak, yaitu Neteyam (Jamie Flatters) yang merupakan anak laki-laki tertua, Lo'ak (Britain Dalton), anak laki-laki kedua, Tuk (Trinity Jo-Li Bliss), anak perempuan bungsu, dan dua anak yang diadopsi, Spider (Jack Champion), anak manusia yang lahir di Hell's Gate, dan Kiri (Sigourney Weaver), anak dari avatar Dr. Grace Augustine.

Nilai yang terselip dalam film Avatar The Way of Water

Yang aku dari suka dari nonton film adalah pelajaran yang dapat diambil. Kalau kamu menyimak, pasti ada lah pokoknya. Berikut beberapa pesan moral yang terselip dalam film Avatar The Way of Water;

1. Apapun yang terjadi, ikatan keluarga sangatlah kuat

Seperti yang selalu dikatakan oleh sang Ayah, Jake Sully, di sini menggambarkan bahwa ikatan keluarga sangatlah penting. Apa pun yang akan dilakukan, yakinlah bahwa kekompakan dan rasa saling percaya dalam keluarga sangatlah penting. Remember that, Your family is EVERYTHING.

2. Harus bisa cepat beradaptasi di tempat yang baru

Di sini terlihat ada perjuangan adaptasi dari keluarga Jake Sally yang akhirnya memutuskan untuk tinggal di daerah pantai yang dihuni oleh suku Metkayina. Meski mereka sama-sama bangsa Na’vi, namun ada beberapa perbedaan seperti warna kulit serta adat istiadat.

Ini juga memberi kita pelajaran bahwa setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda dan harus kita hormati. Sudah selayaknya sebagai pendatang baru harus lebih menghormati. 

Tak heran jika Jake selalu mengingatkan anak-anaknya untuk selalu mengalah dan patuh atas semua perbedaan di antara mereka.

3. Kita harus mampu menenangkan diri sendiri

Bagaimana pun keadaannya, diri kita sendirilah yang akhirnya mampu menjadi penenang. Hal ini seperti yang diajarkan oleh anak kepala suku Metkayina pada Neteyam, yang kemudian Netayam juga mengajarkan pada sang Ayah.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Demi Kelangsungan Hidup

Salah satu cara untuk menenangkan diri dalam situasi apapun adalah melatih pernapasan. Meski sering dianggap sepele, ternyata ini ampuh banget loh..kamu bisa mencobanya juga.

4. Persahabatan bisa muncul dari hal-hal tak terduga

Dalam film ini misalnya persahabatan antara Lo’ak dan Payakan (seekor tulkun yang dikucilkan dari kawanannya). Pertemuan keduanya memang tidak disengaja hingga akhirnya sama-sama memahami.

Kisah ini juga bisa ditemukan di dunia nyata, misalnya dari pertemanan yang sefrekuensi dan akhirnya bisa bersahabat. Kadang kita tidak sengaja bertemu dengan orang-orang yang ternyata malah justru paham banget dengan apa yang kita rasakan.

5. Seorang Ayah dan Ibu selalu menjadi garda terdepan untuk keselamatan anak-anaknya

Nah..buat kamu yang udah nonton pasti paham banget kan, gimana Jake dan Istrinya siap melakukan apa saja agar sang anak selamat. Sama hal nya dengan semua orang tua yang selalu menjadi orang paling tidak tega ketika anak dalam posisi berbahaya.

6. Jangan pernah ada rasa dendam terhadap siapapun

Memilih untuk tidak dendam terhadap orang yang sudah pernah menyakiti kita tentunya bukan hal yang mudah. Namun, jangan sampai kamu ada rasa dendam. Percayalah..dendam dan benci hanya akan merugikan diri sendiri.

Berpikirkan bahwa kita bersikap tetap baik bukan untuk orang lain, namun untuk diri kita sendiri. Orang baik pasti ada aja balasannya di kemudian hari.

7. Pentingnya meditasi demi ketenangan diri

Kamu pasti sudah menyaksikan adegan di mana meditasi dan mengatur napas sangat penting. Meditasi sering dianggap sepele bagi beberapa orang, namun justru mampu memunculkan perasaan tenang.

Baca juga: 4 Cara Alami Menyembuhkan Rasa Sakit

Ayok mulai sekarang cobalah untuk meditasi dan tetap tenang dalam kondisi apapun. Percayalah..kamu bakal lebih tenang.

8.Karma itu ada

Percaya nggak percaya, karma itu ada. Apa yang kita tanam akan kita tuai. Mungkin sekarang belum terlihat, tapi nanti suatu saat akan merasakannya.

Kalau kamu perhatikan dalam film Avatar, ada adegan di mana manusia terlalu serakah mengambil sari pati pada tulkun yang kemudian dijual dengan harga yang sangat besar.

Baca juga: 8 Ciri Orang Dengan Low Vibration

Akan tetapi, saat akan mengambil lagi, ada kejadikan di mana tulkun mengamuk dan menghancurkan kapal berisi manusia yang serakah mendapatkan sari pati tersebut hingga akhirnya terpental.

Hal ini mengajarkan bahwa kita sebagai sesama makhluk hidup janganlah serakah. Segala sesuatunya terhubung, segala sikap dan perbuatanmu nantinya bakal kamu dapatkan kembali.

Setiap film pastinya memberikan pesan tersendiri, begitu juga dari film Avatar The Way of Water.

Kabarnya nih..penggarapan Avatar 3 juga sudah selesai loh..dan durasinya 9 jam loh..Wah..mantab ya..

Untuk kabar selanjutnya tunggu aja ya..Aku juga udah nggak sabar nonton yang Avatar 3 nih..yang pasti makin seru!

 



~MissAnt~

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts