Friday, 12 October 2018

8 Trik Ampuh Membuat Artikel SEO



Cara membuat artikel SEO sebenarnya sangat mudah, hanya saja orang sering menganggapnya ribet. Tapi sebagai seorang Blogger (Cie sok blogger.....iyain aja biar cepet yak), tentu pemakaian SEO sangatlah penting agar artikel berada di halaman utama Google. Dengan begitu peluang oprang yang membaca artikel yang sudah dibuat juga semakin banyak. Seneng kan kalau dibaca banyak orang? Iyaaaaaaaaa....

SEO adalah proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas trafik kunjungan pada sebuah blog melalui mesin pencari (C.M.I.I.W). Kalau kamu bisa mengoptimalkan SEO, maka blogmu bakalan rame.

Membuat artikel SEO untuk pemula seringkali lebih sulit. Tapi emang wajar kok. Tapi ada beberapa trik ampuh agar kamu bisa menerapkan SEO di blog dengan mudah. Dijamin banyak pengunjungnya deh.

Cara paling ampuh membuat artikel SEO

1.Tentukan judul yang menarik.

Antara satu blogger dengan blogger yang lain tentunya memiliki perbedaan dalam menentukan tema apa yang akan ditulis. Tapi itu wajar kok. Yang jelas, kamu harus bisa bikin judul yang beda dan lain dari yang lain. Karna judul yang menarik akan mengundang orang lain buat “klik”.

2.Optimalkan User Experience.

User Experience adalah pengalaman seseorang saat membaca sebuah blog dan ini berkaitan dengan apa yang dirasakan saat membaca dan manfaat apa yang didapat (C.M.I.I.W).  Pokoknya, apa yang kamu rasakan ketika sedang membaca blog.

User Experience ini meliputi:

·         -Navigasi yang mudah.
·         -Kecepatan loading.
·         -Typo.
·         -Desain blog yang profesional.
·         -Huruf yang mudah dibaca.
·         -Interaksi yang baik dengan pembaca.
·         -Dan masih banyak lagi.

Kalau kamu bisa membuat pembaca betah banget “nongkrong” di blog mu, itu artinya kamu berhasil mengoptimalkan User Experience. Gampang kan? Gimana caranya? Sure you can do.

3.Maksimalkan penggunaan keyword.

Penggunaan keyword sangatlah penting. Inilah yang akan membuat artikelmu nangkring di halaman utama google. Membuat keyword juga nggak boleh sembarangan.

Adapun tips dalam memaksimalkan keyword, yaitu :

-Tempatkan keyword pada judul artikel
-Usahakan Keyword berada di awal kata atau kata kedua.
-Buatlah judul yang panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. (Karakter lho, bukan kata)

Jika kamu bisa memaikna keyword, maka artikelmu bakalan nongki-nongki manjah di halaman utama google. Keren kan?

4.Manfaatkan internal link.

Internal link adalah link penunjang yang berada dalam blog itu sendiri. Jadi misalnya kamu lagi nulis tentang “Pengoptimalan SEO”, maka kamu bisa masukin topik yang sejenis seperti “Perbedaan SEO on Page dan SEO Off Page” yang pernah kamu tulis. Pokoknya masukin aja link-link yang pernah kamu tulis karena akan memudahkan pembaca dalam mecari informasi tentang topik tersebut.

5.Optimalkan eksternal link yang relevan.

Ekternal link merupakan link penunjang yang berasal dari Website lain. Misalnya kamu lagi nulis tentang, “Bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog” , kamu bisa menyematkan link yang merupakan sumber artikel yang kamu tulis tersebut. Usahakan yang relevan. Jangan menyimpang dari topik yang kamu tulis.

6.Pilih penggunaan URL yang pendek dan mengandung keyword.
URL ini seebenarnya sangat penting untuk diperhatikan, sayangnya sering diabaikan. Sedih yak diabaikan muluk (apaan deh).  

Contohnya begini,

- Anantafitri.com/10-cara-paling-ampuh-membuat-artikel-seo-yang-berhasil.

URL tersebut bisa diubah menjadi

- Anantafitri.com/cara-ampuh-membuat-artikel-SEO

Lihat bedanya kan? Pemendekan URL tersebut juga harus mengandung Keyword ya.


7.Mainkan variasi keyword.

Kalau udah nemu keyword yang pas, maka jangan ragu buat memainkannya. Nggak papa mainin keyword asal jangan mainin hati.

Contoh variasi keyword misalnya,

-Keyword utama : Cara membuat artikel SEO
-Variasi Keyword,

·          -Cara mudah membuat artikel SEO.
·         -Membuat artikel SEO untuk pemula.
·         -Dan mainkan sendiri

Alangkah sayang banget kalau nggak memainkan Keyword karna ini juga akan menunjang artikel berada di halaman utama google.

8.Perhatikan penggunaan mete description.

Meta description atau meta deskripsi adalah penjelasan singkat dari sebuah halaman web. Jangan lupa untuk menyertakan keyword pada meta deskripsi. Hal ini akan memudahkan mesin mesin pencari agar berada di posisi teratas. 

Perlu diketahui bahwa penggunaan meta deskripsi juga ada aturannya yaitu tidak lebih dari 150 karakter. Yang penting padat, mudah dimengerti dan mencakup semuanya.

Itulah cara paling mudah dalam  mengoptimalkan SEO. Kalau kamu busa mengusai 7 hal tersebut, maka tulisanmu akan semakin banyak yang baca. Kalau pengunjung blogmu masih sepi-sepi aja, inilah saatnya mencoba cara membuat artikel SEO tanpa ribet.

Selamat mencoba~

~MissAnt~



Popular Posts