Pages

Tuesday, 6 April 2021

7 Cara Mudah Mengatasi Website Yang Kena Hack

Sumber Gambar : Google


 

Mengetahui cara mengatasi website yang dihack memang sangat penting sebagai upaya untuk melakukan antisipasi. Dengan semakin berkembangnya zaman teknologi, maka akan semakin rentan terhadap yang namanya pembobolan situs alias hack.

 

Di Indonesia sendiri, aktivitas hacking sebenarnya bukanlah hal yang baru. Fenomena kemunculan kelompok peretas yang mayoritas terdiri dari anak muda tersebut tercatat sudah mulai eksis sejak satu setengah dekade silam bersamaan dengan perkembangan website dan transaksi digital yang semakin digalakan. Lalu, pernahkah Anda berfikir kalau ternyata website Anda yang terkena hack?

 8 Trik Agar Hacker Enggan Menyentuh Website

Cara mengatasi website yang dihack tentu harus menggunakan trik yang efektif agar bisa dilakukan semua orang khususnya bagi mereka yang menggunakan websitenya untuk bisnis online. Salah satu alasan mengapa hackers tidak menargetkan secara khusus WordPress mana yang akan menjadi korban adalah karena peretasan dilakukan secara otomatis.

 

Hackers akan menggunakan bot otomatis, seperti mesin pencari otomatis yang akan mendeteksi kesalahan-kesalahan di sebuah WordPress. Dengan menggunakan bot otomatis, maka akan memungkinkan hackers menyerang banyak situs sekaligus.

 4 Langkah Yang Harus Kamu Lakukan Jika Mengalami Blacklist Google

Hacking merupakan kegiatan meretas sistem baik software atau hardware dengan menggunakan sistem back door. Kegiatan ini juga dilakukan oleh individu, organisasi, atau negara untuk mendapatkan akses tidak sah ke komputer dan sistem yang bergantung pada teknologi.

 Pentingnya Web Hosting Untuk Bisnis Online

Aktivitas hacking dapat melibatkan modifikasi atau perubahan pada software atau hardware untuk melakukan aktivitas yang tidak dimaksudkan oleh penciptanya.

 

Mengapa Website Bisa Terkena Hack?

 

Maraknya pembobolan sebuah situs tentunya menyebabkan banyak orang merasa was-was khususnya bagi mereka yang memanfaatkan websitenya untuk bisnis online. Dengan begitu, Anda pun juga harus meningkatkan keamanan pada website karena aktivitas hacking ini tidak pandang bulu, website apapun yang memiliki celah akan tetap dihajar.

 6 Cara Mengatasi Phising Scam


Lalu, mengapa website bisa kena hack? Berikut alasanya;

 

1.Penggunaan plugins dan theme bajakan 

Penggunaan plugins dan theme bajakan sudah seringkali terjadi untuk beberapa orang yang ingin menggunakan theme premium yang disediakan oleh website yang tidak resmi. Hal ini sebenarnya sudah  di-inject script backdoor.

 

2.Pemilihan username dan passowrd yang tidak tepat

Dalam memilih password sebaiknya lakukan kombinasi antara huruf besar dan angka. Hindari penggunaan username admin, dan password yang juga admin. Dengan menggunakan kombinasi password yang tepat maka akan menyulitkan hacker untuk membobol situs Anda.

 

3.CMS yang jarang diupdate

 Sebagai pengguna WordPress, Anda tentu wajib memperbarui antarmuka serta sistem keamanan yang digulirkan oleh developer. Maka dari itu, usahakan untuk segera mengupdate CMS yang digunakan jika muncul versi terbaru. Banyak orang yang seringkali mengabaikan pesan untuk melakukan update sehingga website rentan terkena hack.

 

4.Performa server yang buruk

 Dalam memilih server sebaiknya Anda harus berhati-hati. Hindari menggunakan server abal-abal agar tidak menyesal di kemudian hari. Pemilihan server yang berkualitas juga akan membantu meningkatkan performa website sehingga keamanan lebih terjamin dan terhindar dari hacker.

 

5.Terlalu sering menggunakan koneksi public

 Meski banyak yang menyediakan akses wifi gratis, maka Anda juga harus berhati-hati. Dalam beberapa kasus, Public Wi-Fi juga dilaporkan menyimpan log informasi dari pengguna, jadi jika Anda mengakses internet banking atau login sosial media nantinya bakal tercatat semua dan memudahkan hacker untuk melakukan pembobolan terhadap data-data penting Anda.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Website Yang Terlanjur Kena Hack?

 

Seiring semakin merajalelanya hacker, maka Anda yang memiliki website untuk berbisnis tentu akan memaksimalkan keamanan. Namun, jika memang sudah terlanjur di hack, maka Anda tidak perlu khawatir.

 Berikut langkah mudah yang harus Anda lakukan jika website terkena hack.


1.Anda perlu masuk ke wordpress Anda dan lakukan screenshot semua gambar hingga opsi widget. Nantinya hasil screenshot akan membantu mengingat tampilan WordPress, karena akan membangun ulang WordPress.

 

2.Langkah selanjutnya adalah dengan copy kode HTML khusus dan paste di Notepad. Jika memiliki banyak style CSS yang berbeda, Anda bisa copy dan paste di tempat yang berbeda. Pastikan tempat Anda dalam  menyimpan kode bisa di akses dengan mudah. Kemudian Anda tinggal klik tools dan export, lalu ekspor semua konten.

 

3.Buka Avast anti virus. Kemudian pindai atau scan semua konten yang baru saja Anda ekspor. Selain itu pastikan konten-konten tersebut aman. Kemudian ambil beberapa gambar tampilan luar blog untuk mengingat tampilannya.

 

4.Buka Filezilla. Di sini Anda harus terhubung ke host melalui FTP untuk mengambil folder yang Anda unggah sebelumnya. Untuk terhubung ke FTP, Anda harus login ke host dan menemukan kredensial yang tepat. Dalam hal ini penyedia host nantinya akan membantu membuat akun FTP.

 

5.Setelah memiliki kredensial, kemudian hubungkan Filezilla ke server host. Di sini akan terlihat file di sebelah kanan dan sebelah kiri. Sebelah kanan adalah file di server dan sebelah kiri adalah file yang ada di komputer.

 

6.Untuk menemukan folder yang sebelumnya sudah diunggah, maka bisa dilihat di Wp Content atau Uploads. Nantinya akan ada folder file. Klik kanan di setiap folder Anda. Kemudian klik unduh /download. Simpan hasil unduhan di file sebelah kiri.

 

7.Setelah semuanya terunduh, scan kembali menggunakan avast Anti-virus untuk memastikan semua folder aman dari malware.

 

Website yang terkena hack bisa karena berbagai alasan. Hal yang paling sering menjadi penyebabnya adalah kurangnya pengamanan untuk website. Hackers memang banyak dikenal dengan aktivitasnya yang ilegal dan merugikan, namun tidak semua, tergantung motivasi dan legalitas atas aktivitas tersebut. 

 

Bagaimana Caranya Agar Aman Dari Hacker?

 

1.Ganti password cPanel anda secara berkala. Gunakan password yang sulit ditebak. Kombinasikan huruf, angka dan karakter khusus agar password sulit ditebak.

 

2.Ubahlah password user atau adminsitrator website Anda. Jangan gunakan user dengan nama “admin”, karena itu sangat mudah sekali ditebak. Gunakan nama lain yang tidak terlalu familiar.

 

3.Pastikan bahwa komputer Anda tidak terdapat keylogger, trojan atau malware. Jika komputer Anda sudah terinfeksi, maka ketika Anda melakukan update content website bisa jadi website Anda juga akan terinjeksi virus yang berasal dari komputer Anda. 

 

4.Selalu lakukan update Wordpress ke versi terbaru. Selain masalah core WordPress-nya, lakukan update pada bagian theme dan plugin yang digunakan.

 

5.Lakukan backup manual secara berkala ke PC Lokal. Hal ini sangatlah penting. Jika hacker menghapus data website Anda, maka Anda masih memiliki backup file cpanel yang telah tersimpan di komputer Anda.

 


~MissAnt~

 


4 Langkah Yang Harus Kamu Lakukan Jika Mengalami Blacklist Google

 

Sumber Gambar : Google


 

Mengalami Blacklist Google tentu sudah bukan hal baru khususnya bagi para pemilik website. Ketika Anda sedang mengakses sebuah website, tentunya Anda pernah mengalami di mana website mendakan tidak bisa diakses. 

Hal ini penyebabnya bukan berasal dari internal, melainkan karena website tersebut mengandung malware yang kemudian diblok oleh Search Engine dan Browser. Dari sisi pengunjung web mungkin ini tidak menjadi masalah, Anda hanya perlu keluar. Akan tetapi hal ini akan menjadi masalah bagi pengelola website.

 7 Mesin Pencari Paling Populer Selain Google

Blacklist google bisa dibilang sebagai praktik yang menandai situs web yang diduga berbahaya. Hal ini juga menyebabkan pengguna mengunduh malware secara tidak sengaja.

 Akan tetapi mesin pencari dan vendor antivirus dapat membuatnya masuk ke dalam daftar hitam situs sebagai akibat dari serangan dunia maya. Tentu ini dapat berdampak negatif pada reputasi dan visibilitas situs Anda.

 Perbedaan Google Adsense dan Google Adwords

Ketika Anda mengalami hal tersebut, maka Google sebagai Search Engine terbesar akan mencoba mengirimkan notifikasi kepada email Administrator website tersebut. Alamat email yang dituju biasanya adalah sebagai berikut;

 

abuse@namadomain.xyz

admin@namadomain.xyz

administrator@namadomain.xyz

contact@namadomain.xyz

info@namadomain.xyz

 

Namun jika pihak administrator website tidak mempunyai alamat email yang tertera seperti di atas, maka Anda tidak akan menerima notifikasi tersebut. Untuk itu, pihak administrator website disarankan untuk membuat email pada domainnya dengan menggunakan salah satu user seperti yang tertera diatas.


7 Alasan Mengapa Website Mudah Terkena Hack

 

Pengertian blacklist

 Blacklist merupakan praktik memelihara daftar situs web yang diyakini mengandung malware. Ini juga bisa dibilang praktik yang bermanfaat dan dapat melindungi pengguna internet yang tidak bersalah dari secara tidak sengaja berkeliaran ke situs yang mengunduh malware ke perangkat mereka atau mencuri informasi pribadi. 

 8 Keunggulan Domain ID Untuk Website

Akan tetapi, pada beberapa kasus yang membuat situs baik juga berakhir di daftar hitam. Kemungkinan ini terjadi ketika sebuah situs web diretas. Jika penyerang menempatkan malware di situs web tanpa sepengetahuan pemilik situs, maka situs tersebut dapat menjadi daftar hitam meskipun pemiliknya tidak melakukan kesalahan apa pun pada tingkat teknis.

 7 Fakta Menarik di Dunia Teknologi Yang Tak Banyak Orang Tahu

Jika situs Anda pernah atau berada dalam daftar hitam akibat serangan dunia maya meski tidak bermaksud buruk tetapi alasan utama adanya daftar ini adalah untuk melindungi semua penggunanya. Hal terbaik yang bisa Anda coba dan terapkan adalah mencoba langkah keamanan yang kuat  untuk mencegah peretas menanam malware disitus Anda.

 


Mengapa Google Melakukan Blacklist?

 

Ketika google menemukan sesuatu yang mencurigakan, daftar situs web akan muncul pada mesin pencari. Akibatnya, situs web yang dicurigai ini akan kehilangan semua lalu lintas di dalam google. Yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah, mengapa google melakukan blacklist?

 

Berikut alasan mengapa google melakuakn blacklist

 

1.Remove from google

 

Alasan pertama yang harus Anda tahu adalah remove from google. Ini berarti website dan semua halaman web yang Anda miliki tidak akan ditampilkan dalam hasil penelusuran google dan masuk menjadi blacklist google sampai suatu saat dapat dikembalikan lagi.

 

2.Warning message

 

Pada poin ini, browser website Anda akan menampilkan pesan peringatan yang memperingatkan pengunjung untuk tidak masuk ke situs web. Berikut ada tiga contoh peringatan yang ditujukan untuk situs web yang sudah terkena blacklist google;

 

-Deceptive site ahead

 

Peringatan ini merupakan salah satu jenis situs yang menyertakan elemennya dan dirancang untuk menipu  google atau pengunjung. Situs web tersebut akan ditambahkan ke daftar blacklist google dan peringatan ini akan muncul setiap kali seseorang mencoba mengaksesnya.

 

-Situs ini berisi malware

 

Malware merupakan perangkat lunak yang disisipkan ke dalam website dan didalamnya berisi kode berbahaya. Jika situs web Anda berisi perangkat lunak perusak atau memiliki tautan ke perangkat  lunak perusak, maka situs website Anda akan dimasukkan blacklist google dan menampilkan peringatan tersebut ke dalam website atau sesuatu yang serupa, sehingga semua orang yang mengunjunginya tahu bahwa website ini berbahaya.

 

-Situs ini mungkin dibajak

 

Yang perlu Anda lakukan di sini adalah melakukan verifikasi pada google dan meyakinkan bahwa domain Anda tidak dibajak. Ini nantinya juga akan membuat google tidak menampilkan peringatan pada halaman user karena website Anda tidak berbahaya dan juga tidak akan masuk ke dalam daftar blacklist google.

 

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Blacklist Google?

 

Membangun kembali image situs setelah mengalami efek negative memang sangat sulit. Akan tetapi selalu ada kemungkinan untuk menyelamatkan  dan mengeluarkan situs Anda dari keterpurukkan. 

Domain Unik Milik Google Yang Harus Kamu Tahu

Berikut cara mudah yang harus Anda lakukan jika mengalami backlist google;

 

1.Menghapus malware dari situs Anda

 

Ada banyak cara untuk menghapus yang tersedia. Salah satunya dengan mencoba plugin keamanan baik  yang tersedia secara gratis dan berbayar. Selain itu Anda juga bisa menghapus malware dengan cara manual yaitu dengan hanya mengembalikan cadangan (backup) yang tidak terinfeksi atau mengganti file yang sudah terkena malware dengan salinan baru. 

 

2.Menemukan status blacklist Anda

 

Jika traffic lalu lintas Anda menurun tanpa sebab atau peringkat mesin pencari Anda juga menurun, ada baiknya Anda memeriksa dan memastikan apakah situs Anda telah masuk pada blacklist. Cara yang paling cepat dan mudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan Google’s Safe Browsing.

 

3.Mengirimkan laporan dan menunggu situs Anda pulih

 

Anda dapat mengirimkan laporan ke mesin pencari atau vendor antivirus yang telah memasukkan situs Anda ke dalam blacklist. Pada bagian ini Anda akan melihat pemberitahuan mengenai serangan peretas, malware atau masalah lainnya yang terdekteksi Google pada situs Anda. 

 

Ketika Anda telah memastikan tidak ada lagi masalah yang mengancam, maka Anda dapat melanjutkannya dengan mengklik tombol Request A Review yang relevan.

 

 

4.Membangun kembali reputasi dan visibilitas situs Anda

 

Di sini Anda dapat menjelaskan bagaimana Anda mengetahui bahwa situs Anda telah di-blacklist, diretas atau terinfeksi oleh malware.  Selain itu Anda juga bisa berbagi usaha apa saja yang telah Anda coba untuk memulihkannya serta bagaiamana cara Anda untuk mencegahnya kembali lagi.

 

Dengan begitu, pengikut Anda akan memahami dan bersedia memberikan kesempatan kepada situs Anda. Hal ini Mungkin perlu waktu untuk benar- benar pulih dan kembali menaikkan peringkat situs Anda. Untuk itu, yang harus Anda lakukan di sini adalah memaksimalkan kinerja yang berkualitas tinggi, meriset kata kunci, menghindari spam dan lain sebagainya.

 

 

~MissAnt~

5 Alasan Mengapa Harus Melakukan Migrasi Blogspot ke Wordpress?

 

Sumber Gambar : Google

Blogspot memang menawarkan berbagai kemudahan untuk penggunanya. Meski begitu masih kalah jika dibandingkan dangan wordpress. Tak heran jika banyak khususnya pebisnis online yang ingin meningkatkan bisnisnya dengan bermigrasi ke wordpress. 

Dari situlah juga muncul berbagai pertanyaan mengapa harus migrasi blogdpot ke wordpress?

 

Berikut alasan mengapa Anda harus memindahkan blogspot ke wordpress;

 

1.Lebih leluasa dalam melakukan pengaturan website

 Ketika Anda menggunakan. website wordpress hosting, maka Anda akan lebih mudah dalam menetapkan apapun yang Anda inginkan, salah satunya dengan menggunakan website wordpress hosting.


 7 Fakta Tentang Wordpress Yang Jarang Diketahui


2.Pengelolaan yang lebih mudah

 Wordpress memiliki kemudahan dalam mengelola website melalui dashboard Admin Area yang telah disediakan. Dengan adanya Admin Area tersebut tentunya akan memberikan kemudahan dama pengelolaan. Ini akan sangat membantu Anda yang sedang berbisnis online.

 

5 Langkah Mudah Upgrade Blog Tanpa Merusak SEO


3.Akses website yang lebih cepat

 Wordpress memiliki berbagai file database sehingga akan membuat akses menjadi leboh cepat. File tertentu yang dipanggil oleh browser akan langsung muncul tanpa load seluruh file HTML. Hal ini tentunya berbeda dengan file HTML blogger yang hanya terdapat dalam satu tempat sehingga aksesnya tidak secepat wordpress.


7 Plugin Wordpress E-commerce Terbaik dan Gratis


4.Tampilan theme wordpress yanga lebih banyak

 Salah satu alasan mengapa orang melakukan migrasi ke wordpress adalah karena banyaknya tema dan beragam widget untuk membuat website Anda semakin menarik. Hal ini tentunya berbeda dengan blogspot yang hanya memiliki theme dan wallpaper terbatas sehingga terbatas untuk berkreasi.


8 Trik Agar Hacker Enggan Menyentuh Website

 

5.Adanya fitur tambahan pada wordpress

Ketika Anda migrasi ke wodpress, maka akan mendapatkan kemudahan melakukan apapun dengan plugin yang tersedia. Sebagai contoh misalnya Anda ingin memperbaiki keamanan wordpress atau membuat website dengan builder, maka bisa Anda lakukan dengan mudah dengan adanya plugin tersebut.

 

~MissAnt~

Popular Posts