Kamis, 25 Agustus 2022

Ternyata Beginilah Pelayanan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten



Rumah SakitCakra Husada merupakan salah satu rumah sakit umum tipe D yang ada di Klaten. Letak rumah sakit ini sangatlah strategis dan berada di tengah kota. Berhubung kemarin pertama kalinya aku ke Rumah Sakit Cakra Husada Klaten, boleh lah ya sekalian review pelayanannnya.

Oke baiklah, sebelumnya aku mau kasih tahu dulu kalau saya ke Rumah Sakit Cakra Husada Klaten untuk memeriksa mata. Aku periksa mata di RS Cakra pakai BPJS Kesehatan. Secara kan punya BPJS, jadi kita bisa memanfaatkannya.

Cara Mudah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Terbaru dan Persyaratannya

Bagaimana prosedur pemeriksaan di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten dengan BPJS?

Sebelum langsung ke Rumah Sakit Cakra Husada Klaten, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah;

  • Minta rujukan ke fasilitas kesehatan (faskes) yang kamu pilih
  • Beri tahu ke dokter bahwa kamu mau minta rujukan untuk ke Rumah Sakit yang kamu pilih. Misalnya kayak aku kemarin, RS Cakra
  • Datang langsung ke Rumah Sakit Cakra Husada dengan membawa surat rujukan dan KTP
Nah..ini adalah rujukan dari Faskes


Jangan sampai kamu salah dateng ya, rujukannya ke RS Cakra malah ke rumah sakit lain. Pokoknya jangan sampai deh..

Apakah sesampai di Rumah Sakit Cakra Langsung Mendapatkan Antrian untuk Cek ke Poli yang dituju?

Berdasarkan pengalaman aku kemarin sih tidak langsung dapet. Aku kira pas dateng ke RS Cakra bawa surat rujukan langsung dapet nomer antrian. Ternyata tidak sodara-sodara..

Pertama kali aku dateng ke RS Cakra sampai sana jam 08.00. Sampai di sana ketemu satpam dan ditanya keperluannya apa.

Aku jawab mau ke poli mata. Trus satpamnya bilang katanya kuotanya sudah penuh karena hanya menerima 5 pasien BPJS.

Pak satpamnya bilang katanya aku suruh balik lagi besok lebih pagi. Kalau mau dapet antrian disuruh nyampe RS jam 5 pagi.

Hm..baiklah…aku sih mikirnya telat dikit nggak papa ya, hari kedua aku dateng lagi ke RS Cakra dan nyampe sana jam 06.00. Tapi apa  boleh buat, aku tidak dapet kuota lagi.

Aku tanya praktek dokter untuk yang siang katanya sudah penuh semua. Oke baiklah. Agak sedikit kecewa sih, tapi yaudah aku pulang lagi.

Hari ketiga aku balik lagi ke RS Cakra. Sebelum berangkat sih aku mikir gini, ya kalau emang rejekiku cek mata di RS ini, berarti aku dapet kuota antrian. Aku berangkat abis azan subuh dan nyampe RS Cakra jam 05.07.

Ternyata nyampe sana udah banyak yang antri. Aku langsung aja ke pak satpam. Katanya yang antri ke poli mata udah ada 6 orang. Setelah sedikit debat dengan pak satpam, akhirnya aku masuk kuota nomer 7.

Di situ namaku masuk dalam list. Kata beliau, nanti pengumuman bisa atau enggaknya jam 06.00 lebih dikit lah.

Oke baiklah, aku tunggu di kursi ruang tunggu bagian depan. Hingga akhirnya diumumkan siapa saja yang hari itu bisa berkesempatan buat ngambil nomer pendaftaran.

Awalnya sih aku nggak masuk jadwal praktik dokter yang pagi karena kuotanya hanya 5 orang. Tapi aku dimasukkin ke dokter yang praktik sore. Alhamdulillah lah ya..nggak sia-sia pagi-pagi sampai sini meskipun belum mandi.

Kemudian, kata pak satpam, kami-kami yang dapet kuota dokter mata yang praktik siang diminta balik lagi ke RS Cakra jam 12.00 harus sudah sampai. Baiklah..kemudian aku pulang dulu.

Proses mendapatkan nomer antrian buat cek ke poli mata di RS Cakra Husada Klaten

Jadiiii…berhubung aku nggak mau terlewat lagi. Aku nyampe RS Cakra jam 11.15. Nggak papa deh nunggu bentar. Dan..akhirnya waktu menunjukkan jam 12.00. Akhirnya aku dikasih nomer antrian.

Nomor antrian buat masuk ke Poli Mata


Setelah itu suruh antri ke dalam dan nunggu dipanggil untuk pendaftaran. Nanti akan dipanggil dan diminta menyerahkan surat rujukan, kartu BPJS, dan KTP. Setelah dicek, nanti kamu akan dikasih kartu periksa seperti ini.



Selanjutnya gimana? kamu diminta buat menyerahkan berkas ke bagian depan poli mata. Kemudian aku nunggu bentar dan minta buat tensi.

Setelah itu, mbak perawat bilang kalau nanti dokternya praktik jam 15.00. Tapi jam 14.00 harus sudah standby di sini buat cek-cek mata di optik Chakra. Tenang..optiknya masih di dalem kok.

Berhubung nunggu agak lama, akhirnya aku pergi cari makan dulu donk. Laper cuy. Tapi sudah lega karena bisa dapet antrian dan tinggal nunggu dokternya.

Bagaimana prosedur konsultasi ke dokter mata di Rumah Sakit Cakra Husada?

Daaaan..sampailah di saat-saat yang ditunggu-tunggu. Akhirnya aku jam 13.55 sampai RS Cakra lagi dan tanya ke bagian depan poli mata. Trus sama mbak perawatnya diminta antri buat cek mata di optik Cakra.

Jadwal Dokter Poli Mata RS Cakra Husada Klaten

Baiklah..di sini aku hanya antri 1 orang buat cek mata. Lalu diperiksa sama petugasnya. Ya biasalah, cek suruh pakai kacamata dan melihat huruf-huruf itu. Sama persis kayak cek mata di Optik.

Setelah itu diminta untuk menunggu dokter dan disesuaikan berdasarkan nomer antrian. Dokternya ontime, jam 15.00 sudah masuk ruangan. Aku masih duduk selow menunggu antrian. Hingga akhirnya aku masuk poli mata jam 17.00.

Konsul ke dokternya kira-kira 15 menitan deh. Abis itu dikasih resep. Kalau aku berupa tetes mata. Langkah selanjutnya adalah mengantri di pengambilan obat. Daaan…aku dapet nomer antrian 400 an, sementara antrian masih di angka 190-an. Wkwkwkwk..



Nggak papalah ya, aku tungguin dengan sabar. Yang pasti juga aku tinggal buat makan malam juga. Laper lagi dooonk. Setelah hampir 2 jam lebih antri, nomer antrianku dipanggil.

Selanjutnya aku ambil tetes mata dan pulang. Sampai rumah jam 21.10. Alhamdulillah yaa semuanya lancar meski antri lama.

Pendapatku tentang pelayanan di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten

Oke, ini just my own opinion saja yaa.

Layanan di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten itu ramah-ramah. Pelayanannya sangat bagus, semuanya ramah, dokter di poli mata juga bagus. Penjelasannya mudah dipahami. Pokoknya kalau soal pelayanannya emang ramah banget.

Satpamnya juga sebenarnya ramah, aku ke sana 3 kali dengan satpam yang berbeda-beda. Semuanya ramah. Hanya saja kalau soal kuota antrian ini yang agak ribet.

Untuk mendapatkan kuota, kamu harus nyampai di RS Cakra jam 5 pagi. Untuk poli mata tidak bisa tanya-tanya melalui WA.

Pendaftaran Poli Selain Mata Bisa Langsung Klik ini 

Selain itu, jadwal untuk praktik dokter mata juga tidak tentu. Pas ke sana pertama kali, aku dikasih selebaran jadwal parktik dokter. Dan jamnya ternyata berbeda-beda.

Untuk kepastiannya, kamu bisa datang langsung ke RS Cakra jam 05.00 kayak aku kemarin. Tapi kalau mau tahu jadwal praktik dokternya bisa cek link ini ya!

Rumah Sakit Cakra Husada Klaten juga melayani antar obat sampai rumah. Nah..buat yang tidak mau antri bisa memanfaatkan layanan ini.

Untuk tahu lebih detail seputar Rumah Sakit Cakra Husada Klaten, kamu bisa langsung kunjungi link berikut ya..

Demikian review singkat seputar pelayanan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten untuk pasien BPJS. 

Semoga bermanfaat ya!

 

~MissAnt~

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts