Thursday, 19 December 2019

Cara Mudah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Beserta Persyaratannya Terbaru Desember 2019


Sumber Gambar : Google 

Oke baiklah teman-teman, kali ini aku mau sharing tentang bagaimana cara mudah klaim BPJS ketenagakerjaan. Ini baru banget karena aku baru aja klaim kemarin ini. Iya kemarin banget. Masih anget kan? Lalu apakah duitnya udah cair? Ya belom lah......gila aja kali belum ada sehari. Hehe..

Kamu-kamu yang udah kerja pasti punya yang namanya BPJS ketenagakerjaan. Eh tapi beda-beda ding. Ini tergantung dari perusahaan tempat kamu bekerja. Tapi harusnya ada sih. Nah...BPJS ketenagakerjaan ini baru bisa dicairin kalau kamu udah resign atau udah nggak kerja di perusahaan yang ngasih kamu BPJS ketenagakerjaan ini. Sebenere bukan ngasih sih, hanya saja gaji kita kepotong buat iuran BPJS Ketenagakerjaan ini.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya sayang banget buat mencairkan BPJS ketenagakerjaan ini. Beneran sayang deh. Sumpah sayang banget sama dia. *Eh...gimana sik...
.
Meski status kamu udah nggak kerja di perusahaan yang kamu udah resign, tapi alangkah baiknya kamu nggak usah klaim BPJS ketenagakerjaan kalau nggak kepepet banget. Nominalnya juga lumayan banget kalau buat tabungan. Aku sebenarnya juga sayang banget mencairkan kalau nggak kepepet kayak gini. Tapi ya mau gimana lagi, rejeki bisa dicari lagi asal kita tekun. *Uhuy....
.
Dan akhirnya hari ini tanggal 19 Desember 2019 aku resmi klaim ke kantor BPJS yang ada di Yogyakarta. Awalnya sih, aku kira hanya bisa di Klaten soalnya kan KTP ku masih Klaten. Tapi setelah cari tahu ternyata bisa dicairkan di mana saja dan aku memilih di kantor BPJS ketenagakerjaan di Yogyakarta. Deket juga soalnya.

Persyaratan Yang Harus Di Bawa Untuk Proses Klaim BPJS Ketenagakerjaan

1.Kamu harus sehat dan pakai baju sopan. Inget ya, jangan pakai baju doang tapi kaga pake celana. Bisa-bisa kamu diusir satpam.

2.Kemudian datang langsung ke kantor BPJS ketenagakerjaan paling dekat.

3.Parkirin kendaraan kamu dulu yang bener. Jangan lupa bawa helm kalau pake helm. Jangan lupa baca bismilah pas kamu mau masuk ke dalam. Bismillah semoga berkasmu di terima ya.

4.Nantinya kamu bakal ditanya sama pak satpam tentang apa keperluan kamu. Jawab aja, mau klaim BPJS pak. Nanti kamu bakalan ditanya udah daftar online apa belum. 

Nah...berdasarkan pengalamanku kemarin, aku tuh sebenarnya udah daftar online dan harus hadir tanggal 18 Desember 2019 jam 08.00-09.00.

Kenapa bisa memilih jam segitu? Ya aku pikir kan kalau telat nggak papa, ternyata telat malah justru nggak bisa dilanjutkan alias kamu bakalan disuruh pulang buat daftar online lagi. Jadi gini, sistem daftar online itu sebenarnya enak. Kamu tinggal kunjungi website berikut dan masukin data-data kamu. Sekalian pilih jamnya. Kalau udah milih jamnya, pastikan kamu datang ontime yak. Jangan kayak aku yang dateng telat dan akhirnya suruh balik. Kesel sih. Suka benci sama diriku sendiri yang kadang kurang bisa ontime.

Akhirnya, karna kejadian aku telat itu, aku suruh daftar online lagi. Setelah aku lihat ternyata jadwal untuk antri online ada pada tanggal 27 Desember 2019. Waaa......gila aja lama banget. Aku udah butuh duit banget soalnya. Hahaha....toh semakin lama diurus maka semakin lama cairnya. Iya kaaan?

Lalu, besoknya aku balik lagi ke BPJS ketenagakerjaan dengan ikut manual. Maksudnya manual adalah aku ikut antri dulu setelah melayani mereka-mereka yang sudah daftar online. Waktu itu aku dateng jam 09.00 pagi dan baru bisa dilayani klaim setelah jam 15.00...wagelaseh.....

Makanya, buat kamu-kamu yang mau klaim BJPS via online, kamu harus ontime yak. Jangan kayak aku. Antri lama banget. Tapi ya alhamdulillah bisa diklaim.

Oke lanjut ke syarat berikutnya.

5.Nah....setelah ketemu satpam. Nantiya kamu bakal ditanyain. Apakah syarat-syaratnya sudah lengkap? Kalau udah lengkap ya jawab jujur aja ya. Jujur dari hati yang terdalam. 

Lalu apa aja isi berkas-berkas tersebut? Ini dia.....catet ya...kali aja kamu butuh.

  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan asli dan copy 1.
  • KTP asli dan copy 1. Ingat ya, yang dibawa KTP kamu sendiri.
  • Kartu keluarga asli dan copy 1.
  • Surat keterangan kerja asli dan copy 1.
  • Surat keterangan berhenti kerja asli dan copy 1.
  • Buku tabungan dan copy 1.
  • NPWP asli dan copy 1. (Buat yang punya NPWP aja sih).

6. Kalau berkasnya udah komplit. Nantinya kamu akan dikasi formulir buat diisi. Kalau sudah, formulirnya langsung jadikan satu dengan berkas-berkas tadi. Nggak papa kalau kamu nggak bawa map karena nanti akan dipinjami map dari sana. Inget ya, Cuma dipinjami. Jadi jangan dibawa pulang.

7.Setelah berkas udah oke semua, lalu masukkan ke dalam Drobbox. Biasanya ada di paling pojok. Tunggu dipanggil. Kalau udah giliranmu, nanti kamu akan dipanggil dan ada petugas yang akan mengecek berkasmu lagi sambil tanya-tanya. Jawab aja dengan kalem ya. Stay cool pokoknya. Kalau udah, kamu bakalan dikasi nomor antrian untuk proses selanjutnya. Lama banget antriannya, khususnya yang pake manual. Bisa sampai jam 16.00. Jangan lupa makan dulu dan bawa minum pokoknya.

8.Lalu tibalah giliran aku buat nikah...eh salah buat proses selanjutnya ding. Di sini juga ditanya-tanya gitu. Kerjanya di mana, bidangnya apa. Tenang...tenang....di sini kamu nggak bakal ditanya kapan nikah kok. Jadi aman cuy....

Oiya, di sini nanti kamu buat dipoto buat data. Potonya biasa aja yak. Nggak usah banyak gaya toh hasilnya juga hitam putih burem. Haha....mamam tuh.

9.Kalau udah, nanti kamu hanya diminta menunggu duitnya cair. Kalau aku sih, katanya bakala cair tahun depan. Soalnya aku ngurusnya pas akhir-akhir tahun dan menjelang libur panjang. Katanya bertepatan dengan tanggal merah jugak.

Tapi kalau dipikir sih, transfer butuh waktu berapa lama sih? Kaga ada sejam kan yak? Ah.....tapi liat besok dah. Moga aja cairnya cepet. Gila aja kalau mpe tahun depan. Secara kan nyairin karna butuh duit. Hahaha.....aku mah jujur orangnya. Kagak usah gengsi lah.

Begitulha proses klaim BPJS Ketenagakerjaan terbaru Desember 2019 berdasarkan pengalamanku kemarin. Kalau boleh saran sih, kalau nggak kepepet banget nggak usah dicairin deh. Mayan buat tabungan. Tapi ya kalau emang bener-bener butuh ya nggak masalah, toh udah tahu caranya kan? Insya alloh rejeki udah ada yang ngatur. Hehe...



 ~MissAnt~

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts