Jumat, 13 November 2020

Tertarik Tinggal di Bandung? Berikut Tips Mudah Mencari Hunian di Bandung

 

Sumber gambar : Google


 

Mencari kontrakan murah adalah hal yang paling penting ketika memutuskan untuk pindah keluar kota. Apalagi jika kota yang menjadi tujuan untuk bekerja adalah Bandung. Siapa sih yang tidak ingin tinggal di kota yang penuh dengan wisata dan kuliner yang menggiurkan. Bagi pendatang baru pasti selalu punya keinginan untuk tinggal di kota Kembang, apalagi Bandung juga menjadi kota yang menjadi incaran para pencari rumah.

Sewa rumah di Bandung yang semakin naik ternyata tidak menyurutkan mereka yang ingin memiliki hunian. Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan, kota Bandung menjadi incaran anak muda yang ingin memiliki rumah  baik itu masih menyewa ataupun milik sendiri. Terlebih bagi mereka yang bekerja di Bandung, pastinya memiliki rumah adalah hal yang menjadi idaman.

Meski harga yang dibilang selalu naik dari tahun ke tahun, namun banyak orang yang ingin memiliki rumah di Bandung. Hal ini mungkin karena harganya yang lebih murah dari harga hunian di Jakarta. Orang zaman sekarang mungkin akan mencari  rumah yang kecil dan minimalis. Mungkin alasannya adalah agar tidak kesulitan untuk membersihkannya. Namun, mencari rumah di Bandung tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Tips Mencari Hunian di Bandung

Sebuah rumah nantinya akan menjadi tempat yang paling nyaman saat pulang. Maka memutuskan untuk membelinya juga tidak harus terburu-buru. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum benar-benar membeli atau sekedar menyewanya.

Berikut ada beberapa tips mudah mencari hunian di Bandung

1.Menentukan Budget

Budget sangatlah penting namun tetap saja diabaikan. Jangan hanya mencari rumah idaman tanpa mengetahui berapa banyaknya anggaran yang dimiliki karena hanya akan menyusahkan di kemudian hari. Ketika Anda mencari informasi tentunya banyak informasi kontrakan murah idaman yang sesuai dengan budget.

2.Melakukan Survey

Survey sangatlah penting agar tahu seberapa nyaman nantinya hunian yang akan menjadi milik Anda. Jangan hanya karena tertarik dari gambar website maupun Developer, lantas Anda langsung memutuskan untuk membelinya. Sebaiknya lakukan berbagai survey dengan menanyakan banyak hal seperti apakah pernah ditempati sebelumnya, bagaimana keamanannya dan masih banyak lagi.

3.Menentukan lokasi

Memilih lokasi yang tepat juga sangat penting ketika sewa rumah di Bandung. Beberapa orang mungkin lebih suka memilih lokasi yang dekat dengan tempat mereka bekerja agar tidak terlambat. Atau mungkin lebih jauh karena ingin mencari suasana lain. Apapun itu pertimbangkan sesuai dengan keinginan.

Yang paling penting dalam menentukan lokasi di sini adalah usahakan agar dekat dengan rumah sakit, kantor polisi, apakah lokasi tersebut strategis atau tidak, dan cari tahu juga apakah rawan banjir dan sebagainya. Pentingnya memilih lokasi yang tepat agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

4.Bagaimana keamanan sekitar

Sebagai pendatang baru sebaiknya Anda harus aware akan hal ini. Keamanan sangat penting khususnya nanti jika hunian tersebut ditinggal selama bekerja maupun bepergian ke luar kota. Anda harus mengecek apakah ada CCTV di sekitar hunian tersebut, adakah pos satpam yang akan bertugas selama 24 jam dan keamanan lainnya.

5.Bagaimana status hunian tersebut

Ketika sudah cocok dengan hunian yang Anda inginkan, maka langkah penting yang juga tidak kalah penting adalah status rumah tersebut. Cari tahu apakah rumah yang Anda inginkan tersebut sudah termasuk PPN 10%, bagaimana bea perolehan hak atas tanah bangunan dan biaya akta jual beli.

Anda juga harus menanyakan dengan detail berapa harga DP dan cicilannya. Apakah nantinya langsung bisa ditempati dan status lain yang harus Anda tahu dengan detail agar nantinya saat menempatinya lebih nyaman.

Itulah beberapa poin penting yang harus Anda pahami ketika ingin mencari sewa rumah di Bandung. Membeli rumah memang tidak seperti membeli barang lain sehingga Anda harus mempertimbangkan banyak hal.

0 komentar:

Popular Posts