Thursday, 22 October 2020

Menghasilkan Uang Dari Penulis Lepas? Begini 10 Cara Yang Bisa Anda Coba

 

Sumber gambar : Google

 

Menjadi penulis lepas selalu memiliki keuntungan tersendiri khususnya bagi Anda yang memiliki skilll menulis. Salah satu hal yang jangan sampai Anda lewatkan adalah mendapatkan uang dari hasil tulisan Anda seperti menjadi penulis lepas. Profesi paruh waktu ini tentunya bisa menghasilkan banyak uang lho? Dan Anda yang memiliki keahlian di bidang ini akan sangat disayangkan jika tidak mencobanya.

 

Penulis lepas memang menjadi profesi yang populer dan berkembang setiap tahun. Ini karena perkembangan era digital yang memudahkan seseorang dalam mencari uang tambahan dengan “menjual” skill mereka seperti menulis artikel. Menariknya di sini, mereka hanya meluangkan beberapa waktu saja untuk mengerjakannya, misalnya saja 3 sampai 4 jam setiap harinya. Dengan hanya meluangkan waktu beberapa jam, Anda bisa mendapatkan banyak uang lho? Tertarik, kan?

 

Bagaimana cara menjadi penulis lepas yang menghasilkan banyak uang?

 

Ada banyak cara menghasilkan uang lewat tulisan. Meski begitu menulis kadang dianggap sebagai pekerjaan dengan penghasilan yang kecil. Bahkan di mata orang awam, menjadi penulis selalu dinilai sebagai pekerjaan yang tidak menjanjikan penghasilan sama sekali. Untuk mematahkan pendapat tersebut, kini banyak orang yang memiliki banyak penghasilan justru dari penulis online.

 

Berikut cara paling mudah menjadi penulis lepas yang menghasilkan banyak uang;

 

1.Membuat blog dan mendaftar dengan Google AdSense

 

Blog merupakan salah satu platform terbaik untuk mengembangkan pembaca yang setia serta sebagai portofolio awal Anda dalam menjajal menjadi penulis lepas. Di sini Anda bisa langsung fokus dengan satu tema agar pembaca lebih mengingat jenis tulisan Anda. Setelah blog Anda melekat di hati pembaca dan memiliki pembaca yang setia, maka selanjutnya Anda bisa mendaftarkan dengan google adsense. Dengan begitu Anda akan mendapatkan uang dari iklan yang diklik.

 

2.Aktif mengikuti lomba menulis

 

Anda yang memiliki skill menulis tentu harus mencoba peluang ini. Jika dilihat di sosial media tentunya ada banyak lomba menulis yang menyediakan hadiah hingga jutaan. Banyak sekali berbagai lembaga pemerintah, swasta, dan bahkan komunitas-komunitas sosial yang mengadakan lomba menulis dengan hadiah fantastis. Anda harus aktif dalam mencari informasi seputar lomba menulis. Siapa tahu memang rejeki Anda. Lumayan jika Anda menjadi pemenangnya.

 

3.Menulis Di Kolom Koran Dan Majalah Berbayar

 

Meski sudah ada sejak dulu, namun beberapa majalah atau surat kabar masih membayar penulis yang ingin menerbitkan tulisannya di surat kabar atau majalah. Tulisan yang umumnya diterima oleh surat kabar atau majalah adalah puisi, cerita pendek, cerita bersambung, atau artikel opini. Hal ini tentu akan melalui proses penilaian terlebih dahulu sebelu diterbtkan. Jika tulisan yang Anda kirimkan diterima oleh editor majalah atau surat kabar, maka tulisan tersebut akan diterbitkan dan Anda akan mendapatkan bayaran.

 

4.Membuat Blog Afiliasi

 

Anda yang sudah lama menjadi blogger tentunya sudah tidak asing dengan istilah ini, bukan? Di sini yang Anda lakukan adalah membuat review sebuah produk dan kemudian memasukan link pembelian produk tersebut. Jika ada pembeli yang membeli produk tersebut melalui link yang Anda berikan, maka Anda akan memperoleh keuntungan dari pembelian ini. Pastikan produk yang Anda jual sesuai dengan tema blog Anda.

 

5.Menulis Artikel Di Website Berbayar

 

Dengan memiliki skill menulis tentunya akan semakin memudahkan Anda dalam mendapatkan tambahan uang. Salah satu yang bisa Anda coba adalah dengan menulis artikel online di website berbayar seperti UC News, IDN Times Community, dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik,itu bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang lewat menulis. Anda dapat menulis berbagai topik dan tulisan Anda akan dibayar oleh pemilik website.

 

6 Trik Ampuh Menjadi Penulis Lepas Untuk Pemula


6.Menjadi Copywriter Produk

 

Copywriting diperlukan oleh sejumlah perusahaan untuk menjual produk mereka. Ini dapat berisikan tulisan yang menggambarkan produk dengan bahasa yang akan membuat pembaca membeli produk tersebut. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang ini, maka Anda bisa mencobanya. Yang Anda lakukan hanya tinggal menulis copywriting produk yang diberikan. Setelah itu, And akan dibayar dengan tulisan yang Anda buat.

 

7.Menjadi Scriptwriter

 

Dunia kepenulisan memang luas. Salah satunya adalah penulis naskah untuk layar lebar. Jika Anda  adalah seorang penulis yang tertarik di bidang perfilman, maka jangan sia-siakan ide Ada begitu saja. Anda bisa menawarkan skrip film karya Anda ke berbagai rumah produksi di Indonesia. Dan bayarannya pun juga tidak main-main lho. Gimana? Tertarik mencobanya, kan?

 

8.Membuat Blog Tutorial Online Berbayar

 

Untuk mendapatkan uang dari sini, Anda dapat membuat kursus online dengan bermodalkan tulisan dan kemampuan yang kamu miliki. Setiap orang yang ingin membaca tutorial yang kamu buat harus membayar sejumlah uang. Beberapa contoh website tutorial yang sukses adalah tutorial mengikuti tes CPNStutorial berwirausaha, atau tutorial membuat aplikasi android. Anda bisa mencoba membuat tutorial yang Anda kuasai seperti make up, memasak dan masih banyak lagi.

 

9.Menjadi penulis kontributor website

 

Sekarang ini ada banyak website yang membutuhkan tulisan untuk menaikkan traffic kunjungan. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan uang. Topik yang biasa dibahas cukup beragam, seperti kuliner, traveling, pernak-pernik, dan yang lainnya. Jika Anda bisa menjadi kontributor di lebih dari satu website, maka Anda akan semakin mudah dalam mendapatkan uang. Jika dilihat memang sekarang ini banyak website yang berani membayar penulis dengan bayaran yang besar asalkan Anda memiliki kemampuan maksimal di bidang kepenulisan.

 

10.Menjadi penulis naskah Youtube

 

Menulis naskah di Youtube tentunya menjadi tantangan tersendiri khususnya di era seperti sekarang ini. Baik dari perusahaan atau Youtuber di luar sana ternyata masih memerlukan penulis naskah untuk beberapa video yang akan mereka posting di Youtube. Untuk topiknya pun juga berbeda-beda. Anda hanya tinggal memilih sesuai dengan bidang yang Anda kuasai.

 

Ada banyak peluang kerja sebagai penulis lepas maupun penulis tetap yang bisa Anda temukan saat ini. Namun, selalu pastikan bahwa Anda menguasai dengan baik bidang menulis yang Anda pilih. Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman dan bisa bekerja dengan maksimal. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa lebih mudah untuk mendapatkan uang dari profesi tersebut. Apalagi jika ini merupakan hobi Anda, tentu akan sangat menyenangkan untuk mendapatkan uang dari hobi yang dibayar, bukan?

 

 

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts