Tuesday, 7 January 2020

10 Skiil Yang Harus Kamu Kuasai Di Tahun 2020

Sumber gambar : Google 


Udah 2020 dan kamu masih aja julid buat ngurusin hidup orag lain, mencari-cari kesalahan orang lain dan masih sibuk menjatuhkan orang lain? Hello......tahun udah cakep gini masih aja ada makhluk kayak gitu, kirain dah pada punah. Ternyata masih berkeliaran juga.

Oiya, buat kamu yang hidupnya waras, dalam artian nggak pernah julid sama orang lain, ayoook kita cari tahu apa aja skill yang harus kamu butuhkan di tahun 2020 ini. Makin belajar maka makin paham biar cari duit juga lebih gampang. Aseeekkk...

Perkembangan teknologi memang sangat cepat sekali. Bahkan buat kamu yang kesulitan mengikuti selangkah saja, maka akan merasa gagap. Sebagai pekerja di dunia kreatif tentunya harus siap dengan perubahan dan perkembangan zaman. Tak hanya itu saja, skill dan pengetahuan pun juga harus ditingkatkan,  maka harus banyak belajar.

Bagi orang yang tidak mau belajar, maka jangan heran kalau kamu ketinggalan banyak banget dan sulit buat mengikuti perkembangan teknologi apalagi ini udah tahun 2020 lho...masa masih aja ada orang yang sukanya nyuri ide orang lain demi cari muka.....hahaha...masih ada tuh yang kayak gitu.....*Uhuk....

Tahun 2020 baru aja kita lewatin dan belom ada sebulan, jadi masih banyak waktu buat belajar. Dan yang perlu kamu tahu, ada beberapa skill yang harus kamu perdalam kalau kamu ingin semakin eksis di tahun 2020.

Berdasarkan sebuah laporan dari The World Economic Forum yang terkait dengan kebutuhan skill manusia di tahun 2020, mereka telah mengurutkannya dari hal terpenting di posisi pertama sampai urutan terakhir. Kira-kira apa saja?

Berikut urutan skill terpenting yang harus kamu kuasai agar mampu bersaing di tahun 2020

1.Complex Problem Solving

Yang namanya masalah tentunya datang untuk mendewasakan kita. Tak ada masalah yang membuat kita hanya gitu-gitu aja. Paling ada hal yang membuat kita berubah. Complex Problem Solving merupakan kemampuan kita untuk menyikapi suatu masalah dan mencari solusinya.

Meskipun kita sudah ahli dalam satu bidang, bukan berarti kita berhenti balajar. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang rumit ini juga akan menuntut kita dalam menyelesaikan masalah dalam waktu yang sangat singkat.

2.Critical Thinking

Semakin banyaknya infromasi yang disebarkan khususnya di sosial media, sebenarnya ini melatih kita untuk selalu berfikir kritis. Apakah kita akan langsung menelannya dengan mentah-mentah atau disaring terlebih dulu. Kemampuan berfikir kritis sangat penting. Kita harus bisa membedakan mana yang merupakan faktab dan mana yang hanya hoax.

3.Creativity

Mungkin sekarang ini banyak orang pintar dengan lulusan terbaik di kampusnya, tapi tidak semua orang mampu berfikir kreatif. Di era digital ini, kreatifitas akan sangat berperan besar. Banyak perusahaan yang mengingkan orang-orang kreatif dan dapat menerapkan teknologi dalam pekerjaannya.

4.People Management

Ibaratnya begini, “Jangan biarkan satu buah apel busuk merusak rasa salad buah yang sudah kita buat”. People management merupakan kemampuan kita untuk menangapi bagaimana kita bisa membuat lingkungan kita sekondusif mungkin. Bagaimana kita merangkul orang lain dengan karakter yang berlawanan. Jika kita memiliki skill management, maka kita berpeluang menjadi A GOOD LEADER.

5.Coordination With Others

Kemampuan bekerja sama dalam tim sangatlah penting. Dalam hal ini, yang sering diremehkan adalah mereka para Intovert karena selalu dianggap tidak bisa berbaur dan bekerja sama . Perlu digarisbawahi bahwa Introvert bisa bekerja sama dengan baik. Meski lebih banyak diam, tapi mereka kaum Introvert bisa bersosialisasi dengan cara mereka sendiri.

6.Emotional Intelligent

Masih banyak orang yang gagal memiliki skill ini. Sekilas membacanya memang mudah. Emotional Intelligent sangat berhubungan dengan kemampuan kita dalam mengatur emosi. Meski berada pada urutan ke-6, tapi emotional intelligent sangatlah penting.

Secara harfiah, kecerdasan emosional adalah menginformasikan setiap interaksi yang kita miliki. Skill ini juga sangat penting bagi para manager dan atasan lainnya.

7.Judgement and Decision Making

Judgement and decision making skill merupakan kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan tepat saat situasi sedang tidak kondusif. Bisa nggak kita mengambil keputusan yang tepat saat situasi sedang genting? Biasanya hanya orang-orang tertentu  yang bisa melakukannya.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengambil keputusan adalah dengan menggabungkan analisis masalah, logika dan intusi yang tepat.

8.Service Orientation

Salah satu konsep bisnis di era sekarang adalah service orientation. Siaapun yang bisa memberikan pelayanan terbaik, maka dia yang menang. Siapa yang paham cara memperlakukan orang lain atau cara menyenangkan pelanggan, maka dialah yang berhasil.

9.Negotiation

Dengan kemajuan teknologi, soft skill negosiasi akan menjadi hal yang sangat dibutuhkan, khususnya saat bernegosiasi dengan manager, client, kolega mapun dengan tim.

10.Cognitive Flexibility

Cognitive flexibility melibatkan kreativitas, penalaran logika, dan sensitivitas terhadap suatu masalah. Skill ini juga akan membatu kita menyesuaikan bagaimana cara berkomunikasi dengan lawan bicara.

Salah satu ungkapan yang menggambarkan cognitive flexibility adalah “Lebih baik menyalakan lilin daripada meratapi kegelapan”.“Lebih baik menemukan pintu lain daripada berlama-lama menyesali satu pintu yang telah terkunci”.

Gimana? Jadi kamu udah punya salah satunya belum? Kalau bisa menguasai lebih dari satu, selamat.....kamu akan jadi orang hebat di tahun 2020.


Aamiin


~MissAnt~


0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts