Sabtu, 02 Januari 2021

7 Plugin Wordpress E-Commerce Terbaik dan Gratis

 

Sumber Gambar : Google


Memilih plugin wordpress e-commerce memang bukan perkara yang mudah. Hal ini karena plugin untuk e-commerce memegang peran penting terlebih bagi Anda yang ingin membangun bisnis online dari NOL dan ingin terlibat dalam pengoperasian sebuah website mulai dari membuat desain toko online hingga menentukan metode pembayaran.

Plugin wordpress e-commerce memiliki opsi yang sangat banyak. Setiap plugin tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Semakin banyak pilihannya, Anda akan semakin bingung menentukan plugin mana yang ingin Anda gunakan. Pilihan plugin wordpress e-commerce yang tepat tentu akan semakin luas ruang kreativitasnya. Hal ini tentu saja membuat Anda bebas berkreasi dengan website yang Anda miliki.

E-commerce sekarang ini bisa dibilang memiliki pertumbuhan tercepat di dunia. Bahkan pada tahun 2020, belanja online sudah diprediksi  akan semakin banyak mengalami peningkatan. Jika Anda melihat tentunya pengguna belanja online semakin banyak, Pengguna yang paling banyak memanfaatkan layanan e-commerce ini adalah mereka yang sangat sibuk. Dengan adanya e-commerce maka akan sangat membantu untuk belanja online.

Bagi Anda yang sudah punya ataupun masih berencana membangun toko online, maka salah satu kunci sukses membangun toko online adalah memilih plugin e-commerce yang cocok. Selain itu, yang terpenting adalah kemudahan fitur, pengoperasian dan harga yang sesuai. Untuk membantu Anda dalam memilih plugin wordpress terbaik, berikut ada beberapa pilihan untuk memberikan kemudahan sekaligus pertimbangan dalam memilih CMS (content management system untuk toko online Anda).

Berikut pilihan plugin wordpress e-commerce terbaik dan lebih profesional

1.Easy Digital Download (EDD)

Bagi Anda yang hanya menjual produk digital dan tidak menujual produk fisik, maka pilihan plugin wordpress yang tepat adalah Easy Digital Download. EDD menawarkan plugin sederhana untuk mengelola dan menjual produk digital di wordpress. Yang jelas, plugin ini cocok untuk Anda yang ingin menjual produk fisik.

Easy digital download juga memberikan banyak kemudahan bagi Anda. Beberapa fitur yang tersedia di EDD adalah multiple files per download, bundle purchase, cart system, promotional code system dan multiple payment gateways. Dengan memilih EDD, maka toko online Anda juga akan dilengkapi dengan beberapa tools fungsional seperti refund tracking dan affiliate system.

Fitur dan tools yang dihadirkan memang khusus dioptimalkan untuk penjualan produk digital yang Anda jual. Anda juga bisa menggunakan beberapa perpustakaan ekstensu yang dipenuhi dengan beragam addon. Adanya fitur  yang ada pada fitur Easy digital download ini juga akan membuat website yang Anda miliki semakin terlihat profesional dan berkelas.

2.Jigoshop

Jigoshop bisa dibilang sebagai salah satu plugin e-commerce wordpress yang paling tua. Salah satu alasan mengapa pelaku bisnis online banyak yang memilih Jigoshop adalah karena pionir plugin yang mampu menyulap website di hosting website menjadi toko online yang profesional. Jigoshop juga masih bersifat opensource dan bersifat gratis yang bisa dimanfaatkan untuk umum.

Dengan memilih Jigoshop, maka Anda bisa menjual berbagai jenis produk yang tak hanya produk fisik saja. Jigoshop mendukung berbagai jenis produk seperti produk digital, barang fisik, produk variabel bahkan memudahkan Anda dalam menjual produk-produk yang paling sederhana. Plugin ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis online kecil-kecilan maupun perusahaan besar.

3.Big Commerce

Big E-commerce menyediakan fitur headless commerce yang akan membuat katalog menjadi lebih cepat dan optimal. Plugin yang satu ini juga bisa dioperasikan pada berbagai website melalui sebuah modul. Dengan memilih Big commerce maka Anda bisa melakukan manajemen penjualan dan produk melalui satu dashboard aja. Hal tersebut tentunya akan sangat memudahkan sehingga dalam mengelola website menjadi lebih efisien.

4.Ecwid

 Jika Anda ingin mengoptimalkan toko online dengan berbagai platform media sosial, maka Ecwid adalah rekomendasi yang paling tepat. Ecwid merupakan plugin e commerce wordpress yang mampu berintergrasi dengan lebih dari sati website builder dan sistem manajemen konten. Memilih Ecwid juga memudahkan Anda yang ingin lebih simple dalam mengelola toko online karena menyediakan shopping cart yang responsif untuk pengguna mobile dan kemampuna menjual produk pada banyak website.

5.Cart66 Cloud

Cart66 Cloud merupakan salah satu pilihan plungin yang cocok untuk pemula karena Anda tidak butuh waktu lama untuk menguasainya. Untuk keunggulannya, Cart66 cloud cocok untuk Anda yang ingin menjual produk fisik maupun digital. Di era sekarang memang sangat mudah jika Anda ingin membuka toko online.

Anda yang juga merupakan pemula yang sedang membangun toko online, memang harus bersabar dalam mengembangkannya, khususnya bagi Anda yang lebih memilih membangun website secara mandiri tanpa menggunakan jasa profesional. Namun, dengan memilih plugin website wordpress e-commerce yang tepat tentu Anda tidak akan kesulitan dalam mengelolanya. Untuk yang masih pemula, cart66 merupakan pilihan yang tepat.

6.WP E-commerce

WP E-commerce bisa dibilang salah satu plugin yang paling populer dalam hal tampilan dan fiturnya. Meski tidak menghadirkan fitur-fitur yang unik, namun plugin wordpress yang satu ini sangat muda dioperasikan karena tersedianya panduan mengenai bagaimana cara untuk mengoperasikannya. Anda tidak perlu khawatir jika ada kendala karena Tim support WP e-commerce sangat responsif dalam membantu Anda mengoptimalkan plugin tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur dengan dukungan yang penuh, maka Anda harus membayarnya. Meski bukan harga yang murah namun plugin ini merupakan pilihan terbaik dan cocok bagi pemula yang belum paham betul seputar dunia e-commerce.

7.WooCommerce

WooCommerce adalah salah satu plugin wordpress e-comemrce yang paling populer di dunia. Hal tersebut karena ada beberapa tema yang tersedia dan dapat Anda gunakan gratis. Memilih  WooCommerce merupakan solusi terbaik khususnya bagi Anda yang mencoba membangun dan memperluas toko online dengan mudah dan cepat.

Plugin wordpress e-commerce seperti woo commerce ini juga memiliki beberapa kelebihan yang cocok untuk Anda yang benar-benar ingin memaksimalkan toko online. Woocommerce hadir dengan opsi penjualan yang sangat beragam karena Anda bisa menjual produk digital, kupon dan produk lain yang mungkin tidak banyak orang menjualnya.

Setiap plugin wordpress e-commerce selalu hadir dengan keunggulannya masing-masing. Seperti halnya dengan Woocommerce yang  sudah mendukung beragam payment gateway dan sangat mudah untuk dioperasikan dan dikuasai. Anda juga bisa memberli beragam ekstensi yang akan membuat plugin ini semakin aman.

 

~MissAnt~

 

 

 

 

 

0 komentar:

Popular Posts