Wednesday, 8 January 2020

5 Jenis Kegabutan Pas Bener-Bener Gabut, Kalau Kamu Ngapain Aja?



Gabut emang nggak enak banget. Khususnya bagi kamu yang udah terbiasa dengan kesibukan ini itu. Yang dimaksud di sini adalah kesibukan di luar jam kerja lho, kan banyak tuh sekarang orang yang punya banyak kesibukan di luar jam kerja. Nah....hal tersebut akan terasa jadi “bego dadakan” kalau mendadak gabut.

Siapa nih yang pernah begini? Pastinya nggak enak banget kan? Lalu gimana cara kamu menghadapi kegabutan itu? Kalau aku sih, kadang mau gila tapi nggak bisa soalnya nggak tahu cara gimana jadi gila. 

Bukannya sok sibuk dan bukan pula sok produktif. Kalau aku pribadi bakalan bete banget kalau gabut. Yakin dah, rasane kepingin edan tapi nggak bisa. Eh....gimana cara jadi gila sejenak saking gabut banget? Serius nanyak.

Oke baiklah, karna gabut itu nggak enak, jadi aku pernah ngelakuin hal-hal berikut saking gabutnya

1.Mampir mall Cuma nebeng ke toilet

Pernah nggak sih? Saking gabut banget trus ke coffee shop dan kebetulan toilet di coffee shopnya kotor banget dan kamu nggak jadi pipis, sampai pada akhirnya mampir mall buat pipis doang. Sungguh konyol emang. Tapi aku pernah begini. Entah demi apa. Mungkin saking gabunya. Toh sama-sama bayar. Kalau ke pom bensin bayar Rp2.000 buat kebersihan toilet, kalau nebeng di mall jujga ngeluarin Rp2.000 buat parkir. Sama aja kan yak? 

*IyainAjaBiarCepet

2.Mainan sosmed seharian dengan nancepin charger bolak-balik

Libur, hujan dan mager, nah.....ini adalah kegabutan yang sangat sempurna. Pernah begini nggak? Dari bangun tidur Cuma sekrol-sekrol sosmed dan tau-tau hari udah hampir habis. Dan parahnya, kalau batre mau abis tinggal colok tapi tetep aja lanjut sekrol-sekrol lagi saking gabutnya.

Gabut dan larinya ke sosial media itu emang asyik banget, di situ kamu bisa nyari inspirasi. Tapi tergantung siapa yang kamu follow ding, kalau kamu follownya konten-konten yang nggak asik ya bakalan ngebosenin. Jadi pastikan kamu follow akun sosmed yang berkualitas. Ternyata bener, influencer yang kamu follow emang bener-bener influence kamu. 

3.Menghabiskan waktu di warnet Cuma nebeng ngadem sama musikan

Warnet yang sekarang emang beda sama warnet dulu. Yang aku inget, dulu pas zaman aku nyari tugas pas kuliah, kayaknya warnet Cuma Rp3.000 sejam, itupun lemot banget. Kalau yang aku temui sekarang ini, ada salah satu waarnet yang per jamnya mencapai Rp6.000 dan sangat cepat. Mayan banget kalau pas gabut, itung-itung nebeng ngadem sama musikan doang. 

Iya, kadang sebegitunya. Pas bener-
bener gabut akhirnya ke warnet dan Cuma musikan sama ngadem. Sama ngopi film. Mayan kan. Sungguh kegabutan yang bermanfaat. Sekarang semakin banyak warnet yang nyaman. Salah satunya di Net City Jogja yang di Timoho. Awalnya sih penasaran aja mau ngenet karena udah lama nggak ke warnet, tapi lama-lama kok tempatya nyaman. Ada yang AC dan Non AC. Tinggal pilih aja yang mana.

4.Nonton film yang ada di laptop

Saking gabutnya dan kebetulan males banget mau nulis. Akhirnya buka laptop dan nonton film-film jadul yang pernah ditonton sekalipun. Bisa film korea, Indonesia hingga cartoon jadul kayak sleeping beauty jadul. Pokoknya saking gabunya apa aja yang ada di laptop ditonton. 

5.Rebahan all the time

Rebahan sebenarnya bukan pemalas deh. Sebut saja cara orang menikmati kegabutan yang ada. Glundang-glundung sana sini sambil loncat-loncat main sosmed mulai dari twitter, instagram, pinterest, lalu bosen dan balik lagi ke twitter. Hadeeeh......
Tapi kalau dipikir-pikir, meski banyak dampak buruk dari bermain sosmed, itu semua juga tergantung siapa saja yang kamu follow. Kalau kamu follownya yang bagus-bagus, maka akan menambah inspirasi meski sambil rebahan sekalipun. 

Hm....kira-kira adalahi nggak kegabutan yang kamu lakukan selain di atas. Kalau ada tambahin di komentar yak? 

Tenang.....nggak Cuma kamu aja yang mau gila pas lagi gabut banget. Banyak temennya kok. Salah satunya aku. Hahaha.....

~MissAnt~

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Berdamai Dengan Diri Sendiri




Seberapa penting berdamai dengan diri sendiri? Yang pasti ini penting banget. Dulu aku pernah nulis tentang bagaimana tanda kalau kamu sebenarnya belum bisa berdamai dengan diri sendiri. Nah...kali ini aku mau bahas kebalikannya, yaitu tanda kamu sudah berdamai dengan diri sendiri.
Berdamai dengan diri sendiri itu enak kok. Sayangnya masih banyak orang yang belum sadar kalau dia sudah bisa berdamai dengan diri sendiri. Lalu, bagaimana tandanya kalau kamu sebenarnya sudah berdamai dengan diri sendiri?

1.Kamu bisa menerima segala yang terjadi dengan iklas

Dalam hidup memang kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita. Ada yang menerimanya dengan ikhlas dan ada juga yang banyak mengeluh, mengapa begini mengapa begitu. Ya memang sih, yang namanya kehilangan memang tidak mudah. Apalahi kehilangan untuk selama-lamanya, tentu mau tidak mau harus sadar kalau semua hanya titipan.

Meski nggak mudah, perlahan orang akan menerimanya. Sedih boleh, merasa kehilangan banget boleh, tapi setidaknya mikir kalau semua milik Alloh memang harus kembali ke Alloh. Pada akhirnya kita memang harus menerima apa yang sudah terjadi dan percaya kalau Alloh punya rencana lain.

2.Merasa biasa saja kalau sikap teman sudah berbeda

Seiring dewasanya seseorang, pasti akan terkuak sifat asli seseroang. Mungkin karena gaya hidupnya berbeda, kemudian seseorang bisa berubah. Emang itu ngaruh ke perubahan teman ya? Beberapa sih terpenguh gaya hidup karena dikelilingi dengan orang-orang yang highclass yang apa-apa harus menonjolkan barang branded yang dimilikinya. 

Lama-lama kamu bakalan bosen punya teman kayak gitu. Toh sekarang banyak orang yang tahu merek juga, jadi nggak perlu gembar-gembor pakai ini itu. Hal itu bukan hal baru juga. Semakin ke sini, yang kamu butuhkan bukan lagi teman yang modelnya kayak gitu dan kamu bakalan baik-baik saja kalau memang dia mendapatkan teman yang lebih kaya raya yang selalu pakai barang branded kayak kamu. 

Lagian kalau orang pakai barang brand juga nggak perlu buat dipamerin ke sana ke mari. Cukup pakai ya pakai saja. Nggak perlu dapet pengakuan dari orang lain. Yang kasihan itu kalau orang pakai barang branded yang mahal banget dan emang nggak cocok sama yang pakai. Kasihan banget itu mah....*Uhuk....

Hal tersebut lama-lama bakal jadi hal biasa buat kamu. Teman datang dan pergi itu biasa. Yang jelas, masih banyak juga yang enak diajak ngobrol tanpa harus menonjolkan ini itu. Lama-lama kamu bakalan bodo amat sama teman kayak gitu. Yang penting kita hepi aja sih. Nggak punya temen kayak gitu juga akan baik-baik saja kok.

3.Lebih punya prinsip yang “Yaudahlah...mau gimana lagi”

Tugas utama seseorang adalah berusaha semaksimal mungkin. Sisanya serahkan pada sang pencipta. Kamu nggak harus, “Kok aku nggak bisa gitu sih, padahal udah usaha mati-matian”. Tenang....semuanya sudah diatur kok. Nggak perlu menyalahkan siapapun. 
Kalau kamu sudah merasa memahami diri sendiri, maka kamu bakalan “Yaudahlah ya...mau gimana lagi”. Ini bukan  kata-kata kalau seseorang sudah pasrah melainkan ketika sudah berusaha tapi memang belum rejekinya aja. Tenang aja...everything will be okay kok. Katakan pada dirimu sendiri saat kamu sedang kecewa. Dan lihat hasilnya. Sesimpel itu kan kalau sudah damai sama diri sendiri.

4.Kamu sudah bosan dengan obrolan yang biasa aja

“Eh lo udah tua kok nggak nikah-nikah, nunggu apalagi sih”
“Wah...selamat ya kamu dah mau nikah....”
“Itu dia anaknya udah mau 3 tapi lo masih aja belum nikah”
“Eh si itu kok anaknya begitu sih...dulu hamilnya nggak dikasih ASI apa ya”

Oke....STOP

Obrolan seperti ini rasanya udah bikin kamu bete banget dan malas buat nimbrung. Kenapa? Karena ya emang biasa-biasa aja sih. Nggak ada yang menarik dari njulitin orang. Sebenarnya apa untungnya ikut campur urusan orang sih? Makan bangkai sodaranya sendiri itu dosa woooi.....

Aku sih cenderung males banget sama obrolan begituan. Intinya ya, semua orang punya jalan masing-masing. Punya rejeki masing-masing. Jadi kalau belum menikah ya bukan berarti nggak mau nikah loh. Jangan terlalu menilai berlebihan tentang apa yang tidak kamu tahu. Rasanya kok semakin banyak orang yang terlalu kepo sama urusan orang. Udah 2020 lhoooo....

5.Udah malas sama basa-basi yang bikin basi

Nggak tau kenapa ya semakin ke sini semakin malas basa-basi. Maunya sih langsung ke poinnya aja. Mau ngobrol ya bilang aja mau ngobrol. Nggak perlu lama-lama wasap tanya, “eh kamu sibuk ya, aku ganggu ya”? Langsung aja sih. Mau ngajak ngorbrol? Mau curhat? Mau minta tolong? Langsung aja deh. Sudah malas sama yang berbelit-belit.  Nggak ada waktu buat berbelit-belit. *ElahDah....

6.Lebih suka Me Time

Mungkin kalau masalah ME Time ini cenderung ke orang-orang Introvert. Tapi banyak orang-orang yang bukan introvert suka banget yang namanya Me Time. Bagi mereka ME Time bisa jadi ajang buat relax sama diri sendiri buat mikirin ini itu. 

Kadang seseorang memang butuh ME Time, khususnya bagi mereka yang lagi embuh banget sama dirinya sendiri. Karna dengan cara Me Time ini seseorang bisa merasa lebih baik. Sering ME Time bukan berarti tidak mau bersosialisasi dengan orang lain lho. Lihat perbedaanya sebelum menilai. 
Itulah tanda-tanda kalau kamu sedang atau bahkan sudah berdamai dengan diri sendiri. Ada yang mau nambahin apa lagi?


~MissAnt~

6 Tanda Pertemanan Dewasa

Sumber Gambar : Google

Semakin ke sini orang akan semakin malas dengan pertemanan yang udah nggak waras. Nah loh...gimana tuh pertemanan yang nggak waras. Yang jelas yang bakal bikin kamu gila. Setiap orang pasti akan mencapai pada titik, “Kayaknya gue sama dia cocok nih...setiap ngobrol nggak banyak drama, intinya nyaman aja sih”. Iya, kalau kamu belum mengalaminya, tunggu aja. Pasti mengalami kok. 

Pernah nggak, dulu punya temen deket banget, enak banget diajak ngobrol, asyik banget pokoknya. Tapi lama-lama dia berubah. Kamu udah nggak bisa mengenalnya lagi. But....it’s okay lah. Setiap orang berhak berubah kok. Senyamannya dia aja, kalau dengan tidak berteman denganmu membuatnya hepi, yaudah ikhlaskan saja. 

Seiring bertambahnya umur, yang kita cari bukanlah banyak teman meiainkan teman yang bikin nyaman. Mungkin dulunya kamu pernah beranggapan kalau punya banyak teman itu keren. Nantinya biar banyak yang memuji, “Eh si Prapti keren ya, temannya banyak di mana-mana ada. Gahooool banget ya”.

*KerenSIlitmu

Orang keren itu justru orang yang hanya punya teman beberapa tapi selalu ada saat sedang jatuh. Buat apa punya banyak teman kalau hanya ada pas kita hepi aja. Nanti kamu bakalan sadar sendiri. Kalau sebenarnya kamu benar-benar temannya atau hanya sekedar “teman” saat dia nggak ada teman lainnya. 

Karena udah muak dengan pertemanan yang kayak silit, maka kamu berhak memilih lingkar pertemanan yang lebih dewasa. Kadang yang membuat seorang teman berubah adalah karena perlakukan mereka terhadap kita yang seolah UNDERESTIMATE.

Lantas bagaimana lingkar pertemanan yang dewasa?

1.Yang menghargai kesibukan masing-masing

Makin berumur dan makin tuwirnya seseorang akan disibukkan dengan berbagai hal yang entah apa itu. Pokoknya akan ada aja kesibukan buat kamu yang nggak bisa “diem”. Aku juga salah satu orang yang paling bete kalau Cuma diem-diem bae. Meski aku ini orangnya pendiem (Ciye.....pendiem), tapi sangat tidak suka kalau gabut.

Sibuk sama produktif itu beda lho. Sibuk belum tentu produktif, tapi kalau produktivbe sudah pasti kesibukan. Pertemanan yang dewasa akan memahami hal ini. Tapi bukan berarti tidak mau diganggu. Aku paling benci kalau ada orang wasap begini,
“Eh kamu lagi ngapain e? Yaudah maap ya kalau aku ganggu. Maap banget udah ganggu kamu yang sibuk banget”.

EH SILIT

Jujur ya, paling nggak suka kalau ada teman bilang begitu. Sesibuk-sibuknya orang pasti nanti juga bakalan dibales kok. Kalau emang penting banget kan bisa langsung telpon aja gitu. Percayalah, kamu-kamu yang udah menemukan lingkar pertemanan yang sudah dewasa tidak akan  mempermasalahkan hal itu. Sibuk ya sibuk, tapi tetep inget temen kok. Dan yang pasti, paham akan kesibukan masing-masing. Intinya, kita sedang sama-sama cari duit kan? Nggak mungkin juga cari pokemon.

2.Topik obrolan yang berbobot

Semakin lama kita bakalan males kalau topik bahasannya gitu-gitu mulu. Kadang memang yang kita butuhkan sekarang hanyalah topik-topik yang pembahasannya udah berbobot dan enak buat dibahas. Kalau sudah begini pasti waktu bakalan cepet banget karna yang kita obrolkan terlalu asyik.

3.Menghargai perbedaan pandangan sudut pandang

Apa yang bikin kita betah ngobrol sama seseorang? Perbedaan cara pandang. Okelah kamu punya pandangan begini tentang itu, sedangkan aku punya pandangan kayak gini tentang ini. Nggak harus begini, “Nggak bisalah pandangan gue lebih bagus karna bla...bla...bla...”. 
Yang namanya pertemanan dewasa pasti akan saling memahami. Intinya kita bisa ngobrol enak dan saling mendengarkan. Buat kalian yang udah masuk ke tahap ini, selamat ya? Pertahankan pertemanan kalian. 

4.Membantu tanpa ikut campur

Biasanya kalau orang tulus membantu itu hanya cukup membantu tanpa harus mendesak, 

“kok bisa begini, kok bisa begitu dan bla...bla...bla....”. 

Misalnya kamu mau pinjam uang, saat mereka bilang, 

Eh gue pinjem duit segini ada nggal? Tar tanggal 25 gue balikin deh, tolong ya, penting banget ini”.

Lantas kamu tidak perlu menanyakan, 

Eh buat apa duit segitu banyak”.

Sama halnya ketika ada teman yang bilang, 

“Aku mau cerita gini...gini....”.

Kamu juga jangan menyela, 

“Astaga kok bisa gitu...bisa gini...bla....bla...bla...”

Sebaiknya tunggu sampai dia selesai bercerita dulu. Kadang seseorang hanya butuh didengarkan. Pertemanan yang dewasa sudah paham akan hal ini.

5.Saling dukung, bukan saling PAMER

PAMERnya harus banget dicapslock ya? Kalau mau pamer ya di sosmed aja. Kalau kamu ngobrol sama teman dan banyak memamerkan barang-barang yang udah dibeli, maka pertemananmu selama ini toxic.

Asal tahu aja ya, orang sekarang nggak bego-bego banget dan tahu brand. Jadi nggak usah dijelasin ini itu. Yang kasian itu kalau orang udah pamer pakai brand mahal tapi tetepa aja nggak keliatan sama dia. Aduuh....aku jadi kasihan. Udah beli mahal tapi tetep nggak keliatan. 

Kalau kamu sudah sampai ke tahap pertemanan yang dewasa, tentunya pembahasan bab pamer kayak gitu nggak ada. Yang ada hanya saling dukung aja. Enak banget kalau kamu udah nemuin lingkar pertemanan yang dewasa. Setiap abis ngobrol bawaannya merasa dapet support. 

Alhamdulillah temen-temenku saling dukung meski jarang ketemu. Salah satu bahkan bilang begini, “Meski kita tidak saling bertemu dan lama tidak komunikasi, tapi aku tetap mendoakan yang terbaik untukmu. Karna aku semakin paham kalau doa yang baik juga akan berbalik pada kita”. 

GOOD WORD FROM MY FRIEND

6.Lebih Banyak Ngobrol Dibanding Cek Smartphone

Coba bedakan antara teman yang quality time sama kamu atau yang sekedar ingin ketmu aja. Kalau ingin ketemu aja sih kamu bakakan banyak ditinggal mainan henpon. Tapi beda sama yang bener-bener ingin quality time sama kamu. Mereka tidak banyak bermain dengan smartphonenya.
Ya memang sih, tak bisa dipungkiri kalau sekarang ini manusia dan smartphone memang 2 hal yang tak bisa dipisahkan. Begitu juga dengan aku. Tapi aku setidaknya menghargai orang yang ngobrol sama aku dan nggak mainan handphone. Kalau mereka nggak mainan handphone, aku bakal nggak mainan handphone. Tapi kalau mereka lebih mantengin handphone, yaudah aku bisa melakukan lebih dengan lebih fokus ke handphone.

Kadang memang sesimple itu. Aku memang orang yang suka autis banget kalau sudah mainan handphone. Tapi ya kira-kira juga sih, kalau yang ngajak ngobrol nggak mainan handphone ya aku bakal menghargainya. Kalau lagi ngobrol dan tetiba aku bete banget lalu mainan handphone, berarti orang yang ngobrol itu yang mulai duluan. Hahaha......Introspeksi ya kamu-kamu yang pernah begini.

Yang namanya pertemanan dewasa itu bukan yang dikit-dikit cek-cek smartphone, apalagi sampai ditinggal nelpon lama. Kalau aku udah digituin, ya bakalan bete dadakan. Ogah lagi kecuali kepepet. Itulah mengapa aku suka berbelit-belit kalau diajak nongki-nongki. Ngajaknya mau beneran nongki atau mainan smartphone dulu nih.....
Hargai temanmu yang udah meluangkan waktu buat kamu. Jangan ditinggal mainan handphone. Kecuali kalau emang penting banget. 

Duh...maapkan kalau di tulisan ini banyak kata silit ya. Mohon maaf banget. Nggak sengaja terlontarkan. 

Itulah 5 tanda kalau pertemananmu sudah dewasa. Adakah yang mau nambahin? 


~MissAnt~

Popular Posts