Minggu, 03 Juli 2022

4 Cara Alami Menyembuhkan Rasa Sakit Berdasarkan Pengalaman Pribadi

 

Sumber Gambar: Pexel

Sebenarnya semua orang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan rasa sakit yang ada pada tubuhnya. Kamu pasti pernah denger kata-kata seperti ini,

“You have the power to heal your pain”

Aku sering baca kata-kata itu dari Instagram khususnya yang bahas seputar mental health. Di situ dijelaskan bahwa diri kita sendiri memiliki kekuatan untuk menyembuhkan rasa sakit.

Nah..terus berarti kalau sakit nggak perlu ke dokter ya?

Bukaaan..maksud aku adalah jenis penyakit yang kiranya masih bisa diatasi sendiri, misalnya sakit kepala, bersin-bersin, sakit tenggorokan, sakit maag yang belum kronis, dan beberapa penyakit lainnya.

Selengkapnya kamu bisa cek di akun Instagram @medicalnesia. 

Dalam konten tersebut juga dijelaskan bahwa presentase indikator penyebab munculnya penyakit adalah karena masalah Spiritual (50%), Psikis (25%), Sosial (15%) dan fisik (10%).

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Scripting Dari Sekarang

Setelah membaca konten dari akun tersebut, aku makin paham kalau pikiran kita mampu mengobati rasa sakit yang ada pada tubuh.

Aku juga sering banget liat mentorku Tresnany Moonlight (kepoin aja akun IGnya di @tresnanyyy) ngomong kalau Your Mind is Powerful. Dan sebenarnya emang bener sih, apa yang kita pikirkan selalu punya pengaruh besar dalam diri kita, termasuk soal kesembuhan dari rasa sakit.

Bagaimana cara menyembuhkan rasa sakit dengan mudah?

Kalau berdasarkan pengalamanku kemarin, aku sempat kena asam lambung gara-gara kesalahanku sih. Aku jarang banget sarapan, lebih mementingkan makan siang dan makan malam.

Padahal sarapan itu penting banget. Belum lagi aku sering minum kopi dalam keadaan telat sarapan. Faktor lainnya mungkin juga karna waktu tidur yang kurang teratur. Pokoknya hal-hal sepele ternyata bisa ngaruh banget sama kesehatan kita.

8 Ciri-Ciri Orang Dengan Low Vibration Energy

Aku sempat ke dokter dan dikasih obat sih, tapi abis munum obat rasanya malah pusing banget. Mungkin karena sudah terlalu kasep kali ya, jadi rasanya nggak enak banget. Bayangin aja, rasanya laper tapi kalau dikasih makan malah mual banget, dan abis itu juga pusing.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Demi Kelangsungan Hidup

Selain itu, mungkin faktor lain yang bikin aku pusing karena aku kepikiran macem-macem. Iya, pokoknya pikiran kita itu sangat powerful, ngaruh banget sama keadaan.

Aku kemarin pas sakit malah mikir,

“Ini gimana kalau aku sakit kayak gini malah nggak bisa cari duit”,

Apalagi dokter sempat bilang,

“Sementara istirahat yang cukup dan jangan di depan laptop dulu ya? sama kurang-kurangin menatap layar handphone”

Mungkin kemarin-kemarin karena terlalu lama scroll-scrool media sosial. Belum lagi pas mau tidur aku masih asyik scroll sosmed. Hadeeeh..beneran nggak ada untungnya deh..

Kesehatan Adalah Kekayaan Paling Mahal

Nah..dari rasa sakit kemarin, aku sadar kalau pikiran kita itu ngaruh banget sama kesembuhan diri. Kalau kitanya panik ya bakalan kacau. Kalau kita enggan makan karena takut mual ya nanti bakalan mual.

5 Budaya Hidup Sehat yang Paling Mudah Dilakukan

Hm..lalu aku bismillah aja, everything will be okay dan aku pasti sehat. Aku paksa makan meski rasanya nggak enak banget. Aku banyakin minum air putih anget kalau rasa mualnya dateng. Tru malamnya aku coba minum sari kurma (ini nggak endorse loh).

Akhirnya perlahan kembali normal seperti biasa. Meski nggak langsung sembuh, tapi alhamdulillah perlahan enakan lah. Ya nggak papa sementara nggak ngeteh, ngopi dan yang paling penting harus rutin sarapan dengan jam makan yang tepat waktu.

Di sini aku juga mau share tips kalau ternyata ada cara alami dalam menyembuhkan rasa sakit;

1.Menjaga pikiran agar tetap berprasangka baik

Okeeee...yang paling utama adalah menjaga pikiran. Hanya kamu yang mampu mengendalikan pikiranmu. Fokusnya pikiran pada kesehatan diri dulu.

Kamu bisa afirmasi seperti, “Aku sehat, aku kuat dan semua akan baik-baik saja”. Pokoknya fokuskan pikiran kalau kamu besok sehat dan bisa beraktivitas seperti semula.

2.Menyempatkan berjemur (sambil stretching) di pagi hari dan menatap langit

Sebenarnya cara ini mudah tapi kadang males banget yak. Aku dulunya juga males berjemur karena aku anggap nggak ada efeknya. Tapi setelah mencoba ternyata beda banget.

Berjemurnya boleh udah mandi atau belum mandi. Usahakan berjemur jam setengah 8 nan gitu. Atau kalau lebih pagi juga lebih seger udaranya.

Jangan lupa sambil stretching tipis-tipis. Abis itu sempatkan memandang langit sejenak. Ada yang bilang kalau dengan memandang langit akan membuat hati kita terasa bahagia, ternyata bener loh. Cobain deh..

3.Mulai mengubah kebiasaan buruk

Nah..ini penting banget. Bisa nggak bisa pokonya harus bisa. Demi kesehatan, kamu harus mulai mengubah kebiasaan. Yang dulunya nggak sarapan, harus mulai sarapan dan makan tepat waktu jangan nunggu kalau udah laper banget.

Luangkan waktu untuk istirahat sejenak. Jangan terlalu ngoyo, kalau memang nggak ada kepentingan sebaiknya jangan begadang. Pokoknya lebih memprioritaskan kesehatan.

4.Membuat jadwal harian baru

Dengan cara membuat jadwal untuk kegiatan diri sendiri sebenarnya sangat manjur. Semenjak masa penyembuhan kemarin aku bikin jadwal harian baru dan ngaruh banget.

Misalnya, kamu bikin jadwal kalau jam sekian harus off laptop, jam sekian harus off main media sosial, jam sekian harus tidur dan nggak buka hape sampai besok bangun.

Ya memang terlihat sederhana, tapi kalau dibuat jadwal akan membuat kita lebih bertanggung jawab untuk melakukannya dan akan terulang menjadi kebiasaan.

5 Cara Agar Bisa Minum Air Putih Lebih Banyak

Yang namanya sakit memang apa-apa nggak enak. Apalagi kalau yang biasanya setiap hari ngeteh, ngopi dan sekarang harus STOP, hadeeh..kayak ada yang kurang tapi demi kebaikan harus bisa jadi kebiasaan.

Itulah cara alami yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan rasa sakit. Intinya semua ada di pikiran, untuk itu sebisa mungkin harus bisa mengelola stress dan selalu berprasangka baik.

Bagaimanapun juga, kitalah yang paling paham dengan kondisi tubuh kita. Pandai-pandailah dalam berdiskusi sama diri sendiri. Okay? Semangat yaaaa!!!!!

~MissAnt~

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts