Thursday, 2 January 2020

4 Trik Agar Berhasil Nabung DI Tahun 2020

Sumber Gambar : Google 



Buat kamu yang boros dan selalu gagal bikin resolusi nabung setiap tahunnya, tenang gaes, banyak temennya kok. Semua orang tentunya mendambakan keuangan yang semakin baik dari tahun ke tahun. Iya nggak? Kalau selama tahun 2019 kamu merasa masih gagal dengan keuanganmu, tenang aja, yakin aja kalau tahun 2020 keuangan bakalan membaik.

Semua orang tentunya pingin banget punya tabungan. Masa nggak pingin sih. Dengan adanya tabungan kamu bisa jajan sepuasnya, perawatan sepuasnya, piknik sepuasnya dan yang terpenting adalah menabung buat menikah. Nabung buat nikah itu nggak melulu harus tanggung jawab cowok lho. Cewek juga boleh ikutan nabung, misalnya buat yang mau punya bridesmaid. Hallah....apaan tuh rbet amat. Ngabisin duit jugak. EH tapi nggak papa kalau mau punya Bridesmaid. Biar kece kayak manten-manten zaman now gitu.

Aku sih sebenarnya juga lagi baca-baca seputar financial.Entah gimana caranya agar keuangan di tahun 2020 ini membaik. Ya minimal lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya lah. Sebenarnya nggak ada yang sulit kalau m au nabung. Yang ada hanya kita aja yangh males. Bener nggak?

Nabung itu gampang, toh kita tinggal menyisihkan uang saja. Yang sulit itu niatnya. Bener apa bener? Oke baikkah. Kali ini aku mau berbagi soal bagaimana caranya agar berhasil nabung di tahun 2020. Tenang...tenang....aku bilang begini bukannya aku expert banget dalam hal nabung menabung. Asal tahu aja ya, aku ini juga anak boros yang susah mengelola keuangan. Makanya sama-sama belajar aja.

Sebelumnya aku tertarik nulis seputar financial kayak gini dapet sumebr dari Glints dan aku coba kembangin sendiri. Siapa tahu berguna bagi temen-temen yang punya penyakit boros kayak aku ini.

Trik ampuh agar berhasil nabung di tahun 2020

1.Tentukan tujuan menabung

Kalau punya tujuan pasti akan memudahkan kamu buat nabung. Misalnya yang paling gampang dulu aja deh, traveling. Nah....mau nggak mau kalau tujuan kamu mau traveling ke suatu tempat, kamu pastinya mikir, “Oh...iya ya kan aku mau traveling”, “Aku kan mau pergi ke sini”, “Aku kan mau pergi ke situ”. Trik ini lumayan buat ngerem pengeluaran lho.

Menentukan tujuan juga bisa meliputi hal-hal yang kamu sukai. Misalnya mau nonton konser band favorit. Ya nggak papa kalau itu memang buat menyenangkan diri sendiri toh yang bikin hepi tiap-tiap orang itu beda-beda.Kalau kamu sudah merasa siap menikah, boleh nih buat kamu jadikan tujuan menabung untuk menikah. Mayan nabung buat Honeymoon.

2.Hindari pengeluaran yang nggak penting

Kadang kita memang nggak sadar kalau yang kita beli itu sangat nggak penting banget. Lalu akhirnya nyesel kenapa harus beli ini itu. Yah....gimana donk. Manusiawi sih....
Demi keuangan yang lebih baik. Coba deh kurangin pengeluaran yang nggak penting. Misalnya jajan ini itu. Bukannya nggak ngebolehin jajan, tapi kadang kita hanya kepingin aja dan sebenarnya tidak lapar. Iya kan? Inilah yang dinamakan nggak penting.

Aku aja kadang suka nyesel. Udah makan ini harganya Rp.20.000, trus nanti jalan ke mana dan liat makanan jadi beli lagi padahal harganya Rp.15.000 dan itu nggak mengenyangkan. Nyesel sih iya banget. Tapi kalau semakin dipikirin malah semakin sakit hati. Udahlah....buat pengalaman aja. Pengalaman pemborosan.

3.Pisahkan antara rekening gaji dan tabungan

Untuk memudahkan dalam menabung, kamu sebaiknya punya 2 rekening deh. Yang satu khusus untuk gajian dan yang satunya lagi spesial buat nabung. Kalau dari gaji dan tabungan kamu jadikan 1 biasanya malah berantakan.

Terkadang kita nggak pernah tahu kalau ada rejeki dadakan, misalnya aja dapat cuan dari freelance kamu, nah....ini bisa kamu jadikan uang tabungan donk. Mayan buat nambah saldo. Ingat ya, gaji dan rejeki itu beda. Kalau gaji kamu segitu-segitu aja nggak papa, yang penting di luar sana masih ada rejeki lain. Yang pasti, jangan lupa buat bersyukur. Itu aja kuncinya.

4.Jangan sampai berhutang

Yang aku lihat di sini, rasanya masih banyak orang yang berhutang sana sini buat membeli barang-barang yang sebenarnya bisa dibeli dengan cara menabung. Misalnya, beli motor kesayangan. Iya, meski kamu sayang banget sama motor itu, sebaiknya hindari cara membeli dengan berhutang.

Baca juga:



Berhutang justru akan membuatmu susah buat nabung. Banyangkan aja ya, kalau Rp.500.000 bayar cicilan di bank, sedangkan kalau kamu tabung sendiri mah malah lebih menyenangkan kan? Ya gimana lagi. Kebutuhan orang memang berbeda-beda sih. Ada yang merasa kurang padahal sebenarnya udah lebih dari cukup, demi gaya hidup kadang malah lebih memilih buat hutang.

Semoga kalian tidak begitu ya? Intinya, jangan terbawa sama gaya hidup. Kalau udah terbuai sama yang namanya gaya hidup, udah deh.....jor joran jadinya. Bakalan boros banget.

Itulah trik paling ampuh agar kamu bisa menabung dengan aman di tahun 2020. Tapi semua itu juga harus diawali dengan niat. Iya, poin utama sebelum melakukan trik di atas adalah NIAT. ‘Coz everything back to NIAT.

~MissAnt~




5 Trik Ampuh Agar Tahun 2020 Lebih Baik Dari Tahun Lalu




Nggak kerasa udah berganti tahun ya? Kayaknya baru kemarin tahun baru 2019, eh....tahu-tahu udah pergantian tahun. Cepet banget nggak? Iyaaa....soalnya 2019 terlalu sibuk (eciye.....)sampai lupa ngapain aja dan akhirnya udah masuk 2020 aja neeeh. 

Oke, jadi aapa saja yang udah kamu capai di tahun 2019 dan apa yang akan kamu capai di 2020? Ya mungkin itu rahasia bagi beberapa orang. Tapi nggak ada salahnya kalau kita saling berbagi kira-kira gimana sih agar tahun 2020 lebih baik dari tahun-tahun kemarin.

Smeua pasti punya rencana. Pasti punya kan yak? Nggak mungkin enggak.Mumpung masih awal tahun gini rasanya pingin berbagi cara bagaimana agar btahun 2020 lebih baik dan lenih baik lagi. Kalau tahun 2019 kemarin tentunya udah ada beberapa plan yang udah tercapai, meski nggak semuanya tapi setidaknya tercapai.  Kalau kamu gimana? Banyak nggak yang tercapai tahun kemarin?

Kalau belum, nggak papa. Nggak dimarahin kok. Paling Cuma malu sama diri sendiri. Kenapa sih kok nggak bisa tercapai?

Nah....tahun ini bisa tercapai apa yang diinginkan, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

1.Evaluasi

Lakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Kira-kira kamu kurang melakukan apa sehingga belum tercapai keinginanmu. Coba deh, inget-inget lagi. Bisa jadi kamu kurang maksimal dalam melakukannya.

Nggak ada salahnya kamu menjadikan resolusi 2019 yang belum tercapai buat resolusi 2020. Ya siapa tahu emang bener-bener ingin kamu capai. It’s okay lah. Yang penting lakukan evaluasi aja dulu.

2.Bikin List Target

Bikin coretan tentang apa saja target yang ingin kamu capai di tahun ini nggak bikin kamu keliatan kuno kok. Hanya karna dengan sebuah coretan kertas maka akan terlihat jadul. ENGGAK lah.....malah yang sering tercapai adalah apa yang ada di coretan. E tapi beneran lho. Cara kuno ini malah justru manjur.

Kalau target tahu kemarin belum tercapai,  ayo kencengin lagi doanya. Rayu terus sang pencipta. Percayalah,  saat kita benar-benar menginginkan sesuatu. Alloh selalu memberikan jalan keluar. Entah gimana caranya pokoknya selalu ada.

3.Bikin Action Plan

Adalah percuma kalau kamu punya banyak plan tapi kamunya nggak ada action. Kalau begitu caranya mah siap-siap aja gagal lagi. Ya memang yang paling sulit dalam membuat rencana adalah actionnya. Kadang aku juga males banget mau ini itu. Yang ada rencana yang udah dibuat justru “APA KABAR”

Tentunya nggak mau terulang lagi doooonk.....jadi kamu harus bisa menyeimbangkan antara rencana yang sudah kamu buat dengan bagaimana cara kamu melakukannya. Percayalah kalau bisa mengalahkan rasa males, segalanya akan tercapai dengan mudah karena tidak ada hasil tanpa usaha. *Betol begitu sodaraaaa.....

4.Lakukan Komitmen

Apa yang kamu bayangkan ketika pertama kali denger kata KOMITMEN? Ya meniqa lah. E tapi ini bukan soal menikah kok. Tapi nggak ada salahnya kalau kamu tahun ini mau menikah. Melakukan komitmen di sini adalah tindakan aksi dengan apa yang sudah direncanakan.

Kalau boleh jujur sih, ini nggak mudah buat semua orang. Bahkan beberapa ada yang masih sulit untuk melakukan suatu komitmen. Aku juga begitu. Tapi kalau terus-terusan menuruti kata hati yang kadang memang masih maju mundur, lalu bagaimana bisa lebih baik dari tahun-tahun kemarin?

Kadang komitmen memang tak mudah.Demi tercapainya apa yang sudah kita rencanakan, berkorbanlah untuk sebuah komitmen tersebut, itu kalau memang benar-benar penting.

5.Pandai-pandailah Mengatur Waktu.

Dulu aku memang orang yang suka dadakan banget. Apa-apa dadakan. Tapi lama-lama sadar kalau itu nggak bagus. Perlahan aku harus belajar mengatur waktu karena memang penting untuk kedepannya juga.

Pada akhirnya aku bisa mengatur waktu. Ternyata kalau bisa mengatur waktu dengan baik memang lebih beda aja sih. Meski cara aku mengatur waktu belum terlalu maksimal, tapi aku merasa lebih enjoy ketika bisa mengatur waktu. Hal ini juga punya dampak positif lho.

Sebenarnya sih, poin kelima ini seharusnya berada di urutan yang pertama. Tapi nggak papalah ya. Nanti bisa kamu sesuaikan sendiri. Siapa tahu tips ini bisa membantu agar kamu lebih baik dari tahun ketahun.

Ada yang mau nambahin selain tips di atas? Kalau ada bisa share ke kolom komentar ya?



~MissAnt~

Popular Posts