Tuesday, 15 January 2019

4 Pelajaran Nyempil Dari Stand Up Comedy Raditya Dika 2019




Kenapa yak? Tiap denger nama Raditya Dika selalu pingin cekikikan. Sebagai salah satu fans berat, menurutku  banyolan bang Radit sebenarnya sangat ringan, polos dan apa adanya. Tapi kenapa tiap liat mukanya bawaanya pingin ketawa aja. Ya emang sih, cowok humoris itu menang banyak.

Kekonyolan bang Radit makin bikin gemes waktu dulu dia masih sering mainan twitter. Eh…maksudnya waktu masih sering ngetweet ding. Kalau akunnya bang Radit mungkin masih ada, hanya saja udah nggak mainan twiter. Udah pada beralih ke Vlog.  Tweetnya yang alay justru digantrungi anak-anak alay pada masa itu. Termasuk akuuu…..Hahahaa~

Hm….aku suka sama bang Radit sudah sejak lama banget. Waktu itu aku nonton film pertamanya yang berjudul “Kambing Jantan”. Dari situlah awal mula aku ngeblog. Kenapa? Karena bercerita lewat tulisan itu asyik banget. Sebenarnya aroma ngeblog udah ada sejak SD. Dari kecil udah suka nulis-nulis di buku harian. Sekarang juga masih sering sih, tapi di notes hape.

Dari film pertamanya, lama-lama aku ketagihan buat ngikutin film-film berikutnya. Semua film bang Radit udah aku tonton dooonk. Penasaran juga sama blognya yang sekarang berubah jadi kayak gini Selain itu, Aku juga ngikutin stand up nya sejak zaman dulu sampai sekarang. Kalau menurutku sih, Stand up comedinya bang Radit ini mengambil kejadian sehari-hari yang akhirnya yang sebenarnya konyol. Dan kalau dipikir-pikir ya emang iya.

Yang paling anget-anget nih….anget-anget kek sikap kamu (elah dah…), awal Januari  lalu bang Radit bikin stand up comedy terbaru dan udah ada di Youtubenya. Meski aku udah tau sejak kemunculannya, tapi baru nonton kemarin. Nggak papalah telat bentar, dari pada telat banget.

Oke, dari durasi waktu sekitar 1 jam, aku ternyata menemukan beberapa hal yang pingin banget aku tulis di blog. Kenapa? Karna aku menemukan beberapa pelajaran nyempil yang sebenarnya perlu diterapkan dalam kehidupan. Itulah yang aku suka dari karya bang Radit, di akhir adegan (atau apalah itu namanya) selalu ada pesan singkat yang penting dan tidak semua orang ngeh dengan pesan tersebut. Iya nggak sih? Iyain aja biar cepet.

Daaaaaaan……, beberapa pesan nyempil yang aku ambil dari stand up comedynya bang Radit terbaru 2019 adalah,

1.Semakin tua maka semakin malas dengan keribetan.

Kalau udah nonton, pastinya tau dong. Ini merupakan pembahansan di awal. Semakin kita merasa tua maka kita akan lebih nyaman dengan hal-hal yang sederhana. Pokoknya yang apa adanya. Kalau menurutku sih iya banget. Kita sudah alay pada masanya. Tanda kalau kita sudah tidak alay berarti kita lebih menginginkan hal-hal simple dan tidak ribet.

Btw kalau aku sih juga udah mulai menyukai hal-hal yang nggak bikin ribet tapi aku kadang masih alay. Jadi, apakah aku bisa dikatakan sudah mulai tua atau masih tetep alay. Masuk kategori yang mana akutu. Cuka  bingung cendiri akutuuuu….

2.Hindari ikut campur urusan orang  lain.

Di sini aku suka prinsipnya bang radit. “Gue nggak mau tau urusan orang lain dan gue lebih suka orang lain juga nggak terlalu ikut campur  dengan urusan gue”.  Kira-kira kurang lebih seperti itu. Kata-kata ini mungkin terkesan egois yang nggak peduli sekitar. Tapi sebenarnya perlu diterapkan karena ada baiknya. Buat apa kita ikut campur urusan orang lain. Biarlah mereka sendiri yang menjalani. Mungkin itu adalah keputusan mereka.

Nggak perlu, eh,,,kamu kok…bla,,,bla,,,bla,,,sih. Udah biarin saja. Kalau mereka nyaman seperti itu, kitanya nggak perlu ikutan ribet. Yang penting tidak ada masalah diantara kita. Sayangnya, masih banyak orang-orang yang terlalu memikirkan urusan orang lain. Mungkin karena hidupnya tidak menarik sehingga kehidupan orang lain aja diurusin. Bener nggak?

3.Menjadi orang sederhana itu menyenangkan.

Hidup nggak selamanya harus ribet. Kadang bodo amat terhadap sesuatu itu sangat penting. Kamu nggak harus terlalu mikirin omongan orang. Nggak perlu terlalu ribet mikirin sesuatu yang sebenarnya nggak terlalu penting. Cukup pikirkan apa yang penting untuk diri kamu saja. Ini bukan berarti egois loh.
Suatu saat kamu bakalan sadar kalau hal yang bikin hepi itu ngga harus sama seperti apa yang dirasakan orang lain karena setiap orang punya cara bahagia tersendiri. Yang perlu diingat adalah, bahagia itu ada versinya. Mungkin dengan seperti ini, kamu bahagia. Mungkin dengan seperti itu, dia bahagia. Make it simple  and you’ll be happier.

4.Nikah nggak harus ribet.

Kalau aku liat-liat sih, bang Radit termasuk orang yang nggak mau ribet dari A sampai Z. Jadi saat niklahpun pinginnya nggak ribet. Tapi ya masa, SEORANG RADITYA DIKA hanya nikah sederhana sih laaah. Ya memang sih, terkadang kita hanya ingin pernikahan yang sederhana saja, tapi keadaan harus memaksa seseorang untuk menggelar resepsi pernikahan. Misalnya aja kayak bang Dika, kan nggak mungkin banget kalau harus sekedar Ijab-qobul di masjid saja.

Yah setiap orang memang punya cara tersendiri untuk kenyamanannya. Semua kembali lagi ke hidup. Kita hidup pasti punya banyak pilihan. Tapi pada akhirnya kita hanya akan dihadapkan dengan satu pilihan yang akan membawamu ke tempat terbaik yang sudah ditentukan.

Ketika masih muda (Cie…masih muda…emangnya sekarang udah tua  yak), kita mungkin dihadapkan dengan banyak pilihan. Itu wajar karena kita masih terombang-ambing nggak jelas. Aku dulu juga sempat mengalami hal itu. Tapi lama-lama juga tau mana yang jadi pilihan yang paling tepat. Kalau kamu belum menemukan apa yang ingin kamu fokuskan, mungkin kamu masih tergolong alay. *Uhuk…

Kalau kalian juga ngikutin malam Malam Minggu Miko, pasti di akhir scene juga terselip hal-hal yang sebenarnya bisa jadi pelajaran hidup. Nggak tau deh menurut kalian gimana. Yang jelas bang Radit begitu cerdas dalam membuat film kocak dengan menyelipkan pesan-pesan  moral yang penuh makna. Yap, meski nggak lagi ngtweet yang aneh-aneh, tapi aku tetep suka sama karya bang Radit.

Oiya, btw sekarang istrinya bang Radit lagi hamil. Aku makin penasaran dengan anaknya. Semoga bisa lebih cerdas dari bang Radit dengan menghasilkan karya-karya yang luar biasa. #BangraditUdahNggakJomblolagi #BangRaditMauJAdiBapak #Yeayyyy

~MissAnt~

Popular Posts