Rabu, 03 Mei 2023

6 Hal yang Nggak Boleh Kamu Lakukan Saat di Rumah Saudara

 

Sumber Gambar: Pexel


Kita kadang sering lupa bahwa rumah saudara tetaplah bukan rumah kita. Sedekat apapun dengan saudara, tetap saja ada beberapa aturan yang harus kita jaga.

Beberapa orang mungkin beranggapan begini,

Ah..udah lah..nggak papa..wong ya di rumah saudara sendiri, anggap aja rumah sendiri”

Ya nggak salah sih, kamu boleh kok santai-santai di rumah saudaramu. Namun kamu jangan lupa ya, bahwa itu bukan rumah kamu. Ada beberapa hal yang nggak boleh kamu lakukan saat berkunjung ke rumah saudara.

Beberapa di antara kamu mungkin sudah paham dengan aturan ini, akan tetapi masih saja ada yang kurang paham. Kira-kira apa aja sih..? Sini aku kasih tahu..Jangan tersinggung loh ya..!

Hal yang Nggak Boleh Kamu Lakukan Saat Berada di Rumah Saudara

1.Datang tanpa memberi tahu dan seenaknya mengajak teman

Sekarang ini zamannya udah canggih. Kalau kamu nggak punya pulsa, kamu bisa chat lewat aplikasi Whatsapp, Telegram, atau aplikasi lain untuk memberi tahu.

Tidak semua orang itu siap didatangi apalagi kalau kamu bawa teman-temanmu secara rombongan.

Kalau sudah begini kan jadi ngrepotin yang punya rumah. Jangan sampai kamu seperti ini ya, paling nggak ya ngabarin dulu biar siap-siap.

Nah..kalau si tuan rumah sedang nggak berkenan dikunjungi, ya kamu harus menerima dan nggak boleh tersungging..eh..tersinggung.

2.Banyak Maunya

Bertamu itu juga ada etikanya, kalau kamu banyak mau ya silakan pergi ke warung aja jajan ke sana. Kalau adanya minuman gelas ya jangan minta aneh-aneh minta kopi dan lain-lain.

Pada dasarnya, kalau bertamu di manapun, entah itu di rumah saudara, hendaknya jangan merepotkan. Bertamu ya bertamu, jangan banyak mau ya..

3.Menguasai rumah

Kira-kira kamu kesel nggak kalau ada saudara yang nggak minta izin tiba-tiba seenaknya masuk dan tidur di kamarmu? Bagi mereka sih biasa saja, tapi bagi si pemilik ada rasa kesal di dada. Ceileh..

Bagi sebagian orang, kamar adalah ruangan pribadi sehingga tidak etis jika orang lain masuk meski itu sanak saudara. Ada baiknya izin dulu kek, kira-kira boleh nggak masuk dan tidur di situ. Simple kan? Tapi jarang dilakukan.

4.Kepo tentang apapun yang ada di dalam rumah

Aneh nggak sih, kalau ada saudara dateng trus pas ngobrol gitu malah matanya ke mana-mana. Misalnya kita abis beli TV trus dia tanya-tanya, “ini harga berapa?”, “kok mahal banget”, “ori nggak tuh”?

Seharusnya, kalau bertamu itu ya tanya kabar gitu aja, nggak perlu menanyakan yang aneh-aneh. Apapun yang ada di dalam rumah itu nggak seharusnya dikomentarin. Nggak sopan namanya.

5.Membawa barang-barang tanpa minta izin

Ada beberapa orang yang dia tuh asal bawa barang-barang dari rumah saudaranya, misalnya ada piring lucu langsung main bawa aja tanpa minta izin.

Contoh lain misal ada tanaman yang bagus trus kamu main cabut aja lalu dibawa pulang. Kayak gitu sopan tidak? Apa tidak bisa bilang dulu? Meski itu saudara kamu, usahakan untuk tetap jaga etika ya..

6.Tidak menjaga kebersihan

Meskipun rumah saudaramu itu tidak sebagus rumahmu, tetap jaga kebersihan ya. Jangan sampai di tuan rumah nantinya repot bersih-bersih karna ulah kamu yang malah mengotori rumahnya.

Gimana, kira-kira dari 6 poin tersebut, kamu pernah melakukan yang mana? Syukur alhamdulillah banget kalau kamu nggak pernah melakukannya. Semoga tetap menjaga etika meski berada di rumah saudara ya..

Oiya, buat kamu yang udah peka banget dan nggak mau ngerepotin saudara, ada baiknya kamu cari tahu dulu apakah sekitaran rumah saudaramu ada penginapan atau tidak.

Baca Juga: 6 Prinsip Hidup Ala Filosofi Teras

Kamu bisa mencarinya melalui Traveloka, di situ pasti ada banyak penginapan yang bisa kamu jadikan pilihan sebelum ke rumah saudara, biar bisa istirahat dulu, terlebih jika rumah saudaramu itu kecil.

Nah..kalau sudah istirahat sejenak dan lelahnya sudah hilang, kamu bisa ke rumah saudara buat silaturahmi sekalian ngobrol-ngobrol ringan dengan cemilan seadanya.

Selain itu, kamu juga bisa cari info seputar tempat makan sehingga kalau kamu keburu laper bisa ke tempat makan tersebut. Toh..belum tentu yang punya rumah juga punya persediaan makanan.

Saling menjaga aja ya, jangan sampai kamu kalau berkunjung malah merepotkan lantaran datang dadakan dan tak ada persediaan.

Gitu ya..

Semoga bermanfaat!

 

~MissAnt~

0 komentar:

Popular Posts