Minggu, 04 September 2022

3 Poin Penting dari Healing

 



Kamu pastinya sudah nggak asing dengan kata healing? Beberapa orang mungkin menganggap makna healing dan liburan adalah sama. Sayangnya, kedua hal tersebut berbeda.

Healing ya healing, dan liburan ya liburan. Beberapa orang pasti pernah bilang begini,

“Yuk..healing ke luar kota yuk..gue lagi suntuk nih”

Kenapa menyebutnya healing? Kenapa nggak menyebut liburan saja.

Healing itu apa sih?

Sebelum salah ucap, kamu perlu paham dulu. Sebenarnya healing itu apa sih? Emang beda ya sama liburan?

Kalau menurutku, opiniku aja nih..healing sama liburan itu beda. Tapi kalau ada yang bilang,

“Aku mau healing ke mall dan makan enak ah, mau healing ke luar kota ah”

Ya biarkan saja, mungkin mereka lebih lekat dengan kata-kata healing dibanding liburan.

4 Kesalahan Dalam Mencintai Diri Sendiri

Liburan itu bisa bermakna luas. Menurut KBBI, liburan artinya masa libur. Bisa libur sekolah atau libur kerja. Itulah mengapa kebanyakan mereka akhirnya liburan ke suatu tempat dan tujuannya untuk bersenang-senang.

Bahkan, dengan banyaknya pekerja freelance saat ini, liburan juga nggak harus hari libur atau tanggal merah. Mereka bisa liburan kapan saja dan tentunya tujuannya untuk melepas penat dari kegiatan atau pekerjaan sehari-hari.

4 Penilaian Salah Kaprah Tentang High Value Woman

Beda lagi dengan healing. Healing berasal dari bahasa Inggris, yang artinya adalah penyembuhan. Dalam KBBI, healing bisa diartikan dengan proses, cara, perbuatan penyembuhan dan pemulihan.

Penyembuhan yang dimaksud di sini adalah penyembuhan diri seseorang untuk merasa lebih baik lagi. Mengutip dari Psikolog Universitas Negeri Surabaya, Diana Rahmasari, istilah healing lebih lekat dengan self healing.

5 Cara Mudah Menjadi High Value Woman

Self healing merupakan metode penyembuhan dengan mengeluarkan perasaan atau emosi yang terpendam dalam tubuh. Tujuannnya adalah menjaga kesehatan mental secara mandiri.

Namun, hingga kini masih banyak yang menyamakan antara healing dan liburan. Keduanya punya makna yang berbeda. Kalau menurutku, boleh-boleh saja menyebut healing ketika mau liburan, asal liburannya lebih ke alam.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Demi Kelangsungan Hidup

Aku pribadi malah lebih setuju kalau menyebut liburan sebagai healing yang lokasinya lebih ke pantai, gunung, dan pemandangan alam lainnya.

Hal ini karena penyembuhan diri dari emosi negatif atau rasa kecewa akan terasa lebih lega ketika melihat pemandangan alam. Iya nggak?

4 Cara Alami Menyembuhkan Rasa Sakit Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Berbeda kalau pergi ke mall, makan enak, facial atau creambath gitu bukan healing, tapi lebih ke self care. Ya meski self care juga bagian dari healing. Tapi keduanya beda.

3 Poin Penting dari Healing

Setiap orang pasti memiliki luka batin entah karena hal sepele. Misalnya trauma masa lalu, merasa insecure, belum bisa memaafkan orang lain, dan lain-lain. Kalau kamu mengalaminya, artinya kamu butuh healing, bukan liburan.

8 Ciri-Ciri Orang dengan Low Vibration

Percuma kamu bersenang-senang dengan liburan tapi kalau dalam diri kamu masih belum plong, ya sama aja. Maka dari itu dibutuhkan healing.

Ada 3 poin penting dari healing. Aku tertarik bikin artikel ini setelah baca postingan dari akun Instagram Melvin Mumpuni. Kamu bisa liat postingannya di sini.

Awlanya aku baca-baca, abis itu aku pikir-pikir, ternyata benar juga ya. Proses self healing itu ada 3 bagian.

1. Body Healing

Yang pertama dimulai dari menjaga kesehatan tubuh. Proses penyembuhan diri yang paling penting emang dari makanan yang kita konsumsi.

Kalau dulu kamu sering makan-makanan kurang sehat, sebaiknya mulai sekarang pilih-pilih makanan sehat. Kalau badan kita sehat, maka proses healing juga lebih mudah.

Jangan lupa olahraga ringan. Minimal 5 menit sehari. Usahakan agar berat badan ideal dan gizi juga seimbang.

2. Mind Healing

Mengelola pikiran sangatlah penting agar kamu bisa lebih tenang. Aku sering baca dari banyak postingan, salah satunya dari akun Instagram Tresnany Moonlight kalau kita punya kekuatan untuk mengelola apa yang kita pikirkan.

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Scripting dari Sekarang

Kalau kita mampu mengendalikan pikiran dan menjaga emosi, maka kesehatan mental kita akan baik-baik saja. Intinya fokus pada hal yang baik-baik, lebih mencintai diri sendiri dan banyak belajar seputar pengembangan diri.

3. Soul Healing

Pada poin ini adalah semakin mendekatkan diri kepada yang maha pencipta. Salah satunya adalah dengan memperbaiki ibadah. Lebih fokus dalam beribadah akan membuat hati kita semakin tenang.

Kunci dari Soul Healing ini adalah selalu bersyukur dengan hal-hal yang sudah kita miliki dan belum kita miliki.

Cara Agar Mental Semakin Kuat dan No More Sambat

Untuk mensyukuri hal-hal yang belum kita miliki, kamu perlu belajar tentang LOA. Perlahan aku juga dulu belajar dari akun Youtube dan Tiktoknya mentorku, Tresnany Moonlight.

Buat kamu yang mau belajar seputar LOA dan pengembangan diri, kamu bisa kepoin akun kak Tresnanny di link berikut;

Youtube TresnanyMoonlight

Tiktok TresnanyMoonlight

Instagram TresnanyMoonlight

Semua kontennya berdasarkan pengalaman NYATA. Kak Tres juga sering mengadakan seminar online loh..pantengin akun Instagramnya ya, siapa tahu kamu berkesempatan ikut kelasnya.

Self Care isnot Egoist

Nah..itulah 3 poin penting dari healing. Jadi..healing bukan sekadar liburan yang bikin hati senang sesaat ya, tapi lebih ke penyembuhan diri.

Semoga bermanfaat!

 

~MissANT~

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts