Sunday, 1 October 2017

Penulis Tidak Selalu Menceritakan Tentang Dirinya


“Ciyeee yang suka banget curhat di blog”

Sering banget nggak, denger kayak gitu. Iya sering. Mereka beranggapan kalau penulis suka banget menceritakan tentang dirinya. Kalau Aku pribadi, sebenarnya rada tersungging...eh tersinggung kalau pas nge-blog trus ada temen yang baca, trus dia bilang, “Ciyeeee curhatnya sekarang di blog nih”. What the.......
Ya, tapi emang tiap orang bebas berpendapat tentang apa yang mereka lihat. Mau bilang begini dan begitu ya terima saja. Toh, berkomentar lebih mudah dari pada harus nulis sendiri. Iya kan?
Kalau Aku pribadi sih, tidak semua tulisan di blog itu pengalaman pribadi. Kadang juga menceritakan kehidupan temen-temennya. Kok bisa? Bisa lah. Asal kamu bisa mengembangkan, jadi deh cerita pendek. Kalau Kamu punya passion nulis yang gila banget, jangankan curhatan temen, daun jatuh aja bisa kamu jadikan inspirasi. Nggak percaya? Coba tanyakan pada mereka yang punya imajinasi liar.
Kalau ada yang bilang menulis itu susah, itu salah banget. Buktinya, dari hal sepele aja bisa kamu ceritakan kok. Tapi beda lagi sama orang yang udah nggak punya passion nulis. Mau diajarin kayak gimana ya tetep males nulis. But, it’s okay lah. Tiap orang selalu punya passion yang berbeda dan unik.
Menanggapi orang yang suka bilang kalau nulis diblog biasanya curhat tadi, ya memang ada benarnya. Tapi nggak semuanya. Beberapa memang berdasarkan pengalaman pribadi yang menyentuh.Tapi ingat ya? nggak semuanya. Adakalanya mereka juga mengambil inspirasi sekitar seperti curhatan, kehidupan sehari-hari dan masih banyak lagi. Karna banyak hal sekitar menarik yang bisa kamu jadikan ide buat nulis.
Nah...begitulah kira-kira uneg-uneg yang udah lama Aku sampaikan. Begitulah kira-kira. Tidak semua tulisan yang dibuat merupakan pengalaman pribadi, bisa jadi pengalaman orang terdekat dan masih banyak lagi. Semua tergantung bagaimana cara kita mengembangkan agar enak dibaca.

#MissAnt

Passion dan Skill yang Bisa Jadi Duit

Kalau boleh tau, passion Kamu apa?
Eh...Kamu punya skill kayak gini nggak?
Lha trus skill kamu apa?
Pernah denger percakapan kayak gitu nggak? Kalau Aku sering banget. Eh...bukan denger langsung dari percakapan ding. Tapi ,lebih ke baca tweet seseorang. Aku sering mainan twitter dan follow orang-orang yang punya penghasilan dari passion mereka. Dan akhirnya kepingin banget kayak mereka. Asal Kita punya passion, pasti bisa kok. Nggak ada yang nggak mungkin Gaes. *Elahhh
Passion merupakan sesuatu yang ada dalam diri kita. Misalnya, menulis, bikin lagu, bikin konten dan masih banyak lagi. Kira-kira begitulah. Susah dijelasin. Pokoknya asal Kamu suka sesuatu yang bikin Kamu bahagia, itulah passion. Dan ternyata, passion kalau dikembangin bisa jadi duit lho.
Ah...masa sih....gimana caranya?
Gimana ya jelasinnya. Sebagai contoh nih. Kalau Kamu suka nulis, ya mainan blog aja. Kayak Aku ini. Hahaha. Tapi blog ku belum menghasilkan uang. Sayang banget. Padahal udah mulai ngeblog sejak 2011 (Ya walaupun isi blog nya nggak karuan amburadul, nggak papalah ya). Meski waktu itu sempet ganti akun karna nggak bisa dibuka, tapi untungnya link blog masih inget. Kalau mau liat-liat cek aja disini therealnanta51.blogspot.co.id . Entah kenapa nggak bisa dibuka. Trus bikin blog lagi dan jadilah ini. #Lah....KenapaMalahCurhat.
Oke kembali bahas ke passion. Jadi begitulah. Kalau sekiranya kamu punya hobi, sebaiknya kembangkan. Siapa tau bisa jadi jadi penghasilan. Misalnya punya hobi motret. Nah...kembangin tuh. Kan lumayan buat bantuin foro prewedding temen. Bisa dijadiin kerja sampingan juga kan? Apalagi teknologi udah semakin canggih. So...manfaatin ya.
Aku bisa bilang begini karna pengalaman pribadi. Saat dompet menipis, tiba-tiba muncul dalam benak buat nyari sampingan. You know lah. Sekarang banyak banget jasa pembuatan konten-konten di blog pribadi seseorang. Nah...dari situ kamu bisa “jual diri”. Jual diri maksudnya Kamu harus pinter jelasin ke owner supaya skill yang Kamu miliki bisa menguntungkannya. Ya...sama-sama menguntungkan. Dia merasa terbantu dengan skill yang Kamu miliki, dan Kamu juga dapet duit karena skill yang kamu miliki. See? As simple as that.
Tunggu....tunggu....Lah tadi kan bahas passion. Trus, apakah skill itu penting?
Nah..itu dia. As I know, kalau Kamu udah punya passion terhadap sesuatu, nanti skill akan menyertainya. (But....C.M.I.I.W). Aku juga gitu, awalnya suka nge-blog gegara pas kecil suka nulis di diary gembok. Anak 90-an pasti tau donk diary gembok. Tapi Kids jaman now belum tentu tau lho. Mungkin sudah ada diary yang lebih modern. Seperti blog gini. Tapi nggak semuanya curhatan bisa Kamu share di blog. Eh..tapi nggak papa ding. Toh Kamu yang mengelola. It’s yours babe. Up to you.
Passion menulis memang gampang-gampang susah. Ada bebepa penulisan yang memerlukan skill. So, jangan sepelekan penulis ya. Karna menulis itu butuh mikir juga. Tapi kadang sering kesel, karna ada beberapa orang yang masih menyepelekan penulis. Jadi  begini,

Kamu kerjanya apa?
Menulis?
Menulis? Menulis apa? Menulis mah semua orang bisa?

Nah..pertanyaan begini yang bikin dongkol. Bagi orang awam, mungkin mereka nggak begitu tau bagaimana cara  menulis yang baik dan klikable(maaf kalau ada yang tersinggung). Penulis artikel harus mikir juga, gimana caranya konten yang mereka baca itu menarik. Bahkan harus tau gimana cara bikin judul menarik dan tidak terdengar murahan. Beda lagi dengan penulis buku, mereka juga harus mikir gimana supaya menghasilkan cerita dengan ending yang menarik dan beda dari yang lain. See? 
Oiya, Cuma mau sharing aja. Dulu ada temen yang curhat via chat. Intinya dia bingung mau nyari kerjaan sampingan kayak gimana. Singkat cerita begini.

“Kamu sibuk apa Ta”?
“Ini lagi ada kerjaan sampingan nih”
“Enak ya, kalau punya passion”
“Semua orang punya passion deh. Mungkin kamu belum sadar dengan passion Kamu”
“Nah...itu dia, Aku nggak punya passion kayaknya”
“Coba kamu nulis artikel aja”
“Hah...mana Aku bisa. Kayaknya susah ya”

Jadi, bisa disimpulkan bahwa menulis itu nggak gampang. Dan tidak semua orang bisa dengan menemukan passion nya dengan mudah. Mungkin mereka punya, tapi belum sadar dengan passion nya. Entah mau nunggu sampai kapan sampai sadar.
Kadang juga ada temen yang nanya gini,
“Kok Kamu nggak bikin buku aja sih”
Kalau soal nulis buku. Pernah kepikiran, tapi entah kapan terwujudnya. Mungkin karna sudah terlalu nyaman buat ngeblog. Jadi kadang lupa mau ngelanjutin nulis. Sebenarnya udah ada dua folder yang isinya kerangka nulis. Tapi kok ada saja yang narik-narik pas waktu ngetik. Yawla...apakah ini setan yang nggak suka sama orang yang mau bikin buku? Tolong Nanta Yawlaaaa #LebayAh....
Kalau Aku baca-baca sih, banyak juga blogger yang sukses bikin buku. Gimana nggak enak? Kalau kita punya penghasilan dari hobi kita. Berasa kayak main-main tapi dapet duit kan? Wuaa......Aku mupeng banget kayak gitu. Intinya Cuma satu, yaitu KEMAUAN. Yap, karena setiap ada kemauan pasti ada jalan.
Oke sekian dulu ya. Buat kalian yang punya passion sebaiknya kembangin deh. Siapa tau bisa jadi duit cuy. Pokoknya follow your passion and enjoy it.

#MissAntTalkingAboutPassion

Popular Posts