Wednesday, 2 August 2017

Jangan Menilai Terlalu Cepat

"Kamu kan nggak banyak membaca? Pantes aja gaya tulisan kamu cuma gitu-gitu aja"

"Kamu kan suka typo, mana mungkin lolos jadi penulis"

"Kamu kan ngga ada skill marketing, mana mungkin bisa jualan online".

"Kamu kan nggak pinter motret, mana bisa ngambil gambar yang bagus"

Sepatah kata bahkan bisa melemahkan kepercayaan diri seseorang. Kenapa terlalu cepat memberikan penilaian terhadap seseorang. Ya memang, komentar lebih mudah dari pada menciptakan sesuatu. Lantas darimana punya pikiran asal judge meski ngga kenal deket banget sama seseorang.

Jangan salah, meski bersama setiap hari belum tentu tau skill yang dimiliki. Ngga semua orang suka mengumbar karyanya. Mereka lebih suka menikmati karya sendiri karna sadar masih banyak yang belum sempurna. Pahami masing-masing orang, jangan asal menilai. Apa hanya dengan merendahkan, bisa membuat mu lebih oke, lebih WOW? Enggak. Sirik iya.

Tiap orang itu unik. Tau apa yang harus ia lakukan. Tanpa harus mengumbar, "ini lho Gue bisa gini dan gini. Hebat kan". Iya percaya. Kamu bisa begitu karna kamu susah merasa bisa dan percaya. Okay, 100000000 jempol deh. Tapi bukan berarti seenaknya meremehkan apa yang orang lain buat.

Apa yang kita kerjakan, belum tentu orang lain bisa. Dan apa yang mereka kerjakan, belum tentu juga kita bisa. So, hargai skill seseorang. Meski jarang mengumbar, bukan berarti bodoh dan ngga tau apa-apa. Orang selalu punya cara sendiri buat nunjukin apa yang mereka inginkan.

Jadi, jangan terlalu cepat menilai. Hargai apa yang orang lain bisa. Karna Tuhan selalu menyisipkan keunikan pada tiap manusia. Cari saja keunikanmu. Hidup nggak perlu saling merendahkan. Karna dimata-NYA kita semua sama.

~MissAnt~

0 komentar:

Post a Comment