Pages

Friday, 23 October 2020

7 Trik Sukses Menjalankan Bisnis melalui Ebook

 

Sumber gambar : Google



Memilih bisnis Ebook sekarang ini tentunya memiliki prospek yang bagus. Buat Anda yang memiliki hobi menulis, nampaknya bisnis ini sangat cocok untuk Anda karena akan membantu Anda lebih mudah dalam menemukan penghasilan tambahan. Perkembangan teknologi yang semakin modern ini ternyata juga mampu mengubah masyarakat dalam membaca buku. Jika dulu mereka hanya membaca buku dengan cetakan, maka sekarang masyarakat bisa membaca buku melalui media elektronik yang tentunya akan memudahkan bagi siapa saja.

Bisnis ebook semakin diminati oleh para pelaku bisnis online, baik itu para pelaku yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis online ataupun para pemain baru yang sedang mencoba merintis bisnis online. E-book adalah suatu buku yang bentuknya digital atau elektronik dimana biasanya berisi informasi atau panduan maupun tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Di zaman yang serba digital ini, tentu saja Ebook lebih banyak digunakan daripada buku cetak. Hal ini juga mengacu pada pengertian sebagai buku yang berbentuk digital maka dari segi penggunaan dan penyimpanannya akan lebih praktis, sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli Ebook daripada buku cetak.

Dengan banyaknya orang yang semakin memilih Ebook, maka semakin banyak yang menginginkan bisnis Ebook sebagai sampingannya. Jika Anda sudah terbiasa menulis atau Anda punya passions di bidang menulis, tentunya dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan kesulitan untuk menulis sebuah ebook.

Bagaimana caranya agar sukses menjalankan bisnis melalui Ebook?

Dari berbagai pengalaman orang yang sudah menjalankan bisnis dari waktu ke waktu, banyak yang berpendapat bahwa bisnis sekarang ini lebih mudah salah satunya dengan menggunakan Ebook.

Buat Anda yang ingin berbisnis melalui Ebook, berikut trik mudah untuk memulainya;

 

1.Ikuti minat dan passion Anda.

Dalam berbisnis Ebook, pastikan Anda memilih apa yang paling menjadi passion Anda. Jangan hanya ikut-ikutan orang karena bisnis online ebook itu tidaklah mudah. Untuk mengatasi berbagai tantangan yang ada, Anda membutuhkan kemauan, semangat, dan kerja keras. Untuk memudahlan dalam menjalankan bisnis tersebut, maka Anda perlu memiliki passion dari bisnis Ebook yang Anda  pilih.

2.Selalu bereksplorasi dan kreatif

Dua hal tersebut merupakan kunci agar bisnis Ebook berjalan lancar. Jika Anda ingin terjun di bisnis ebook, cobalah untuk berkreasi dan bereksplorasi dengan topik lainnya. Entah itu topik kesehatan, manajemen, presentasi, dan banyak lagi. Pastikan Anda memiliki topik yang berbeda dari yang lain agar lebih unggul dibandingkan dengan pebisnis lainnya.

3.Menentukan target audience Anda

Kemampuan menempatkan diri Anda di posisi pembaca potensial akan membuat menulis jadi lebih mudah dan hasilnya juga lebih baik. Pastikan Anda paham siapa pembaca Anda, Apa yang mereka ingin ketahui, bagaimana cara mereka bisa mengakses Ebook Anda dan masih banyak lagi. Jika target Anda tepat sasaran maka akan memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis.

4.Tonjolkan sesuatu yang tidak bisa didapatkan dengan gratis

Di sini pastikan Ebook Anda cukup unik sehingga orang tidak bisa menemukannya gratis di tempat lain. Berikan juga alasan mengapa orang harus membeli produk Anda dan tidak akan mendapat informasi yang sama secara gratis dari orang lain. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menawarkan ebook tentang topik serupa tapi menulisnya dengan cara sederhana dan langsung pada inti pembicaraan. Yang harus Anda lakukan adalah menunjukkan kalau apa yang Anda miliki berbeda. Pastinya orang akan penasaran dan membeli Ebook Anda.

5.Kembangkan produk Anda

 Setiap harinya akan selalu ada persaingan dalam bisnis. Untuk itu, produk Ebook harus selalu up to date dan sesuai dengan perkembangan di masyarakat. Sebab jika ebook Anda sudah tidak relevan dengan keadaan maka yang terjadi adalah produk Anda ditinggalkan oleh konsumen. Anda tentunyan tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

6.Pelajari teknik pemasaran di Internet

Passion menulis saja tidaklah cukup untuk memaksimalkan bisnis Ebook. Anda juga harus mengetahui bagaimana cara pemasarannya. Pilihlah cara yang lebih efektif dan efisien sehingga memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis.

7.Tentukan harga yang sesuai

Untuk Anda yang masih pemula dalam bisnis Ebook, hindari menentukan harga yang terlalu tinggi. Sebagai pemula yang ingin menarik pelanggan, alangkah baiknya jika Anda mencari tahu harga-harga yang sudah ada di pasaran sehingga terkesan tidak terlalu tinggi dalam mematok harga.

 Perincian Bisnis Tour dan Travel Untuk Pemula

6 Tips Memulai Bisnis Tata Rias Pengantin Untuk Pemula

7 Trik Mudah Untuk Memulai Bisnis Laundry


Apa saja keuntungan menjalankan bisnis Ebook?

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menjalankan bisnis Ebook;

1.Akan Mendapatkan profit (keuntungan) dengan cara menjual informasi dan keterampilan yang dimiliki. Motivasi finansial memang merupakan salah satu faktor utama seseorang dalam berbisnis.

2.Dapat berbagi pengetahuan dan menyampaikan gagasan kepada publik. Orang yang ingin menulis dan mempublikasikan Ebook juga dipengaruhi karena orang tersebut ingin tulisan hasil pemikiran atau pendapatnnya dibaca oleh banyak orang. Dalam hal ini Ebook menjadi media yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai sarana publikasi tulisan.

3.Agar bisa dibagikan secara gratis. Mungkin Anda ingin menggunakan Ebook sebagai insentif untuk pengunjung yang sudah mendaftar mailing Anda. Atau bisa juga Anda ingin menggunakannya untuk menetapkan otoritas Anda pada sebuah subjek.

4.Bisa diterbitkan dengan mudah. Dulunya penerbitan tradisional dianggap satu-sastunya cara untuk menerbitkan sebuah buku, tapi sekarang tidak lagi. Bila Anda ingin menjadi penulis tapi tidak mau melewati proses yang panjang dan menghadapi ketidakpastian dari penerbitan tradisional, menerbitkannya sendiri bisa jadi solusi yang bagus.

5.Modal yang lebih terjangkau

Jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, menjalankan bisnis dengan menggunakan Ebook bisa dibilang memerlukan modal yang minim. Sesuai dengan pengertian ebook dimana Anda akan menjual produk dalam bentuk digital atau secara elektronik, tentu saja Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk biaya cetak buku.

 6.Pemasarannya yang lebih mudah

Semakin meningkatnya pengguna smartphone tentunya semua kebutuhan bisa dicari hanya dengan sekali “klik” saja. Di sinilah keuntungan yang bisa Anda dapatkan karena pemasaran Ebook bisa dilakukan dengan media sosial di mana penggunannya dari tahun ke tahun akan selalu meningkat.

 


7 Alasan Mengapa Website Mudah Terkena Hack

 


 

Sumber gambar : Google

Banyaknya cara hack website tentunya akan memudahkan para oknum tidak bertanggung jawab akan “mengganggu” website Anda. Dengan perkembangan era digital yang semakin canggih tentunya akan sangat mudah dalam melakukan apa saja salah satunya adalah membobol website. Bagaimana jika ternyata situs website Anda yang terkena hack? Pastinya akan sangat terganggu terlebih jika Anda sedang mengelola website untuk mengembangkan bisnis online. Ada banyak alasan mengapa hacker membobol website Anda, salah satunya adalah karena iseng.


Cara hack website sudah banyak ditemukan di internet. Bahkan di Indonesia, aktivitas hacking sebenarnya bukanlah hal yang baru. Fenomena kemunculan kelompok peretas yang mayoritas terdiri dari anak muda tersebut tercatat sudah mulai eksis sejak satu setengah dekade silam, yaitu bersamaan dengan perkembangan website dan transaksi digital yang semakin berkembang. Cara mengatasi website yang di-hack sendiri bisa dibilang cukup tricky. Hal ini karena penanganannya tergantung metode hacking yang digunakan oleh si pelaku.

 

Mengapa website yang terlihat aman bisa terkena hack?

 

Hacker merupakan istilah untuk seseorang yang mempelajari, memodifikasi, menganalisa dan masuk ke sebuah jaringan komputer dengan tujuan mencari keuntungan atau bisa juga hanya sebagai tantangan semata. Hacker juga dikenal sangat cerdas sehingga seberapa amannya website akan bisa diretas  jika memiliki kriteria tertentu. Lalu, apa alasan website mudah diretas?

 

Berikut alasan mengapa website mudah diretas;

 

1.CMS yang jarang diupdate

 

Sebagai pengguna wordpress, Anda tentunya wajib memperbaharui antarmuka serta sistem keamanan yang digulirkan oleh developer. Jika ada notifikasi update ke versi baru yang muncul, maka usahakan untuk segera mengupdate CMS yang digunakan. Hindari menunda-nunda karena demi kebaikan website Anda juga. Rutin melakukan update jika ada pemberitahuan juga akan menghindari website terkena retas.

 

2.Pilihan kombinasi password yang lemah

 

Peretas biasanya menggunakan metode brute force dengan cara memasukkan informasi login secara random dari daftar kata yang umum digunakan. Dalam hal ini pemilihan password yang lemah dapat menyebabkan website mudah diretas.

 

Kombinasi password dan username yang tidak cukup kuat merupakan penyebab terbesar yang membuat peretas mudah “mengobrak-abrik” website Anda. Di era modern yang serba digital seperti sekarang ini, pemilihan username dan password harus tepat dan benar-benar diperhatikan jika Anda tidak ingin mengalami kerugian. Hindari menggunakan password umum seperti tanggal lahir dan susunan angka maupun huruf.

 

3.Penggunaan plugin dan template bajakan

 

Template atau biasa disebut juga sebagai theme merupakan komponen website yang berfungsi untuk membuat tampilan website sehingga terlihat semakin menarik. Sedangkan plugin memiliki peran penting untuk membantu memperkaya fitur dan fungsi tanpa perlu mengotak-atik kode yang tertanam di bagian dalam sebuah wordpress.

 

Penggunaan plugins dan theme bajakan juga sudah sering terjadi untuk beberapa orang yang ingin menggunakan theme premium yang disediakan oleh website yang tidak resmi, yang sebenarnya sudah di-inject script backdoor. Agar website lebih aman, sebaiknya hindari memilih theme maupun plugin bajakan.

 

4.Terlalu sering menggunakan koneksi public

 

Anda sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan sebuah koneksi jaringan. Jika Anda menggunakan Public WiFi, maka biasanya setiap memasukkan password ke dalam website akan tercatat di logs. Hal tersebut tentu akan memudahkan hacker membobol website Anda. Bahkan dalam beberapa kasus, public Wi-Fi juga dilaporkan menyimpan log informasi dari pengguna jadi jika Anda mengakses internet banking atau login sosial media yang nantinya akan tercatat semua ke dalam log.

 

Apabila Anda memang terpaksa harus menggunakan koneksi public, maka Anda bisa menggunakan VPN ( Virtual Private Network) untuk memberikan enkripsi lalu lintas data sehingga tidak mudah dibaca oleh peretas atau sistem backdoor yang ditanamkan.

 

5.Kurang memaksimalkan penggunaan antivirus

 

Website yang terkena hack juga bisa berasal dari perangkat komputer yang digunakan sehingga sangat penting untuk menggunakan software antivirus ke dalam komputer. Memilih antivirus yang tepat juga akan meminimalisir masuknya backdoor ke dalam website bersamaan ketika Anda login ke halaman website admin.

 

6.Performa server yang buruk

 

Server merupakan pondasi utama dalam berdirinya sebuah website. Untuk bisa menampung ribuan pengunjung dan menetralisir potensi masuknya hacker, maka website harus memiliki server dengan performa yang optimal. Jika pokok pentingnya saja sudah buruk, bagaimana dengan website yang ada di dalamnya? Tentu saja akan berpikir dua kali untuk bertahan dengan VPS atau Hosting seperti itu. Hindari menggunakan server abal-abal atau di kemudian hari Anda sendiri yang akan menyesal. Terlebih jika Anda mengelola website untuk berbisnis, maka pilihlah server berkualitas terbaik.

 

7.Tidak memaksimalkan keamanan

 

Berdasarkan sebuah riset, pengguna internet di Indonesia relatif kurang aware terhadap keamanan data. Bahkan, ironisnya masih banyak yang belum paham terkait bahaya malware maupun phising yang semakin meresahkan karena berpotensi menimbulkan kerugian finansial. Sebagai pemilik website khsusunya untuk bisnis online, Anda seharusnya lebih concern terhadap keamanan. Hal ini bisa dimulai dari hal paling dasar yakni mengatur proteksi untuk memfilter IP.

 

Banyak sekali kejadian aktivitas hacking pada sebuah website. Hal ini dikarenakan kurangnya peduli dengan keamanan sehingga jika aktivitas hacking ini terjadi, provider hosting tidak dapat disalahkan sepenuhnya. Adanya hacker yang mencoba membobol webvsite Anda juga bisa disebabkan karena Anda sebagai pengguan website kurang peduli terhadap keamanan.

 

Jenis situs yang sering digunakan Hacker untuk membobol website

 

Meski dianggap sebagai hal negatif, namun dunia hacking memiliki daya tarik tersendiri. Mereka yang menggeluti dunia ini dianggap keren dan memiliki otak yang jenius. Hal ini karena mereka bisa balajar melalui situs yang sudah dilegalkan.

 

Berikut beberapa situs yang sudah dilegalkan untuk belajar hacking;

 

-Hellbound Hackers

-Google Gruyere

-Game of Hacks

-bWAPP

-Hackme.Peruggia

-Root Me

 

Itulah situs yang biasa digunakan untuk belajar para hacker sehingga memiliki kemampuan yang lihai dalam membobol sebuah situs website. Penyebab paling umum yang ditemukan mengaoa banyak website terkena retas adalah akibat dari penggunaan kombinasi password dan username yang kurang bervariasi. Sementara itu, penyebab kasus website terkena hack lainnya bisa didasari oleh penggunaan theme dan plugin yang tidak tepat.

 

 

 

Popular Posts