Pages

Saturday, 25 April 2020

6 Tips Memaksimalkan Bulan Ramadhan Saat Corona




Gimana puasanya? Lancer kan? Nggak papa ya, saat ini nggak usah bukber-bukberan dulu. Nggak usah ngabuburit dulu. Tau kan semua gara-gara siapa? Iya gara-gara mbak Nona (Corona). Btw Corona sebenarnya mbak-mbak atau mas-mas sih? Auh ah lah ya…..yang jelas sangat-sangat menganggu.

“Dear mbak Nona, tolonglah segera pergi dari Bumi. Udahkan ya jalan-jalannya”

Mungkin bulan Ramadhan kali ini memang beda banget. Bagiku sangat beda. Aku menjalaninya tanpa Ibuku lagi. Sahur juga sendirian. Nyiapin sendirian. Buka puasa juga sendirian. Cari menu yang sehat agar badan tetap sehat. Yap, aku harus cari tahu gimana caranya agar badan tetap sehat dan selalu berfikir positif. Gimana pun caranya aku harus bisa.

Mau gimana? Aku mau merengek terus-terusan juga tak bisa mengembalikan Ibuku kan? Semua sudah diatur. Harus menerimanya. Aku nggak tahu Alloh mau ngasih kejutan apa sama kehidupanku. Yang jelas, keputusannya adalah yang terbaik.

Sudah memasuki hari ke sekian kalinya untuk sahur dan nyari buka puasa. Beda sama saat masih ada Ibu. Ada yang nanyain, “Nanti mau masak apa buat buka?”, “Nanti mau dimasakin apa buat sahur?”. Nggak nyangka banget ternyata Ramadhan tahun 2019 itu terakhir kalinya aku ditemani Ibuku.

Baiklah. Life must go on.

Kali ini mending kita bahas tentang bagaimana caranya memaksimalkan Ibadah puasa saat Ramadhan di tengah pandemic seperti ini. Mungkin suasananya bakalan beda banget. Nggak ada lagi tarawih berjamaah. Dan yang lebih sedih lagi, pas lebaran nggak ada lagi yang Namanya kumpul keluarga. Kenapa? YA GARA-GARA MBAk NONA INI LHO…….

Astaga…..jangan terlalu mendramatisir keadaan deh. Mungkin ada hikmah dibalik pandemi ini. Mungkin Alloh punya rencana lain di balik kejadian ini. Saba raja. Yang penting jaga Kesehatan dan banyak berdoa.

Kalau dipikir-pikir sih, Ramadhan di saat situasi seperti ini tidak boleh dijadikan alas an buat malas-malasan dan mengeluh, “Uh….gara-gara mbak Nona jadi nggak bisa bukber”, “gara-gara mbak Nona jadi nggak bisa tarawih dan sholat subuh berjamaah”.

Sudahlah…semua orang juga kecewa dengan situasi seperti ini. Nggak nyangka banget kalua Ramadhan tahun ini bakalan ada wabah seperti ini. Kalau dipikir-pikir memang bikin pusing dah.

Hmmm….daripada pusing mikirin orang-orang yang masih ngeyel untuk nggak keluar rumah. Mending kita focus ibadah aja. Mungkin dibalik adanya seruan untuk nggak ke mana-mana kalua nggak penting-penting banget, kita disuruh lebih mendekatkan diri kepada Alloh.

Lalu, gimana cara untuk memaksimalkan bulan penuh berkah ini?

1.Perbanyak zikir pagi dan malam

Wuidih…..mantab banget aku nyuruh-nyuruh orang kayak udah paling bener raja. Nggak kok. Aku juga masih banyak belajar. Cuma sekedar sharing aja sih. Sharing is caring, kan?
Kalau dari yang aku baca-baca, manfaat zikir itu sangat luar biasa. Saat-saat seperti ini emang paling cocok buat nyari ketenangan, salah satunya dengan zikir tadi. Coba deh, kalau malam setelah tarawih sendiri atau sebelum tidur, luangkan waktu buat zikir. Paginya juga demikian, setelah  subuh jangan tidur dulu. Zikir sebentar aja. Nggak lama kok. Nggak ada satu jam.

2.Maksimalkan baca al-qur’an

Kalau aku pribadi memang jarang baca al-qur’an. Tapi ada beberapa surah yang sering aku baca. Meski belum lama untuk mengamalkannya, tapi insyaa Alloh akan aku maksimalkan. Nggak ada kata terlambat buat terus belajar. Karna menuntut ilmu itu wajib. Apalagi ilmu agama. Mumpung momentnya lagi kayak gini, jadi maksimalkan diri untuk selalu belajar.

3.Ikut kajian online

Nggak perlu dateng langsung buat dengerin ceramah seputar agama, cukup belajar lewat youtube dulu aja. Banyak channel yang membahas  seputar pendalaman agama gitu. Aku juga sering nonton kok. Sambil baca-baca referensi aja. Jangan sampai salah sumber lho. Pokoknya banyak baca aja, sesekali baca-baca buku islami juga. Jangan hanya novel dan self-development terus. *TamparanBangetBuatDiriSendiri

4.Terus memperbaiki diri

Setiap manusia memang punya banyak salah. Ada yang ingin memperbaiki diri dan ada yang terus menambah kesalahan. Nah…. yang kedua ini jangan sampai ya. Mana ada manusia yang malah jadi orang yang lebih buruk, padahal juga udah buruk. Hadeeh…ancur dah….

Setiap hari adalah kesempatan untuk memperbaiki diri. Saat kamu kekah dengan berbagai kebusukan dunia, maka di saat itulah kamu harus memperbaiki diri. Terus memaksimalkan diri agar selalu menjadi lebih baik dan dengan Alloh. Dengan begitu, hati lebih tenang.

5.Jangan lupa buat sholat sunnah

Bulan Ramadhan hanya 30 hari dan setahun sekali. Di bulan ini juga penuh dengan ampunan dan penuh berkah. Jadi, jangan lupakan sholat sunnah seperti dhuha dan tahajud. Minta apa aja. Insyaa Alloh dikabulkan. Mau minta sama siapa lagi kalau bukan sama Alloh. Karna Alloh adalah sebaik-baiknya penolong.

6.Make it balance

Kehidupan yang kekal adalah di akhirat. Di dunia ini kita hanya “mampir ngombe”. “Urip iku mung mampir ngombe”. Hidup di dunia ini hanya sementara. Jadi buatlah seimbang. Ada kalanya kita sibuk nyari duit. Trapi juga jangan lupakan “bekal” menuju akhirat.

Nggak munafik sih kalau hidup di dunia itu butuh banyak uang. Tapi kita juga perlu bekal yang dibawa ke alam kekal nantinya. Hiduplah dengan seimbang, yang mana urusan antara dunia dan akhirat harus seimbang.

Haha….tumben aku bikin konten begini. Sok alim, sok iye banget padahal juga masih banyak belajar. Nggak papa donk. Sharing is caring. Saling mengingatkan saja kalau hidup di dunia hanya sementara.

~MissAnt~


7 Tips Memilih Software Absensi Yang Tepat Untuk Perusahaan

Sumber Gambar : Google



Dengan teknologi yang terus berkembang tentunya membuat banyak perusahaan memilih software absensi yang tepat dan berkualitas. Penggunaan software dalam perusahaan juga akan memudahkan kegiatan dalam  membangun komunikasi antar tim dan juga lebih kompetitif jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

Setiap perusahaan trentunya memiliki mesin pencatat absen yang berbeda-beda. Banyaknya jenis dan merk dipasaran, membuat konsumen harus selektif dalam memilih. Dan nyatanya, memilih software terbaik untuk absensi memang tidak mudah karena kamu harus mempertimbangkan banyak hal.

Adanya mesin absensi ini tentunya akan memudahkan seorang HRD dalam mengecek karywan yang terlambat datang meski hanya 1 menit saja. Berbeda dengan absen manual yang bisa saja dicurangi perihal kehadiran karyawan. Hal ini juga akan menjadi paramater bagi divisi HRD dalam mengevaluasi kinerja karyawan setiap tahunya dalam penilaian untuk kenaikan gaji ataupun dalam kenaikan jabatan.

Ada 3 jenis mesin absensi yang paling sering dipakai oleh perusahaan. Di antaranya adalah mesin absensi digital berbasis PIN, magnetic card, dan mesin absensi biometric. Untuk bisa menentukan jenis mesin absensi yang akan digunakan demi mendapatkan software absensi terbaik, maka harus memperhatikan beberapa tips untuk memilih software absensi terbaik untuk perusahaan.

Bagaimana cara memilih software absensi yang tepat untuk perusaahan?

1.Perhatikan fitur dan spesifikasinya

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih software absensi adalah fitur dan spesifikasinya. Ini penting banget. Apakah nantinya memiliki fitur dan spesifikasi sesuai kebutuhan kantor atau tidak. Syukur-syukur juga sudah dilengkapi dengan aplikasi payroll seperti Krishand payroll yang dirancang untuk memudahkan dalam pengelolaan sistem penggajian karywan.Banyak perusahaan yang telah menggunakan Krishand payroll karena fiturnya menarik dan harga yang tergolong murah.

2.Pahami kebutuhan perusahaan

Di sini kamu harus paham kira-kira seperti apa software absen yang sesuai dengan kebutuhan kantor. Apakah mesin absensi nantinya hanya mencatat jam hadir dan pulang saja atau sudah mencatatnya secara detail hingga keterangan ijin atau sakit,  bahkan sampai mensinkronkan dengan sistem gaji karyawan berdasarkan kehadiran. Ini sangat penting untuk dipahami.

3.Pastikan memilih mesin absensi yang terlisensi, terpercaya dan berpengalaman

Mengapa ini sangat penting? karena hal ini untuk mengantisipasi terjadinya eror sistem. Pastikan juga track record-nya baik atau tidak. Lisensi mesin merupakan jaminan bahwa mesin tersebut benar-benar produk original dengan kualitas terbaik.

4.Memiliki jaminan support yang maksimal

Khususnya pada perusahaan besar, tentunya sangat penting untuk memilih software absensi dengan support yang maksimal. Perusahaan pengembang yang profesional biasanya sudah menyiapkan layanan hingga 24 jam setiap hari untuk para konsumen mereka. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kendala.
5.Mencoba versi Trial terlebih dahulu

Biasanya para pengemban produk sofware akan menyediakan versi trial pada calon konsumennya. Ini bisa jadi kesempatan untuk mengetahui bagaimana kinerjanya. Kalau sudah benar-benar cocok, maka bisa langsung memutuskan untuk membelinya.

6.Tanyakan apakah nantinya akan mendapatkan layanan Purnajual terbaik atau tidak

Layanan purnajual (aftersales) sangatlah penting diketahui. Jangan sampai tidak ditanyakan. Mesin absensi bukanlah inventaris biasa yang sekali pasang langsung selesai. Perlu dibekali training, instalasi dari tim teknisi, dan juga layanan maintenance ketika mesin absensi mengalami kendala.Untuk itu harus jeli dalam memilik merk mesin absensi. Pastikan merk yang Anda beli menawarkan layanan purnajual secara maksimal.

7.Sesuaikan harga softaware absensi dengan anggaran yang dimiliki

Tidak semua software absensi menawarkan harga yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Kadang kualitas yang bagus namun anggaran yang dimiliki tidak cukup. Pilihlah yang berkualitas dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Itulah cara mudah memilih software absensi yang tepat untuk perusahaan. Semoga bisa membantu dalam memilih aplikasi terbaik untuk perusahaan.


 ~MissAnt~

Popular Posts