Sabtu, 27 Agustus 2022

4 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

 

Sumber Gambar: Pexel

Cara menghasilkan uang dari blog tentunya menjadi ladang cuan tersendiri khususnya bagi mereka yang hobi menulis. Meski uang yang didapat tidak instan, namun dengan cara berikut ini kamu bisa mendapatkan uang dari menulis di blog.

Tutorial Paling Mudah Bikin Blog untuk Pemula

Awal mula aku bikin blog dulu adalah untuk menulis keluh kesah seperti yang aku tulis di buku diary. Waktu itu terinspirasi dari bang Raditya Dika. Tapi semakin ke sini, sepertinya blog bisa menjadi platform untuk menghasilkan uang. Hm..menarik kan?

Blog tak hanya dijadikan sarana untuk menulis seputar hal-hal pribadi, tapi lebih ke hal-hal yang mampu memberikan informasi yang dicari banyak orang. Dengan begitu, kesempatan mendapatkan uang dari nge-blog pun makin ada di depan mata.

5 Langkah Mudah Upgrade Blog Tanpa Merusak SEO

Sebenarnya aku dulu mulai nulis blog sejak tahun 2011, tapi entah kenapa aku udah nggak bisa masuk ke blogku lagi. Aku sempat rutin menulis yang isinya keluh kesah hingga tahun 2014. Wkwkwk…mungkin karna isinya hanya berkeluh kesah saja jadinya malah kena hack kali ya!

Akhirnya aku bikin lagi di tahun 2015. Ya lumayan nggak terlalu berkeluh kesah dan sudah mulai paham cara memanfaatkan blog. Seiring berjalannya waktu pasti kita mulai paham dengan apa yang sebenarnya kita mau. Uhuyy…

Hingga sekarang ini, detik ini aku masih rutin menulis di blog. Meski kadang nggak konsisten nulis karena kesibukan (sok..sibuk), tapi aku usahakan untuk selalu konsisten.

Oiya, dulu aku masih pakai domain gratisan dari blogspot, yaitu .blogspot. Tapi semenjak tahun 2018, aku mulai beli domain di www.rumahweb.com. Nah...buat kamu yang mau beli domain bisa langsung kepoin aja domain murah hanya di Rumahweb.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Menulis di Blog?

Oke baiklah, kamu pastinya juga penasaran kan, bagaimana cara menghasilkan uang dari nulis blog. Berikut cara yang bisa kamu lakukan;

1.Mendaftarkan ke Google Adsense

Aku tertarik daftarin blog ke Google Adsense karena penah baca di blognya Alit Susanto yang beralamatkan di http://www.shitlicious.com/

Di situ pernah membahas seputar cara menghasilkan uang dari blog. Dan aku langsung kepoin seputar Google Adsense.

Yang perlu kamu tahu, daftar di Google Adsense ini ada beberapa persyaratannya. Di antaranya adalah;

  • Blog harus menggunakan domain berbayar, misalnya .com, .co.id, .net dan lainnya
  • Umur blog minimal 3 bulan
  • Artikel harus menarik dan original (bukan hasil dari plagiat)
  • Memiliki User Experience yang mudah

Dulu pas aku daftar Google Adsense di tahun 2018, kurang lebih persyaratannya seperti itu. Untuk pencairan dari iklan ini nantinya kalau sudah mencapai Rp1.300.000. Jadi kalau belum mencapai angka tersebut, kamu harus sabar dulu ya..

Buat kamu yang mau daftar Google Adsense bisa langsung ke https://www.google.com/adsense/signup?hl=in

2.Ikut Lomba Menulis

Nah..ini kesempatan buat kamu semua yang ingin mendapatkan hadiah dari menulis di blog. Banyak-banyakin aja cari info lomba menulis blog. Hadiahnya ada yang uang tunai bahkan juga motor loh..

Sepengalamanku yang pernah ikut lomba nulis blog, aku pernah dapet Honda PCX loh..yang namanya rejeki emang datang di waktu yang tepat. Buat kamu yang penasaran, aku pernah nulis di sini nih, dibaca ya..biar kamu makin semangat ikut lomba.

Menang Kuis Dapet Motor Honda PCX

3.Menjadi Affiliate Shopee

Sebenarnya nggak hanya dari Shopee aja, kamu bisa ikut program affiliate lainnya. Berhubung aku ikutnya dari toko oren, jadi  aku sebut namanya. Hehe..

Kamu bisa mengulas beberapa produk yang ada di program Shopee Affiliate. Nanti kalau ada yang beli dari link yang kamu share, maka kamu bisa dapet bonus 10% dari harga.

Kalau kamu aktif di Instagram, Tiktok, atau di Facebook, kamu juga bisa share di platform tersebut dengan menyertakan linknya.

Berhubung aku lebih suka dari blog, jadi aku bikin semacem review di blog. Contohnya kayak gini nih..

5 Barang Penting yang Wajib dimiliki Content Creator. Semua Under 50K

5 Rekomendasi Slingbag Hitam Murah di bawah Rp.50.000

Siapa saja bisa jadi affiliate Shopee, kamu juga bisa loh. Untuk pendaftaran yang lebih mudah dan anti ribet, kamu bisa daftar langsung di Shopee Affiliate

4.Jual Backlink

Buat kamu yang ingin mendapatkan uang dari menulis blog, kamu juga bisa mencoba cara ini, yaitu jual backlink. Kamu hanya perlu menulis ulasan yang diminta advertiser dan memasukkan link yang mengarah ke website tersebut.

Untuk mendapatkan uang dari jual backlink, kamu bisa memilih mediabacklink.com. Semakin berkualitas blognya, maka harga yang ditawarkan juga semakin tinggi.

Ada beberapa kriteria yang harus kamu perhatikan dalam menjual backlink di mediabacklink.com, yang dinilai adalah;

  • Domain Authority (DA)
  • Page Authority (PA)
  • Nilai Alexa (semakin rendah maka semakin bagus)
  • Jumlah index google (semakin banyak maka semakin bagus)

 

Buat kamu yang ingin daftar jual backlink di mediabacklink.com, kamu bisa langsung di mediabacklink

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari menulis blog. Ingat ya, yang penting konsisten. Iya…KONSISTEN. Yang namanya konsisten emang susah, tapi kalau kamu udah niat, semuanya bakal dimudahkan. Okay?

Selamat mencoba..semoga bermanfaat!

 

~MissANT~

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts