Pages

Tuesday, 6 April 2021

4 Langkah Yang Harus Kamu Lakukan Jika Mengalami Blacklist Google

 

Sumber Gambar : Google


 

Mengalami Blacklist Google tentu sudah bukan hal baru khususnya bagi para pemilik website. Ketika Anda sedang mengakses sebuah website, tentunya Anda pernah mengalami di mana website mendakan tidak bisa diakses. 

Hal ini penyebabnya bukan berasal dari internal, melainkan karena website tersebut mengandung malware yang kemudian diblok oleh Search Engine dan Browser. Dari sisi pengunjung web mungkin ini tidak menjadi masalah, Anda hanya perlu keluar. Akan tetapi hal ini akan menjadi masalah bagi pengelola website.

 7 Mesin Pencari Paling Populer Selain Google

Blacklist google bisa dibilang sebagai praktik yang menandai situs web yang diduga berbahaya. Hal ini juga menyebabkan pengguna mengunduh malware secara tidak sengaja.

 Akan tetapi mesin pencari dan vendor antivirus dapat membuatnya masuk ke dalam daftar hitam situs sebagai akibat dari serangan dunia maya. Tentu ini dapat berdampak negatif pada reputasi dan visibilitas situs Anda.

 Perbedaan Google Adsense dan Google Adwords

Ketika Anda mengalami hal tersebut, maka Google sebagai Search Engine terbesar akan mencoba mengirimkan notifikasi kepada email Administrator website tersebut. Alamat email yang dituju biasanya adalah sebagai berikut;

 

abuse@namadomain.xyz

admin@namadomain.xyz

administrator@namadomain.xyz

contact@namadomain.xyz

info@namadomain.xyz

 

Namun jika pihak administrator website tidak mempunyai alamat email yang tertera seperti di atas, maka Anda tidak akan menerima notifikasi tersebut. Untuk itu, pihak administrator website disarankan untuk membuat email pada domainnya dengan menggunakan salah satu user seperti yang tertera diatas.


7 Alasan Mengapa Website Mudah Terkena Hack

 

Pengertian blacklist

 Blacklist merupakan praktik memelihara daftar situs web yang diyakini mengandung malware. Ini juga bisa dibilang praktik yang bermanfaat dan dapat melindungi pengguna internet yang tidak bersalah dari secara tidak sengaja berkeliaran ke situs yang mengunduh malware ke perangkat mereka atau mencuri informasi pribadi. 

 8 Keunggulan Domain ID Untuk Website

Akan tetapi, pada beberapa kasus yang membuat situs baik juga berakhir di daftar hitam. Kemungkinan ini terjadi ketika sebuah situs web diretas. Jika penyerang menempatkan malware di situs web tanpa sepengetahuan pemilik situs, maka situs tersebut dapat menjadi daftar hitam meskipun pemiliknya tidak melakukan kesalahan apa pun pada tingkat teknis.

 7 Fakta Menarik di Dunia Teknologi Yang Tak Banyak Orang Tahu

Jika situs Anda pernah atau berada dalam daftar hitam akibat serangan dunia maya meski tidak bermaksud buruk tetapi alasan utama adanya daftar ini adalah untuk melindungi semua penggunanya. Hal terbaik yang bisa Anda coba dan terapkan adalah mencoba langkah keamanan yang kuat  untuk mencegah peretas menanam malware disitus Anda.

 


Mengapa Google Melakukan Blacklist?

 

Ketika google menemukan sesuatu yang mencurigakan, daftar situs web akan muncul pada mesin pencari. Akibatnya, situs web yang dicurigai ini akan kehilangan semua lalu lintas di dalam google. Yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah, mengapa google melakukan blacklist?

 

Berikut alasan mengapa google melakuakn blacklist

 

1.Remove from google

 

Alasan pertama yang harus Anda tahu adalah remove from google. Ini berarti website dan semua halaman web yang Anda miliki tidak akan ditampilkan dalam hasil penelusuran google dan masuk menjadi blacklist google sampai suatu saat dapat dikembalikan lagi.

 

2.Warning message

 

Pada poin ini, browser website Anda akan menampilkan pesan peringatan yang memperingatkan pengunjung untuk tidak masuk ke situs web. Berikut ada tiga contoh peringatan yang ditujukan untuk situs web yang sudah terkena blacklist google;

 

-Deceptive site ahead

 

Peringatan ini merupakan salah satu jenis situs yang menyertakan elemennya dan dirancang untuk menipu  google atau pengunjung. Situs web tersebut akan ditambahkan ke daftar blacklist google dan peringatan ini akan muncul setiap kali seseorang mencoba mengaksesnya.

 

-Situs ini berisi malware

 

Malware merupakan perangkat lunak yang disisipkan ke dalam website dan didalamnya berisi kode berbahaya. Jika situs web Anda berisi perangkat lunak perusak atau memiliki tautan ke perangkat  lunak perusak, maka situs website Anda akan dimasukkan blacklist google dan menampilkan peringatan tersebut ke dalam website atau sesuatu yang serupa, sehingga semua orang yang mengunjunginya tahu bahwa website ini berbahaya.

 

-Situs ini mungkin dibajak

 

Yang perlu Anda lakukan di sini adalah melakukan verifikasi pada google dan meyakinkan bahwa domain Anda tidak dibajak. Ini nantinya juga akan membuat google tidak menampilkan peringatan pada halaman user karena website Anda tidak berbahaya dan juga tidak akan masuk ke dalam daftar blacklist google.

 

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Blacklist Google?

 

Membangun kembali image situs setelah mengalami efek negative memang sangat sulit. Akan tetapi selalu ada kemungkinan untuk menyelamatkan  dan mengeluarkan situs Anda dari keterpurukkan. 

Domain Unik Milik Google Yang Harus Kamu Tahu

Berikut cara mudah yang harus Anda lakukan jika mengalami backlist google;

 

1.Menghapus malware dari situs Anda

 

Ada banyak cara untuk menghapus yang tersedia. Salah satunya dengan mencoba plugin keamanan baik  yang tersedia secara gratis dan berbayar. Selain itu Anda juga bisa menghapus malware dengan cara manual yaitu dengan hanya mengembalikan cadangan (backup) yang tidak terinfeksi atau mengganti file yang sudah terkena malware dengan salinan baru. 

 

2.Menemukan status blacklist Anda

 

Jika traffic lalu lintas Anda menurun tanpa sebab atau peringkat mesin pencari Anda juga menurun, ada baiknya Anda memeriksa dan memastikan apakah situs Anda telah masuk pada blacklist. Cara yang paling cepat dan mudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan Google’s Safe Browsing.

 

3.Mengirimkan laporan dan menunggu situs Anda pulih

 

Anda dapat mengirimkan laporan ke mesin pencari atau vendor antivirus yang telah memasukkan situs Anda ke dalam blacklist. Pada bagian ini Anda akan melihat pemberitahuan mengenai serangan peretas, malware atau masalah lainnya yang terdekteksi Google pada situs Anda. 

 

Ketika Anda telah memastikan tidak ada lagi masalah yang mengancam, maka Anda dapat melanjutkannya dengan mengklik tombol Request A Review yang relevan.

 

 

4.Membangun kembali reputasi dan visibilitas situs Anda

 

Di sini Anda dapat menjelaskan bagaimana Anda mengetahui bahwa situs Anda telah di-blacklist, diretas atau terinfeksi oleh malware.  Selain itu Anda juga bisa berbagi usaha apa saja yang telah Anda coba untuk memulihkannya serta bagaiamana cara Anda untuk mencegahnya kembali lagi.

 

Dengan begitu, pengikut Anda akan memahami dan bersedia memberikan kesempatan kepada situs Anda. Hal ini Mungkin perlu waktu untuk benar- benar pulih dan kembali menaikkan peringkat situs Anda. Untuk itu, yang harus Anda lakukan di sini adalah memaksimalkan kinerja yang berkualitas tinggi, meriset kata kunci, menghindari spam dan lain sebagainya.

 

 

~MissAnt~

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts