Wednesday, 12 December 2018

6 Cara Merencanakan Budget Liburan Untuk Sobat Misqueen

Sumber gambar : Google 


Siapa di sini sobat misqueen yang kepingin liburan tapi mendadak mengurungkan niat karena nangis liat dompet? Kalau ada, ya sama berarti. Tenang sobat, kamu nggak sendiri kok. Karna ada aku, sobat misqueen yang juga kepingin terus-terusan liburan.
Tapi jangan khawatir, dompet kempes bukan berarti kamu nggak bisa liburan donk. Ada beberapa tips mudah agar kamu bisa liburan meski nggak punya banyak duit. Mau tau caranya nggak? Yaudah langsung simak aja cara merencanakan liburan untuk para dompet tipis. *eh

Cara merencanakan liburan ala sobat misqueen

1. Cari tiket jauh-jauh hari.

Mau liburan tanpa takut tekor di transportasi? Ya pesen tiket jauh-0jauh hari donk. Kebetulan aku ini suka naik kereta kalau lagi ngebolang. Kenapa? Ya karena lebih nyaman aja sih. Beberapa orang beranggapan kalau naik kereta itu buang-buang waktu, tapi aku justru dapat banyak pelajaran banyak dari naik kereta dengan memperhatikan apa yang ada di sekitarmu. Emang ada pelajarannya ya? Coba aja deh. Rasakan aja sendiri.

Aku biasanya nyari tiket kereta di Traveloka. Tinggal donlot aplikasinya, kemudian cari tujuannya, dari situ akan muncul jenis kereta dan harganya dari yang termurah sampai yang paling mahal. Tapi kalau kamu milihnya mendadak, biasanya yang harga murah lebih cepat habis. Adanya tinggal yang mahal. Makanya kalau mau cari yang murah harus nyari jauh-jauh hari.

2. Pilih hotel paling murah.

Hotel termurah memang selalu menjadi incaran. Tapi perhatikan juga kenyamanan dan keamanannya juga ya. Ingat ya, jangan hanya melihat yang murah, kamu juga harus memperhatikan keamananya juga. Mau cari hotel murah sekaligus liat review lengkapnya? Gampang, cari aja lewat Traveloka.

Kamu bisa klik pada bagian hotel dan mencari lokasi hotel tujuanmu. Dari situ akan muncul harga dan seperti apa hotelnya. Jadi kamu bisa memutuskan sendiri, kira-kira nyaman dan tidaknya. Bagi beberapa orang, yang dicari saat liburan adalah destinasinya, jadi masalah hotel nggak terlalu penting.

Maksud nggak terlalu penting di sini adalah dengan tidak mencari hotel dengan harga yang mahal. Mereka cenderung mencari hotel sederhana dengan harga murah dan nyaman karena hanya dipakai untuk istirahan dan mandi. Jadi, kalau mau nyari hotel murah, lewat Traveloka aja.

3.Cari tempat wisata yang masuknya murah meriah.

Huh…dasar sobat misqueen, nyarinya selalu yang murah. Sebenarnya nggak nyari yang murahan sih, hanya saja nyari yang lebih irit. Kalau kamu mau cari wisata irit, ya cari aja wisata alam. Tak hanya dimanjakan dengan pemandangan yang menyegarkan mata, tetapi kamu juga menyelamatkan isi dompet kamu. Jika kamu search di Google, rata-rata HTM wisata alam tidaklah mahal bukan?

4. Bawa makanan sendiri.

Jangan malu buat bawa cemilan atau makanan pengganjal perut. Apalagi kalau lagi traveling sendiri, ini penting banget. Nggak lucu kan kalau nantinya kamu pingsan  kelaperan lantaran nggak jadi jadi beli makanan di tempat wisata saking mahalnya. Kalau bawa makanan sendiri, nanti kalau basi gimana? Ya bawa aja yang nggak basian donk, misalnya wafer, biscuit dan lain-lain. 

5. Pilih air mineral agar tidak terlalu dehidrasi.

 Kalau aku pribadi, yang bikin boros pas lagi traveling adalah minumnya. Iya soalnya aku nggak tahan kalau nggak minum dalam waktu lama. Apalagi kalau pas jalan-jalan, bakalan dehidrasi kalau nggak bawa minuman sendiri. Awalnya selalu bawa teh, tapi justru bakalan bikin haus terus. Jadi, minuman yang paling aman untuk jalan-jalan adalah air mineral.

Sekarang aku biasa bawa aqua kalau pas jalan-jalan, selain irit juga bikin nggak cepat haus lho. Biar nggak terlalu bikin beban berat, sebaiknya pilih kemasan yang sedang. Lumayan buat nggak dehidrasi dan lebih ramah di kantong tas.

6. Nabung.

Kamu mau liburan tapi nggak punya uang? Hahaha…..SAMA. Tapi tenang, solusinya Cuma 1 yaitu Nabung. Yap, memang susah sih. Selagi ada niat pasti kamu bisa. Intinya semua kembali ke niat lagi, kalau mau piknik ya nabung, belanja dan jajan-jajan makanan dikurangin dulu. Okay? Bisa kan? Bisa donk.
Itulah beberapa tips mudah agar kamu bisa liburan meski budget ngepres. Buat yang mau nambahin tipsnya, langsung aja ditulis di kolom komentar ya?


~MissAnt~         

0 komentar:

Post a Comment