Pages

Tuesday, 19 January 2021

Tata Cara Perpanjangan SIM Tahun 2021 di K L A T E N Lengkap Dengan Biayanya

 



 

Sebagai warga negara yang baik, aku harus mengurus perpanjangan SIM saat masa berlakunya habis. Btw, SIM ku habis kemarin tanggal 5 Januari 2021. Sebelumnya sih, aku mikir kalau ngurus perpajangan lebih dari tanggal itu bakalan nggak papa, ternyata harus bikin SIM baru lagi. Dan akhirnya aku ngurus SIM di waktu-waktu yang mepet. Iya, aku ngurus pas tanggal 4 Januari dan waktu itu hari pertama buka setelah libur panjang tahun baru. Kebanyang donk gimana antriannya.

Pajak Motor Lebih Praktis Dengan Aplikasi SAKPOLE

Trus gimana awal mula ngurus perpanjangan SIM?

Berhubung aku dulu bikin SIM nya di Polres Klaten, jadi aku juga perpanjangnya di sana.

Hal pertama yang harus aku lakuin adalah datang ke Polres Klaten. Aku sampai di sana sekitar jam 8 nan. Iya, jam 8 itu udah antriannya banyak banget.

Setelah itu aku langsung menuju tempat fotocopy yang ada di area Polres buat fotocopy SIM lama dan KTP masing-masing 2 lembar. Biaya Rp3.000 dan kamu bakalan dikasi Map warna biru.

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Oli Pertamina

Langkah berikutnya aku langsung menuju ruang tes psikologi gitu. Di sini kamu bakal dikasi soal sebanyak 30 dan cukup menjawab IYA atau Tidak. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp50.000. Nggak langsung bisa ikutan tes, kamu harus ikut antri sekitar 15 -20 menit. Ini pas aku lho ya, nggak tau kalau yang lain. Soalnya waktu itu emang penuh banget.

Kalau sudah selesai tes psikotes, langkah selanjutnya adalah KIR dokter yang ada di sebelah tes psikotes. Eh sebelahnya lagi ding, pokoknya sebelah tukang bakso. Jangan salah masuk yaa.

6 Tips Traveling Pakai Motor

Untuk KIR dokter ini biaya Rp40.000. Ini antrinya buanyak banget. Kalau pas aku kemarin sekitar 1 jam. Iya antri duduk doang. Abis itu masuk dan ditanyain, berat badan berapa? Tinggi berapa? Golongan darahnya apa? Dan yang terakhir ditanyain, ini angka berapa?

Udah gitu doang. Setelah selesai mengikuti tes, lalu sampai pada titik di mana kamu masukin berkas (fotocopy SIM dan KTP, hasil tes psikologi dan KIR dokter ke ruangan SIM. Di sini kamu harus antri lagi 3 jam. Iya 3 jam itu buat urus berkasnya. Dan ada kesalahan nama dan disuruh antri lagi sekitar 1,5 jam an. Baru deh dapet nomor antrian buat foto SIM. Untuk perpanjangan SIM C dikenai biaya Rp75.000.

Apakah mengurus perpanjangan SIM bisa selesai satu hari?

Jawabannya TIDAK. Nggak tau kalau pengalaman orang lain ya. Aku kemarin ngantri mau foto aja sampai jam 5 sore dan akhirnya disuruh pulang dan balik lagi ke esokan harinya buat foto dan SIM jadi.

Sebenarnya yang bikin males ngurus beginian itu karna antrinya. Jadi, kenapa nggak diterapkan sistem online saja kemudian uangnya kan bisa ditransfer. Kenapa nggak bikin aplikasi saja ya? Misalnya kayak SAKPOLE itu lho, jadi kan kita dateng ke lokasi tinggal ambil saja. Hemat waktu juga kan?

Sebelumnya sih aku sempet gugling perpanjangan SIM secara online, tapi kok webnya sedang gangguan. Alangkah baiknya jika bisa digunakan. Ini juga untuk memudahkan dan menghemat waktu juga kan?

Begitulah tata cara perpanjangan SIM di Klaten. Dulu pas ngurus perpanjangan sebelum perpanjangan ini kayaknya nggak lama banget ngantrinya. Ya mungkin kemarin lagi nggak hoki kali ya.



~MissAnt~


0 komentar:

Post a comment

Popular Posts