Minggu, 30 April 2023

8 Wisata di Klaten yang Wajib kamu Kunjungi

 



 

Mendengar kota Klaten, kira-kira apa yang ada di benakmu? Meski kota di antara Solo dan Jogja ini nggak punya wisata pantai, tapi ada banyak wisata lain yang nggak kalah indah. Kamu wajib banget mengunjunginnya nih..

Kebanyakan orang Klaten (termasuk akuh..) memang lebih sering berwisata di luar Klaten. Namun, bukan berarti kalau di Klaten wisatanya kurang menarik.

Nah..buat kamu yang penasaran banget, sebenarnya ada apa aja sih di Klaten, berikut aku kasih tahu tempat mana saja yang harus kamu kunjungi saat berwisata di Klaten.

Wisata Klaten yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Rowo Jombor

Sebagai ganti pantai, Klaten punya Rowo Jombor nih. Ini merupakan sebuah Rawa yang luas yang bisa kamu nikmati pemandangannya di tengah kota Klaten.

Baca Juga: Pesona Rowo Jombor Klaten

Dulunya memang banyak warung terapung (dikenal dengan warung apung) yang dipakai untuk tempat makan, namun saat ini warung (tempat makan) sudah dipindah di pinggir jalanan sekitar Rawa.

Kamu juga bisa menikmati sunset di Rowo Jombor yang nggak kalah indah dari sunset di pantai loh..Selain itu juga tersedia speed boat maupun perahu yang bisa kamu sewa untuk berkeliling Rawa.

2. Bukit Sidoguro

Bukti Sidoguro ini lokasinya sangat dekat dengan Rowo Jombor. Bahkan kalau kamu pas ke Rowo Jombor bisa sekalian mampir ke sini. Meski kamu harus naik dulu, tapi sesampainya di atas bukit, kamu bisa melihat keindahan Rowo Jombor dari atas dan perbukitan yang mengelilinginya.

Buat yang penasaran bagaimana suasana Bukit Sidoguro bisa tonton videoku ini ya..

Kamu bisa ke sini pas siang hari. Bonusnya kalau cuaca lagi cerah, kamu bisa melihat keindahan alam berupa pegunungan dan gunung merapi yang terlihat sangat jelas.

Bukit Sidoguro juga merupakan tempat wisata yang cocok untuk menikmati keindahan matahari terbenam di kota Klaten. Coba deh ke sana..

3. Girpasang Klaten

Ini merupakan tempat wisata Klaten yang tergolong baru. Buat kamu pecinta alam, wajib banget berkunjung ke sini nih..dan spotnya juga Instagramable banget. Cocok buat yang mau berburu konten untuk Instagram.

Baca Juga: Pengalaman Ikut Open Trip ke Bromo 

Di Girpasang juga terdapat jembatan gantung dan gondola yang menyajikan pemandangan Gunung Merapi dari jarak dekat. Jembatan gantungnya juga sudah melewati uji coba dan diresmikan pada Januari 2022.

Pokoknya di sini itu tenang banget suasanannya, kamu bisa sekalian ngopi-ngopi di Green Valley yang ada di lokasi wisata. Kalau mau mencari ketenangan dan udara yang segar, Girpasanglah tempatnya.

4. Wisata Umbul di Klaten

Berwisata ke Klaten rasanya belum lengkap kalau belum ke Umbul. Bahkan Klaten ini juga terkenal dengan Kota dengan seribu umbul loh..saking banyaknya umbul.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Main ke Candi Barong

Beberapa umbul yang bisa kamu kunjungi antara lain, Umbul Ponggok, Umbul Jolotundo, Umbul Susuhan, Umbul Sigedang, Umbul Manten, Umbul Cokro, Umbul Gedaren, Umbul Brondong, dan masih banyak Umbul lainnya.

Setiap Umbul memiliki keistimewaan tersendiri sehingga kamu bebas mau pilih Umbul yang mana.

5. Rivermoon Klaten

Buat kamu yang hobi susur sungai, kamu bisa coba di Rivermoon Klaten atau nama lainnnya adalah New Rivermoon.

Baca Juga: 5 Best Beach in Indonesia that You Must Visit

Ini merupakan wisata yang sekaligus terdapat resto yang berada di bantaran sungai yang jernih. Kamu bisa makan di pinggi sungai dengan sound langsung gemercik aliran sungai.

6. Hutan Kota Gergunung

Hutan Gergunung merupakan sebuah hutan yang letaknya di  tengah Kota. Di sini juga terdapat hamparan rerumputan, berbagai jenis bunga hingga kandang burung warna-warni yang menjadi daya tarik tersendiri.

Destinasi wisata yang satu ini selalu ramai mulai dari siang hingga malam hari. Bahkan mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua sekalipun juga suka dengan sejuknya di kawasan ini.

Hutan Gergunung selalu ramai setiap harinya. Oiya, di sini juga ramah buat yang mau ajak anak kecil karena terdapat taman bermain anak yang seru buat dicoba.

7. Soko Alas

Soko Alas ini juga tergolong baru banget dan dibuka pada 2022 lalu. Bahkan saat lebaran tahun 2022, wisata yang satu ini penuh banget bagai lautan manusia.

Soko Alas ini cukup menarik perhatian karena sedikit berbeda dengan wisata lainnya.

Konsep yang disajikan di Wahana Soko Alas ini merupakan The Art of Destination, yaitu lebih menyajikan berbagai ilustrasi yang berkaitan dengan kesenian dan kerajinan tangan khususnya dari kayu.

Di sini kamu tak hanya bisa renang saja, tetapi juga terdapat  beberapa spot foto menarik yang bisa kamu coba.

Beberapa spot fotonya antara lain, tempat duduk yang menghadap langsung ke embung, taman, hingga resto di joglo dengan pemandangan taman dan kolam renang.

8. Wisata Candi

Kamu yang suka dengan wisata bersejarah seperti Candi, maka Klaten juga punya nih. Beberapa Candi di Klaten yang bisa kamu kunjungi antara lain, Candi Merak, Candi Plaosan, dan Candi Prambanan. Tentunya setiap Candi punya sejarah tersendiri.

Gimana? banyak banget kan wisata di Klaten? Mulai dari mainan air hingga pemandangan pun juga ada. Makannya, sesekali main ke Klaten yuk! Biar kamu tahu kalau kota di antara Solo dan Jogja ini punya daya tarik tersendiri.

 


~MissAnt~


0 komentar:

Popular Posts