Friday, 22 May 2020

7 Trik Mudah Untuk Memulai Bisnis Laundry

Sumber Gambar : Google 


Peluang usaha laundry kiloan ternyata cukup menjanjikan apalagi jika Anda tinggal di kota-kota besar. Bisnis saat ini sudah banyak ragamnya. Jika Anda mencari salah satu jenis bisnis yang mudah dilakukan adalah membuka laundry.

Mengapa dibilang mudah? Karena Anda bisa melakukannya di rumah dengan memanfaatkan salah satu space di rumah. Yang terpenting di sini adalah pastikan Anda membuat suasana rumah sangat nyaman untuk para custumer yang berdatangkan dan yang pasti tidak mengganggu keluarga Anda.

Usaha laundry juga bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu Ibu rumah tangga maupun Anda para pekerja yang ingin mendapatkan hasil tambahan. Namun, kebanyakan orang membuka bisnis laundry sebagai usaha utama mereka karena mampu menghasilkan omzet yang besar.

Jika dilihat, membuka usaha laundry memang semakin banyak terlebih kalau lokasinya strategis, meski banyak usaha laundry tapi tetap saja mampu menghasilkan banyak pemasukan.

Usaha laundry kiloan merupakan pilihan yang tepat. Bahkan semua bisa memulai bisnis ini dengan mudah jika Anda sudah menggunakan mesin cuci otomatis.

Bahkan, Anda bisa mengerjakannya sendiri tanpa bantuan karyawan. Untuk awalnya, kebanyakan orang akan memulai usaha laundry sendiri. Namun seiring banyaknya pelanggan, mereka akan mencari karyawan untuk membantunya.

Bagaimana rincian usaha laundry kiloan untuk pemula?

Dengan omzet yang menjanjikan, tentunya banyak orang yang ingin membuka bisnis laundry. Buat Anda yang juga tertarik untuk membuka usaha ini, berikut rincian modal yang harus Anda persiapkan

Kebutuan dan kisaran harga;

-Mesin cuci : Rp.1500.000 s/d Rp.3000.000

-Mesin pengering : Rp.1500.000 s/d Rp.3000.000

-Timbangan 15 Kg : Rp. 75.00 s/d Rp.150.000

-Setrika : Rp.50.000 s/d Rp.200.000

-Hanger besi dan plastik : Rp. 50.000 s/d Rp.100.000

-Hanger plastik dan jepitan : Rp. 100.000 s/d Rp.200.00

-Detergen, pewangi dan pelicin pakaian : Rp. 200.000 s/d Rp.300.000

-Rak penyimpanan : Rp. 250.000 s/d Rp. 500.000

-Spanduk : Rp.60.000 s/d Rp. 150.000

Dengan rincian seperti itu, maka modal yang Anda butuhkan sekitar 6 hingga 7 jutaan. Untuk harga perlengkapan bisa menyesuaikan sesuai harga di daerah masing-masing. Yang jelas untuk kisaran modalnya seperti itu.

Bagaimana trik sukses berbisnis laundry agar mendapatkan hasil yang maksimal?

Semua bidang bisnis tentu memerlukan trik khusus untuk bisa mencapai kesuksesannya termasuk usaha laundry kiloan. Agar nantinya Anda juga sukses dalam berbisnis laundry, berikut trik khusus yang bisa Anda coba;

1.Pilih lokasi yang strategis

Faktor lokasi sangatlah menentukan sukses atau tidaknya bisnis yang Anda jalankan. Hal ini karena jika Anda membuka usaha di lokasi yang kurang tepat, maka bisnis yang dijalankan akan sedikit lambat untuk berkembang.  Dalam hal ini pilihlah lokasi yang banyak dihuni oleh karyawan, mahasiswa dan area kost. Dengan adanya laundry tentunya akan sangat membantu mereka, khususnya bagi yang sibuk.

2.Berikan pelayanan yang terbaik

Pelayanan terbaik sangatlah penting dalam membuka usaha laundry. Hal ini agar nantinya pelanggan juga kembali lagi memakai jasa Anda. Bisnis Laundry tergolong bisnis di bidang jasa, maka kualitas pelayanan adalah hal yang mutlak jika Anda ingin berhasil di bisnis ini. Dengan pelayanan yang baik maka para custumer tidak akan segan-segan untuk menggunkan jasa laundry Anda lagi.

3.Utamakan kualitas terbaik

Demi menarik loyalitas pelanggan, utamakan kualitas cucian terjamin bersih dan wangi. Caranya adalah dengan mengetahui cara mencuci yang benar sampai menggunakan deterjen yang sesuai. Jangan segan-segan untuk memberikan garansi agar pelanggan semakin percaya dengan kualitas usaha laundry yang Anda jalankan dan tentu saja berbeda dari yang lain.

4.Tetapkan harga yang sesuai

Tetapkan harga laundry yang sesuai dengan harga pasaran. Misalnya ketika Anda membuka bisnis laundry di kawasan kost mahasiswa, maka patoklah harga mahasiswa yang tidak terlalu mahal. Harga yang Anda berikan juga harus mampu bersaing dengan bisnis-bisnis laundry yang sudah ada sebelumnya.

Jangan sampai lebih mahal karena semua orang pasti akan lebih tergiur dengan harga yang lebih murah. Jika perlu, berikan harga promosi pada awal-awal menjalankan usaha laundry, hal ini juga bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan dan mencari pelanggan tetap.

5.Memiliki management keuangan yang baik

Satu hal yang jangan sampai dilupakan dalam berbisnis, yaitu mangement keungan yang baik. Pastikan Anda harus membedakan lebih dulu antara biaya produksi dan laba bersih agar Anda bisa mengetahui berapa keuntungan bersih dari hasil bisnis. Tanpa adanya management keuangan yang baik, Anda akan kesulitan untuk mengembangkan bisnis laundry menjadi semakin besar dan berkembang.

6.Pengerjaan yang selalu tepat waktu

Berdasarkan pengalaman dari orang yang sering laundry, mereka cenderung lebih loyal dengan usaha laundry yang mengerjakan pekerjaannya tepat waktu. Pada umumnya orang-orang yang menggunakan jasa laundry adalah mereka yang memiliki kegiatan yang sangat pada.

Maka pengerjaan yang tepat waktu merupakan hal wajib dan harus Anda lakukan jika  tidak ingin kehilangan pelanggan ataupun mendapatkan complain dari mereka. Banyak yang kehilangan pelanggan hanya karena mereka tidak tepat waktu dalam pengerjaannya. Hal ini tentu harus menjadi  catatan penting bagi Anda yang baru pertama membuka usaha laundry.

7.Tempat yang bersih dan higienis

Meskipun Anda memutuskan untuk membuka usaha laundry di rumah sendiri, namun pastikan kebersihan dan keindahan lokasi penyimpanan baju-baju pelanggan terjaga dengan baik. Hal utama yang akan dilihat oleh pelanggan ketika memilih tempat laundry adalah kebersihannya. Tentu saja hal tersebut akan menjadi petimbangan bagi pelanggan untuk kembali menggunakan jasa Anda.

Kalau dari tempatnya saja tidak bersih dan higienis, tentu para pelanggan akan mempertanyakan apakah Anda bisa memberikan pelayanan terbaik atau tidak. Tak hanya itu saja, mereka juga akan melakukan penilaian terhadap tempat penyimpanan serta proses pencucian pakaian itu sendiri. Jadi hal ini perlu diperhatikan.


Popular Posts