Friday, 23 October 2020

7 Alasan Mengapa Website Mudah Terkena Hack

 


 

Sumber gambar : Google

Banyaknya cara hack website tentunya akan memudahkan para oknum tidak bertanggung jawab akan “mengganggu” website Anda. Dengan perkembangan era digital yang semakin canggih tentunya akan sangat mudah dalam melakukan apa saja salah satunya adalah membobol website. Bagaimana jika ternyata situs website Anda yang terkena hack? Pastinya akan sangat terganggu terlebih jika Anda sedang mengelola website untuk mengembangkan bisnis online. Ada banyak alasan mengapa hacker membobol website Anda, salah satunya adalah karena iseng.


Cara hack website sudah banyak ditemukan di internet. Bahkan di Indonesia, aktivitas hacking sebenarnya bukanlah hal yang baru. Fenomena kemunculan kelompok peretas yang mayoritas terdiri dari anak muda tersebut tercatat sudah mulai eksis sejak satu setengah dekade silam, yaitu bersamaan dengan perkembangan website dan transaksi digital yang semakin berkembang. Cara mengatasi website yang di-hack sendiri bisa dibilang cukup tricky. Hal ini karena penanganannya tergantung metode hacking yang digunakan oleh si pelaku.

 

Mengapa website yang terlihat aman bisa terkena hack?

 

Hacker merupakan istilah untuk seseorang yang mempelajari, memodifikasi, menganalisa dan masuk ke sebuah jaringan komputer dengan tujuan mencari keuntungan atau bisa juga hanya sebagai tantangan semata. Hacker juga dikenal sangat cerdas sehingga seberapa amannya website akan bisa diretas  jika memiliki kriteria tertentu. Lalu, apa alasan website mudah diretas?

 

Berikut alasan mengapa website mudah diretas;

 

1.CMS yang jarang diupdate

 

Sebagai pengguna wordpress, Anda tentunya wajib memperbaharui antarmuka serta sistem keamanan yang digulirkan oleh developer. Jika ada notifikasi update ke versi baru yang muncul, maka usahakan untuk segera mengupdate CMS yang digunakan. Hindari menunda-nunda karena demi kebaikan website Anda juga. Rutin melakukan update jika ada pemberitahuan juga akan menghindari website terkena retas.

 

2.Pilihan kombinasi password yang lemah

 

Peretas biasanya menggunakan metode brute force dengan cara memasukkan informasi login secara random dari daftar kata yang umum digunakan. Dalam hal ini pemilihan password yang lemah dapat menyebabkan website mudah diretas.

 

Kombinasi password dan username yang tidak cukup kuat merupakan penyebab terbesar yang membuat peretas mudah “mengobrak-abrik” website Anda. Di era modern yang serba digital seperti sekarang ini, pemilihan username dan password harus tepat dan benar-benar diperhatikan jika Anda tidak ingin mengalami kerugian. Hindari menggunakan password umum seperti tanggal lahir dan susunan angka maupun huruf.

 

3.Penggunaan plugin dan template bajakan

 

Template atau biasa disebut juga sebagai theme merupakan komponen website yang berfungsi untuk membuat tampilan website sehingga terlihat semakin menarik. Sedangkan plugin memiliki peran penting untuk membantu memperkaya fitur dan fungsi tanpa perlu mengotak-atik kode yang tertanam di bagian dalam sebuah wordpress.

 

Penggunaan plugins dan theme bajakan juga sudah sering terjadi untuk beberapa orang yang ingin menggunakan theme premium yang disediakan oleh website yang tidak resmi, yang sebenarnya sudah di-inject script backdoor. Agar website lebih aman, sebaiknya hindari memilih theme maupun plugin bajakan.

 

4.Terlalu sering menggunakan koneksi public

 

Anda sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan sebuah koneksi jaringan. Jika Anda menggunakan Public WiFi, maka biasanya setiap memasukkan password ke dalam website akan tercatat di logs. Hal tersebut tentu akan memudahkan hacker membobol website Anda. Bahkan dalam beberapa kasus, public Wi-Fi juga dilaporkan menyimpan log informasi dari pengguna jadi jika Anda mengakses internet banking atau login sosial media yang nantinya akan tercatat semua ke dalam log.

 

Apabila Anda memang terpaksa harus menggunakan koneksi public, maka Anda bisa menggunakan VPN ( Virtual Private Network) untuk memberikan enkripsi lalu lintas data sehingga tidak mudah dibaca oleh peretas atau sistem backdoor yang ditanamkan.

 

5.Kurang memaksimalkan penggunaan antivirus

 

Website yang terkena hack juga bisa berasal dari perangkat komputer yang digunakan sehingga sangat penting untuk menggunakan software antivirus ke dalam komputer. Memilih antivirus yang tepat juga akan meminimalisir masuknya backdoor ke dalam website bersamaan ketika Anda login ke halaman website admin.

 

6.Performa server yang buruk

 

Server merupakan pondasi utama dalam berdirinya sebuah website. Untuk bisa menampung ribuan pengunjung dan menetralisir potensi masuknya hacker, maka website harus memiliki server dengan performa yang optimal. Jika pokok pentingnya saja sudah buruk, bagaimana dengan website yang ada di dalamnya? Tentu saja akan berpikir dua kali untuk bertahan dengan VPS atau Hosting seperti itu. Hindari menggunakan server abal-abal atau di kemudian hari Anda sendiri yang akan menyesal. Terlebih jika Anda mengelola website untuk berbisnis, maka pilihlah server berkualitas terbaik.

 

7.Tidak memaksimalkan keamanan

 

Berdasarkan sebuah riset, pengguna internet di Indonesia relatif kurang aware terhadap keamanan data. Bahkan, ironisnya masih banyak yang belum paham terkait bahaya malware maupun phising yang semakin meresahkan karena berpotensi menimbulkan kerugian finansial. Sebagai pemilik website khsusunya untuk bisnis online, Anda seharusnya lebih concern terhadap keamanan. Hal ini bisa dimulai dari hal paling dasar yakni mengatur proteksi untuk memfilter IP.

 

Banyak sekali kejadian aktivitas hacking pada sebuah website. Hal ini dikarenakan kurangnya peduli dengan keamanan sehingga jika aktivitas hacking ini terjadi, provider hosting tidak dapat disalahkan sepenuhnya. Adanya hacker yang mencoba membobol webvsite Anda juga bisa disebabkan karena Anda sebagai pengguan website kurang peduli terhadap keamanan.

 

Jenis situs yang sering digunakan Hacker untuk membobol website

 

Meski dianggap sebagai hal negatif, namun dunia hacking memiliki daya tarik tersendiri. Mereka yang menggeluti dunia ini dianggap keren dan memiliki otak yang jenius. Hal ini karena mereka bisa balajar melalui situs yang sudah dilegalkan.

 

Berikut beberapa situs yang sudah dilegalkan untuk belajar hacking;

 

-Hellbound Hackers

-Google Gruyere

-Game of Hacks

-bWAPP

-Hackme.Peruggia

-Root Me

 

Itulah situs yang biasa digunakan untuk belajar para hacker sehingga memiliki kemampuan yang lihai dalam membobol sebuah situs website. Penyebab paling umum yang ditemukan mengaoa banyak website terkena retas adalah akibat dari penggunaan kombinasi password dan username yang kurang bervariasi. Sementara itu, penyebab kasus website terkena hack lainnya bisa didasari oleh penggunaan theme dan plugin yang tidak tepat.

 

 

 

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts