Wednesday, 3 June 2020

5 Ide Bisnis Online dan Offline Paling Populer Tahun 2020

Sumber Gambar : Google



Mencari ide bisnis online dan offline yang populer khususnya di tahun 2020 tentu sangat banyak pilihannya. Namun, di sini Anda juga harus menyesuaikan dengan pasion Anda karena bisnis yang dijalankan dengan passion tentu lebih mudah dalam mengembangkannya. 

Kebutuhan dan tuntutan hidup di jaman sekarang semakin tinggi. Bahkan banyak kebutuhan sekunder yang sudah bergeser menjadi kebutuhan primer. Itulah mengapa banyak orang yang memilih untuk menjalankan bisnis baik itu online maupun offline sebagai tambahan.

Ide bisnis online dan offline tentu akan sangat dicari karena memiliki peluang yang bagus sebagai pemasukan sampingan. Tak heran jika sekarang ini banyak  yang sudah mulai kreatif untuk mencari peluang bisnis, baik itu bisnis online maupun offline. Meskipun keduanya sama-sama bisa menghasilkan uang, namun juga memiliki keunggulan masing-masing.

Keunggulan Memilih Bisnis Online

1.Bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja

Saat ini banyak hal yang bisa memudahkan dalam menjalankan bisnis hanya dengan modal internet saja. Yang membuat orang lebih suka bisnis online adalah bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja. Anda hanya perlu laptop/smartphone dan koneksi internet. Untuk masalah tempat tentunya lebih flexible. Dengan begitu akan lebih mudah dijalankan.

2.Minim modal

Bisnis online sangat minim modal, hanya bermodalkan komputer, modem dan langganan internet Anda sudah bisa memulai bisnis online. Untuk masalah modal tentunya tidak banyak karena yang paling Anda butuhkan di sini adalah bagaimana cara untuk mengembangkan bisnis agar mampu bersaing dengan yang lain.

3.Jangkauan pasar yang lebih luas

Poin ini adalah kelebihan bisnis online yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Para pengusaha pasti ingin agar usaha mereka diketahui lebih banyak orang yang nantinya akan menjadi konsumen. Dengan bantuan internet, kita bisa memasarkan apa saja kepada orang lain dimana pun mereka berada. Bisnis online juga akan memudahkan Anda dalam menjangkau pasar yang lebih luas.

4.Lebih menghemat biaya dan waktu

Karena sistemnya online dari promosi, maka pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan secara online dan pengiriman juga mudah karena banyak penyedia jasa pengiriman paket. Hal ini tentu akan lebih menghemat waktu dan biaya.

5.Bisa dijadikan penghasilan utama

Bisnis online juga bisa dijadikan penghasilan utama. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang yang memiliki omset perbulan hingga ratusan juta rupiah bahkan milyaran rupiah hanya dengan bisnis di internet. Meski begitu Anda juga harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa dijadikan pendapatan utama.


Ide Bisnis Online Yang Bisa Anda Coba

1.Blogging

Jika blogging adalah salah satu pilihan berbisnis Anda, maka hal yang pertama Anda lakukan adalah mencari karakter dan tema yang khas dari tulisan blog Anda. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan brand atau bisnis lainnya karena di situlah peluang bisnis Anda akan terbuka semakin lebar karena tidak sedikit pula perusahaan yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda sebagai pengiklan produk mereka di blog Anda. 


2.Jasa Desain CV

Inilah kesempatan bagi Anda untuk masuk dan menawarkan bisnis unik ini. Anda bisa membuka jasa desain CV untuk para jobseeker, terutama bagi mereka yang fresh-graduate, jasa Anda sangatlah dibutuhkan. Bahkan hanya dengan memakai aplikasi dari Canva, Anda bisa membuat bermacam-macam CV dengan desain yang menarik.

3.Online course

Dengan membuka online course, maka Anda membuka usaha dan berbagi ilmu kepada mereka yang membutuhkan serta tertarik untuk belajar. Bisnis yang satu ini bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan bagi Anda yang ingin menekuninya karena tidak sedikit orang yang ingin mempelajari pengetahuan atau skill tertentu. Anda juga tidak perlu keluar rumah dalam menjalankan bisnis ini, cukup dengan online saja.

4.Menjadi Dropshipper

Peluang usaha online yang menjanjikan ini bisa Anda coba dengan mudah. Cara kerjanya adalah dengan  melakukan promosi produk dengan menampilkan gambarnya, kemudian nantinya akan ada pembeli yang tertarik dan membayar kepada Anda, setelah itu Anda melakukan pembayaran barang ke supplier untuk langsung dikirimkan barangnya ke pembeli atas nama Anda. Sangat mudah, bukan?

5.Menjadi Reseller

Menjadi reseller juga merupakan peluang bisnis online yang bisa Anda coba. Di sini Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Hindari menjual produk yang berbasis pada tren karena umumnya tren terkini tidak bertahan lama. Kecuali bila Anda berencana untuk menjual produk yang sedang tren saat ini dan beralih ke produk baru bila trennya sudah berakhir.

Keunggulan Memilih Bisnis Offline

1.Pelayanan konsumen yang lebih mudah

Dengan bertemu langsung atau bertatap muka secara langsung, maka  pelayanan kepada konsumen bisa dilakukan dengan mudah. Tuntutan konsumen pun tidak akan berlarut-larut karena bisa diselesaikan secara langsung. 

2.Tidak perlu repot melakukan pengiriman

Karena produk yang telah dipilih diserahkan kepada konsumen langsung setelah membayar, pemilik toko tidak perlu repot melakukan pengiriman. Hal ini juga tidak membuat pelanggan menunggu barang lama karena bisa langsung dibawa.

3.Persaingan yang tidak terlalu banyak

Meskipun bisnis online kini sedang menjamur, namun toko offline tetap mempunyai pelanggan setianya sendiri. Karena itu biasanya toko offline bersaing dengan toko offline lainnya juga yang jumlahnya tidak terlalu banyak.  Sehingga untuk masalah persaingan, bisnis offline masih sangat aman.

4.Sistem pembayaran yang lebih aman

Konsumen yang berkunjung di toko offline biasanya akan membayar barang belanjaannya secara cash. Pembayaran langsung ini juga membuat transaksi di toko offline lebih aman. Uang untuk membayar langsung bisa dilihat dan dihitung langsung oleh pemilik toko.

5.Lebih mudah membangun kepercayaan

Dibandingkan dengan bisnis online, bisnis offline tentunya memiliki keunggulan yang membuat banyak orang tertarik dan tetap melakukan bisnis offline ini. Hal besar itu adalah kepercayaan. Menarik kepercayaan pelanggan memang paling mudah dengan adanya bisnis offline yang jelas-jelas sudah nampak produk-produknya.

Ide Bisnis Offline Yang Bisa Anda Coba

1.Personal Trainer Atau Gym Owner

Bagi Anda tertarik dengan bisnis ini, maka yang perlu Anda persiapkan adalah pengetahuan mengenai kesehatan dan semangat Anda untuk menjalankan olahraga. Pelanggan Anda tentunya akan jauh lebih bersemangat jika personal trainer-nya juga punya semangat hidup sehat.

2.Wedding Photographer

Bagi Anda yang punya hobi di bidang fotografi dan sangat tertarik dengan momen-momen spesial seperti pernikahan, bisnis ini cocok untuk Anda. Tentunya tidak ada yang lebih menyenangkan dari mendapatkan penghasilan dari hobi yang Anda miliki, bukan? Modal yang dibutuhkan juga tidaklah besar.

3.Usaha Potong Rambut

Usaha potong rambut hingga saat ini masih menjadi peluang bisnis offline yang bisa Anda coba. Jika Anda memiliki tempat di rumah yang bisa dimanfaatkan, maka Anda tidak perlu menyewa ruko. Artinya bisnis ini tidak perlu menyewa tempat lain karena Anda bisa memanfaatkan space di rumah.

4.Jasa Penitipan Anak

Bisnis ini sangat cocok dijalankan di kota-kota besar. Kesibukan orang tua bekerja seringkali mengharuskan anak dititipkan ke pihak lain. Ini bisa jadi peluang usaha. Pada awalnya, Anda mungkin harus menyiapkan modal untuk melakukan renovasi rumah Anda. Tujuannya adalah untuk menjadikan rumah Anda area bermain yang menyenangkan sehingga nantinya anak-anak lebih betah.

5.Usaha angkringan

Meski zaman sudah semakin modern, namun Ankringan masih tetap populer hingga sekarang. Anda bisa memulai bisnis ini hanya dengan modal gerobak dan lingkungan yang ramai.




 ~MissAnt~

6 Trik Ampuh Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula

Sumber Gambar : Google



Profesi penulis lepas terkadang masih dianggap sebelah mata karena penghasilan yang tidak tetap. Hal ini karena beberapa pola pikir orang zaman dulu yang masih melekat dengan pekerjaan tetap dan seringkali meremehkan pekerjaan paruh waktu yang dianggap kurang menghasilkan.


 Meski begitu ternyata dengan menjadi penulis lepas juga mempu menghasilkan banyak uang. Salah satu cara untuk mendapatkan uang tambahan dari internet adalah menjadi penulis lepas. Untuk menjadi penulis lepas, Anda harus memiliki skill menulis karena tidak semua orang bisa menghasilkan uang dari tulisannnya.

Penulis lepas atau yang lebih populer dengan freelance writer juga menjadi salah satu profesi yang cukup banyak digandrungi para generasi milenial. Terlebih jika Anda memiliki skill menulis, tentunya bisa dikembangkan menjadi suatu cara untuk menghasilkan uang. 


Waktu dan tempat kerja yang lebih fleksibel membuat Anda tidak harus mengikuti tuntutan layaknya kerja kantoran. Selain itu, penulis lepas merupakan salah satu pekerjaan yang cukup mudah untuk dipelajari.


Apa itu penulis lepas?

Bagi orang awam tentunya masih asing dengan istilah ini. Akan tetapi, bagi para millenial tentunya profesi ini sangat asyik karena jam kerja yang fleksible hingga tidak terlalu ribet dengan aturan-aturan kantor. 

Bahkan di kota-kota besar pun banyak perusahaan yang sudah menerapkan jam kerja fleksibel sehingga banyaknya aturan dalam kantor seringkali dianggap kuno. Hal ini karena yang terpenting adalah kepercayaan antara pemimpin dengan karyawan. Bahkan menurut beberapa survey, jam kerja yang fleksibel juga mampu meningkatkan kreatifitas seseorang, apalagi kalau profesinya adalah seorang penulis.


Penulis lepas adalah seorang penulis yang menulis untuk proyek secara kontrak maupun proyek lepas untuk perusahaan atau pribadi. Profesi ini bebas bekerja untuk siapa saja dan berapapun kliennya, baik itu pribadi maupun perusahaan. 

Penulis lepas juga memilih sendiri proyek yang ingin dikerjakan dan bebas mengerjakannya dari mana saja. Bisa di rumah ataupun sambil traveling ke seluruh dunia.

Skill apa saja yang harus dimiliki oleh Penulis lepas?

Dengan cara kerja yang fleksibel dan lebih santai, tentunya ada beberapa skill yang harus dimilliki oleh penulis lepas. Lalu, apa saja kemampuan dasar yang harus dimiliki penulis lepas?

1.Harus paham dengan tata bahasa dan ejaan

Ini sangatlah penting dikuasai oleh seorang penulis lepas. Tulisan yang bagus sekalipun akan terlihat buruk jika ada kesalahan dalam tata bahasa dan ejaannya. 

2.Memahami tentang riset

Pemahaman isi artikel nantinya akan menjadi tanggung jawab penulis lepas sehingga kemampuan untuk meneliti dan memahami sumber referensi sangat dibutuhkan. Memahami riset sangatlah penting bagi mereka agar menjadi orang yang paling mengerti tentang topik yang dibahas dalam tulisan.

3.Menguasai proofreading

Setelah selesai mengerjakan artikel, penulis harus memastikan apakah ada kesalahan atau tidak. Proofreading sangat berguna untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi pada penulisan yang mungkin terjadi ketika Anda menulis sehingga wajib bagi penulis untuk menguasai skill ini.

4.Menguasai berbagai macam gaya penulisan

Di sini Anda bisa menggunakan gaya penulisan yang mengalir, to the point, tidak bertele-tele, dan tentu saja mudah dipahami. Usahakan agar Anda sendiri mampu membuat artikel dengan beberapa gaya penulisan. Misalnya saja artikel santai/casual, semi resmi, atau formal.

5.Paham tentang format dalam artikel

Setiap klien tentunya akan meminta jenis tulisan dengan format yang berbeda-beda. Maka Anda sebagai penulis lepas harus paham dengan beberapa format artikel seperti, menggunakan bullet list atau numbering untuk menunjukan point-point dalam artikel yang dirasa perlu, mempelajari menulis artikel di platform wordpress dan format lainnya.

6.Profesional

Meski kerjanya bisa dari mana saja bukan berarti harus seenaknya dalam bekerja. Anda harus tetap profesional karena merupakan bagian penting dalam kesuksesan berkarier.

Bagaimana cara menjadi penulis lepas bagi pemula?

Menghasilkan banyak uang dari penulis lepas? Siapa sih yang nggak mau? Semua orang tentu ingin mencobanya begitu juga dengan Anda. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil tambahan dari menulis dan memiliki skill seperti yang sudah disebutkan di atas, maka Anda bisa menjadi penulis lepas yang menghasilkan banyak uang.


Bagaimana caranya? Berikut tips buat Anda yang ingin menjadi penulis lepas khususnya para pemula

1.Membuat website pribadi

Bagi penulis online, memiliki website sangatlah penting. Ini juga bisa menjadi portofolio jika ada klien yang ingin melihat hasil tulisan yang And buat. Selain itu, dengan adanya web pribadi juga membuktikan bahwa Anda adalah penulis yang kredibel dan terpercaya.

2.Memilih jenis tulisan yang Anda kuasai

Ada banyak jenis tulisan yang bisa Anda pilih, misalnya konten situs web, artikel blog, copywriting yang persuasif, ghostwriting menulis untuk orang lain, berita, dan majalah. Pilih yang paling Anda kuasai sehingga Anda akan lebih maksimal dalam menjalankannya.

3.Bergabung di situs freelance

Anda bisa mulai mencari job menulis di situs-situs freelance Indonesia. Silahkan cari di kategori penulis artikel, writing, atau sejenisnya. Lalu lakukan bid atau penawaran pada job menulis yang ada. Anda bisa mencarinya di Google.

4.Promosi melalui blog


Cobalah untuk membuat blog pribadi sebagai media promosi utama. Isi blog tersebut dengan contoh-contoh artikel yang menarik, format yang ideal, dan SEO friendly. Jika tulisan dalam blog tersebut menarik, maka tidak menutup kemungkinan para klien akan tertarik dan memesan tulisan secara terus-menerus. 

5.Bergabung dengan grup atau komunitas penulis lepas

Anda bisa bergabung dengan grup atau komunitas penulis lepas yang biasanya terdapat di media sosial. Dengan bergabung di grup tersebut akan mendapatkan banyak keuntungan dan bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling sharing ilmu, pengalaman, job atau project, dan lain sebagainya.

6.Pahami dasar-dasar SEO

Memahami dasar-dasar SEO sangatlah penting bagi penulis. Hal ini karena Anda menawarkan jasa penulisan artikel untuk blog, berarti Anda harus paham juga dengan yang namanya SEO. Anda tidak harus mempelajari teknik-teknik yang rumit, cukup pelajari dasarnya saja terlebih dahulu, seperti riset kata kunci dan optimasi SEO on page.  






~MissAnt~


Bagaimana Tips Memulai Bisnis Wedding Organizer Tanpa Modal?

Sumber Gambar : Google



Lahirnya wedding organizer di Indonesia merupakan bukti bahwa pernikahan bisa menjadi ladang bisnis berskala besar. Yang dimaksud di sini bukanlah bisnis tentang pernikahan tetapi jasa untuk merencananakn pernikahan atau yang biasa disebut dengan wedding organizer. Peran penting wedding organizer ini juga seperti urut-urutan hierarki, yang tak lain adalah sebagai konsultan menyusun konsep dasar yang layak dengan beragam pertimbangan. Selain itu juga mencakup mencakup hampir semua tugas dan kewajiban hingga pesta pernikahan berjalan dengan lancar. 


Wedding organizer merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang besar dan sangat menjanjikan. Meskipun menjalankan wedding organizer membutuhkan kerja keras dan butuh banyak waktu untuk mencapai kesuksesan, tapi bisnis ini bisa dilakukan dengan fleksibel, Artinya bisa dilakukan di rumah dan pastinya akan mendatangkan omzet yang sangat besar. Bagi Anda yang sudah mempunyai ilmu dasar pengorganisasian atau pengalaman pernah bergabung di event organizer lainnya, maka tak ada salahnya jika mencoba bisnis ini. 


Untuk menyelenggarakan acara pernikahan yang istimewa, banyak hal yang harus dipersiapkan. Hal itu meliputi pemilihan gaun, makeup, sewa gedung, jasa fotografi, band penghibur, katering, souvenir, dan banyak lagi. Pasangan yang menikah sudah memiliki juga harus mempersiapkan banyak hal untuk dipikirkan seperti mengurus dokumen pernikahan. Oleh karena itu tugas wedding organizer memiliki peran penting untuk mengambil alih urusan persiapan tersebut. Apalagi bagi pasangan yang keduanya bekerja sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus persiapan untuk resepsi.

Bagaimana Cara Kerja Wedding Organizer?

Tak ada kewajiban untuk menggunakan jasa wedding organizer yang akan membantu Anda mengatur segala macam dalam sebuah acara sakral dan maha penting untuk dua orang yang sedang berbahagia. Akan tetapi, kesibukan di era digital sekarang membuat banyak orang menyerah ketika segalanya nampak berantakan bahkan sebelum konsepnya digulirkan. Maka, di sinilah peran wedding organizer dibutuhkan.


Mungkin beberapa orang masih bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana cara kerja wedding organizer ini? Aga lebih jelas, berikut cara kerja wedding organizer yang telah membantu suksesnya acara pernikahan;


1.Sebagai Perencana

Wedding organizer memiliki peran penting dan bertugas untuk memberikan alternatif  tentang konsep acara yang diinginkan seperti apa, berapa anggaran biaya, ingin diadakan di mana, siapa vendor yang tepat untuk katering, dekorasi, foto dan video, MC, dan lain sebagainya. Ketika wedding organizer pertama kali bertemu dengan klien, percakapan harus terdiri dari penjelaskan paket yang tersedia dan secara singkat membahas jenis pernikahan yang diinginkan klien.

2.Sebagai Koordinator

Sebagai koordinator, Anda bertugas mengatur apa yang diinginkan calon mempelai dan nantinya harus bagaimana. Bahkan keluarga calon mempelai harus mengadakan pertemuan untuk technical meeting dan urusan gladi bersih sebelum hari-H. Wedding Organizer harus memastikan bahwa semua orang yang ada di pesta pernikahan akan diantar ke upacara menghadiri latihan pernikahan, jika memungkinkan. Anda akan bertanggung jawab atas latihan pernikahan juga, yang biasanya berlangsung satu atau dua hari sebelum pernikahan.

3.Melakukan perencanaan secara maksimal

Dari awal Anda harus banyak berkomunikasi dengan calon pengantin agar rencana yang dijalankan juga maksimal. Tanyakan apa yang diinginkan calon pengantin supaya acara dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengen keinginan kedua mempelai. Semakin banyak pengalaman yang Anda dapatkan, maka proses akan lebih ramping dan mudah direalisasikan.


4.Menentukan anggaran sesuai dengan budget calon pengantin

Anggaran akan sangat mempengaruhi setiap keputusan pernikahan. Wedding Organizer harus mulai membahas secara rinci dengan klien tentang banyaknya anggaran yang dimilikinya. Beberapa klien mungkin akan menangani anggaran sendiri. Tapi sebagian klien juga memerlukan bantuan Anda. Sebelum mempertimbangkan tempat atau membuat janji dengan vendor apapun,  Anda harus yakin bahwa semua orang setuju pada total anggaran yang Anda tawarkan.

5.Memastikan Rundown acara sudah diterima dengan baik oleh semua pihak

Sebagai wedding organizer, Anda harus memastikan agar segalanya berjalan sesuai rencana. Pada hari pernikahan, wedding organizer harus tiba di tempat tersebut cukup awal untuk mengawasi acara dan memastikannya berjalan dengan baik. Wedding organizer harus menjadi penghubung antara semua vendor dan pengantin  pada hari pernikahan.

Salah satu keterampilan yang Anda harus miliki sebagai wedding organizer adalah kemampuan untuk menjaga pernikahan bergerak sesuai dengan garis waktu tetapi juga harus mampu mengetahui kapan harus mempercepat atau memperlambat. Jika terjadi kesalahan dalam acara dari awal sampai akhir, maka yang bertanggung jawab adalah wedding organizer.




6.Selesai acara pernikahan

Wedding organizer juga bertugas memastikan bahwa setelah acara selesai dapat terorganisir dengan baik dan lancar. Seperti memastikan mahar dan hantaran yang diberikan saat acara akad nikah sudah di simpan di tempat yang aman. Anda juga harus meminta salah satu dari pihak keluarga untuk menyaksikan penyimpanan tersebut sebagai bukti bahwa tim dari wedding organizer telah membantu untuk menjaga dan menyimpan mahar di tempat yang aman.

Tak hanya itu saja, wedding organizer juga harus memastikan bahwa kotak amplop juga tersimpan di tempat yang aman. Selain menjamin keamanan barang berharga dalam acara pernikahan, wedding organizer juga bertugas untuk mengatur tim yang akan membereskan dekorasi serta pengembalian properti yang telah dipakai untuk acara pernikahan. Setelah semuanya beres barulah pekerjaan wedding organizer dinyatakan selesai.

Bagaimana Tips Memulai Bisnis Wedding Organizer Tanpa Modal?

Apakah Anda tertarik untuk menjadi wedding organizer namun terbatas dengan modal yang dimiliki? Meski tidak memiliki modal besar, Anda bisa menjadi wedding organizer. Berikut tipsnya;

1.Tanamkan kepercayaan

Bisnis wedding organizer bisa berjalan lancar dengan adanya kepercayaan. Kepercayaan ini bisa Anda dapatkan dengan cara selalu memberikan pelayanan terbaik kepada klien. Ketika klien puas dengan hasil kinerja Anda, bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan bisnis wedding organizer kepada teman atau kerabat yang akan menikah.

2.Buat portofolio pengalaman Anda

Untuk mengumpulkan portofolio, Anda bisa menawarkan kepada saudara dan teman terdekat terlebih dahulu. Berikanlah harga yang sedikit lebih murah. Semakin sering Anda mengurus pernikahan orang, maka akan semakin banyak mengumpulkan portofolio. Portofolio ini nantinya bisa Anda tunjukkan kepada calon klien.

3.Maksimalkan komunikasi

Dengarkan baik-baik keinginan klien. Diskusikan hal-hal tersebut dengan budget yang dimiliki klien. Kemudian carikan model acara yang paling sesuai untuk mengakomodasi keinginan tersebut sesuai dengan budget. Komunikasi yang terjalin dengan maksimal juga akan menumbuhkan kepercayaan terhadap klien meski modal yang Anda miliki sangatlah kecil atau terbatas.

4.Berikan pelayanan terbaik

Hal ini akan terlihat sia-sia jika semua rencana yang Anda lakukan sudah tersusun dengan sempurna tapi tidak memberikan pelayanan yang terbaik. Ini tentunya akan membuat pelanggan menjauh dari wedding organizer yang Anda kembangkan. Layanilah konsumen dengan sebaik mungkin mulai dari mendengarkan keinginannya saat bernegoisasi hingga memberikan solusi yang terbaik agar konsumen mudah menentukan konsep pernikahan sesuai dengan budget. Hal ini pasti akan membuat konsumen merasa puas.

~MissAnt~

6 Tips Memulai Bisnis Tata Rias Pengantin Untuk Pemula

Sumber Gambar : Google



Memulai bisnis rias pengantin kini semakin popular karena memiliki peluang yang bagus khususnya bagi para Ibu rumah tangga. Dalam merias pengantin tentunya tidak boleh sembarangan karena harus dilakukan oleh profesional. Apalagi yang dirias di sini adalah pengantin yang menginginkan tampilan yang maksimal. Tentu hal ini menjadi tantangan sendiri bagi semua orang yang ingin mencobanya.

Perias juga tidak sekedar merias dan bertemu langsung pada saar hari H. Namun, sebelumnya juga sudah bertemu dan berdiskusi langsung untuk mengetahui tema dan kepribadian si pengantin. Hal ini karena kedekatan emosional antara perias dan pengantin juga akan memberikan pengaruh agar hasil riasan nantinya sesuai dengan keinginan pengantin.

Bisnis rias pengantin merupakan salah satu bidang bisnis jasa yang menjanjikan banyak keuntungan dan cukup mudah dijalankan serta tidak memerlukan begitu banyak modal untuk menjalankannya. Keberadaan perias pengantin dalam suatu acara pernikahan juga merupakan salah satu hal yang wajib dipersiapkan.

Maka tak heran jika saat bulan-bulan tertentu di mana banyak masyarakatnya yang menggelar acara pernikahan, bisnis rias seperti ini tidak jarang hingga kebanjiran pesanan. Bahkan tak jarang konsumen pun harus memesan dari jauh-jauh hari sebelumnya demi memilih jasa rias pengantin yang sudah profesional.

Bagaimana cara memulai bisnis tata rias pengantin untuk pemula?

Meski memiliki peluang yang bagus dan menjanjikan, namun bisnis ini tidak dapat dijalankan dengan mudah oleh siapa saja. Pasalnya merias seorang pengantin membutuhkan keterampilan tersendiri yang bagi sebagian orang yang tentunya akan sulit dilakukan. Tapi asal ada kemauan untuk belajar, semua orang bisa menjadi tata rias pengantin yang handal.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis tata rias khususnya bagi yang masih pemula? Berikut tipsnya;

1.Anda harus memiliki skill merias

Skill merias merupakan modal dasar yang harus dimiliki untuk memulai bisnis tata rias pengantin. Hal tersebut akan menjadi alasan yang kuat bagi para calon pelanggan memilih anda sebagai perias pengantinnya. Jika Anda merasa kurang memilki skill yang maksimal dalam tata rias, maka salah satu caranya bisa dengan mengikuti pelatihan-pelatihan serta sering melakukan praktek langsung merias wajah sehingga pengalaman akan semakin dimiliki.

2.Memiliki modal

Berhubung nantinya keuntungan yang didapatkan juga besar, maka Anda harus memiliki modal ketika membuka bisnis tata rias ini. Jika usaha sudah berjalan dan menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan, maka hasilnya dapat Anda investasikan untuk melengkapi perlengkapan lain berupa dekorasi atau menyediakan beberapa koleksi baju pengantin (kebaya ataupun jas). Anda tak perlu khawatir soal modal karena nanti juga akan kembali lagi bahkan melebihi modal awal yang sudah Anda keluarkan.

3.Persiapkan peralatan dan gunakan produk kosmetik yang berkualitas

Peralatan merias serta aneka produk kosmetik lengkap dan berkualitas menjadi salah satu modal yang harus dipersiapkan dalam bisnis rias pengantin. Jangan sampai Anda memilih produk seadanya karena dengan memilih produk berkualitas juga akan meningkatkan branding Anda di mata perias lainnya. Dengan adanya dukungan barang-barang tersebut, hasil riasan yang dihasilkan lebih maksimal dan Anda bisa direkomendasikan oleh klien.

4.Lakukan promosi

Promosi bisnis rias pengantin bisa dimulai dari yang paling mudah. Anda bisa menawarkan kepada rekan atau teman sekitar terlebih dahulu. Bisnis jasa seperti ini dengan sendirinya dapat dikenal dengan luas jika hasil dan pelayanan yang Anda berikan disenangi oleh pelanggan. Promosi juga bisa dilakukan secara online. Untuk pelanggan pertama, lakukan service secara maksimal sehingga tanpa diminta pun akan merekomendasikan kepada rekannya yang lain. Nanti lama kelamaan jasa Anda pun akan semakin dikenal secara luas.

5.Cobalah untuk menawarkan jasa rias untuk acara lainnya

Bisnis rias pengantin bisa di kategorikan kedalam jenis usaha yang musiman yang berarti layanannya hanya dibutuhkan di waktu-waktu tertentu saja. Agar tetap berjalan menghasilkan uang, Anda bisa menawarkan jasa rias untuk acara lainnya seperti acara wisuda, make up artis, ulang tahun, acara pesta, acara keluarga dan lain sebagainya.

Pelaku bisnis ini pun seringkali mencoba mengembangkan bisnisnya dengan menawarkan layanan lain yang masih berkaitan. Seperti menyewakan gaun pengantin, penyewaan dekorasi pernikahan dan lain sebagainya. Anda bisa mencobanya. Dengan cara ini tehntunya Anda masih bisa mendapatkan pemasukan ketika rias pengantin sedang sepi.

6.Meminimalisir hambatan

Sebagai perwujudan dari usaha musim pernikahan saja, sehingga tidak bisa dijadikan bisnis utama yang konsumennya selalu ada setiap waktu. Untuk meminimalisir hal ini Anda harus memahami atas konsekuensi dari bisnis rias pengantin ini. Pasalnya dalam satu tahun Anda hanya dapat menjalankan bisnis ini selama beberapa bulan saja (kurang lebih 4 bulanan). Sedangkan sisa waktu 8 bulan lagi tidak dapat dijalankan alias pasar lagi sepi.

Hal ini penting untuk Anda pikirkan sebelum memulai bisnis tata rias pengantin. Selain yang disebutkan di atas, membuka usaha rias pengantin harus kreatif dan memiliki keinginan untuk selalu belajar. Ketika sedang tidak musim acara pernikahan, Anda bisa mengasah keterampilan Anda di bidang rias dengan cara ikut pelatihan make up.

Bagaimana perhitungan usaha rias pengantin?

1.Peluang

Semua calon pengantin akan berusaha mencari perias pengantin terbaik untuk mendandaninya. Hal ini tentu saja bisa menjadi peluang emas bagi Anda. Apalagi jika Anda mempunyai keahlian dalam merias wajah, ini tentu bisa menjadi peluang.

2.Persiapan memulai bisnis

Jika Anda belum memiliki skill tata rias, Anda bisa mengikuti kursus tata rias untuk meningkatkan kemampuan dan mengetahui update terbaru tentang tata rias dan busana pengantin yang sedang digemari. Selain itu juga melengkapi peralatan tata rias, menyiapkan busana-busana pengantin. Anda juga bisa menjahitnya di tempat jahit dengan berpedoman pada model baju pengantin yang sedang digemari.

3.Strategi bisnis

Di sini Anda bisa melakukan promosi dengan menyebarkan kartu nama berisi lokasi tempat usaha Anda. Untuk lebih praktisnya bisa promosi lewat online. Anda juga bisa menawarkan bonus atau harga yang lebih murah ketika si pengantin mengajak keluarganya untuk menata rias di tempat Anda. Anda harus berusaha mengerti keinginan pelanggan. Selain itu bisa bekerja sama dengan fotografer, katering dan sebagainnya untuk saling membantu promosi.


4.Tips sukses

Agar sukses dalam berbisnis tata rias, Anda harus terus belajar tentang tata rias sehingga pelanggan puas dengan pelayan Anda. Anda harus pandai menjaga kualitas dengan hanya menggunakan alat tata rias dengan merek yang terpercaya. Dengan begitu bisnis tata rias Anda akan semakin populer lantaran Anda menggunakan produk-produk yang berkualitas.

5.Analisis usaha tata rias

Untuk perhitungan usaha tata rias, Anda bisa menghitung mulai dari biaya kursus tata rias, koleksi alat make up, busana pengantin, lemari pakaian khusus, koper, dan keperluan lainnya. Hitung-hitungan ini harus Anda maksimalkan agar lebih mudah dalam menjalankannya.


~MissAnt~


Popular Posts