Thursday, 30 March 2017

Pentingnya Menjunjung Tinggi Budaya Lokal dan Inspirasi 60 Tahun Astra Bagi Anak Muda


Generasi muda selalu memiliki berbagai cara yang lebih kreatif untuk melesatrikan kearifan budaya lokal, salah satunya diperoleh dari Inspirasi 60 tahun Astra. Pada bulan Februari 2017, Astra sudah 60 tahun hadir untuk masyarakat Indonesia pelayanan yang selalu menjunjung tinggi norma yang sesuai dengan bangsa Indonesia. Perayaan enam tahun dekade tak hanya dirayakan dengan sangat meriah, tetapi juga mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk lebih memajukan Indonesia. Astra tak hanya fokus pada penjualan dan pengembangan otomotifnya, tetapi juga lebih mengembangakan berbagai kegiatan yang akan melibatkan kemajuan sumber saya manusia.


Berkembangnya Astra hingga saat ini tak luput dari nilai-nilai budaya yang masih diterapkan. Sebagai bangsa Indonesia, sudah sepantasnya para Generasi mudah tidak melupakan norma yang berlaku. Hal ini juga disampaikan oleh Presiden Direktur Astra Internasional, Prijono Sugiarto. Beliau mengatakan bahwa Astra akan terus berkembang sesuai dengan kamajuan zaman dan selalu menerapkan nilai-nilai luhur yang terdapat pada Catur Dharma.


Aset Terbesar Pada Perusahaan adalah Sumber Daya Manusia
Jika membahas soal nilai budaya, Kota yang muncul dibenak kita adalah Yogyakarta. Bagaimana tidak, hingga saat ini Yogyakarta masih dipimpin oeh seorang Raja yang masyarakatnya masih sangat melestarikan budayanya, contohnya alat transportasi tradisional yang masih ada hingga sekarang. Bahkan pasar tradisional dan kearifan lokal penduduknya pun masih banyak kita temukan. Sebagai anak muda telah mendapatkan Inspirasi 60 Tahun Astra, sudah seharusnya untuk memasukkan nilai-nilai budaya agar menjadi generasi yang santun dalam melayani masyarakat.



Bagi perusahaan besar seperti Astra, tentunya tidak hanya mengandalkan karyawan yang hanya cerdas, tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan yang didasarkan pada nilai-nilai budaya. Astra selalu memberkali karyawan dengan pelatihan dasar yang mengutamakan nilai-nilai luhur yang menjadi acuan dalam dalam melayani masyarakat. Ini juga dibuktikan dengan jumlah karyawan yang semakin banyak dan tersebar di 208 perusahaan yang sudah tersebar luas di Indonesia.



Mengembangkan perusahaan yang sudah berdiri sejak lama tidaklah sulit apabila selalu menerapkan aturan yang masih menjunjung tinggi nilai budayanya. Belajar memahami budaya yang baik bisa dilihat dari masyarakat yang tinggal di Yogyakarta. Jika berkunjung ke Yogya, tentu masih terlihat penduduknya yang santun dan lebih menghargai budaya tradisional. Penduduk lokalnya yang masih sangat menjunjung nilai leluhur pantas dicontoh dalam mengembangkan sumber daya manusia di Perusahaan besar seperti Astra.



Bekerja di Perusahaan besar sekelas Astra tidak hanya bermodalkan kepintaran saja, akan tetapi juga akan akan dimodali dengan pelatihan khusus yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang tak sekedar cerdas tetapi masih mengandalkan norma-norma yang kental dengan kearifan lokal. Walaupun setiap tahun semakin berkembang dan mengikuti perkembangan zaman yang semakin moderen, akan tetapi Inspirasi 60 Tahun Astra diharapkan mampu membuat para generasi muda selalu menjadi orang yang tidak melupakan nilai-nilai luhur yang merupakan cermin dari bangsa Indonesia.



0 komentar:

Post a Comment