Jumat, 25 Oktober 2019

3 Trik Memaksimalkan Kerja Dengan Teknik Pomodoro


Sumber gambar: Google



Siapa di sini yang suka mendadak hilang fokus saat mengerjakan pekerjaan? Kalau memang masih banyak yang mengalaminya, berarti kamu memang kurang maksimal dalam mengerjakan pekerjaan?

Loh, kenapa begitu? Kan aku udah kerja keras banget dari mulai masuk sampai pulang?

Banyak sekali pernyataan seperti itu dan ternyata teknik bekerja seperti itu memang sudah kuno. Jadi begini lho, kerja itu bukan sekedar "kamu nyampe kantor trus kerja sampai jam kerja selesai dan istirahat pada jam istirahat. Kalau menurutku, cara kayak gitu udah jadul banget. Itu sih cara kerja zaman tanteku. Hehee....





Heeeiiiii.....sekarang ini zaman udah berubah loh. Kerja nggak harus di kantor. Kerja nggak harus sampai 8 jam full. Kerja nggak harus ngoyo. Anak-anak milenial pasti paham donk maksudnya. Ye....kaaaaan?

Baiklah teman-teman, kali ini aku mau share tentang teknik kerja yang bakalan bikin kamu makin fokus. Kalian pernah dengar teknik pomodoro belum? Bagi yang sudah tahu dan sudah mempraktekkan dalam bekerja, selamat ya? apa dampak yang kamu alami? Nah....bagi yang belum pernah denger tentang teknik pomodoro, sini aku jelasin biar bisa mempraktekkannya.

Apa itu teknik podomoro?

Teknik pomodoro adalah sebuah filosofi manajemen waktu di mana kita harus mengerjakan tugas atau pekerjaan secara maksimal selama 25 menit dan beristirahat selama 5 menit. Dalam hal ini kamu bisa mengatur waktumu sendiri. Meski kamu adalah pekerja kantoran, kamu bisa kok memakai teknik ini.

Teknik Pomodoro diciptakan oleh Francesco Cirillo di penghujung 1980. Kata pomodoro sendiri berasal dari bahasa Italia, yang berarti tomat. Dinamai demikian karena Cirillo menggunakan timer berbentuk tomat saat mengelola waktunya.

Lalu apa manfaatnya memilih teknik podomoro?

Jika kamu sudah terbiasa melakukan teknik podomoro, maka hal yang kamu alami adah kreatifitas yang segar dan mampu menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Teknik ini juga akan membuatmu terhindar dari beban kerja, khususnya buat kamu yang merasa terbebani dalam melakukan pekerjaan. Lah....kalau merasa terbebani, mengapa harus bekerja? Kenapa tidak jadi pengangguran saja cuy? hahahaha.....aneh.

Apa tujuan memilih teknik pomodoro ini?

Hidup harus punya tujuan. Iya nggak? kalau nggak punya tujuan ya kamu nggak bakalan hepi dalam menjalani hidup. Yaudah rebahan aja...okesip.

Tujuan dari teknik pomodoro ini adalah untuk lebih meningkatkan produktivitas kerja dan menghilangkan kebiasaan multitasking. Di satu sisi, multitasking memang skill yang tidak dimiliki semua orang, tapi adakalanya kita tidak harus multitasking dalam mengerjakan pekerjaan karena kanya akan membuat pekerjaan menjadi keteteran. Multitasking boleh-boleh saja, asal kamu bisa membagi waktu dengan sangat baik.

Bagaimana cara melakuan teknik pomodoro?

Caranya sangatlah mudah banget. Ikuti dan praktekan yak.

  • Piliih pekerjaan yang akan kamu kerjakan hari ini. Setelah paham apa yang harus dikerjakan, kemudian kerjakan dalam waktu 25 menit. Fokus dan jangan buka sosmed atau sesuatu yang menganggumu. Usahakan agar kamu memaksimalkan bekerja dalam 25 menit waktu tersebut.
  • Setelah sampai 25 menit, kemudian kamu bisa beristirahat untuk meninggalkan apa yang kamu kerjakan sejenak. Kamu boleh membuka sosmed, membalas chat, membuka youtube, pokoknya lakukan hal-hal yang membuatmu rileks.
  • Setelah 5 menit beristirahat, lanjutkan dengan fokus terhadap pekerjaan lagi hingga 25 menit ke depan. Setelah 4 kali melakukannya, kamu bisa beristirahat lebih lama yaitu selama 30 menit. Ini bisa kamu manfaatkan buat makan, sholat, balesin chat atau jalan-jalan keliling ruangan biar sekalian olahraga.

Gimana ? cukup mudah kan? Meski begitu mudah, tapi awalnya pasti udah keburu gatel pingin buka-buka sosmed di waktu 25 menit itu. Iyaaa kan? Ngaku aja deh. Aku dulu pas pertama kali menerapkan juga begitu sih. tapi lama-lama juga kebiasaaan dan akhirnya bisa. Waktu 5 menit buat istirahat bisa kamu pakai buat buka twitter, buka IG, bales chat gebetan kalau ada. Hahaa...

Cara menerapkannnya sangatlah mudah. Kalau kamu kesulitan dan masih sering lupa, kamu bisa gunakan alarm setiap 25 menit. Selain itu, kamu bisa pantengin jam tangan kamu, kalau sudah 25 menit, segeralah beristirahat.

Aku udah lama menerapkan teknik ini dan hasilnya memang beda. Jadi lebih teratur sih. Ya memang sih, kalau yang belum tahu tentang teknik ini, mereka selalu berfikir kalau kita hanya bermain sosial media saja. Karna kebetulan pas mereka lewat atau melihat ke laptop atau komputer kita, kita sedang memaksimalkan waktu istirahat selama 5 menit tersebut dengan membuak sosmed.

Kerja bukanlah sebagaimana kita dipandang giat saat orang-orang sedang berseliweran di meja kita, tapi esensi kerja adalah ketika kita tahu apa yang harus kita lakukan dan yang pasti bisa bikin kita berkembang. Kalau nggak bikin kamu berkembang,  ya ngapain harus buang-buang waktu.

Kerja cerdas....bukan kerja keras

Jadiiii kapan kamu mau menerapkan teknik pomodoro? Kalau merasa enakan setelah menerapkannya, selamat ya?

See yaaa....



~MissAnt~

0 komentar:

Popular Posts