Sunday, 17 March 2019

6 Tanda Kalau Kamu Belum Bisa Berdamai Dengan Diri Sendiri




Seberapa penting berdamai dengan diri sendiri?

Nah, pertanyaan itu pasti seringkali muncul di benak kita. Apalagi kalau suasana hati sedang tidak bagus. Tapi hal itu wajar kok, apalagi kalau kamu masih berada di usia yang labil. Ingat ya, benyaknya usia tidak menjamin kedewasaan seseorang karna kita tidak tau kapan kita bisa berdamai dengan diri sendiri.

Kapan kita dikatakan bisa berdamai dengan diri sendiri? Jawabannya hanya kita sendiri yang tau. Kita hanya bisa melihat tanda-tanda kalau seseorang belum bisa berdamai dengan diri sendiri.

Lalu, apa saja tanda kalau kamu belum bisa berdamai dengan diri sendiri?

1.Emosi tidak stabil.

Pernah nggak ngerasain uring-uringan nggak jelas? Padahal Cuma masalah sepele, tapi hal ini justru membuatmu uring-uringan sepanjang hari. Jika sering mengalami hal ini, berarti kamu belum menyatu dengan diri sendiri. Masih harus banyak belajar bagaimana memahami diri sendiri dulu. Okay?

2.Mudah merasa bete.

Dikit-dikit merasa bete...bete...dan bete.....adalah tanda bahwa kamu kurang menyatu dengan diri sendiri. Sebenarnya nggak ada hal yang menuntun kamu merasa bete, hanya saja kamu kurang memanfaatkan situasi sekitar.
Sekarang sudah zaman yang paling enak dan apa-apa bisa kamu cari. 

Maksudnya kan sekarang Internetan udah kenceng dan fitur pada smartphone udah macem-macem, jadi nggak ada alasan bete,donk. Berdamai dengan diri sendiri itu penting, salah satunya menjauhkan diri sendiri dari bete.

Ketika kamu sudah bisa mengelabuhi rasa bete yang datang dadakan, itu artinya kamu sudah bisa berdamai dengan diri sendiri. Nah, jadi kamu udah bisa mengatasi kebeteanmu sendiri belum?

3.Terlalu ikut campur dengan urusan orang lain.

Pernah nggak, kamu merasa pingin ikut campur terhadap urusan orang lain. Padahal orang itu nggak terlalu penting buat kamu. Begini ya, orang yang masa bodo dengan urusan orang lain itu bukan karna egois, tapi karna mereka justru memberi “ruang” untuk orang lain. Toh tidak semua orang ingin urusannya dicampuri orang lain.

Orang yang sudah mampu berdamai dengan diri sendiri cenderung bersikap bodo amat. Mengapa? Karna setiap orang punya urusan masing-masing dan tidak seharusnya kita ikut campur. Berdamai dengan diri sendiri akan membuatmu lebih fokus dengan apa yang menurut kamu penting.

4.Kepo berlebih.

Sebenarnya orang kepo bukanlah orang yang kurang kerjaan melainkan orang yang tidak percaya terhadap diri sendiri. Meski sepele, kepo termasuk jenis penyakit yang membahayakan, baik buat diri sendiri dan orang lain. Mengapa begitu? Karna kebanyakan kepo akan membuatmu membanding-bandingkan hidup kamu dengan orang lain.

Kepo juga merupakan tanda kalau kamu belum bisa berdamai dengan diri kamu sendiri. Apa untungnya kepo? Apa bikin kamu tambah kaya? Hahaa....enggak kan? Makanya untungnya apa? Kepo berlebih juga bikin kamu nggak bahagia lho. Kalau nggak percaya, liat aja tu orang-orang yang suka ngepoin orang lalu dijadikan bahan gosip, even bukan orang yang populer sekalipun. Tujuannya apa? Ya itu tadi, hidupnya nggak menarik, makanya ngepoin orang.

5.Meremehkan orang lain.

Pernah nemuin nggak, seseorang yang hobi banget merendahkan orang lain? Merasa dirinya paling OKE di antara yang lain, padahal sebenarnya nothing special in their own self. Ya memang sih, karakter seseorang memang berbeda-beda,  hanya beberapa orang yang bisa menghargai orang lain.

Cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri dulu, dengan begitu kamu lebih punya empati terhadap orang lain. Yang terlihat ...Haha...hihi....di depan orang lain juga belum tentu punya empati. Di dunia ini tidak semua orang bisa membedakan antara gula dan garam. That’s why, berdamai dengan diri sendiri itu penting.

6.Gampang mengeluh.

Kesel nggak sih, kalau kamu denger orang sekitar dikit-dikit mengeluh. Udah banyak ngeluh dan hanya mengeluhkan hal-hal sepele. Orang dengan tipe seperti itu biasanya belum berdamai dengan diri sendiri.  Makanya gampang sekali mengeluhkan hal-hal yang sebenarnya tak layak untuk dikeluhkan.

Jangan dikira melawan diri sendiri itu mudah. Buktinya, masih banyak orang yang belum bisa berdamai dengan diri sendiri. Kalaupun ada, itu hanya beberapa saja. Kalau aku pribadi sekarang sudah mulai terbiasa berdamai dengan diri sendiri dan efeknya sangat luar biasa.

Jika di antara kalian sampai sekarang belum bisa berdamai dengan diri sendiri, ya itu derita lo tunggu saja waktnya, pasti akan datang dan hidupmu akan semakin bermakna. Elah dah.....


~MissAnt~

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts