Selasa, 08 Februari 2022

Tata Cara Mengganti Foto KTP di Dukcapil Klaten

Ini adalah bagian depan DUKCAPIL Klaten



KTP ku sebenarnya hanya berlaku sampai tahun 2017, tapi pas mau perpanjang katanya sudah dianggap berlaku seumur hidup. Nah..di sini aku mau share seputar pengalamanku mengubah foto KTP yang secara otomatis juga sudah berlaku seumur hidup. 

Apa alasan aku mengganti foto KTP?


Menurut hasil per-gugling-an yang sudah aku lakukan, foto KTP bisa diubah kalau yang dulunya belum berhijab, sekarang berhijab. Dari situ aku langsung lah ajukan perubahan foto.


Apa saja persyaratan mengganti foto KTP? 


Buat kamu para wanita yang dulunya pas bikin KTP kebetulan belum berhijab dan sekarang sudah berhijab, kamu bisa dengan mudah mengganti foto KTP dengan langsung datang ke DUKCAPIL setempat. Kalau aku langsung mendatangi DUKCAPIL Klaten.

Untuk persyaratannya, kamu cukup membawa fotocopy KK dan langsung menuju ke DUKCAPIL setempat. Sesampainya di sana, kamu tanya aja mau ganti foto KTP.

Nanti akan langsung ditunjukkan menuju bagian yang menangani foto KTP terlebih dulu. Di sana antri dulu ya. Nanti bakal dipanggil buat foto ulang. Jangan lupa pakai baju rapi. Ingat, jangan pakai softlens. Soalnya pas barenganku, ada mbak-mbak pakai softlens dan suruh melepas dulu.

Bagaimana prosedurnya? apakah bisa jadi dalam waktu sehari?


Apa? jadi dalam waktu sehari? jangan mimpi deh. Bangun-bangun. Ya kalau pas gugling sih emang teorinya mudah ya, tinggal datang, foto, nunggu KTP dicetak, selesai deh. Tapi realitanya lain. Aku bakal sharing pengalamanku.

Pada hari Jumat 04 Februari 2022, aku datang langsung ke Dukcapil Klaten. Sebelumnya aku udah cari info kalau yang dibawa cuma fotokopi Kartu Keluarga. datang lah ke situ. Nanti tanya dulu di bagian ini.



Nanti kamu bakalan ditanya, keperluannya apa. Kalau aku pas ke sini langsung bilang mau ganti foto KTP. Setelah itu langsung disuruh masuk ke salah satu ruangan untuk foto. Nah..di sinilah ruangannya.



Di sini langsung masuk aja, nanti bilang aja sama petugas yang dekat pintu. Di situlah sesi foto berlangsung. Tapi tunggu antri bentar ya, nanti dipanggil. Untuk antri foto nggak lama kok. Setelah sesi foto selesai, nanti bakalan diisi form kayak ini. 



Pada bagian form tersebut diisi datra-data sesuai KTP. Kalau ada perubahan data juga nggak papa, kata petugasnya kemarin boleh. Untuk alasannya isi aja sesuai alasan. Kalau aku karena dulunya pas bikin KTP belum berhijab, dan sekarang berhijab. Oiya, kamu juga harus menyiapkan meterei 10.000 ketika sudah menandatangi. 

Apakah hari itu langsung bisa diurus? tentu tidak. Aku disuruh balik lagi terserah mau kapan yang penting tidak hari itu. Mungkin jamnya sudah mepet kali ya. Udah jam 11 an, jadi udah keburu istirahat.


Jadi, waktu itu aku memutuskan balik lagi pada hari Senin tanggal 7 Februari 2022. Berhubung nggak tau ya, jadi aku kira setelah sampai DUKCAPIL Klaten cuma langsung menyerahkan form yang sudah aku isi dan aku tandatangani tersebut. Abis itu langsung dapet KTP yang sudah dicetak. Ternyata tidak seperti itu Bunda..

Sesampainya di dalam ada petugas yang bilang, 

"Ini harus pakai nomer antrian dulu ya, ambil di depan". 

Baiklah, aku langsung ke depan dan minta nomer antrian. Kata ibu-ibu yang jaga,

 "Antriannya sudah habis. Silakan datang lagi besok ya, datang lebih pagi biar dapet nomer antrian". 

Baiklah Bundaaaa...ternyata ada orang sebelahku yang nyeletuk begini, 

"Oke besok dateng abis subuh ah.."

Dan ibu-ibu yang jaga denger dan bilang, 

"eh jangan abis subuh juga, kami belum buka"

Wkwkwk....ngakak donk.


Oke lanjut, keesokan harinya yaitu tanggal 08 Februari 2022, aku langsung cuss ke DUKCAPIL Klaten buat ngambil KTP baru setelah melakukan perubahan foto. Aku sengaja datang agak pagi yaitu sampai sana jam 10 an. Dan akhirnya dapet nomer antrian nih..

Itu jamnya ngaco deh..aku sampai sana jam 10 an kenapa itu bisa jam 14:26



Untuk pengambilan nomer antrian ini masih manual. Jadi nggak kayak pas mau masuk tempat ngambil karcis buat parkir. Wkwkwk....it's okay sih nggak masalah. Lalu aku masuk lagi ke bagian sini buat cek cek dan diminta menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga. 





Kebetulan pas nunggu antrian dipanggil itu penuh banget. Jadi aku lebih milih nunggu di depan pintu. Lalu disamperin sama petugasnya, 

"Ada perlu apa mbak?"

"Antri mau urus cetak KTP baru"

"Masuk aja nggak papa"

Sebenarnya enggan nunggu di dalem karena penuh aja sih. Tempat duduknya nggak diatur buat jaga jarak gitu. Tapi yaudah deh, masuk aja. Hingga akhirnya nomer antrianku dipanggil. Setelah itu, baru deh..nunggu di belakang sini buat antri dipanggil untuk penyerahan KTP baru.

Ini bagian yang dipakai buat penyerahan KTP, KK, dan KIA



Antri lagi donk..




Setelah menunggu selama 15 menitan lah, akhirnya namaku dipanggil dan KTP dengan foto baru yang sudah berhijab berada dalam genggamanku lagi. Jadi, berdasarkan pengalamanku mengganti foto KTP adalah selama 3 hari. 

Itulah sekilas info seputar mengganti foto KTP di DUKCAPIL Klaten. Semoga bermanfaat ya!


~MissAnt~




0 komentar:

Popular Posts