Pages

Thursday, 22 October 2020

6 Prinsip Hidup Ala Filosofi Teras Yang Patut Diamalkan

 


 


Setiap orang tentunya memiliki jenis buku favorit yang akan membuat mereka lebih termotivasi. Sebenarnya aku dulu suka banget baca-baca novel gitu, tapi entah kenapa akhir-akhir ini lebih nyari jenis buku self improvement. Dan akhirnya nemu Filosofi Teras. Awalnya sih, aku ke Gramedia bukan beli buku ini. Awalnya mau beli yang “Segala-galanya Ambyar” karya Mark Manson, entah kenapa justru kecantol Filosofi Teras.

Kalian pasti nggak asing dengan sebuah buku yang judulnya, “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat” yang tak lain adalah karya Mark Manson. Saking bagusnya, aku sampai nunggu bukunya lagi sampai akhirnya muncul dan judulnya adalah “Segala-galanya Ambyar”. Udah gatel mau beli ternyata malah banyak pilihan dan akhirya memutuskan untuk beli Filosofi Teras.

Setelah aku baca emang bagus banget. Ya pantas saja kalau masuk best seller. Pinginnya sih beli semua buku best seller, tapi untuk saat ini satu-satu dulu deh belinya. Buku ini ditulis oleh Henry Manampiring. Ia adalah seorang praktisi periklanan dan juga pegiat sosial media. Filosofi Teras ini merupakan buku kelimanya. Karya lainnya kamu bisa gugling sendiri ya.

Isi dari buku ini memang menarik semua. Tak hanya itu saja, kamu juga bakal dimanjakan dengan ilustrasi-ilustrasi yang epik karya Levina Lesmana yang bikin makin asyik membaca hingga 12 bab. Aku suka dengan buku yang di dalamnya terdapat beberapa quote. Nah…kalau kamu juga suka, maka buku ini harus masuk dalam rekomendasi yang harus banget kamu baca.

Apa saja prinsip dalam Filosofi Teras yang bisa kamu amalkan dalam kehidupan?

Semakin dewasa kita, maka akan semakin banyak pelajaran hidup yang kita alami. Mau tidak mau,siap tidak siap, kita akan mengalami hal-hal yang jauh dari pemikiran kita sebelumnya. Hidup bukan perkara yang enak-enak saja. Kalau dalam bahasa jawa, istilahnya adalah, “Urip Iku Sawang Sinawang”. Hidup itu hanya sejauh mata memandang, yang kita pikir hidupnya enak, jusru malah tertekan. Yang terlihat tertekan malah justru bahagia.

Filosofi Teras merupakan filsafat Yunani-Romawi kuno demi terciptanya mental tangguh masa kini. Semakin dewasa kamu, maka kamu harus punya mental tangguh sekuatr baja demi melawan kerasnya dunia. Dari  yang sudah aku baca, buku ini mengajarkan beberapa prinsip hidup yang harus diamalkan. Khususnya buat kamu yang gampang banget down sama hal-hal yang sepele.

Berikut beberapa prinsip dalam Filosofi Teras untuk kesehatan mental yang lebih tangguh;

1.Pentingnya mengelola Emosi

Pernah nggak sih? Masalah sepele aja sampai kesel berjam-jam. Misalnya saja, bikin kopi dan tumpah. Kemudian bisa bete seharian. Dalam buku ini dijelaskan bahwa emosi negatif (khususnya bagi kaum Stoa) adalah hasil rasio yang salah menilai atau keliru.

Cara pandang kita terhadap sesuatu dapat mempengaruhi emosi. Dari kejadian kopi tumpah tadi, sebaiknya otak kita cukup merespon, “Ah…yasudah kalau tumpah. Toh bisa bikin kopi lagi”. Kemudian selesai. No more bete seharian. Simple kan?

4 Manfaat Bersikap Bodo Amat

Selain itu, seringkali kita mudah emosi dengan beberapa komentar orang lain. Misalnya, “Kok udah umur segini belum nikah”. Ya jawab aja, “Jodohnya lagi on the way. Doakan saja”. Selesai kan? Nggak perlu bete. Mengelola emosi memang tidak mudah. Tapi efeknya memang lebih positif khususnya untuk diir kita sendiri. Pandai-pandainya kita saja mengatur bagaimana mengelola emosi.

2.Dalam hidup, kita tidak perlu khawatir dan cemas yang berlebihan.

Tanpa sadar, perkataan seseorang seringkali membuat kita kepikiran, khawatir, cemas dan akhirnya jadi overthinking. Iya nggak? Ternyata khawatir yang berlebihan akan sesuatu hanya akan memunculkan beberapa penyakit, misalnya saja. Ketika ada perkataan seseorang yang membuat kita kepikiran, lalu kita susah tidur, akhirnya jam tidur berantakan dan menimbulkan gangguan kesehatan. Kalau sudah begini yang rugi siapa? Ya kita lah.

Sebenarnya, bukan stres atau khawatir yang berlebihan yang menyakiti diri kita, melainkan reaksi kita terhadapnya. Kalau dibawa enjoy, ya bakalan mengalir begitu saja. Banyak hal dalam hidup yang dapat membuat kita khawatir. Namun ada baiknya kita enjoy saja. Bukankah segalanya sudah diatur?

3.Selalu positive thinking

Nggak munafik sih, pada kenyataannya memang kita sulit untuk selalu berpikir positif. Kita selalu memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang sebenarnya tidak terjadi. Kadang memang kita sendiri yang mengacaukan kemampuan kita. Seseorang kadang terlalu mikir, “Nanti kalau begini gimana? Nanti kalau nggak berhasil gimana? Nanti kalau kalah gimana?”. Ingat ya, ada hal-hal di bahwa kendali (tergantung pada kita), ada hal-hal yang tidak di bawah kendali (tidak tergantung pada kita).

4.Kita tidak bisa menyenangkan semua orang

Kadang memang ada beberapa orang yang bahagia banget kalau udah bikin orang lain bahagia. Meskipun cara melakukannya juga terpaksa. Misalnya, “Dia bakalan seneng banget temenan sama aku kalau aku selalu traktir dia nonton. Tapi di sisi lain aku juga bangkrut kalau ngeluarin uang untuk membahagiakannya”. Jadi, mengapa harus mengorbankan diri sendiri demi kebahagiaan orang lain? Pada dasarnya, hidup kita bakalan baik-baik saja tanpa menyenangkan semua orang. Mereka mau berteman syukur, nggak mau ya tidak masalah. Sesimple itu lhooo.

5.Berdamai dengan orang-orang menyebalkan

Yang namanya manusia pastinya punya karakter dan sifat-sifat yang berbeda-beda. Ada yang menyebalkan dan ada yang menyebalkan banget. Namun pada akhirnya kita tidak bisa menghindar dengan orang-orang jenis ini. Yang harus kita pahami di sini adalah perilaku orang lain masuk dalam kategori Indifferent, yang artinya tidak ada hubungannya sama kebahagiaan kita. Kalau dia nggak suka sama kita, ya sudah. Itu urusan mereka. Kita tidak bisa mengendalikan respon orang lain terhadap kita.

The "Y" Book is So Inspiring. Read This

Yang aku pelajari dari Filosofi Teras ini adalah bahwa orang-orang menyebalkan yang tidak suka dengan kita hanya tidak mengenal kitra dnegan baik. Mereka hanya buta nalar saja. Mereka hanya menilai sesuatu dari sudut pandang mereka sendiri tanpa tahu yang sebenarnya. Jangan terlalu BAPER jika ada orang lain yang tidak suka sama kita. Ingat ya, kita tidak bisa mengendalikan orang lain, tapi kita bisa mengendalikan respon kita terhadap orang lain.

6.Yaaa sudahlah mau gimana lagi

Itu bukan kata-kata menyerah atau tunduk terhadap sesuatu. Trus apa donk? Semua yang terjadi dalam hidup ini cukup kita jalani saja. Yang jelas, kita sudah melakukan yang terbaik. Kalau aku prinsipnya begini, Dekat sama SANG PENCIPTA, berusaha yang terbaik, dan ya sudahlah. Mengalir saja. Tapi bukan menyerah ya. Hanya saja berdamai dengan diri sendiri kalau memang jalannya harus begini dulu.

Banyak quote Filosofi Teras yang harus kamu amalkan. Pokoknya bagus-bagus semua. Cocok buat dibaca sama orang yang punya mental  kerupuk dan gampang melempem. Hahaha….

Mon maap aku baca ini bukan berarti sebelumnya mentalku Cuma sebatas rempahan biskuit lho ya. Sebelumnya emang suka sama buku self improvement, salah satunya ini nih, Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat.

Oke sekian dulu reviewnya ya? Masih banyak isi menarik di dalamnya. Biar lebih paham lagi,langssung baca aja yak. Lagi banyak diskon lho. Emang syurga banget rasanya kalau buku kesayangan lagi ada diskon.

 

~MissAnt~

Tertarik Buka Usaha Tour dan Travel? Begini Perinciannya

 

Sumber gambar : Google


 

Peluang usaha Tour dan travel memang sangat menjanjikan. Semakin tinggi kesibukan seseorang, tujuan wisata menjadi hal yang dibutuhkan untuk melakukan refreshing. Bahkan travelling sudah menjadi tren gaya hidup para millenial. Terlebih usaha ini terbilang cukup mudah dan bisa dijalankan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal atau gratis.

 

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menangkap peluang ini. Banyak sekali orang-orang menggunakan jasa tour and travel, mulai dari perjalanan domestik atau bahkan mancanegara. Hal menarik yang bisa menjadi salah satu motivasi untuk membangun usaha tour and travel ini adalah bisa dilakukan oleh siapapun dan bisa dijalankan tanpa modal.


 5 Ide Bisnis Paling Populer 2020

Begini Lho Tips memulai Bisnis Wdding Organizer Tanpa Modal


Usaha tour dan travel bukanlah hal yang baru. Jika Anda adalah orang yang hobi traveling, suka membuat rencana sedetail mungkin dan senang membantu orang lain, mungkin memulai bisnis travel bisa menjadi pertimbangan.

 

Meski sudah tersedia berbagai platform Online Travel Agent yang memudahkan traveling, seperti Traveloka atau Tiket.com. Namun ternyata masih banyak orang yang membutuhkan jasa dari bisnis travel karena pasarnya masih potensial. Terlebih jika paket yang ditawarkan berbeda dari yang lain, tentunya memiliki daya tarik tersendiri.

 

Mengapa memilih usaha tour dan travel menjadi peluang yang menguntungkan?

 

Di zaman modern ini, traveling telah menjadi lifestyle bagi masyarakat metropolitan di Indonesia, baik bagi anak muda maupun orang tua. Bisnis ini juga memiliki banyak keuntungan bagi siapa saja. Apa saja keuntungannya?

 

1.Merupakan bisnis yang tak lekang oleh waktu

 

Memilih usaha tour and travel bukanlah bisnis yang musiman karena tidak pernah sepi. Momen liburan selalu ada dan berulang setiap tahun, misalnya libur kenaikan kelas, atau libur akhir tahun. Jika Anda berbisnis sesuatu yang bersifat musiman, seperti berjualan makanan atau minuman yang sedang hits, tentu tak menjamin keberlanjutannya di masa mendatang. Namun hal ini berbeda dengan bisnis travel yang bisa menjadi bisnis sepanjang masa atau tak lekang oleh waktu.

 

2.Memiliki pasar yang luas

 

Permintaan akan jasa tour and travel tidak akan pernah sepi. Salah satu pemicunya adalah banyaknya orang yang memposting tempat-tempat wisata menarik sehingga membuat rasa ketertarikan untuk mengunjunginya. Apalagi sekarang ini harga tiket pesawat sudah sangat terjangkau, tentu hal ini membuat liburan bukan lagi dipandang sebagai “barang mewah”.

 

3.Bisa dilakukan di mana saja

 

Awalnya memang bisnis travel berjalan dalam model bisnis tradisional yang tidak tech-oriented. Namun sekarang sudah berbeda. Semakin kencangnya arus digital tentu saja bisnis travel  lebih memanfaatkan adanya teknologi internet, bahkan kini sudah banyak travel agent yang 100 persen berbasis online.

 

4.Hobi yang sekaligus menghasilkan keuntungan

 

Anda yang memiliki hobi traveling, tentu akan sangat senang jika bisa melakukan bisnis travel karena sesuai dengan passion Anda. Hal ini karena bisnis yang didasari pada kesukaan atau passion memang akan memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses karena rasa cinta pada suatu bidang akan mendorong para pelakunya untuk menjalankan usahanya dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin.

 

Bagaimana cara memaksimalkan usaha tour dan travel?

 

Bisnis yang baik tentunya memerlukan persiapan yang menyeluruh, bukan hanya perencanaan dari segi finansial, tapi juga perencanaan konsep, ide, serta hal-hal lain yang tidak dapat dilihat secara fisik.

 

Agar bisnis Anda semakin maksimal dan menghasilkan pemasukan tambahan, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lalukan seperti berikut ini;

 

1.Melakukan riset pasar

 

Penyebab kegagalan pemula dalam berbisnis adalah tidak melakukan riset tentang bisnis yang dijalankan. Langkah ini wajib dilakukan agar bisnis Anda dapat berjalan lancar. Dengan memaksimalkan riset pasar, maka akan memberikan keuntungan bagi Anda seperti membantu menentukan segmen pasar yang Anda tuju dan menentukan lokasi yang tepat untuk bisnis Anda.

 

Untuk bisnis offline, maka lokasi yang dimaksud adalah tempat toko Anda akan berada. Sedangkan untuk bisnis online, Anda harus pandai memilih “lokasi” di dunia maya. Misalnya, memilih saluran yang efektif, apakah lewat Facebook, Instagram, blog pribadi, atau forum-forum traveler

 

2.Menentukan tujuan wisata

 

Jika Anda memilih berbisnis di jasa paket wisata, maka Anda perlu menentukan tujuan wisata yang akan Anda tawarkan. Kenali tujuan wisata sebaik-baiknya karena Anda nantinya harus membuat database dari seluruh destinasi wisata yang akan Anda masukkan ke dalam itinerary. Untuk data yang dimaksud juga menyangkut contact person dari pengelola tempat wisata, harga tiket, surat menyurat, dan daftar biaya yang mungkin dikeluarkan dalam sebuah perjalanan wisata.

 

3.Bangun branding yang kuat

 

Branding merupakan segala usaha untuk menciptakan brand atau image dari bisnis travel Anda. Hal ini meliputi menciptakan nama, membuat logo, hingga menentukan tema warna bagi bisnis tour dan  travel Anda. Branding yang kuat bisa mempengaruhi persepsi orang-orang dan membuat mereka mengasosiasikan niche travel tersebut dengan bisnis Anda. 

 

4.Perdalam pengetahuan tentang keuangan

 

Banyak pebisnis yang hanya berfokus pada laba rugi atau pendapatan dan profit tinggi, namun merela lupa bahwa mengatur cash flow (arus kas) bisnis adalah hal yang sama pentingnya. Untuk itu sangatlah penting bagi pebisnis dalam memiliki kemampuan pengelolaan keuangan, yang meliputi perencanaan hingga pembuatan laporan yang baik. Bagaimanapun juga, keuangan akan sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu bisnis.

 

5.Perluas jaringan dan relasi

 

Sebagai pelaku bisnis, tentunya Anda tidak bisa hanya berdiam diri dan menunggu bisnis Anda berjalan dengan lancar. Anda juga perlu memperluas jaringan dan relasi seluas mungkin. Semakin besar dan luas jaringan usaha Anda maka makin tinggi pula peluang Anda untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Koneksi yang kuat juga bisa menguntungkan Anda dalam bisnis.

 

6.Membuat izin usaha

 

Jika semuanya sudah siap, maka yang terakhir adalah dengan membuat izin usaha. Jangan sampai usaha yang Anda rintis bermasalah dengan hukum yang ada di Indonesia. Anda bisa mengetahui lebih jauh mengenai HKI dan bagaimana cara mendaftarkannya di situs resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Setelah memiliki izin tentunya akan lebih aman dalam mengenbangkan bisnis.

 

Bagaimana analisa usaha tour dan travel untuk pemula?

 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tour dan travel, berikut analisa yang bisa Anda persiapkan.

 

Modal dan peralatan

 

-Komputer, printer dan jaringan internet :Rp3.500.000

 

-Renovasi ruang, meja, kursi : Rp5.000.000

 

-Alat tulis kantor : Rp500.000

 

-Pembuatan website : Rp1.500.000

 

 

Biaya operasional

 

-Listrik dan internet : Rp500.000

 

-Gaji karyawan : Rp1.000.000

 

-Guide 10 hari City Tour @Rp100.000 : Rp1.000.000

 

-Sewa mobil 10 hari City Tour @250.000 : Rp.2.500.000

 

-Guide 10 hari Tour luar kota @Rp150.000 : Rp1.500.000

 

-Sewa mobil 10 hari Tour luar kota @Rp250.000 : Rp2.500.000

 

-Biaya promosi : Rp500.000

 

 

Untuk angka pada perincian tersebut hanyalah sebuah asumsi saja. Meski begitu, analisa tersebut mampu menjadi gambaran jika Anda ingin membuka usaha tours dan travel.

 

 

Menghasilkan Uang Dari Penulis Lepas? Begini 10 Cara Yang Bisa Anda Coba

 

Sumber gambar : Google

 

Menjadi penulis lepas selalu memiliki keuntungan tersendiri khususnya bagi Anda yang memiliki skilll menulis. Salah satu hal yang jangan sampai Anda lewatkan adalah mendapatkan uang dari hasil tulisan Anda seperti menjadi penulis lepas. Profesi paruh waktu ini tentunya bisa menghasilkan banyak uang lho? Dan Anda yang memiliki keahlian di bidang ini akan sangat disayangkan jika tidak mencobanya.

 

Penulis lepas memang menjadi profesi yang populer dan berkembang setiap tahun. Ini karena perkembangan era digital yang memudahkan seseorang dalam mencari uang tambahan dengan “menjual” skill mereka seperti menulis artikel. Menariknya di sini, mereka hanya meluangkan beberapa waktu saja untuk mengerjakannya, misalnya saja 3 sampai 4 jam setiap harinya. Dengan hanya meluangkan waktu beberapa jam, Anda bisa mendapatkan banyak uang lho? Tertarik, kan?

 

Bagaimana cara menjadi penulis lepas yang menghasilkan banyak uang?

 

Ada banyak cara menghasilkan uang lewat tulisan. Meski begitu menulis kadang dianggap sebagai pekerjaan dengan penghasilan yang kecil. Bahkan di mata orang awam, menjadi penulis selalu dinilai sebagai pekerjaan yang tidak menjanjikan penghasilan sama sekali. Untuk mematahkan pendapat tersebut, kini banyak orang yang memiliki banyak penghasilan justru dari penulis online.

 

Berikut cara paling mudah menjadi penulis lepas yang menghasilkan banyak uang;

 

1.Membuat blog dan mendaftar dengan Google AdSense

 

Blog merupakan salah satu platform terbaik untuk mengembangkan pembaca yang setia serta sebagai portofolio awal Anda dalam menjajal menjadi penulis lepas. Di sini Anda bisa langsung fokus dengan satu tema agar pembaca lebih mengingat jenis tulisan Anda. Setelah blog Anda melekat di hati pembaca dan memiliki pembaca yang setia, maka selanjutnya Anda bisa mendaftarkan dengan google adsense. Dengan begitu Anda akan mendapatkan uang dari iklan yang diklik.

 

2.Aktif mengikuti lomba menulis

 

Anda yang memiliki skill menulis tentu harus mencoba peluang ini. Jika dilihat di sosial media tentunya ada banyak lomba menulis yang menyediakan hadiah hingga jutaan. Banyak sekali berbagai lembaga pemerintah, swasta, dan bahkan komunitas-komunitas sosial yang mengadakan lomba menulis dengan hadiah fantastis. Anda harus aktif dalam mencari informasi seputar lomba menulis. Siapa tahu memang rejeki Anda. Lumayan jika Anda menjadi pemenangnya.

 

3.Menulis Di Kolom Koran Dan Majalah Berbayar

 

Meski sudah ada sejak dulu, namun beberapa majalah atau surat kabar masih membayar penulis yang ingin menerbitkan tulisannya di surat kabar atau majalah. Tulisan yang umumnya diterima oleh surat kabar atau majalah adalah puisi, cerita pendek, cerita bersambung, atau artikel opini. Hal ini tentu akan melalui proses penilaian terlebih dahulu sebelu diterbtkan. Jika tulisan yang Anda kirimkan diterima oleh editor majalah atau surat kabar, maka tulisan tersebut akan diterbitkan dan Anda akan mendapatkan bayaran.

 

4.Membuat Blog Afiliasi

 

Anda yang sudah lama menjadi blogger tentunya sudah tidak asing dengan istilah ini, bukan? Di sini yang Anda lakukan adalah membuat review sebuah produk dan kemudian memasukan link pembelian produk tersebut. Jika ada pembeli yang membeli produk tersebut melalui link yang Anda berikan, maka Anda akan memperoleh keuntungan dari pembelian ini. Pastikan produk yang Anda jual sesuai dengan tema blog Anda.

 

5.Menulis Artikel Di Website Berbayar

 

Dengan memiliki skill menulis tentunya akan semakin memudahkan Anda dalam mendapatkan tambahan uang. Salah satu yang bisa Anda coba adalah dengan menulis artikel online di website berbayar seperti UC News, IDN Times Community, dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik,itu bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang lewat menulis. Anda dapat menulis berbagai topik dan tulisan Anda akan dibayar oleh pemilik website.

 

6 Trik Ampuh Menjadi Penulis Lepas Untuk Pemula


6.Menjadi Copywriter Produk

 

Copywriting diperlukan oleh sejumlah perusahaan untuk menjual produk mereka. Ini dapat berisikan tulisan yang menggambarkan produk dengan bahasa yang akan membuat pembaca membeli produk tersebut. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang ini, maka Anda bisa mencobanya. Yang Anda lakukan hanya tinggal menulis copywriting produk yang diberikan. Setelah itu, And akan dibayar dengan tulisan yang Anda buat.

 

7.Menjadi Scriptwriter

 

Dunia kepenulisan memang luas. Salah satunya adalah penulis naskah untuk layar lebar. Jika Anda  adalah seorang penulis yang tertarik di bidang perfilman, maka jangan sia-siakan ide Ada begitu saja. Anda bisa menawarkan skrip film karya Anda ke berbagai rumah produksi di Indonesia. Dan bayarannya pun juga tidak main-main lho. Gimana? Tertarik mencobanya, kan?

 

8.Membuat Blog Tutorial Online Berbayar

 

Untuk mendapatkan uang dari sini, Anda dapat membuat kursus online dengan bermodalkan tulisan dan kemampuan yang kamu miliki. Setiap orang yang ingin membaca tutorial yang kamu buat harus membayar sejumlah uang. Beberapa contoh website tutorial yang sukses adalah tutorial mengikuti tes CPNStutorial berwirausaha, atau tutorial membuat aplikasi android. Anda bisa mencoba membuat tutorial yang Anda kuasai seperti make up, memasak dan masih banyak lagi.

 

9.Menjadi penulis kontributor website

 

Sekarang ini ada banyak website yang membutuhkan tulisan untuk menaikkan traffic kunjungan. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan uang. Topik yang biasa dibahas cukup beragam, seperti kuliner, traveling, pernak-pernik, dan yang lainnya. Jika Anda bisa menjadi kontributor di lebih dari satu website, maka Anda akan semakin mudah dalam mendapatkan uang. Jika dilihat memang sekarang ini banyak website yang berani membayar penulis dengan bayaran yang besar asalkan Anda memiliki kemampuan maksimal di bidang kepenulisan.

 

10.Menjadi penulis naskah Youtube

 

Menulis naskah di Youtube tentunya menjadi tantangan tersendiri khususnya di era seperti sekarang ini. Baik dari perusahaan atau Youtuber di luar sana ternyata masih memerlukan penulis naskah untuk beberapa video yang akan mereka posting di Youtube. Untuk topiknya pun juga berbeda-beda. Anda hanya tinggal memilih sesuai dengan bidang yang Anda kuasai.

 

Ada banyak peluang kerja sebagai penulis lepas maupun penulis tetap yang bisa Anda temukan saat ini. Namun, selalu pastikan bahwa Anda menguasai dengan baik bidang menulis yang Anda pilih. Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman dan bisa bekerja dengan maksimal. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa lebih mudah untuk mendapatkan uang dari profesi tersebut. Apalagi jika ini merupakan hobi Anda, tentu akan sangat menyenangkan untuk mendapatkan uang dari hobi yang dibayar, bukan?

 

 

Popular Posts