Senin, 19 September 2022

5 Cara Paling Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh dan Tulang

 

Sumber Gambar: Pexel


Manfaat vitamin D untuk tubuh tentunya sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kekuatan tulang tentunya semakin menurun seiring bertambahnya usia. Itulah mengapa mulai sekarang kamu juga harus menjaga kesehatan tulang.

Menjalankan tips sehat demi kesehatan tubuh dan tulang sebenarnya tidak sulit. Hanya saja orang-orang seringkali malas lantaran sibuk dengan kegiatannya. Bagi mereka yang peduli dengan kesehatan, tentu akan lebih memprioritaskannya, karena kalau badan tidak sehat, bagaimana mau menjalankan kegiatan sehari-hari? Betul tidak?

Seberapa penting menjaga kesehatan tulang?

Di dalam tulang terdapat jaringan hidup mulai dari saraf hingga pembuluh darah. Untuk menjaga jaringan tersebut, tulang selalu memperbaiki kondisinya sendiri.  Namun jika tidak dijaga, maka akan terjadi gangguan tulang yang salah satunya dapat menyebabkan patah tulang.

Apalagi dengan bertambahnya usia, tentunya kondisi tulang juga tidak seperti saat masih muda. Tapi, kamu bisa merawat dan menjaga sel-sel tulang agar semakin kuat sehingga rentan terkena masalah kesehatan yang berhubungan dengan tulang.

Salah satu masalah kesehatan tulang yang paling sering dialami adalah osteoporosis, di mana kondisi ini akan menyebabkan tulang semakin tipis hingga rapuh. Nah..kamu pastinya tidak ingin mengalaminya kan?

Untuk menjaga kesehatan tulang, kamu harus rutin mengonsumsi vitamin D seperti yang terkandung pada CDR. Suplemen yang satu ini juga akan membantu menjaga kepadatan tulang.

Kesehatan tubuh dan tulang adalah yang paling penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari agar tetap aktif sepanjang hari. CDR juga tidak hanya menjaga kepadatan tulang tetapi juga mampu menguatkan dan menyehatkan tulang dan gigi.

Untuk kamu yang sibuk dengan kegiatan setiap hari, ingin semakin produktif sepanjang hari, dan kegiatan lainnya, maka CDR ini cocok banget buat dikonsumsi. Oiya, CDR ini juga aman untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk wanita hamil. Pokoknya cocok banget untuk memenuhi kebutuhan kalsium khususnya agar tulangmu lebih kuat di usia 30-an.

Bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh dan tulang?

Setiap orang punya kesibukan masing-masing untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Namun semua itu tidak ada artinya kalau badan kamu sering sakit. Agar tubuh senantiasa sehat dan tulang kuat, kamu perlu melakukan beberapa tips berikut ini;

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Kebutuhan nutrisi yang cukup sangatlah penting agar tubuh dan tulang selalu sehat. Jangan lupa selalu makan-makanan yang mengandung protein, magnesium dan zinc, kalsium dan vitamin D.

Rutin makan buah dan sayur juga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji karena efeknya kurang bagus untuk jangka panjang. Kalau mau sehat, maka kebutuhan nutrisi yang dipilih adalah yang penting untuk kesehatan ke depannya.

2. Luangkan waktu untuk berolahraga

Tubuh dan tulang yang sehat juga dimulai dari berolahraga. Meski hanya 30 menit, luangkan waktu untuk olahraga. Kamu bisa jalan santai, jogging, squat, naik turun tangga, dan lainnya. Olahraga ringan tersebut juga bisa kamu lakukan di rumah saja kok. Mudah, kan?

3. Mengurangi minuman yang mengandung kafein

Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang lezat dan tidak tergantikan. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi kafein justru akan mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Jika penyerapan kalsium terganggu, akibatnya tulang semakin melemah dan menyebabkan keropos.

4. Menghindari alkohol dan rokok

Meski sering dianggap sepele, ternyata alkohol dan rokok juga berpengaruh untuk kesehatan tulang lo. Penelitian juga mengungkapkan kalau mereka yang sering mengonsumsi alkohol cenderung lebih berisiko mengalami osteoporosis. Bahkan, merokok juga mengganggu penyerapan kalsium.

Hal ini karena dalam rokok terdapat zat yang namanya nikotin, yang mana zat tersebut dapat mempercepat pengeroposan tulang. Kalau kamu termasuk pecandu alkohol dan rokok, sebaiknya mulai kurangi ya..karena akan berpengaruh sama kesehatan tulang dan tubuh.

5. Menjaga berat badan agar tetap idal

Agar tubuh dan tulang selalu sehat, usahakan untuk menjaga berat badan. Kamu bisa mengira-ira sendiri berat dan tinggi kamu idealnya berapa. Jangan sampai kurang dan lebih. Menjaga berat badan agar tetap ideal tentunya akan membuat tubuh lebih sehat dan tulang yang kuat.

Gaya hidup yang sehat adalah faktor paling penting agar kita senantiasa sehat. Di zaman seperti ini memang apa-apa serba instan, misalnya saja dalam memilih makanan dan minuman.

Akan tetapi, demi kesehatan jangka panjang, ada baiknya kamu memilih makanan dan minuman yang sehat. Minuman dan makanan yang kamu konsumsi sekarang ini akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan tulang di masa depan.

Jadi, pastikan kamu sayang sama tubuhmu demi kesehatan jangka panjang ya.. Itulah cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan tulang.

Semoga bermanfaat ya..

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts